22 Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh Secara Alami dengan Cepat

cara memutihkan kulit secara alami

Cara Memutihkan Kulit – Belakangan ini banyak sekali cewek yang berbondong-bondong ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan wajah secara maksimal. Mereka datang dengan keinginan yang berbeda-beda. Ada yang ingin terbebas dari komedo dan jerawat, ada yang ingin wajahnya halus mulus, termasuk juga ingin memiliki wajah yang putih bersinar.


Tak bisa dipungkiri, memang wajah putih dan bersih dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Bukan hanya bertujuan agar terlihat good looking saja, wajah putih bersinar juga menjadi salah satu faktor penentu kepercayaan diri seseorang. Namun bukan berarti untuk mendapatkan wajah putih dan bersih itu selalu mahal lho. Karena masih ada banyak cara memutihkan kulit wajah dan tubuh yang minim biaya, termasuk salah satunya cara alami.

Mungkin banyak yang berfikir cara alami itu ribet, hasil lama, bahannya susah, dan sebagainya. Padahal, tidak semua bahan alami seperti itu. Ada juga beberapa bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk memutihkan kulit dengan cepat, bahkan tidak sampai sebulan kulit sudah cerah berseri. Penasaran kan? Berikut kami sudah rangkum beberapa bahan alami pemutih wajah dan badan.

Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh dengan Cepat

1. Air beras

Belum banyak yang tau kalau sebenarnya air beras bermanfaat untuk memutihkan kulit alami. Bahkan masker beras sering digunakan oleh para artis dan supermodel dalam perawatan kecantikan mereka. Keajaiban air beras berasal dari kandungan asam ferullic dan allantoin yang dapat mencerahkan kulit kita. Juga, ia mengandung vitamin B1 yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Cara memutihkan kulit dengan air beras alami:
  • Sediakan beras kualitas terbaik.
  • Cuci bersih tapi jangan buang air cuciannya.
  • Biarkan sebentar sampai mengendap.
  • Gunakan air endapan tersebut untuk mencuci muka secara rutin.
  • Selengkapnya mengenai masker beras.

2. Gunakan kulit jeruk

Mulai sekarang setelah makan buah jeruk jangan buang kulitnya ya. Karena ternyata kulit jeruk bisa kita gunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Dilansir dari situs House Beauty, kulit jeruk bisa kita gunakan sebagai scrub pengangkat sel kulit mati sekaligus sebagai masker pemutih wajah alami. Selain itu, kabarnya kulit jeruk juga mampu mengurangi risiko kanker kulit karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, tak ada ruginya coba bahan alami ini.

Cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk secara alami:
  • Keringkan kulit jeruk secukupnya dibawah sinar matahari.
  • Haluskan kulit jeruk kering dengan menggunakan blender.
  • Campurkan bersama dengan madu sampai membentuk adonan mirip pasta.
  • Oleskan keseluruh bagian wajah secara merata.
Note: untuk scrub penggunaannya bisa dengan menggosok-gosok dengan gerakan memutar secara perlahan.


3. Bengkoang

Sudah bukan rahasia lagi kalau bengkuang dapat memutihkan kulit kita. Sebelum dikenal bermanfaat sebagai pemutih wajah, bengkoang merupakan umbi yang sering dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Namun sekarang ini, bengkoang pasti tidak pernah absen dipakai dalam membuat produk pemutih kulit. Hal ini disebabkan karena ia mengandung vitamin B dan C yang berperan dalam memutihkan kulit. Menariknya lagi, bengkoang cocok untuk semua tipe kulit.

Cara memutihkan kulit dengan bengkoang secara alami:
  • Kupas bengkoang secukupnya, lalu potong kecil-kecil.
  • Parut bengkoang tadi hingga halus. Kemudian peras tanpa menambahkan air.
  • Diamkan air perasannya sampai mengendap. Kita akan menggunakan endapannya.
  • Pisahkan endapan dengan airnya. Lalu campur endapan dengan madu.
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian kulitmu yang belang. Diamkan sejenak selama setengah jam atau sampai terasa kaku.
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

4. Susu dan madu

Dalam kulit kita terdapat kolagen yang dapat membuat kulit agar terlihat lebih kenyal tanpa kerut. Sedangkan susu merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Sehingga menggunakan susu berarti akan membuat kulit kita lebih awet muda. 

Namun selain itu, susu ternyata juga mengandung vitamin B yang dapat membantu mengatasi wajah kusam agar cerah kembali. Jangan lupa kombinasikan dengan madu agar hasilnya lebih ampuh.

Cara memutihkan kulit dengan susu secara alami:
  • Sediakan susu segar sebanyak 1 gelas dan 4 sendok makan madu. Jika tidak ada susu segar silahkan ganti dengan susu beruang atau dankau.
  • Campurkan dua bahan tadi hingga merata. Selanjutnya gunakan untuk luluran seluruh tubuh secara merata.
  • Diamkan sampai meresap kurang lebih setengah jam. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Sebaiknya lakukan setelah bangun tidur atau sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik. Biasanya dalam 1 bulan perawatan hasil sudah terlihat.

5. Masker kunyit

cara memutihkan kulit secara alami


Kunyit merupakan rempah tropis yang sudah digunakan sejak dulu sebagai bahan masakan dan pengobatan oleh bangsa Asia. Menurut wikipedia, kunyit memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat sebagai obat yakni kurkuminoid, terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin. Kunyit juga memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga ia seringkali digunakan untuk mengobati campak, alergi, bisul, dsb.

Selain itu kunyit juga memiliki kandungan antiseptik yang cukup efektif untuk mencegah peradangan pada jerawat dan luka. Bisa mengobati ruam-ruam dan gatal, memulihkan kerusakan kulit yang terbakar karena sinar matahari, sekaligus mencerahkan kulit dengan cepat. Karena itu kunyit cocok untuk perawatan kulit.

Cara mencerahkan wajah dengan kunyit secara alami:
  • Untuk membuat masker kunyit ini sangatlah mudah. Pertama haluskan kunyit seperlunya lalu campur bersama dengan perasan lemon sampai jadi pasta.
  • Jika ingin sedikit lebih lembut Anda bisa memasukan madu kedalamnya. Setelah pasta kunyit siap oleskan keseluruh bagian wajah secara merata.
  • Diamkan sejenak agar meresap. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

6. Bubuk cendana dan air mawar

Cendana merupakan tanaman yang memiliki aroma khas dan sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi ataupun kayu dupa. Namun selain itu, cendana juga memiliki kandungan alami yang dapat mendinginkan kulit wajah. Sebagai agen pendingin, cendana juga efektif untuk membantu menenangkan kulit sekaligus melawan noda bekas jerawat dengan mudah.

Keuntungan luar biasa lainnya ketika menggunakan cendana ialah dapat memudarkan bekas luka, noda hitam, kulit kusam, bekas jerawat, lingkaran gelap, dan sebagainya. Bubuk cendana bisa menjadi solusi terbaik untuk segala permasalahan kulit kita. Dilansir dari boldsky, berikut cara membuat masker pemutih wajah alami dari cendana dan air mawar.

  • Ambil lima sendok bubuk cendara kemudian campur bersama dengan air mawar seperlunya hingga membentuk adonan mirip pasta/krim.
  • Aplikasikan secara merata keseluruh bagian wajah dan lehermu. Lalu diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai benar-benar meresap.
  • Dengan penggunaan secara rutin minimal 2-3 kali seminggu maka dapat membantu menjaga kecerahan dan kesehatan kulitmu.

7. Putih telur

Manfaat putih telur untuk kecantikan memang tidak diragukan lagi. Dulu pernah saya membahas bagaimana menghilangkan flek hitam dengan bahan ini. Nah manfaat salah satunya dari putih telur ialah dapat membantu memutihkan kulit. Sebab putih telur mengandung protein yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit. Namun agar hasilnya lebih maksimal, tambahkan juga madu alami. Hanya dengan menggunakan secara rutin 3x sehari kulit Anda akan bersinar.

Cara cepat memutihkan wajah dengan putih telur:
  • Pisahkan antara kuning dan putih telur.
  • Campur putihnya dengan madu alami seperlunya.
  • Oleskan keseluruh bagian wajahmu dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan hingga mengering dan terasa tertarik.
  • Usahakan jangan melakukan gerakan apapun termasuk tersenyum.
  • Tarik perlahan-lahan putih telur yang sudah mengering. Lalu basuh dengan air hangat dilanjutkan air dingin untuk menutup pori.
Note:campuran selain madu yang bisa Anda gunakan ialah perasan jeruk nipis, wortel, tomat, bengkoang, dan pisang.


8. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat, sebuah asam alpha hydroxy yang dapat membantu menghaluskan kulit kering, mencegah penuaan dini, menghilangkan bintik hitam, dan memutihkan kulit. Masker yogurt bisa membantu mengelupaskan sel-sel mati yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Selain itu, juga asam laktat dapat membantu meringkas pori yang membesar akibat komedo. 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan yogurt:
  • Siapkan yogurt plain yang terbuat dari susu murni.
  • Pastikan area kulit dalam keadaan bersih.
  • Oleskan lapisan tebal yogurt plain secara merata ke wajah Anda.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian bilas air hangat.

9. Masker pisang

Pisang merupakan buah sejuta umat yang hampir bisa ditemukan dimana saja. Selain mudah ditemukan, pisang juga menjadi salah satu buah favorit oleh masyarakat tanah air. Tidak hanya dapat melancarkan pencernaan saja, buah pisang ternyata juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam. Hal ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan vitamin E yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit baru, mencegah pigmentasi, dan penuaan.

Cara memutihkan wajah dengan masker pisang alami:
  • Haluskan buah pisang yang sudah matang dengan melumatkannya.
  • Campur bersama dengan perasan jeruk nipis hingga membentuk adonan pasta.
  • Oleskan adonan pasta tersebut keseluruh bagian wajah Anda secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit atau sampai meresap.
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin sampai bersih.

10. Buah pepaya

Jika dimakan, pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah buang air besar. Namun, ketika digunakan sebagai masker wajah bagaimana ya? Sebenarnya pepaya termasuk salah satu buah terbaik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Sumber vitamin A, C, dan enzim papainnya dapat membantu membersihkan kotoran yang ada dalam pori wajah.

Dilansir dari vemale.com, pepaya mengandung senyawa alpha hydroxy acid yang dikenal sebagai zat anti anging (penuaan) yang sekaligus dapat memutihkan kulit wajah kusam. Cukup dengan menggunakan masker pepaya secara rutin 5 menit sehari maka dalam waktu seminggu saja kulit Anda akan terlihat lebih cerah.

Cara mencerahkan wajah dengan masker pepaya:
  • Haluskan daging buah pepaya matang seperlunya saja.
  • Tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis hingga membentuk pasta.
  • Oleskan secara merata ke bagian kulit yang belang.
  • Diamkan sebentar sampai mengering kurang lebih lima menit.
  • Bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

11. Lidah buaya

cara memutihkan kulit secara alami

Belakangan ini produk masker lidah buaya dari Korea cukup populer sekali. Meski harganya relatif cukup mahal, tetapi banyak juga yang membelinya. Padahal sebenarnya, Anda pun bisa membuat masker lidah buaya sendiri, tentunya dengan khasiat yang tidak jauh beda dengan produk Korea tersebut. Bahkan bisa lebih aman karena sekarang banyak juga produk kw yang tentunya berbahaya.

Cara memutihkan kulit wajah dengan lidah buaya alami:
  • Sediakan 1 sendok makan gula merah, 1/2 sendok makan susu alami, dan daging lidah buaya seperlunya.
  • Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan. Setelah itu haluskan.
  • Aplikasikan secara merata keseluruh bagian wajah dan leher. Diamkan kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya menggunakan air hangat.
  • Anda juga bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai masker malam dan membilasnya ketika pagi hari tiba.

12. Tomat

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan bahan alami satu ini. Tomat sering sekali digunakan dalam salad dan juga beberapa masakan dapur ibu. Dilansir dari Huffington Post, ternyata buah ini mengandung vitamin C, E, dan mineral yang dapat membantu mengembalikan kecerahan kulit alami. Selain itu, ia juga mengandung antibakterial yang dapat mengurangi timbulnya jerawat karena bakteri. Langsung saja simak tutorial membuatnya berikut ini.

Cara memutihkan wajah dengan tomat alami:
  • Haluskan 1 buah tomat yang masih segar berserta bijinya.
  • Tambahkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis.
  • Aplikasikan secara merata keseluruh bagian wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan sampai terserap dan kering, lalu bilas dengan air dingin.
Note: untuk jerawat silahkan gosokan potongan tomat secara langsung.


13. Kentang

Satu lagi bahan yang sudah tak asing lagi apabila kita pergi ke dapur. Yup, kentang merupakan sumber karbohidrat tertinggi yang menjadi makanan pokok orang Eropa setelah gandum. Selain kaya karbohidrat, ternyata kentang yang selama ini kita abaikan juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, potasium, dan protein. Kandungan-kandungan inilah yang membuat kentang bisa kita gunakan untuk mencerahkan kulit sekaligus merawat kesehatannya.

Cara memutihkan kulit dengan kentang secara alami:
  • Tumbuk halus kentang yang sudah direbus.
  • Campurkan dengan susu secukupnya hingga membentuk adonan pasta.
  • Oleskan keseluruh bagian tubuh sehabis mandi secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

14. Lobak putih

Lobak putih tidak hanya bermanfaat untuk bahan masakan saja. Kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, dan zinc yang ada dalam lobak juga berkhasiat dalam memutihkan kulit secara alami. Bahan alami ini cocok untuk memutihkan kulit tangan belang atau kaki. Selain memutihkan kulit, kandungan air tinggi dalam lobak juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban.

Cara memutihkan kulit dengan lobak putih alami:
  • Sediakan lobak putih dan madu seperlunya.
  • Haluskan lobak putih dengan blender. Lalu campur bersama madu hingga merata.
  • Aplikasikan masker tersebut ke bagian kulit yang bermasalah.
  • Agar meresap diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

15. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan mineral dan vitamin penting untuk menjaga kesegaran kulit agar tidak kusam. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk menghambat pigmentasi kulit sekaligus menghilangkan mata panda. Tidak ada ruginya menggunakan bahan alami satu ini. Justru, kecantikanmu bertambah.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan mentimun:
  • Blender mentimun tanpa tambahan air hingga membentuk seperti jel.
  • Aplikasikan keseluruh bagian tubuh secara merata. Terutama di bagian lipatan yang biasanya berwarna gelap.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit atau sampai mengering. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

16. Minyak kelapa

Ternyata kandungan alami dalam minyak kelapa cukup efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi yang terjadi pada kulit. Adapun cara memutihkan kulit alami dengan minyak kelapa ialah dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan perasan lemon.

Selanjutnya aplikasikan ke bagian wajah secara merata sambil dipijat lembut agar meresap. Diamkan sebentar selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin sampai bersih. Penggunaan minyak kelapa sangat cocok untuk memutihkan area selangkangan yang hitam.

17. Oatmeals

cara memutihkan kulit secara alami

Banyak ahli yang mengatakan kalau oatmeals sangat baik untuk membersihkan wajah. Terdapat senyawa saponin yang terkandung dalam oatmeals, yaitu semacam senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini menghasilkan busa ketika kita larutkan dalam air. Saponin bersifat seperti sabun yang dapat mengikat minyak dan kotoran di pori. 


Oatmeal cocok untuk semua jenis kulit, baik itu yang normal ataupun sensitif. Ia memiliki sifat lembut yang tidak menembus sampai ke lapisan terdalam kulit, sehingga jangan khawatir akan mengalami alergi atau apa. Caranya tuangkan satu sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisi air hangat. Kemudian gunakan untuk membasuh muka dengan sambil memijat layaknya face scrub. Lakukan hingga 3-5 menit agar kotoran dapat terangkat maksimal.

18. Buah alpukat

Alpukat merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi penting untuk kecantikan. Termasuk beberapa diantaranya seperti vitamin E, vitamin K, zat besi, seng, tembaga yang dapat menjaga kulit tetap sehat. Menggunakan masker alpukat secara rutin sehabis mandi pagi konon dapat mencerahkan kulit wajah. Penasaran kan? Maka dari itu buktikan melalui tutorial berikut ini.

Cara memutihkan kulit wajah alami dengan alpukat:
  • Sediakan sebanyak 2 sendok makan daging buah alpukat, 2 sendok makan madu, dan 1 butir kuning telur.
  • Haluskan semua bahan sekaligus hingga tercampur secara merata.
  • Aplikasikan ke area wajah tapi hindari bagian mata. Jika sudah 30 menit bilas dengan air hangat diikuti air dingin setelahnya.

19. Masker strawberry

Anda pecinta buah strawberry? Tahukah kalau sebenarnya buah merah ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Strawberry mengandung ellagic yang dapat membantu memutihkan kulit yang kusam secara alami. Bahkan buah ini juga mengandung antioksidan tertinggi dibandingkan buah bervitamin C lain. Kandungan antioksidan inilah yang akan melindungi kulitmu dari sinar UV. Jadi tunggu apalagi, yuk segera coba masker strawberry berikut ini.

Cara memutihkan kulit dengan strawberry secara alami:
  • Sediakan buah strawberry dan madu/susu secukupnya.
  • Haluskan strawberry lalu campur bersama dengan madu hingga merata.
  • Oleskan ke area wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Agar meresap diamkan selama setengah jam.
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.
  • Rutin melakukan perawatan seperti ini minimal 3 hari sekali akan dapat membantu mengurangi flek hitam dan tentunya meningkatkan kecerahan.

20. Jeruk nipis, lemon, dan madu

Berbicara mengenai memutihkan kulit tentu tak akan pernah terlepas dari yang namanya vitamin C. Bahkan banyak orang rela melakukan suntik vitamin C karena hanya ingin mendapatkan kulit putih glowing. Nah salah satu sumber vitamin C terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan kulit ialah buah jeruk nipis dan lemon. Oleskan campuran antara perasan jeruk nipis, lemon, dan madu ke wajah secara rutin sebelum tidur. Kemudian perhatikan ketika pagi hari kulitmu sudah lebih cerah dibandingkan sebelum menggunakannya.

21. Biasakan membasuh muka dengan air hangat 3x sehari

cara memutihkan kulit secara alami


Sebetulnya mendapatkan kulit wajah yang cerah berseri bisa Anda mulai dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan sepele. Termasuk salah satunya dengan membiasakan membasuh wajah dengan menggunakan air hangat 3x sehari, yaitu ketika sebelum tidur, setelah beraktivitas, dan bangun tidur. Percaya atau tidak, ternyata kebiasaan ini dapat mempercepat regenerasi sel kulit baru. Selengkapnya mengenai kebiasaan sepele yang bisa membuat kulit putih.

22. Pakai pelembab secara rutin

Tidak bisa dipungkiri, saat ini tingkat panas di daerah tropis cukup tinggi, apalagi di Indonesia yang notabenya dilewati garis tengah bumi. Nah agar kulit Anda selalu terlindung dari sinar matahari sebaiknya mulai sekarang rutinlah menggunakan pelembab di pagi hari. Meskipun sebenarnya kulitmu jarang terkena matahari, tapi tetap saja jika tidak dilindungi akan hitam juga.

Bagaimana, mudah banget kan caranya? Silahkan pilih salah satu bahan yang menurutmu paling mudah untuk diterapkan. Semua bahan diatas memiliki khasiat yang sama dalam memutihkan kulit. Yang terpenting lakukanlah secara rutin minimal tiga hari sekali agar hasilnya lebih optimal. Sekian postingan kali ini mengenai cara memutihkan kulit wajah dan tubuh secara alami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sampaikan hasilnya di kolom komentar ya.