14 Obat Gusi Bengkak Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri

obat gusi bengkak secara alami terbaik

Obat Gusi Bengkak – Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan kesehatan mulut selain gigi berlubang. Biasanya penyebab gusi bengkak salah satunya bisa karena efek peradangan dari sakit gigi berlubang. Jika benar demikian, sebaiknya Anda segera atasi dulu dengan menggunakan obat sakit gigi alami.


Biasanya setelah sakit gigi sembuh, maka secara otomatis pembengkakan gusi akan berangsur sembuh juga. Namun bila penyebabnya lain, sebaiknya atasi dengan menggunakan cara yang tepat sesuai dengan faktor penyebabnya. Oleh sebab itu, mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab gusi bengkak sangat penting, agar penanganan nantinya bisa lebih tepat sasaran. Berikut ulasannya.

Beberapa Penyebab Gusi Bengkak yang Umum

1. Penumpukan karang atau plak gigi

Penyebab gusi bengkak paling sering ialah karena menumpuknya karang atau plak gigi. Biasanya sisa makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal akan bereaksi mengeras akibat tercampur oleh air liur yang mengandung mineral. Oleh sebab itu, selain menjaga kebersihan gigi dari sisa makanan, sebaiknya terapkan juga cara menghilangkan karang dan plak gigi alami yang kami share sebelumnya.

2. Radang gigi berlubang

Apakah Anda saat ini mengalami gigi berlubang yang terasa nyeri? Jika benar demikian, itu bisa jadi salah satu penyebab gusi bengkak yang selama ini. Radang akibat sakit gigi berlubang dapat menimbulkan pembengkakan pembuluh darah di sekitar gusi. Seperti kita tahu bersama, gusi memiliki pembuluh darah yang sangat banyak sekali, sehingga jika mengalami peradangan tentunya akan membengkak.

3. Kesalahan saat menggosok gigi

Coba Anda ingat-ingat kembali apakah ketika menggosok gigi beberapa hari terakhir ini terjadi benturan antara sikat gigi dengan gusi. Benturan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi membengkak. Karena pada dasarnya gusi kita itu sangat sensitif terhadap benturan, sehingga ketika terkena sedikit saja akan mengalami pembengkakan bahkan bisa pendarahan jika benturan terlalu keras.

4. Terkena virus atau jamur

Dampak negatif tidak menjaga kebersihan gigi selain memicu karang dan plak ialah dapat menimbulkan jamur dan perkembangan virus/bakteri. Apabila jamur sudah masuk ke bagian lapisan antara gusi dan gigi, tentu akan sangat fatal. Tidak hanya mengakibatkan gusi bengkak, bahkan dapat memicu pendarahan gusi.

5. Kekurangan vitamin B dan C

Nutrisi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan jaringan ikat gusi. Jika jaringan ini sehat, maka secara otomatis akan memperkokoh gigi dan mencegah pendarahan. Namun sebaliknya, bila kekurangan kedua vitamin ini maka dapat menimbulkan terjadinya pembengkakan. Baca selengkapnya makanan sumber vitamin C.

Obat untuk Gusi Bengkak Secara Alami Paling Ampuh dan Aman

1. Berkumur dengan garam

obat gusi bengkak secara alami terbaik

Berkumur dengan air garam hangat ternyata sangat ampuh dalam meredakan gusi bengkak. Saya sendiri pun sudah pernah membuktikannya. Menurut penelitian, garam mampu membunuh bakteri yang mungkin saja memperparah kondisi pembengkakan yang selama ini Anda alami.


Selain itu, air garam juga dapat mengatasi efek nyeri akibat dari peradangan gusi. Oleh sebab itu, jika Anda saat ini kebetulan sakit gusi bengkak yang disebabkan karena sakit gigi, larutan garam sangatlah direkomendasikan untuk dicoba.

Cara mengobati gusi bengkak dengan garam:
  • Larutkan 3 sendok teh garam kedalam segelas air hangat.
  • Selagi masih hangat gunakan untuk berkumur-kumur.
  • Lakukan lagi hingga gusi bengkak yang Anda alami membaik.

2. Belimbing wuluh

Selanjutnya Anda bisa mencoba dengan menggunakan belimbing wuluh. Dibalik rasanya yang cukup masam ternyata buah ini mengandung antibakterial dan vitamin C tinggi yang ampuh sebagai obat gusi bengkak. Sebenarnya belimbing wuluh dulu sering digunakan untuk obat sakit gigi bengkak tradisional oleh nenek moyang. Tetapi, sekarang Anda pun bisa mencobanya untuk obat gusi bengkak.

Cara alami mengobati gusi bengkak dengan belimbing:
  • Tumbuk 2 buah belimbing wuluh yang masih segar, tapi belum matang.
  • Tempelkan ke bagian gusi yang bermasalah. Kemudian tahan selama beberapa menit agar meresap.
  • Akhiri dengan berkumur air hangat sampai bersih.

3. Daun jambu biji

Masih belum banyak yang tau kalau sebenarnya daun jambu biji pun juga efektif untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut, termasuk gusi bengkak dan sakit gigi. Hal ini dapat disebabkan karena daun jambu biji mengandung antibakterial, antiinflamasi, dan analgesi tinggi. Selain mengempeskan gusi bengkak, kandungan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap secara alamiah.

Cara mengobati gusi bengkak dengan daun jambu biji:
  • Ada dua cara menggunakan daun jambu biji. Pertama, Anda mengunyahnya secara langsung atau menempelkan hasil tumbukannya ke gusi bengkak.
  • Yang kedua, Anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu biji kemudian menggunakan air rebusannya selagi masih hangat untuk berkumur-kumur.
  • Bagaimana, mudah sekali bukan?

4. Kantung teh

Dilansir dari vemale.com, kantung teh hitam mengandung tannin tinggi yang bersifat anti-inflamasi, sehingga ia dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di bagian gusi. Anda pun bisa menggunakannya untuk mengecilkan pembengkakan dengan mengombinasikan bersama air garam hangat.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan kantung teh:
  • Seduh kantung teh hitam celup seperti biasanya. Biarkan air berubah warna.
  • Selagi masih hangat tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi yang bermasalah selama beberapa menit atau sekiranya peradangan membaik.
  • Selanjutnya berkumurlah dengan menggunakan air larutan garam hangat sampai gusi tidak terasa nyeri lagi.

5. Bawang putih

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu bumbu yang sering digunakan untuk memasak ini. Ternyata setelah diteliti bawang mengandung senyawa antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan gusi bengkak, gusi berdarah, bahkan sakit gigi berlubang sekalipun. Senyawa antiseptik inilah yang akan membunuh kuman penyebab segala masalah sekesehatan mulut dan gigi.

Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan bawang putih:
  • Haluskan bawang putih seperlunya saja, bisa dengan blender atau menumbuknya.
  • Setelah itu tempelkan halusan bawang tadi ke area gusi yang bermasalah selama 30 menit.
  • Selanjutnya berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Cara ini akan sangat efektif bila Anda lakukan sebelum tidur.

6. Bawang merah

Tidak hanya bawang putih saja yang bisa Anda coba untuk mengobati gusi bengkak. Bila tidak ada pun Anda masih bisa menggantinya dengan bawang merah. Keduanya memiliki khasiat yang sama dalam proses penyembuhan gusi bengkak, peradangan, dan bahkan gigi berlubang.

Caranya pun hampir mirip dengan bawang putih. Tetapi, untuk bawang merah sebaiknya Anda tambahkan sedikit garam dapur supaya hasilnya lebih cepat. Setelah tercampur, tempelkan ke bagian gusi atau gigi yang bermasalah selama beberapa menit agar meresap. Lalu, akhiri dengan berkumur air hangat.

7. Baking soda dan kunyit

Kemarin saya sudah share bagaimana memutihkan gigi dengan baking soda dan stroberi yang mana terbukti banyak sekali yang berhasil. Namun selain bisa memutihkan, ternyata baking soda bila dicampur dengan bubuk kunyit juga cukup ampuh dalam mengobati gusi bengkak secara alami.

Baking soda mengandung anti-radang yang dapat mengurangi pembengkakan. Sedangkan kunyit memiliki antibakterial yang dapat mengobati infeksi di area gusi bengkak tersebut. Sehingga keduanya bisa dibilang merupakan kombinasi terbaik.

Cara mengobati gusi bengkak dengan baking soda:
  • Campurkan bubuk baking soda dengan bubuk kunyit secukupnya.
  • Setelah itu tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan mirip pasta.
  • Bila sudah jadi, oleskan secara merata ke bagian gusi yang bengkak atau bermasalah.
  • Supaya meresap diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum berkumur dengan air hangat.

8. Jahe

Selama ini mungkin jahe lebih dikenal sebagai rempah alami yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Namun siapa sangka, dibalik itu semua jahe juga cukup ampuh dalam mengobati gusi bengkak. Terutama apabila gusi bengkak disertai dengan timbulnya rasa nyeri berlebihan. Agar hasilnya optimal, sebaiknya gunakan jahe bersama dengan garam dalam bentuk pasta.

Cara mengobati gusi bengkak dengan jahe:
  • Tumbuk jahe seperlunya sampai benar-benar halus. Kemudian campurkan bersama dengan garam sampai membentuk adonan mirip pasta.
  • Sekarang oleskan ke bagian gusi yang membengkak secara merata. Diamkan sejenak kurang lebih 1 jam sebelum membilasnya dengan berkumur.

9. Cengkeh

obat gusi bengkak secara alami terbaik

Cengkeh merupakan salah satu dari sekian banyaknya obat sakit gigi tradisional yang sudah dikonsumsi ratusan tahun oleh nenek moyang kita. Menurut penelitian, cengkeh memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi radang yang disebabkan karena pembengkakan gusi. Oleh sebab itu, selain mengobati sakit gigi, cengkeh juga efektif untuk menyembuhkan gusi.


Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cengkeh:
  • Tumbuk halus cengkeh bersama dengan lada hitam sampai tercampur merata. Atau, Anda juga bisa langsung mencampurkan minyak cengkeh dengan halusan lada agar lebih praktis.
  • Setelah ramuannya jadi, oleskan ke bagian gusi yang bermasalah secara merata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu berkumur dengan air hangat.

10. Gunakan daun krokot

Biasanya daun krokot sering digunakan untuk membuat pecel atau masakan sayur lainnya. Ternyata setelah diteliti, daun krokot mengandung berbagai senyawa yang dapat mempercepat penyembuhan luka, mengatasi peradangan, dan mencegah infeksi. Manfaat-manfaat seperti inilah yang dapat membuat krokot menjadi salah satu obat gusi bengkak herbal terbaik yang bisa dicoba.

Cara mengobati gusi bengkak dengan daun krokot:
  • Bersihkan daun krokot yang masih segar seperlunya saja. Kemudian rebus dengan air 1 gelas hingga menyisakan setengahnya.
  • Minumlah air rebusan daun krokot tersebut secara rutin sebelum tidur.

11. Asam jawa

Asam jawa cukup terkenal sebagai bahan alami perontok karang gigi. Namun seperti kita ketahui bersama, bahwa karang gigi termasuk salah satu penyebab timbulnya gusi bengkak. Sehingga apabila kita bisa membersihkannya tentu akan sangat baik dalam proses penyembuhan gusi bengkak. Baca selengkapnya mengenai cara menghilangkan karang gigi dengan cepat disini.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan asam jawa:
  • Sediakan biji asam jawa seperlunya.
  • Sangrai biji tersebut sampai beberapa menit. Lalu haluskan dengan cara menumbuknya.
  • Taburkan halusan biji asam jawa tadi ke sikat gigimu. Kemudian gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Pastikan hingga ke bagian sela-sela gigi agar karangnya rontok secara optimal.

12. Bayam duri 

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung vitamin B cukup tinggi. Sehingga ia sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun selain itu, bayam duri juga memiliki sifat anti-radang serta antibakterial yang dapat kita gunakan sebagai salah satu obat gusi bengkak. Berikut tutorial selengkapnya.

Cara mengobati gusi bengkak dengan bayam duri:
  • Sediakan daun bayam duri secukupnya. Anda bisa mencarinya di pekarangan atau kebun sekitar rumah apabila tidak ada di pasar.
  • Selanjutnya bakar bayam tadi dengan menggunakan alas dari genteng hingga layu. Setelah itu tumbuk hingga halus seperti pasta.
  • Gunakanlah ramuan ini seperti salep dengan mengoleskan ke bagian gusi yang bengkak secara merata.

13. Serai

Tahukah Anda dengan serai? Bagi ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu bumbu dapur satu ini. Yup, ternyata selain bisa digunakan untuk masakan, daun serai juga dapat membantu meredakan gusi bengkak. Sebab ia mengandung beragam senyawa anti-peradangan yang dapat mengecilkan pembuluh darah yang membengkak karena infeksi ringan.

Cara mengobati gusi bengkak dengan serai:
  • Rebuslah dua tangkai serai dengan 2 gelas air. Kemudian biarkan hingga tersisa setengahnya.
  • Selagi masih hangat gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

14. Kulit andong

obat gusi bengkak secara alami terbaik

Obat gusi bengkak terakhir yang bisa Anda coba ialah kulit andong. Tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan karena memiliki daun kemerahan yang cukup indah. Setelah dilakukan penelitian, ternyata tanaman andong mengandung semacam zat yang dapat menghancurkan darah beku pada saat terjadi bengkak. Dengan demikian, tanaman ini bisa menjadi obat gusi bengkak yang Anda alami.


Cara mengobati gusi bengkak dengan andong:
  • Ambilah kulit dari tanaman andong dan garam secukupnya.
  • Bersihkan kulit andong tadi dengan menggunakan air lalu haluskan.
  • Aduk sampai tercampur rata dan oleskan ke bagian yang sakit.

Itulah beberapa obat gusi bengkak secara alami yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Anda tidak perlu mencoba semua bahan diatas, tapi cukup pilih salah satu saja yang paling mudah. Apabila ada yang belum jelas silahkan diskusikan melalui kolom komentar di bawah. Jangan lupa share bila bermanfaat.