>

12 Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak dan Dewasa Paling Ampuh


obat radang tenggorokan alami

Obat Radang Tenggorokan – Sakit tenggorokan memang termasuk penyakit yang menyebalkan. Segala aktivitas kita rasanya terhambat hanya karena masalah yang kecil satu ini. Khususnya Anda yang setiap hari dituntut untuk banyak bicara, tentu akan sangat terganggu sekali akibat kedatangan radang tenggorokan ini.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi cara mengatasinya dengan benar, bahkan tanpa harus Anda mengonsumsi obat radang tenggorokan di apotik. Mengingat tidak semua cocok mengonsumsi obat kimia, sehingga dikhawatirkan obat-obatan tersebut justru akan menimbulkan efek samping merugikan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Sebelum kita membahas lebih jauh apa saja obat radang tenggorokan itu, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebabnya. Hal ini bertujuan agar pengobatan yang dilakukan nanti bisa tepat sasaran.

Secara umum, radang tenggorokan disebabkan karena pengaruh infeksi virus yang masuk kedalam rongga tenggorokan. Biasanya sistem kekebalan yang lemah menjadi pemicu virus tersebut mudah berkembang. Oleh karenanya, sakit tenggorokan sering muncul pada mereka yang juga terkena pilek, flu, dan batuk.

Selama ini banyak orang mengobati radang dengan menggunakan obat antibiotik. Padahal, antibiotik sendiri digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan karena bakteri. Sehingga pemakaian antibiotik untuk mengatasi radang tenggorokan tentu saja hal yang sia-sia.

Apalagi pemakaian antibiotik berlebihan dapat menyebabkan semakin kebalnya kuman. Hal ini dapat berujung pada resistensi antibiotik yang berpotensi membahayakan, bahkan bisa menimbulkan infeksi mematikan.

Obat Sakit Tenggorokan Alami untuk Anak dan Dewasa Paling Ampuh

obat radang tenggorokan alami
Obat radang tenggorokan yang lezat
1. Berkumur air garam

Salah satu obat alami radang tenggorokan yang sangat mudah sekali dibuat adalah air garam. Sebuah studi menemukan bahwa berkumur dengan air garam dapat mencegah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas. Selain itu, berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu mengeluarkan dahak. Akan tetapi harap ingat, jangan terlalu banyak menggunakan air garam dan jangan ditelan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam:
  • Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam kedalam 240 ml air hangat, atau sebanyak air minum kemasan kecil. Kemudian aduk hingga tercampur secara merata.
  • Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu muntahkan dan lakukan lagi bila perlu hingga radang membaik.
  • Note: berkumur dengan air garam juga ampuh untuk obat sakit gigi.

2. Kunyah bawang putih langsung

Sebenarnya meredakan radang tenggorokan itu sangatlah mudah. Salah satunya Anda bisa dengan hanya menggunakan bawang putih. Kemampuan menyembuhkannya ini ia miliki karena mengandung sifat antiseptik. Hanya saja, untuk obat radang tenggorokan kita harus mengunyahnya secara langsung.

Ketika hancur, bawang putih akan mengeluarkan senyawa yang bersifat antibakterial, antiseptik, serta antivirus. Senyawa ini disebut dengan allicin. Selain dikunyah secara langsung sebanyak satu siung, cara lain juga bisa dilakukan dengan mengisap bawang selama 15 menit.

Tapi jika tidak suka makan bawang secara langsung cobalah untuk mengonsumsi bersama bahan lain seperti madu, minyak zaitun, yogurt, dan sejenisnya. Cuman, menurut penelitian senyawa allicin yang ada dalam bawang putih hanya akan efektif ketika dimakan mentah.

3. Semangkuk sup ayam


Banyak orang yang menganggap kalau makanan enak itu tidak bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Padahal, sup ayam yang lezat dengan cita rasa gurihnya dapat Anda gunakan untuk obat radang. Cairan hangat yang berasal dari sup tersebut dapat meredakan iritasi tenggorokan.

Selain itu, menikmati sup ketika sedang radang juga termasuk tindakan yang sesuai, karena makanan ini tetap mudah ditelan meskipun saat tenggorokan sakit sekalipun. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti ini maka dapat meningkatkan sistem imun yang berguna untuk melawan infeksi tenggorokan.

4. Minum teh hangat

Minum teh hangat ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Teh dari jenis apapun itu, baik herbal ataupun non-herbal, dapat membantu mengobati radang tenggorokan. salah satu alasan kuat karena teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mampu membantu meringankan gejala infeksi yang muncul.

Terserah Anda ingin mengonsumsi teh hijau atau teh hitam biasa. Yang jelas minumlah teh yang hangat agar menenangkan gejala peradangan. Selain itu, bila perlu tambahkan juga madu sebanyak satu sendok. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sifat antibakteri yang ada dalam teh tersebut.

5. Madu dan lemon

Baik itu dicampur dengan minuman seperti teh ataupun diminum langsung, sejak dulu madu memang sudah dipercaya meredakan sakit tenggorokan. sebuah studi yang dilakukan pada 139 anak yang terkena infeksi saluran pernapasan (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk yang mereka alami.

Selain itu, penelitian lain juga mengungkapkan kalau madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain madu dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Tapi, agar hasilnya optimal kombinasikan dengan lemon yang banyak mengandung vitamin C.

Cara mengobati sakit radang dengan madu dan lemon:
  • Sediakan madu alami sebanyak 2-3 sendok makan dan perasan lemon secukupnya.
  • Campur keduanya sampai merata. Selanjutnya minum ramuan tersebut sebelum tidur dan setelah bangun tidur di pagi hari sebelum sarapan.

6. Sari kunyit

Salah satu obat tradisional radang tenggorokan yang naik daun selama lima tahun terakhir. Google mencatat, pencarian untuk rempah kunyit belakangan ini naik drastis bahkan hingga 300 persen. Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron, zingiberen, yang dapat berfungsi sebagai antibakterial, antivirus, dan anti-inflamasi (peradangan). Selain dapat mengobati radang, rempah alami ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan kunyit:
  • Cuci bersih sebanyak 10 gram rempah kunyit. Setelah itu parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas. Lalu peras dan ambil sari kunyitnya.
  • Bagilah menjadi 3 bagian. Selanjutnya tambahkan madu dan perasan lemon (opsional). Minumlah ramuan obat radang tradisional ini secara rutin 3x sehari.

7. Wedang jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki berbagai manfaat. Termasuk salah satunya bisa kita gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Sebab sama halnya dengan kunyit, jahe mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi efek peradangan akut. Jahe juga bisa menjadi solusi ketika Anda mengalami gejala flu, batuk, ataupun demam.

Cara mengatasi radang tenggorokan dengan jahe:
  • Ambilah satu jahe berukuran ibu jari. Lalu geprek jahe tersebut.
  • Seduhlah jahe yang sudah digeprek tadi dengan menggunakan air panas. Jangan lupa tambahkan madu atau gula agar rasanya semakin nikmat.
  • Minumlah selagi masih hangat-hangatnya secara rutin. Biasanya hanya dalam 2-3 kali konsumsi saja radang tenggorokan sudah sembuh dengan sendirinya.

8. Cuka apel dan garam

Sebenarnya Anda bisa juga menggunakan garam saja untuk mengobati sakit tenggorokan. Namun jika ingin hasilnya lebih maksimal saya sarankan cobalah untuk mencampurnya dengan cuka sari apel. Sebab apel mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis peradangan sekaligus mencegah terjadinya infeksi yang mungkin saja akan muncul.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cuka apel:
  • Campurkan cuka sari apel dan madu hingga merata. Kemudian tambahkan sedikit cabai rawit dan haluskan.
  • Masukan semua bahan yang sudah dicampur tadi kedalam 8 ons air hangat. Aduk-aduk hingga tercampur secara merata.
  • Selanjutnya gunakan ramuan ini untuk berkumur. Tak perlu cemas jika ada sedikit yang tertelan.
  • Lakukan metode ini ketika gejala radang tenggorokan mulai muncul. Seperti misalnya ketika nyeri, perih, atau bahkan membengkak.

9. Minyak kayu putih

Belakangan ini terapi steaming cukup puler sekali di Jepang dan sekitarnya. Steaming sendiri merupakan sebuah terapi yang memanfaatkan uap guna melancarkan sistem peredaran darah, meringankan sakit kepala, dan mengurangi gejala radang tenggorokan. Bahkan beberapa rumah sakit menggunakannya untuk mengatasi stres berlebihan pada pasien. Nah salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk pengobatan ini ialah minyak kayu putih.

Cara menyembuhkan radang dengan minyak kayu putih:
  • Sediakan sebanyak satu baskom air panas yang baru saja mendidih.
  • Tetesi air panas tadi dengan menggunakan minyak kayu putih seperlunya.
  • Hirup aroma hangat yang keluar dari baskom tersebut. Agar uap tidak kemana-mana tutuplah dengan menggunakan handuk.
  • Lakukan penghirupan uap panas tersebut sampai radang membaik.

10. Cengkeh

Cengkeh ternyata juga mengandung antibakterial dan anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan. Sebenarnya obat tradisional sakit tenggorokan dari cengkeh ini sudah ada sejak dulu. Mungkin karena tidak banyak yang melestarikan sehingga saat ini tidak banyak yang mengetahuinya. Berikut selengkapnya membuat obat herbal radang tenggorokan dari cengkeh.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cengkeh:
  • Siapkan sebanyak 1-3 sendok teh bubuk cengkeh dan segelas air matang.
  • Campurkan cengkeh tadi kedalam air kemudian gunakan untuk berkumur.
  • Untuk cengkeh yang masih utuh silahkan Anda tumbuk terlebih dulu lalu jemur.

11. Rebusan daun kemangi

obat radang tenggorokan alami
Obat sakit tenggorokan dari kemangi

Biasanya daun kemangi seringkali digunakan untuk lalapan ketika kita mengonsumsi makanan seperti lele bakar, sate, dan sejenisnya. Tetapi tahukah Anda kalau sebenarnya daun kemangi mengandung anti-radang yang dapat membantu mengobati sakit tenggorokan?

Nah Anda pun bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi daun kemangi ini langsung dan dalam bentuk rebusan. Cara merebusnya cukup mudah. Siapkan daun kemangi yang masih segar secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minumlah secara rutin minimal 2x sehari.

12. Permen pereda radang tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual di pasaran mengandung senyawa mentol, papermint, dan ecalyptus, bahan alami yang bisa membantu memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada tenggorokan. Ketiga senyawa ini juga memiliki sifat antibakterial, anti-radang, dan antivirus yang mendorong proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Ada banyak sekali obat radang tenggorokan dalam bentuk permen. Misalnya strepsil, wood’s papermint, permen tolak angin, hexos, frozz, fisherman’s friend, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan permen pelega tenggorokan tersebut di toko, minimarket, ataupun apotik terdekat dengan harga terjangkau.

13. Perhatikan pola hidup sehat

Selain mempraktikkan cara tradisional diatas, yang tidak boleh terlepas dari obat alami radang tenggorokan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Berhenti merokok adalah salah satu gaya hidup sehat yang sebaiknya mulai sekarang Anda lakukan. Asap rokok pada dasarnya dapat membuat tenggorokan kering, teriritasi, dan akhirnya membengkak.

Juga, istirahat cukup penting untuk Anda perhatikan. Karena dengan tidur cukup maka sistem kekebalanmu akan membaik sehingga mempercepat proses pengobatan radang tenggorokan nantinya. Idealnya kita dianjurkan untuk tidur sehari selama 8 jam. Bila perlu, tambah dengan tidur siang meski sebentar.

Itulah sajian informasi singkat mengenai obat radang tenggorokan alami paling ampuh yang bisa kami sampaikan. Apabila Anda punya pengalaman seputar penggunaan bahan alami diatas silahkan share melalui kolom komentar ya. Jangan lupa like dan share artikel ini agar lebih bermanfaat bagi sesama. Salam.

Artikel Terkait