>

9 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dengan Cepat

Cara Mengencangkan Kulit Wajah – Banyak sekali orang yang mengidam-idamkan kulit wajah tetap kencang meski usia terus bertambah. Kini banyak bermunculan perawatan kulit dengan bantuan obat ataupun tindakan medis. Meskipun begitu, banyak yang lebih memilih mengencangkan kulit secara alami, karena selain lebih mudah biayanya juga cukup terjangkau.

Kulit akan terus mengalami perkembangan selama seseorang masih hidup, hanya saja kapasitas regenerasi kian menurun seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi kendur, disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, pipi, dan area mata.

Cara Mengencangkan Wajah Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

cara mengencangkan kulit wajah secara alami

Untuk memiliki kulit wajah kencang sebenarnya kamu tak harus mengeluarkan banyak biaya. Berikut ada beberapa cara alami mengencangkan kulit wajah secara alami yang akan membuatmu tampil lebih awet muda.

1. Masker putih telur dan lemon

Putih telur memiliki kandungan protein tinggi yang bisa memicu produksi kolagen pada kulit. Sedangkan lemon, ia terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab keriput. Kombinasikan keduanya untuk mendapatkan kulit kencang alami.

Cara mengencangkan wajah dengan putih telur:
  • Siapkan satu butir telur ayam kampung atau bisa juga telur bebek
  • Pisahkan antara kuning dan putihnya. Lalu campur putih telur dengan satu sendok makan perasan lemon
  • Sapukan semuanya ke seluruh bagian wajah secara merata
  • Diamkan sampai mengering dan kaku agar meresap sempurna
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
Baca selengkapnya: cara membuat masker putih telur lengkap

2. Susu dan madu

Bahan lain yang bisa kamu gunakan adalah susu dan madu. Kedua bahan ini diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral lengkap yang bisa menutrisi kulit. Jika kulit sudah ternutrisi, maka pembentukan kolagen akan lebih optimal, bahkan bisa memutihkan kulit wajah dengan cepat.

Cara mengencangkan kulit dengan susu dan madu:
  • Campurkan madu sebanyak 1 sendok teh dengan susu sekitar 5 sendok teh
  • Tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E (bila ada)
  • Oleskan keseluruh bagian wajah secara merata, lalu diamkan sampai kering
  • Setelah sekiranya sudah meresap, bilas dengan memakai air hangat hingga bersih
  • Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.
Baca: cara membuat masker susu lengkap

3. Masker buah pisang

Selain memiliki rasa yang enak, beberapa jenis buah seperti pisang juga sangat ampuh untuk mengencangkan kulit wajah. Buah khas Indonesia ini diperkaya dengan vitamin E, vitamin C, potasium, dan antioksidan yang baik untuk mendukung peremajaan kulit.

Cara mengencangkan wajah dengan buah pisang:
  • Sediakan buah pisang matang seperlunya saja, bisa jenis apapun
  • Lumatkan sampai halus, lalu beri sedikit madu
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian wajah
  • Diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.
4. Buah pepaya

Tahukah kamu apa aja manfaat masker pepaya? Buah ini diperkaya dengan kandungan antioksidan dan zat papain yang terbukti ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadikan permukaan kulit wajah menjadi kencang.

Cara alami mengencangkan wajah dengan pepaya:
  • Haluskan buah pepaya yang sudah matang
  • Campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis hingga membentuk mirip krim
  • Setelah itu oleskan keseluruh bagian wajah, lalu diamkan sampai 30 menit
  • Bilas wajah dengan memakai air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara rutin minimal 3 kali seminggu.
5. Memanfaatkan garam laut

Mungkin terasa aneh apabila kita menggunakan garam. Namun siapa sangka, ternyata garam memiliki kandungan mineral tinggi yang dapat menghilangkan racun dan kotoran yang menggangu pembentukan kolagen.

Caranya sangatlah mudah sekali. Kamu tak perlu menggunakan garam laut secara langsung, cukup campurkan dua sendok teh garam laut kedalam bak mandi. Biasanya hasil sudah akan terlihat dalam seminggu pertama.

6. Lakukan pijat wajah secara teratur

cara mengencangkan kulit wajah secara alami

Pijat wajah sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi di area wajah, sekaligus leher. Gerakan memutar dan gerakan keatas dapat membantu menghilangkan keriput ataupun garis halus di sekitar wajah.

Pemijatan ini hasilnya akan semakin maksimal apabila kamu lakukan secara teratur sebelum tidur. Kamu juga bisa mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan relaksasi otot.

7. Olahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk membakar lemak dan mengencangkan otot saja, tetapi kulit kamu pun juga akan lebih kencang secara alami.

Sebenarnya semua olahraga baik untuk mengencangkan kulit. Namun ada beberapa olahraga yang cukup direkomendasikan seperti yoga, jogging, sepeda santai, dan senam wajah.

8. Perbanyak minum air putih dan jus segar

Mengencangkan kulit tidak cukup hanya dari luar saja. Kamu bisa memperbanyak minum air putih untuk mengoptimalkan pembentukan kolagen dari dalam tubuh. Usahakan dalam sehari kamu bisa mengonsumsi minimal 8-10 gelas air putih (mineral), lebih banyak lebih bagus.

Jika kamu ingin hasil yang lebih cepat, saya sarankan untuk mengonsumsi jus buah segar. Beberapa buah dengan kandungan vitamin C dan E tinggi seperti jambu biji, kiwi, stroberi, jeruk, dsb terbukti cukup ampuh meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit.

9. Terapkan pola hidup sehat

Banyak orang yang berpikir sehat itu mahal, padahal sehat itu sebetulnya murah, yang mahal adalah sakitnya. Oleh sebab itu, sebelum sakit sebaiknya terapkan pola hidup sehat. Seperti berhenti merokok, olahraga teratur, tidur teratur, memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi, dsb.

Selain baik bagi kesehatan, pola hidup sehat juga akan mengoptimalkan proses peremajaan sel-sel kulit baru dari dalam. Baca selengkapnya mengenai cara hidup sehat yang benar untuk mendapatkan kulit kencang, cerah, dan tentunya selalu awet muda.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Sebaiknya kamu tetap berhati-hati ketika menggunakan bahan alami diatas, terutama jika kamu memiliki kemungkinan alergi. Sekian ulasan mengenai cara mengencangkan kulit wajah secara alami. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.
Share: