12 Obat Asam Urat di Apotik Terbaik yang Disarankan oleh Dokter

Obat Asam Urat di Apotik – Tingginya kadar purin dalam darah sangatlah mengkhawatirkan, apalagi jika terjadi pada Anda yang sudah berusia lanjut. Salah satu efek sampingnya bisa mengakibatkan penyakit asam urat atau gout. Asam urat merupakan kondisi peningkatan kadar purin dalam darah yang mengakibatkan penderitanya mengalami nyeri sendi, bengkak, dan rasa panas.

Penyebab asam urat sendiri ada banyak sekali. Mulai dari kebiasaan mandi di malam hari, konsumsi jeroan terlalu banyak, konsumsi obat-obatan, hingga karena faktor usia. Penting sekali kiranya untuk mengetahui penyebab asam urat yang Anda alami, sehingga penanganannya bisa lebih tepat sasaran. Mengingat setiap orang memiliki riwayat penyebab yang berbeda-beda.

Ketika asam urat menyerang tentu sangatlah menyakitkan. Apalagi jika radang sendi tersebut mengakibatkan pembengkakan di area tangan dan kaki. Nah untuk mengatasinya, berikut ini kami sudah rangkum beberapa obat asam urat di apotik terbaik yang direkomendasikan oleh para dokter. Semoga bermanfaat.

Obat Asam Urat Paling Ampuh di Apotik Saran Dari Dokter

1. Obat Asam Urat Meloxicam

obat asam urat di apotik

Meloxicam merupakan obat yang mampu mengurangi rada nyeri dan mengatasi pembengkakan yang disebabkan oleh Osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Obat asam urat generik ini termasuk kedalam golongan AINS yang bisa bekerja dengan menghentikan produksi zat tubuh penyebab dari rasa nyeri dan sakit sama halnya dengan prostaglandin.


Harga obat Meloxicam: Rp. 30.000;-


2. Obat Asam Urat Ketoprofen

obat asam urat di apotik


Ketoprofen adalah obat pereda nyeri yang sering diberikan kepada pasien setelah selesai melakukan operasi. Namun selain untuk pasien operasi, obat ini juga dapat kita manfaatkan untuk meringankan gejala asam urat, seperti nyeri, kaku, panas, dan sejenisnya. Ketoprofen berbentuk gel sehingga penggunaannya Anda tinggal mengoleskan ke bagian yang bermasalah saja.

Harga obat Ketoprofen Gell: Rp. 31.000;-


3. Obat Asam Urat Kartikosteroid Dexamethasone

obat asam urat di apotik


Kartikosteroid merupakan obat asam urat yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh kita dalam mengurai purin berlebihan. Selain mengatasi asam urat, ia juga mengandung anti-aging sehingga baik untuk kesehatan kulit kita. Pemberian obat ini ada dua yakni melalui suntikan dan dikonsumsi dalam bentuk tablet.

Harga obat Kartikosteroid: Rp. 10.000;-


4. Obat Asam Urat Piroxicam

obat asam urat di apotik

Rasa sakit yang disebabkan karena asam urat bisa diatasi dengan Anda mengonsumsi obat Piroxicam. Radang sendi muncul dikarenakan sebuah enzim bernama prostaglandin yang diproduksi tubuh kita. Nah Piroxicam ini bekerja dengan cara menurunkan kadar enzim tersebut dalam tubuh agar tidak terlalu tinggi, sehingga rasa sakit pun secara otomatis juga hilang. Tetapi ingat, obat ini hanya meringankan rasa sakit saja, bukan untuk mengobati total.

Harga obat Piroxicam: Rp. 15.000;-


5. Obat Asam Urat Allopurinol

obat asam urat di apotik

Peradangan sendi dapat muncul disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh kita. Untuk mengurangi kadar asam urat tinggi dalam darah, Anda bisa mengonsumsi obat bernama Allopurinol. Obat asam urat ini bekerja dengan cara menghambat xanthine-oxsidase yang dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah. Anda bisa mendapatkannya di apotik dengan harga terjangkau.


Harga obat Allopurinol: Rp. 16.000;-


6. Obat Asam Urat Probenecid

obat asam urat di apotik

Tidak semua orang cocok mengonsumsi obat asam urat Allopurinol. Beberapa terkadang mengalami alergi dikarenakan efek obat tersebut. Nah jika Anda salah satunya, gantilah dengan mengonsumsi obat Probenecid. Biasanya obat asam urat ini digunakan sebagai pengganti Allopurinol dengan khasiat yang sama, yaitu membantu mengeluarkan asam urat melalui ginjal dalam bentuk urine.


Harga obat Probenecid: Rp. 250.000;-


7. Obat Asam Urat Zyloric

obat asam urat di apotik

Batu ginjal dapat muncul disebabkan salah satunya karena endapan asam urat berlebihan. Untuk menceganya, Anda bisa mengonsumsi obat Zyloric. Obat ini bekerja dengan melarutkan asam urat berlebih melalui ginjal. Dengan mengonsumsi obat ini, maka asam urat Anda dapat sembuh sekaligus bisa terhindar dari penyakit batu ginjal.


Harga obat Zyloric: Rp. 6.500;- per tablet


8. Obat Asam Urat Alluric

obat asam urat di apotik

Alluric merupakan obat asam urat yang termasuk kedalam golongan xanthine oxsidase inhibitor yang mampu mengatasi asam urat dan komplikasinya secara lebih cepat. Obat ini memiliki kandungan Allupurinol didalamnya, sehingga dapat menurunkan purin berlebihan dalam darah kita.


Harga obat Alluric: Rp. 2.500;- per tablet


9. Obat Asam Urat Ketoprofen Novel

obat asam urat di apotik


Ketoprofen merupakan obat asam urat di apotik yang tidak hanya mengobati rematik saja, tapi juga dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan persendian dan tulang. Akan tetapi, sebaiknya konsumsi obat ini dengan dosis sesuai anjuran dokter. Sebab efek samping dari obat ini antara lain vertigo, mual, pusing, dan bahkan muntah.

Harga obat Ketoprofen Novel: Rp. 1.800;- per tablet


10. Obat Asam Urat Kaltrofen

obat asam urat di apotik

Obat ini hampir mirip dengan Ketoprofen, terutama dalam hal kandungannya. Akan tetapi, Kaltrofen sebaiknya jangan dikonsumsi oleh Anda yang sedang hamil. Karena efek sampingnya dikhawatirkan dapat menganggu pertumbuhan janin. Sedangkan untuk khasiatnya obat ini dapat membantu mengurangi nyeri dengan kandungan anti-inflamasinya.


Harga obat Kaltrofen: Rp. 3.700;- per tablet


11. Obat Asam Urat Puricemia

obat asam urat di apotik


Obat asam urat di apotik selanjutnya ialah Puricemia. Obat yang mengandung allupurinol sebesar 300 mg ini dapat menurunkan asam urat berlebihan dalam darah melalui ginjal. Namun meski demikian, bagi Anda yang memiliki masalah ginjal sebelumnya lebih baik konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi.

Harga obat Puricemia: Rp. 4.000;- per tablet

12. Obat Asam Urat Tylonic

obat asam urat di apotik


Biasanya obat Tylonic digunakan untuk menurunkan peningkatan kadar asam urat dalam darah pada penderita kanker setelah melakukan kemoterapi. Namun, Anda pun bisa mengonsumsi obat ini untuk mengatasi asam urat dan menurunkan risiko batu ginjal. Tidak disarankan bagi Anda yang sedang mengandung atau hamil untuk mengonsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dulu kepada dokter.

Disamping mengonsumsi obat asam urat di apotik, mulai sekarang Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengatur waktu tidur, berolahraga, dan sebagainya. Jangan lupa coba juga obat asam urat herbal tradisional paling ampuh jika Anda ingin cara alami.

Itulah ulasan singkat mengenai obat asam urat di apotik yang disarankan oleh dokter. Apabila ada yang belum jelas atau ada pertanyaan langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.