>

12 Obat Sariawan untuk Anak Secara Alami Paling Ampuh dan Aman

Obat Sariawan Anak Terbaik – Mungkin belakangan ini Anda mendapati si kecil yang selalu menolak makan. Atau bahkan tidak mau makan sama sekali padahal sebelumnya lahap. Hal ini bisa terjadi karena anak tidak suka dengan makanan yang Anda suguhkan atau bosen dengan makanan yang itu-itu saja.

Namun bisa juga karena faktor lain yang menyebabkan nafsu makan si kecil hilang. Untuk mengetahuinya, coba buka mulut si kecil dan perhatikan disana apakah ada bulatan kecil berwarna putih atau kuning di sekitar bibir dan pipinya. Bila memang ada, itu bisa jadi sariawan. Sebaiknya atasi secepatnya.

Penyebab Sariawan Pada Bayi

Penyebab sariawan anak

Sariawan sebetulnya jarang terjadi pada bayi, khususnya untuk bayi yang masih berusia 10 bulan ke bawah. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan bayi Anda mengalaminya. Walau hingga sekarang penyebab sariawan bayi belum bisa dipastikan melalui penelitian, tapi beberapa faktor berikut mungkin saja menjadi pemicu munculnya sariawan tersebut.
  • Trauma bisa terjadi ketika si kecil tidak sengaja mengigit lidah atau bagian dalam bibirnya. Gigitan inilah yang nantinya memicu sariawan di lidah.  
  • Alergi terhadap makanan tertentu.
  • Terlalu banyak mengonsumsi buah yang memiliki asam tinggi seperti jeruk dan tomat.
  • Kekurangan vitamin tertentu seperti asam folat, zinc, dan vitamin B12.
  • Terinfeksi virus herpes.
  • Faktor genetik atau keturunan.

Obat Sariawan untuk Anak 1-2 Tahun Secara Alami yang Aman


obat sariawan untuk anak 1-2 tahun
Obat sariawan anak secara alami


Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendiri sekitar 7-21 hari. Sedangkan rasa sakitnya akan terasa sampai satu setengah minggu. Akan tetapi bukan berarti Anda diam saja tanpa pengobatan sama sekali. Anda tentu tau bagaimana perihnya ketika mengalami sariawan. Begitupun yang dirasakan oleh bayi Anda. Oleh sebab itu, segera tangani secepatnya menggunakan obat sariawan berikut.

1. Kompres sariawan dengan es batu

Es batu bisa menjadi penolong ketika rasa perih akibat sariawan muncul. Sifat dingin dari es dapat membuat saraf di area sariawan menjadi mati rasa. Sehingga rasa perih pun sejenak dapat hilang. 

Es batu bisa Anda jadikan sebagai pertolongan pertama ketika si kecil rewel terus akibat menahan perih sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan es batu:
  • Ambil es batu dari freezer kemudian pecah menjadi kecil.
  • Balut es batu dengan kain lembut. Lalu tempelkan ke area sariawan.
  • Lakukan hingga beberapa kali sampai sariawan terlihat mati rasa.


2. Larutan air garam dan soda kue

Soda kue mungkin lebih dikenal dalam masakan. Padahal, ia memiliki kandungan aktif yang juga bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab sariawan di mulut. Sedangkan garam, ia memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa perih akibat peradangan sariawan. Perpaduan kedua bahan ini akan menjadi obat sariawan anak alami paling ampuh.

Cara mengatasi sariawan dengan garam dan soda kue:
  • Buatlah larutan yang terdiri dari garam, soda kue, dan air secukupnya.
  • Celupkan kapas pada larutan tersebut. Kemudian tempelkan ke area sariawan dengan lembut.
  • Lakukan secara rutin sehari minimal 2x untuk mendapatkan hasil terbaik.


3. Madu alami

Bersifat antibakterial, madu berkhasiat untuk membunuh kuman penyebab sariawan sekaligus mempercepat penyembuhan luka disekitarnya. Selain itu, madu alami juga mengandung vitamin C dan E yang dapat mempercepat proses pertumbuhan jaringan baru. Berikut tutorial membuat obat sariawan dari madu.

Cara mengobati sariawan alami dengan madu:
  • Ada dua cara yang bisa Anda tempuh. Pertama memberikan madu sebanyak satu sendok makan secara rutin kepada si kecil setiap hari.
  • Kedua mencampurnya dengan bubuk kunyit untuk mempercepat penyembuhan. Setelah tercampur tempelkan ke bagian sariawan si kecil dengan cutton bad.
  • Biasanya hanya dalam pengobatan 3-4 kali saja sariawan sudah tidak terasa perih.


4. Kantong teh celup

Tahukah Anda kalau sebenarnya ampas teh berkhasiat mengobati sariawan? Yup, daun teh mengandung anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri akibat peradangan. Selain itu ia juga mengandung antibakterial yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan anak. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan buang ampas teh celup ya.

Cara menghilangkan sariawan dengan ampas teh:
  • Sediakan satu kantung teh celup yang sudah diseduh. Lalu masukan kedalam freezer sampai kurang lebih setengah jam.
  • Ambil ampas yang berada di dalamnya lalu tempelkan ke sariawan anak.
  • Tunggu sebentar beberapa menit. Selanjutnya suruh ia berkumur air sampai bersih.
  • Lakukan sehari minim 2x untuk memperoleh hasil terbaik.


5. Cuka apel

Cuka apel menjadi makanan sumber nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan anak-anak. Cuka apel ini mengandung vitamin A, B6, C, dan E yang dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, ia juga mengandung sejumlah mineral alami seperti kalsium, magnesium, fosfor, mangan, dan kalium yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Anda pun bisa menggunakannya sebagai obat sariawan berikut ini.

Cara mengobati sariawan anak dengan cuka apel:
  • Sediakan cuka apel dengan kualitas terbaik secukupnya.
  • Tuang kedalam sebuah wadah selanjutnya celupkan kapas.
  • Tempelkan kapas yang sudah dicelup cuka apel tadi ke bagian sariawan anak.
  • Lakukan secara rutin setiap sehabis mandi untuk mendapatkan hasil terbaik.


6. Daun kemangi

Daun kemangi seringkali digunakan dalam lalapan agar menjaga aroma mulut tetap wangi setelah menyantap makanan. Tetapi tahukah Anda, kalau sebetulnya daun kemangi juga masuk dalam jajaran obat sariawan tradisional? Bahkan daun ini sudah digunakan sejak jaman dulu oleh nenek moyang kita. Ia memiliki kandungan antibakterial yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan.

Cara membuat obat sariawan anak dari kemangi:
  • Ambilah daun kemangi yang masih segar seperlunya saja.
  • Tumbuk halus daun kemangi tersebut. Lalu tempelkan ke sariawan anak selama 30 menit agar meresap.
  • Setelah selesai suruh si kecil berkumur menggunakan air dingin sampai bersih.


7. Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang mengandung banyak bakteri baik. Nah kandungan bakteri inilah yang dapat menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Jika bakteri baik lebih besar maka dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Namun untuk hasil terbaik pilihlah yogurt yang mengandung acidophilus hidup.

Cara mengobati sariawan anak dengan yogurt:
  • Ambil yogurt seperlunya saja.
  • Langsung saja tempelkan ke area sariawan anak dengan menggunakan kapas.
  • Atau, Anda juga bisa menyuruhnya meminum yogurt ini agar lebih menyehatkan.


8. Perbanyak konsumsi cairan

Minum banyak air putih atau susu sangat dianjurkan untuk bayi yang sedang sariawan. Apalagi untuk anak Anda yang sariawan disertai dengan demam. Cairan akan membantu mengembalikan kondisi tubuhnya sekaligus cegah dehidrasi.

Sumber cairan terbaik sebenarnya air putih. Namun jika si kecil masih berusia dibawah 2 tahun, sebaiknya berikan lebih banyak susu untuk menghindari kembung. Selain itu, pastikan selama sariawan, makanan yang Anda berikan bersifat lunak. Misalnya bubur, pisang, dan sejenisnya.

Selama sik kecil mengalami sariawan, sebaiknya hindari memberikan ia makanan yang terlalu panas dan asam. Makanan jenis tersebut dapat membuat sariawan anak terasa semakin perih. Anda juga bisa mencegahnya agar tidak datang kembali dengan menjaga kebersihan mulut si kecil seperti menyikat gigi dengan sikat gigi khusus bayi. Lakukan dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Kapan Harus ke Dokter?

Obat sariawan anak terbaik
Segera bawa si kecil ke dokter

Terkadang beberapa anak tidak bisa sembuh setelah menggunakan obat sariawan alami diatas. Jika sariawan pada bayi tidak kunjung membaik atau bahkan menyebabkan demam, ruam kulit, atau pembengkakan kelenjar getah bening, segeralah konsultasikan ke dokter terdekat.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kemudian memberikan resep obat seperti paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan nyeri yang muncul dengan dosis yang tepat tentunya. Sekian ulasan mengenai obat sariawan anak yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Karena keajaiban berawal dari kita sering berbagi sesama.

Artikel Terkait