>

21 Obat Asam Urat Herbal Tradisional dan Apotik Paling Ampuh

obat asam urat

Obat Asam Urat – Orang bilang asam urat hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Apakah ini benar? Tentu tidak. Sekarang banyak juga yang masih muda tapi sudah terkena asam urat. Penyebabnya sepele, yakni makanan yang dikonsumsi. Jika Anda sering mengonsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah maka bersiapkan untuk terkena penyakit ini.

Penyakit asam urat menyebabkan penderitanya mengalami radang sendi. Biasanya rasa nyeri akan sangat menyiksa dijam pertama. Tapi terkadang, radang sendi tersebut bisa berlangsung selama 3-10 hari, tergantung dari tingginya kadar zat purin dalam darah. Pembengkakan tidak hanya terjadi di bagian persendian saja, namun juga bisa ke bagian lain yang jika sudah parah menyebabkan lumpuh.

Tentu hal ini tidak Anda inginkan bukan? Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan share beberapa obat asam urat herbal tradisional dan apotik yang terbukti paling ampuh dalam meredakan nyeri. Berikut ulasan selengkapnya.

Obat Herbal Asam Urat dari Bahan Alami

1. Obat asam urat daun salam

obat herbal asam urat

Tentu sudah banyak yang tau tentang daun herbal satu ini. Daun salam biasanya banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk menambah aroma masakan. Ternyata setelah diteliti, ia mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan minyak atsiri yang cukup ampuh dalam mengobati asam urat. Berikut tutorialnya.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam:
  • Rebus daun salam yang masih segar sebanyak 6 lembar kedalam 100 ml air bersih. Tunggu sampai mendidih.
  • Tambahkan perasan lemon seperlunya. Jika sudah hangat minumlah ramuan obat asam urat tersebut secara rutin sehabis bangun tidur.

2. Obat asam urat daun seledri

obat herbal asam urat

Bila Anda tau daun salam, tentu juga tahu dengan yang namanya daun seledri. Sama halnya dengan daun salam, seledri juga sering digunakan dalam masakan. Tetapi jangan salah, dibalik itu semua seledri memiliki kandungan seperti klorin, inositol, asam lemak essensial, kalsium, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan. Yang mana salah satunya berguna sebagai obat tradisional asam urat.

Cara menyembuhkan asam urat dengan seledri:
  • Sediakan kira-kira 3-5 helai daun seledri yang masih segar
  • Rebus daun tersebut kedalam 100 ml air sampai mendidih
  • Saringlah lalu tuang kedalam gelas
  • Minum air rebusan daun seledri tersebut saat dingin minimal 1x sehari.
Note: selain mengonsumsi rebusannya, Anda juga bisa memasukan seledri kedalam setiap masakan.

3. Obat herbal asam urat daun sirsak

obat herbal asam urat

Daun sirsak merupakan salah satu herbal yang mengandung vitamin C dan vitamin A yang dapat mengeluarkan sampah metabolisme dari dalam tubuh. Dimana salah satu sampah tersebut ialah kolesterol dan asam urat berlebihan. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya juga berguna untuk mengurangi nyeri akibat asam urat. Obat tradisional asam urat ini wajib Anda coba.

Cara mengatasi asam urat dengan daun sirsak:
  • Ambilah 5 lembar daun sirsak yang masih muda
  • Pastikan daun tersebut bersih, lalu rebus dalam dua gelas air bersih
  • Tunggu hingga mendidih dan menyisakan satu gelas air
  • Saring air rebusan daun tersebut lalu minumlah 1x sehari

4. Obat asam urat daun brotowali

obat herbal asam urat

Daun brotowali sebetulnya sudah sejak dari dulu dikenal sebagai tanaman obat asam urat. Daun ini tidak hanya meredakan nyeri, tapi juga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah, mengendalikan kolesterol dalam tubuh, dan masih banyak lagi. Dikarenakan khasiatnya yang cukup lengkap itulah daun brotowali sering diekstrak dalam obat asam urat di apotik.

Cara mengobati asam urat dengan daun brotowali:
  • Sediakan sebanyak 4 lembar daun brotowali yang masih segar
  • Rebuslah dalam 100 ml air hingga mendidih. Selanjutnya saring.
  • Agar rasanya tidak pahit, Anda bisa menambahkan madu atau perasan jeruk
  • Minumlah obat asam urat tradisional ini sebanyak 1x sehari agar mujarab.

5. Obat asam urat kumis kucing

obat tradisional asam urat
Tanaman kumis kucing mengandung orthoshiponin glikosida dan diuretik yang dapat merangsang pengeluaran asam urat melalui urin (kencing). Selain itu, ia juga memiliki kandungan sinsetin yang dapat mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih. Khasiat luar biasa inilah yang menjadikan banyak orang sekarang ini menanam tanaman kumis kucing di halaman.

Cara mengatasi asam urat dengan kumis kucing:
  • Rabus lima daun kumis kucing dan lima ranting meniran hingga mendidih
  • Saring air rebusan tersebut dan masukan kedalam gelas
  • Minumlah ramuan herbal asam urat ini secara rutin 2x sehari, yakni sebelum dan sesudah bangun tidur.

6. Obat asam urat bunga rosella

obat tradisional asam urat
Nah kalau untuk satu ini mungkin masih terdengar asing. Yup, bunga rosella. Bunga yang memiliki warna merah ini ternyata mengandung protein essensial dan vitamin C yang dapat membantu meredakan nyeri akibat asam urat. Diluar itu, ia juga mengandung asam amino arginia serta legnin yang berguna untuk peremajaan sel-sel yang baru. Berikut cara membuatnya.

Cara mengobati asam urat dengan bunga rosella:
  • Sediakan bunga rosella yang sudah kering sebanyak 5 kelopak
  • Pastikan bunga tersebut bersih, lalu seduh dengan 200 cc air
  • Tambahkan madu sebagai pemanis
  • Minumlah 1x sehari selama sebulan untuk merasakan khasiatnya.

7. Gunakan karbon aktif (arang aktif)

obat tradisional asam urat

Masih belum banyak yang tau kalau sebenarnya karbon aktif dapat menyerap asam urat. Senyawa aktif yang ada dalam arang ini dapat mengikat asam urat berlebihan, bahkan meski dari luar tubuh. Sehingga karbon aktif aman digunakan sebagai pengobatan. 

Selain bermanfaat sebagai obat asam urat, Anda juga bisa memutihkan gigi dengan menggunakan arang ini. Selengkapnya baca disini.

Cara menurunkan asam urat dengan karbon aktif:
  • Campurkan setengah cangkir bubuk arang aktif dengan air seperlunya hingga membentuk adonan yang mirip pasta
  • Masukan pasta arang tadi kedalam bak mandi dengan menambahkan air lebih banyak
  • Rendam bagian tubuh yang terkena asam urat selama beberapa menit hingga sakit nyerinya agak berkurang
  • Lakukan lagi jika sekiranya belum sembuh.
Note: arang aktif sangat cocok sebagai obat asam urat di bagian kaki dan pergelangan tangan.

8. Baking soda

obat tradisional asam urat

Penderita asam urat ketika kambuh pasti merasakan sakit nyeri (gout) yang tak tertahankan, terutama di bagian sendi. Nah untuk menguranginya Anda bisa menggunakan baking soda. Sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi efek peradangan yang disebabkan karena asam urat. Namun untuk Anda yang berusia lebih dari 60 tahun, sebaiknya konsultasikan dulu ketika ingin menggunakannya.

Cara mengobati asam urat dengan baking soda:
  • Campurkan setengah sendok teh baking soda kedalam segelas air
  • Konsumsilah campuran ini sebanyak 3x sehari tidak boleh lebih
  • Lakukan terus secara rutin selama kurang lebih dua minggu.

9. Obat asam urat jahe 

obat tradisional asam urat

Jahe mungkin lebih Anda kenal sebagai rempah penghangat tubuh. Tapi tahukah, sebenarnya jahe juga mengandung senyawa curcumin yang bersifat anti-radang. Sifatnya inilah yang bisa membantu menghilangkan nyeri akibat dari asam urat. Bahkan bila dikonsumsi rutin jahe berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Membuat obat asam urat dari jahe sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi wedang jahe secara rutin sebelum dan sesudah bangun tidur. Potong jahe kecil-kecil, lalu rebus sampai mendidih. Konsumsilah wedang jahe tersebut selagi masih hangat 2x sehari untuk memperoleh khasiatnya.

10. Apple Cinder Vinegar

obat asam urat alami

Obat asam urat dan rematik berikutnya ialah cuka sari apel. Selain dapat mengobati sakit kepala dan sakit perut, keasaman yang ada dalam cuka ini dapat juga meredakan nyeri akibat asam urat. Anda pun bisa menambahkan madu agar memperoleh khasiatnya lebih optimal. Berikut caranya.

Campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter dalam segelas air
Tambahkan madu seperlunya, lalu minumlah dua sampai dengan tiga kali sehari
Anda bisa menaikkan dosis dengan menambah cuka sari apel apabila dalam 3 hari tidak ada perubahan.

11. Buah cherry

obat asam urat alami

Siapa sangka ternyata buah ceri berguna untuk mengobati asam urat. Buah yang memiliki rasa asam ini mengandung antosianin yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan sendi. Tidak hanya itu saja, ceri juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga dengan sekali konsumsi saja kita mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Cara mengatasi nyeri asam urat dengan ceri:
  • Untuk penderita asam urat disarankan agar mengonsumsi 15 s.d 20 buah ceri dalam sehari
  • Alternatif lain yaitu dengan meminum segelas jus buah ceri sebelum tidur. Anda pun bisa menambahkan bawang cincang untuk hasil terbaik.

12. Jus lemon

obat asam urat alami

Tahukah Anda kalau jus lemon mengandung vitamin C tinggi? Ya, selain dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin ini juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi. Namun untuk memperoleh hasil optimal, sebaiknya Anda tambahkan sedikit baking soda.

Cara mengobati asam urat dengan lemon:
  • Campurkan jus lemon dengan satu setengah sendok teh baking soda. Aduk hingga tercampur merata dan membentuk adonan busa.
  • Biarkan beberapa detik hingga busa menghilang. Kemudian campurkan dengan segelas air. Langsung saja minum sampai habis.
Selain lemon, Anda juga bisa menggantinya dengan buah lain yang kaya vitamin C. baca selengkapnya dalam makanan sumber vitamin C terbaik.

13. Buah apel

obat asam urat alami

Apel dikenal sebagai buah yang memiliki berjuta manfaat, terutama dalam hal kesehatan dan kecantikan. Menurut penelitian, kandungan asam malat tinggi yang ada di dalamnya dapat menetralkan asam urat berlebihan dalam tubuh.

Para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi apel setelah makan. Sehingga kadar purin dari makanan yang kita santap bisa dinetralkan. Namun jika Anda tidak suka makan apel langsung, bisa juga dengan mengonsumsi jus apelnya.

14. Obat asam urat alami dari madu

obat alami asam urat

Madu merupakan minuman ajaib yang dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi lengkap didalamnya dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya asam urat. Madu akan mendetoksi purin berlebihan melalui urine atau air kencing. Namun supaya hasilnya maksimal, sebaiknya racik obat herbal asam urat satu ini dengan benar.

Cara mengobati asam urat dengan madu alami:
  • Sediakan madu dan buah nanas seperlunya
  • Haluskan nanas dengan menggunakan blender tanpa tambahan air dan pemanis
  • Tambahkan madu kedalam jus nanas tersebut seperlunya
  • Minumlah jus nanas yang dicampur madu tersebut setiap hari min 1x.

15. Obat alami asam urat teh hijau

obat alami asam urat

Mulai sekarang coba ganti teh hitam yang biasa Anda minum dengan teh hijau. Menurut penelitian di Harvard University, teh hijau mengandung antioksidan yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan obat herbal lainnya. Selain antioksidan, terdapat pula beberapa zat berkhasiat lain seperti polifenol, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk regenerasi sel baru.

Ada banyak sekali manfaat teh hijau yang bisa kita peroleh. Mulai dari mengurangi asam urat, kolesterol, hingga menurunkan berat badan. Bahkan penelitian terbaru membuktikan, teh hijau dapat mengurangi risiko kanker sebesar 20 %. Oleh sebab itu, tak ada salahnya mengonsumsi minuman herbal ini secara rutin setiap harinya.

Obat Asam Urat di Apotik Paling Ampuh dengan Harga Terjangkau

Apabila Anda ingin lebih cepat sembuh, tak ada salahnya mencoba konsumsi obat asam urat yang ada di apotik. Dibawah ini ada beberapa jenis obat generik yang terbukti ampuh dalam menyembuhkan asam urat.

16. Obat asam urat apotik: Meloxicam

obat asam urat di apotik

Meloxicam merupakan obat asam urat yang paling ampuh dalam mengurangi nyeri akibat radang. Obat ini bekerja dengan cepat ke bagian yang bermasalah, sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika radang menyerang disaat yang tidak tepat. Selain asam urat, obat generik ini juga dapat membantu mengatasi kaku dan bengkak pada area sendi akibat osteoporosis dan rheumatoid arthritis.

17. Obat asam urat apotik: Ketoprofen Gell

obat asam urat di apotik

Ketoprofen Gell mungkin lebih dikenal sebagai obat pereda nyeri untuk mereka yang habis melakukan operasi. Namun, ternyata ia pun juga bisa mengurangi nyeri yang disebabkan karena radang sendi. Karena bentuknya gel, penggunaan obat ini hanya dengan mengoleskan ke bagian sendi yang bermasalah saja. Ketoprofen Gell cocok untuk mengobati asam urat yang belum terlalu parah.

18. Obat asam urat apotik: Piroxicam

obat asam urat di apotik

Rasa sakit yang muncul karena asam urat sebenarnya disebabkan karena enzim bernama prostaglandin. Enzim inilah yang bertanggungjawab terhadap timbulnya rasa nyeri pada sendi. Untuk menetralisir enzim tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat asam urat Piroxicam. Obat ini akan bekerja dengan melarutkan asam urat dan menetralkan enzim tersebut. Dapatkan obat ini di apotik tanpa resep dokter.

19. Obat asam urat apotik: Allopurinol

obat asam urat di apotik

Allopurinol merupakan satu jenis obat asam urat yang dapat menghambat proses xanthine-oxsidase pemicu peradangan. Obat ini akan bekerja dengan menurunkan purin berlebihan dalam darah sekaligus mengatasi hipertensi. Obat ini dibuat dalam bentuk tablet yang dapat diperoleh dengan mudah di apotik terdekat. Selain itu, karena dosisnya tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

20. Obat asam urat apotik: Kortikosteroid

obat asam urat di apotik

Kortikosteroid dibedakan menjadi dua menurut cara penggunaannya. Ada yang disuntikan dan ada pula dalam bentuk tablet. Kortikosteroid bekerja dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh serta memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan asam urat yang sedang kambuh.

21. Obat asam urat apotik: Probenecid

obat asam urat di apotik

Yang terakhir ialah Probenecid. Obat asam urat ini mampu menurunkan kadar asam urat dengan cara meningkatkan kemampuan ginjal dalam membuangnya. Efek samping setelah mengonsumsi mungkin Anda akan mengalami sakit perut, pusing, dan bahkan ruam kulit. Tidak dianjurkan bagi pemilik masalah ginjal untuk mengonsumsi obat asam urat ini.

Itulah ulasan seputar obat asam urat alami dan yang ada di apotik. Sebelum mencoba obat apotik sebaiknya coba dulu obat-obatan herbal. Meskipun sedikit ribet, tapi saya jamin hasilnya tidak mengecewakan. Sekian postingan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda. Salam.

Artikel Terkait