>

22 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami Tanpa Olahraga Paling Ampuh


Cara Menurunkan Berat Badan – Siapa bilang diet alami tanpa olahraga tidak membuahkan hasil sama sekali? Buktinya sudah banyak orang yang sukses mengurangi berat badan tanpa harus capek berolahraga.

Kunci utama dalam menurunkan berat badan tanpa olahraga sebenarnya ialah anda harus pandai mengatur kalori yang masuk dalam tubuh. Hal ini dapat Anda lakukan salah satunya dengan membatasi asupan makanan berkalori tinggi.

Jika Anda salah satu orang yang sibuk, menurunkan berat badan tanpa olahraga mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Berikut beberapa cara diet alami tanpa olahraga yang dapat Anda coba untuk memangkas berat badan berlebih.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Olahraga

1. Mengunyah makanan lebih pelan

Mulai sekarang cobalah untuk tidak terburu-buru ketika menyantap makanan. Nikmati setiap gigitan dengan mengunyah secara perlahan. Hal ini bertujuan agar memberikan sinyal kepada otak bahwa kita sedang makan. Anda mungkin sering makan terburu-buru sehingga mengakibatkan otak tidak mengerti apakah ini sudah kenyang atau belum. Akibatnya, asupan kalori yang masuk berlebihan.

Selain berfungsi untuk memberikan sinyal kenyang kepada otak, mengunyah makanan pelan-pelan juga dapat melancarkan sistem cerna. Usus akan lebih cepat mencerna makanan yang halus dibandingkan dengan yang masih kasar. Dengan demikian, nutrisi yang terserap oleh tubuh pun juga akan maksimal.

2. Gunakan piring lebih kecil


Makan menggunakan piring lebih kecil ternyata cukup ampuh dalam menurunkan berat badan alami. Penggunaan piring kecil akan membuat makanan yang hendak kita santap menjadi terlihat lebih banyak. Sehingga hal ini akan menstimulan otak agar memberikan rasa kenyang lebih cepat dengan syarat makannya diperlambat.

Anda bisa menggunakan piring kecil ketika ingin mengonsumsi makanan yang berkalori (kurang sehat). Sedangkan untuk makanan sehat seperti sayur dan buah, gunakanlah piring yang lebih besar. Makan dengan cara ini lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan Anda makan besar 2x sehari.

3. Perhatikan waktu makan


Dilansir dari vemale.com, bahwa waktu berpengaruh terhadap pembakaran kalori setiap makanan yang kita konsumsi. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, cobalah untuk makan besar mulai pukul 10 pagi sampai 3 sore. Waktu ini dinilai lebih ideal bagi tubuh untuk melakukan pembakaran lemak.

Sementara itu ketika pagi hari, Anda bisa mengganjal perut dengan mengonsumsi jus segar dari buah-buahan. Beberapa jus diet yang cukup terkenal antara lain jus jambu, jus lemon, jeruk nipis, dan jus buah naga. Cobalah melakukan kebiasaan ini selama seminggu kemudian lihat hasilnya.

4. Hindari makan lebih dari jam 6 sore


Makan besar setelah pukul 18.00 hukumnya haram bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Hal ini dapat terjadi karena waktu sore hari tubuh minim melakukan aktivitas fisik, lain dengan ketika pagi dan siang hari, secara otomatis pembakaran kalori dalam tubuh pun juga akan menurun. Sehingga kalori yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi cadangan energi berbentuk lemak.

Oleh sebab itu, mulai sekarang kurangi kebiasaan makan besar ketika malam hari, apalagi lebih dari pukul delapan malam. Selain dapat menambah berat badan, konsumsi makanan berat ketika malam hari juga bisa memicu radang tenggorokan yang dipicu karena meningkatnya asam lambung lho.

5. Konsumsi makanan berprotein tinggi


Makanan berprotein memiliki fungsi untuk meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu Anda mengonsumsi sedikit kalori. Hormon ghrelin (stimulan kenyang) dan GPL-1 dalam tubuh dapat dirangsang oleh protein yang kita konsumsi.

Berdasar penelitian yang dikutip dari Authority Nutrition, pasien memakan 441 kalori lebih rendah dibandingkan biasanya, mereka dapat menurunkan berat badan hingga 4 Kg dalam waktu 12 minggu. Hal ini dilakukan hanya dengan meningkatkan konsumsi makanan berprotein setiap harinya.

Salah satu sumber protein yang bisa Anda konsumsi ialah telur. Makan telur ketika pagi hari akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mengonsumsi kalori lebih sedikit ketika siang hari. Bahkan, asupan protein dalam telur dapat membuat kita kenyang selama 36 jam kedepan. Selengkapnya sumber protein.

6. Minum air putih lebih sering


Cara lain menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan minum air putih sebelum makan. Hal ini dapat membuat Anda memakan sedikit kalori. Selain itu, dehidrasi (kekurangan cairan) juga dapat menimbulkan perasaan lapar, karena saat kondisi ini otak bingung menentukan sinyal apakah sedang haus atau lapar.

Meminum air putih sebanyak 500 ml sebelum makan akan sangat efektif untuk mengurangi rasa lapar. Penelitian membuktikan, 8 dari 10 partisipan mengalami penurunan berat badan sekitar 44 % selama 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak melakukan cara ini. Ingat, usahakan yang diminum air putih ya, bukan minuman yang manis-manis.

7. Hindarilah makan sambil nonton TV


Inilah kebiasaan orang Indonesia ketika makan. Mereka lebih nyaman makan sambil nonton TV atau ngobrol bareng temen. Beberapa bahkan mengaku akan kurang puas ketika makan tidak ditemani oleh televisi. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk menguranginya.

Survey membuktikan orang lebih banyak makan dan belum merasa cepat kenyang ketika makan sambil melakukan aktivitas lain, termasuk nonton tv. Meskipun hal ini sepele, tetapi sebaiknya Anda perhatikan agar berat badan berkurang.

8. Perbanyak konsumsi makanan berserat


Selain mengonsumsi makanan berprotein, menurunkan berat badan dengan cepat juga bisa Anda lakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Tidak hanya melancarkan sistem cerna saja, tapi serat juga dapat membuat perut kita merasa kenyang lebih lama dibandingkan ketika kita konsumsi makanan berkarbohidrat.

Ada banyak makanan berserat yang bisa Anda konsumsi. Sebut saja seperti pepaya, jambu biji, pisang, wortel, kiwi, apel, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui makanan berserat silahkan baca artikelnya disini.

9. Jaga pola tidur dan hindari stres berlebihan


Diet tanpa olahraga yang Anda jalani akan sia-sia apabila setiap malam begadang. Ketika seseorang sering begadang, maka hormon ghrelin dan hormon leptin (stimulan rasa lapar) dalam tubuh akan terganggu. Hal inilah yang sering memicu rasa lapar berlebihan ketika siang hari sehabis begadang.

Sedangkan stres, dapat memicu terganggunya hormon kortisol yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon lainnya. Dengan demikian, tubuh membutuhkan kalori lebih banyak untuk menghasilkan energi yang salah satunya bisa dipenuhi dengan banyak makan.

10. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis


Tips menurunkan berat badan berikutnya ialah dengan mengurangi konsumsi makanan manis. Rasa manis yang terdapat dalam makanan akan diubah oleh tubuh menjadi cadangan lemak. Sehingga apabila setiap hari kita mengonsumsi makanan manis, maka sama saja menumpuk lemak dalam jumlah yang besar.

Mengurangi makanan dan minuman manis akan sangat baik bagi kesehatan. Karena selain mengurangi berat badan, Anda juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes melitus atau gula yang hingga sekarang belum ada obatnya. Makanan manis antara lain soda, junkfood, gula, dan sejenisnya.

11. Jagan biarkan perut kelaparan


Banyak pelaku diet yang menahan lapar selama berjam-jam hanya untuk mendapatkan berat badan ideal. Padahal, cara ini salah lho. Menahan lapar hanya akan membuat Anda mengonsumsi makanan berkalori lebih banyak setelahnya. Lantas, bagaimana solusinya? Ya Anda harus menjaga agar perut tidak lapar, juga disamping itu tidak terlalu kenyang.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa ngemil makanan sehat seperti buah atau sayuran segar lebih sering. Hindari ngemil makanan yang memiliki rasa manis. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca postingan program diet tanpa harus lapar yang sudah kami bagikan sebelumnya.

12. Minum jeruk nipis ketika pagi hari


Pernahkah Anda mendengar diet jeruk nipis? Kabarnya hanya dengan mengonsumsi jeruk nipis dapat menurunkan berat badan dalam 1 minggu saja. Anda bisa mencoba konsumsi jus jeruk nipis hangat ketika pagi hari setelah bangun tidur. Sebagian orang mengklaim, diet jeruk nipis ini mampu menurunkan berat badan 1 kg dalam waktu seminggu saja.

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung vitamin C dan asam sitrat yang cukup tinggi. Vitamin C memiliki kegunaan menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sedangkan asam sitrat akan berinteraksi dengan asam lain dalam perut guna melancarkan sistem pencernaan makanan.

13. Teh hijau


Manfaat teh hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain kaya antioksidan yang dapat mencegah kanker, kandungan nutrisi dalam teh ini juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

Mengonsumsi teh hijau kabarnya dapat membakar lemak meskipun kita tidak berolahraga. Sehingga minuman ini sangat cocok dikonsumsi Anda yang selalu sibuk kerja. Konsumsilah teh hijau di pagi hari sebelum berangkat kerja dan biarkan lemak terbakar ketika Anda duduk.

14. Konsumsi minuman pembakar lemak


Menurunkan berat badan dengan jahe aman dilakukan oleh pria ataupun wanita. Jahe tidak hanya bermanfaat untuk membakar lemak, tapi juga dapat memperkuat sistem imunitas tubuh sehingga kesehatan tetap terjaga.

Jahe hangat yang dicampur dengan madu juga nyaman di perut dan aman ketika dikonsumsi secara rutin. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat tidak ada salahnya mengonsumsi bahan satu ini. Selain berkhasiat, harganya yang murah tentunya tidak membuat dompet Anda tipis.

15. Pantau terus berat badanmu


Pantau berat badan Anda selama seminggu sekali untuk mengetahui seberapa efektif program diet alami tanpa olahraga ini. Penurunan berat badan yang normal dan aman untuk seseorang ialah 0.5 - 1 kg dalam seminggu. Jangan berharap menurunkan berat badan dengan cepat (instan), karena penurunan berat badan secara perlahan justru akan bertahan dalam jangka panjang.

“Tips lainnya akan kami update lain waktu”

Diet alami tanpa olahraga pada dasarnya mudah untuk dilaksanakan, asal Anda tau caranya. Namun Anda juga harus dituntut lebih disiplin dan konsisten dalam melakukannya demi mencapai hasil akhir yang maksimal.

Jangan sampai minggu pertama menerapkan dengan semangat, lalu minggu berikutnya loyo, percuma dong. Sekian info mengenai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk Anda.

Artikel Terkait