>

23 Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dalam 1 Minggu dengan Diet Cepat

cara menurunkan berat badan 10 kg

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan – Ingin memperoleh berat badan ideal dalam waktu singkat, bukan berarti Anda harus menjalani program diet gila-gilaan. Tubuhmu tidak akan mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup, sedangkan tubuh perlu bekerja keras untuk menyediakan tenaga setiap hari. Oleh sebab itu, banyak pelaku diet cepat yang kemudian jatuh sakit.

Sebetulnya ada banyak cara mengurangi berat badan tanpa harus menyiksa diri sendiri. Dari banyaknya tips diet yang beredar di masyarakat dan pengalaman pribadi, saya menangkap ada tiga point penting dalam menguruskan badan, yakni mengatur pola makan, olahraga, dan menjalani pola hidup sehat.

Jika Anda bisa menguasai ketiga poin tersebut, bukan mustahil berat badan akan turun 10 kg dengan cepat dalam seminggu saja. Pada kesempatan kali ini kami akan share beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat dalam seminggu. Untuk masalah hasil setiap orang beda-beda, ada yang turun 7 kg serta ada pula yang bisa turun sampai 10 kg! Langsung saja terapkan tipsnya.


Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Paling Ampuh

1. Bulatkan niat mulai detik ini untuk turunkan berat badan!

cara menurunkan berat badan 10 kg

Kebiasaan sering menunda-nunda diet sering menjadi penyebab gagalnya melangsingkan badan. Mungkin hari ini Anda bersemangat untuk mengurangi berat badan, tapi dua, tiga hari kemudian semangat tersebut hilang. Inilah yang membuat program diet yang Anda jalani menjadi gagal. Padahal diet memerlukan komitmen yang kuat agar berhasil mencapai target.

Oleh sebab itu, mulai detik ini juga bulatkan tekad Anda untuk benar-benar mengurangi berat badan. Ubah mindset Anda dari “masih ada hari esok” menjadi “hari esok aku harus kurus”. Untuk memperkuat niat diet, Anda juga bisa melihat foto-foto model dengan tubuh langsingnya, atau melihat teman yang memiliki tubuh langsing. Hal sepele semacam ini akan menjadi dorongan kuat bagi Anda untuk melakukan diet secara konsisten.

2. Atur menu makanmu sendiri

cara menurunkan berat badan 10 kg

Mulai sekarang hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan junk food atau makanan cepat saji. Selain mengandung bahan berbahaya, makanan tersebut mengandung tinggi lemak dan kolesterol yang bisa memicu obesitas (kegemukan). Sebagai gantinya, silahkan masak menu makanmu sendiri. Jangan cemas ketika tidak bisa memasak. Di internet sudah tersedia resep menu-menu sehat yang bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah.

Tidak hanya lebih sehat dan dapat bantu menguruskan badan saja, memasak makanan juga dapat menghemat uangmu. Tapi harap tetap awasi bahan-bahan makanan yang Anda gunakan ketika memasak, agar asupan gizi tetap terjaga dan seimbang. Meskipun targetmu dapat menurunkan 10 kg dalam 1 minggu, Anda tetap harus mengatur pola makan secara bertahap agar tubuh juga beradaptasi. 

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

cara menurunkan berat badan 10 kg
Tubuh kita terdiri lebih dari 50 % dari air. Kekurangan air (dehidrasi) dapat memicu kegemukan, karena otak akan merespon kehausan seperti kelaparan, akibatnya kita akan banyak makan bukannya minum.

Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas yang mereka lakukan. Tetapi idealnya kita disarankan untuk mengonsumsi air putih mulai dari 7-8 gelas setiap harinya. Anda bisa menambahkan es batu agar tidak eneg atau mual.

4. Jangan sentuh alkohol dan minuman bersoda

cara menurunkan berat badan 10 kg

Anda mungkin kadang terlalu memperhatikan apa yang dimakan dan lupa bahwa minuman yang dikonsumsi juga ikut berkontribusi dalam menaikkan ataupun menurunkan berat badan. Padahal, minuman beralkohol dan bersoda yang selama ini Anda konsumsi dapat membuat badan gendut.

Kementrian Kesehatan Inggris, menemukan bahwa orang Inggris rata-rata memperoleh 2000 kilo kalori dari konsumsi minuman-minuman beralkohol setiap bulannya. Alkohol memang tidak memiliki lemak, tapi kandungan senyawanya dapat menambah 7 kalori untuk setiap gramnya. 

Sedangkan minuman bersoda mengandung gula yang dapat memberikan 245 kalori ke tubuh Anda. Jadi, kalau Anda memang ingin mengurangi berat badan sebaiknya jangan minum keduanya.

5. Minum teh hijau untuk turunkan berat badan alami

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Teh hijau sering sekali dikonsumsi oleh bangsa China sejak jaman dulu. Mereka percaya kalau teh ajaib ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat tanpa harus minum obat. Setelah diteliti, ternyata teh hijau mengandung catechin dan antioksidan tinggi yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh. Dimana salah satunya dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Selengkapnya mengenai manfaat teh hijau bisa Anda baca disini.

Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, berarti secara tidak langsung Anda sudah menjalani program diet penurunan berat badan. Namun jangan asal konsumsi saja, Anda harus tau kapan waktu yang tepat. Para ahli herbal menyarankan agar kita minum teh hijau setelah selesai makan, bukan ketika perut sedang kosong. Dipercaya setelah makan akan mengurangi timbunan lemak dan kalori dalam tubuh Anda.

6. Mengonsumsi makanan yang pedas

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Kabar baik untuk Anda yang suka dengan makanan pedas. Ternyata setelah diteliti, makanan yang memiliki rasa pedas mengandung capsaicin yang dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu, makanan pedas juga berkhasiat untuk melancarkan sistem peredaran darah kita. Sehingga sekali makan saja Anda sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Apakah makanan pedas hanya berasal dari cabai? Tentu tidak. Makanan pedas yang bisa Anda konsumsi bisa berasal dari bahan lain seperti jahe, kunyit, paprika, lada hitam, dan oregano. Masukan bahan-bahan tersebut kedalam setiap masakan Anda dengan takaran yang wajar. Jangan sampai berlebihan karena dapat menimbulkan sakit perut dan diare akut.

7. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Daripada Anda mengonsumsi gorengan, lebih baik ganti ngemil dengan buah dan sayuran segar. Gorengan dan makanan cepat saji lainnya selain dapat membuat gemuk, ternyata juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Apalagi jika gorengan tersebut dibuat dengan menggunakan minyak yang sudah kotor. Selengkapnya bisa Anda baca di bahaya gorengan bagi kesehatan disini.

Bukan berarti Anda berhenti selamanya dan tidak mengonsumsi gorengan. Tetapi untuk 1-2 bulan kedepan sebaiknya lebih banyak konsumsi buah dan sayuran segar. Selain membantu menurunkan berat badan, konsumsi makanan tersebut juga akan membuat tubuh terasa ringan dan kulit cerah berseri.

8. Konsumsilah salad

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Mengonsumsi buah dan sayur yang hanya itu-itu saja mungkin membuat Anda merasa bosan. Nah untuk mengatasinya silahkan olah buah dan sayuran tersebut menjadi salad, yaitu sebuah hidangan yang berasal dari campuran sayur hijau, buah, daging, susu ikan, dan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Sekarang ini ada banyak sekali resep salad yang beredar di internet. Anda pun bisa membuat sesuai selera sendiri. Dari banyaknya salad yang beredar, saya lebih suka dengan salad buah pisang yang dicampur dengan apel dan pir, lalu dicampur dengan segelas jus jeruk dan mayones. Hmm rasanya tiada duanya deh. Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Tapi ingat, jangan terlalu banyak juga ya.

9. Perbanyak konsumsi protein nabati

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Protein juga termasuk nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam mengurangi jumlah kalori dan lemak. Dibandingkan dengan kalori, protein dapat memberikan kekenyangan lebih lama dan energi yang lebih besar. Tapi dengan catatan, protein yang Anda konsumsi berasal dari protein nabati ya, bukan hewani. Sebab protein hewani kadang juga mengandung lemak yang justru dapat merusak dietmu.

Untuk mendapatkan asupan protein nabati, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan. Seperti misalnya kacang tanah, kacang kedelai, kacang almond, kacang hijau, dan sejenisnya. Sedangkan protein nabati dari buah dan sayur bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah alpukat dan sayur bayam. Selengkapnya megenai makanan sumber protein tinggi disini.

10. Tinggalkan gula sekarang juga

cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Tips menurunkan berat badan selanjutnya ialah dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan manis, atau makanan yang mengandung gula. Gula mungkin tidak mengandung lemak, tapi sebenarnya ia mengandung kalori tinggi yang jika tidak digunakan tubuh akan berubah menjadi cadangan energi berbentuk lemak.

Membatasi konsumsi gula tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja. Anda juga dapat terhindar dari penyakit diabetes melitus yang hingga saat ini belum ada obatnya. Salah satu gejala diabetes ialah tubuh gemuk. Jadi, sebaiknya segera hentikan kebiasaan mengonsumsi gula berlebihan.

11. Makan dengan pelan-pelan

cara mengurangi berat badan

Apakah selama ini Anda makan terburu-buru? Jika benar demikian, itulah penyebab kenapa berat badan Anda sulit turun. Makanan yang tidak halus akan membuat sistem pencernaan sulit mengolahnya, terutama kalori, sehingga banyak yang diubah oleh tubuh menjadi lemak, bukannya energi.

Selain itu, makan terburu-buru juga dapat membuat otak salah mengenali apakah sudah kenyang atau belum. Lain halnya ketika Anda mengunyah pelan, maka otak akan memberikan sinyal kenyang ketika makanannya cukup. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang kunyah makananmu lebih halus secara pelan-pelan.

12. Jangan malas gerak (MAGER)

cara mengurangi berat badan

Malas gerak atau bahasa gaulnya sekarang Mager, sering menjadi penghalang gagalnya program diet menurunkan berat badan yang seseorang jalani. Apalagi Anda yang hobi bermalas-malasan di kamar tidur sambil bermain gadget. Rasanya melakukan aktivitas seperti sekedar membersihkan rumah sangat sulit sekali.

Ayolah, jika memang Anda benar-benar ingin turunkan berat badan, mulai sekarang jangan malas untuk gerak. Lakukan aktivitas-aktivitas ringan seperti menyapu rumah, cuci piring, baju, dan sejenisnya. Bila perlu, lakukan olahraga mengecilkan perut buncit untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

13. Tidur teratur dan kelola stresmu dengan baik

cara mengurangi berat badan

Pola hidup sehat yang sebenarnya ialah kita bisa mengatur waktu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat, kapan harus makan dan kapan berhenti makan, dan seterusnya. Setiap hari, orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur dan beristirahat. Usahakan setiap hari Anda mencukupi waktu tidur tersebut tanpa terganggu dengan berbagai urusan.

Selain mengatur waktu tidur dan istirahat, Anda juga harus pandai dalam mengelola stres. Bagaimana caranya? Anda bisa mencoba untuk selalu berpikir positif, meningkatkan rasa percaya diri, meditasi, yoga, liburan bersama dengan keluarga, dan masih banyak lagi. Intinya, jangan buat pikiranmu menjadi tertekan dengan masalah-masalah yang dihadapi saat ini.

14. Tertawalah sebelum tertawa dilarang

cara mengurangi berat badan

Membakar kalori dengan tertawa mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi ternyata tertawa dapat meningkatkan denyut jantung dan mempercepat metabolisme yang mempengaruhi berat badan. Selain itu, tertawa juga memberikan pijatan yang baik untuk organ-organ perut seperti ginjal, hati, pankreas, limpa, dan adrenal. Luar biasa bukan?

Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk sering-sering tertawa. Ada banyak cara membuat diri bahagia, termasuk beberapa diantara seperti melihat video lucu, stand up comedy, bercanda dengan teman-teman, dan masih banyak lagi.

15. Atur pola makanmu selama seminggu pertama

Inilah yang disebut dengan cara menurunkan berat badan 1 minggu. Sesuai dengan namanya, diet ini akan Anda lakukan selama seminggu saja. Mungkin untuk hasil setiap orang akan berbeda-beda. Ada yang bisa turun sebanyak 1kg, 2kg, dan bahkan bisa 3kg tergantung kondisi kesehatan masing-masing.

Berikut aturan pola makan diet seminggu:

cara menurunkan berat badan dengan cepat
  1. Hari pertama = makan buah dan air putih saja
  2. Hari kedua = konsumsi sayuran saja
  3. Hari ketiga = kombinasi buah sayur
  4. Hari keempat = makan buah ditambah susu
  5. Hari kelima = boleh makan nasi dan sayur tomat
  6. Hari keenam = penuhi asupan protein nabati dan hewani
  7. Hari ketujuh = makan nasi, buah, dan sayur sesuai selera dan jus

16. Catat penurunan berat badanmu selama seminggu sekali

cara menurunkan berat badan dengan cepat

Hanya dalam waktu seminggu saja sebetulnya penurunan berat badan sudah dapat terlihat, khususnya untuk Anda yang menerapkan dengan konsisten. Oleh sebab itu, catatlah setiap penurunan berat badan yang terjadi selama seminggu tersebut. Idealnya berat badan akan berkurang sebanyak 2-3kg tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing. Nah untuk mencapai 10kg tentunya Anda harus tetap menjalani program diet ini kurang lebih selama 1.5 bulan saja.

Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara bertahap, tidak instan. Apabila terlalu cepat, Anda akan berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti kekurangan nutrisi, tubuh lemas, mudah lelah, jaringan otot cepat rusak, dan tulang kropos. Itulah sajian tips menurunkan berat badan 10 kg yang bisa Anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Artikel Terkait