>

12 Cara Mengempeskan Jerawat Batu Secara Alami Tanpa Memencetnya

cara mengempeskan jerawat batu secara alami

Cara Mengempeskan Jerawat Batu – Meskipun sepele jerawat tetap saja menjadi masalah paling menjengkelkan. Penampilan yang sebelumnya sempurna pun sekarang berganti seketika, cuman karena benjolan kecil di wajah ini. Jerawat dapat muncul kapan saja dan dimana saja. Bukan karena makanan ataupun pola hidup yang salah, tapi karena ketidakstabilan hormon dalam tubuh kita.

Ada beberapa jenis jerawat yang wajib kamu tau. Mulai dari jerawat kecil-kecil disebut dengan jerawat pasir hingga jerawat besar yang sering dijuluki jerawat batu. Berbeda jerawat tentu berbeda pula cara penanganannya. Nah, untuk kamu yang memiliki jerawat batu, berikut beberapa cara mengatasi jerawat batu secara alami tanpa menimbulkan luka. Dijamin setelah mempraktikan jerawat kempes.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

1. Lidah buaya

cara mengempeskan jerawat batu secara alami

Lidah buaya tidak hanya dikenal baik untuk perawatan rambut saja. Ia juga memiliki gel yang bersifat mendinginkan kulit. Lidah buaya sangat cocok digunakan untuk mengempeskan jerawat batu yang sedang meradang atau bengkak. Karena sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi rasa nyeri. Selain itu, lidah buaya juga dapat membuat kulit lebih cerah dan kenyal alami.

Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya:
  • Ambil gel lidah buaya yang masih segar
  • Tempelkan gel tersebut ke area kulit yang bermasalah selama 30 menit
  • Lakukan lagi hingga jerawat batu mendingan.

2.  Bawang putih

cara mengempeskan jerawat batu secara alami

Siapa sangka, ternyata bumbu dapur satu ini berkhasiat untuk mengobati jerawat. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan, anti-jamur, dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengempeskan jerawat batu tanpa luka.

Selain mengatasi jerawat, konsumsi bawang putih secara rutin juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat akibat hormon tidak stabil.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang?
  • Sediakan bawang putih secukupnya, lalu kupas dan haluskan
  • Oleskan halusan ke area jerawat batu secara merata
  • Sedangkan kamu pemilik kulit sensitif sebaiknya tambah halusan bawang dengan air hangat sebelum mengoleskannya.

3. Madu dan kayu manis bubuk

cara mengempeskan jerawat batu secara alami

Madu merupakan jenis antibiotik yang bersifat alami. Sifatnya inilah yang bisa membantu menyembuhkan jerawat batu. Tak hanya itu saja, kandungan nutrisi lengkapnya seperti vitamin dan mineral dalam madu, juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Cara menyembuhkan jerawat dengan madu dan kayu manis:
  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan kayu bubuk manis
  • Setelah tercampur rata aplikasikan ke bagian wajah yang bermasalah
  • Diamkan sejenak kurang lebih 10 menit sampai meresap
  • Akhiri dengan membilas menggunakan air hangat.

4. Pasta gigi

cara mengatasi jerawat batu secara alami

Biasa digunakan setiap hari tentu pasta gigi tersedia di kamar mandimu. Ternyata pasta gigi tak hanya berguna untuk memutihkan gigi saja. Kandungan silika yang tinggi di dalamnya sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat batu. Bahkan hanya dalam waktu semalam jerawat batu bisa kempes dengan mengoleskan pasta gigi sebelum tidur.

Akan tetapi perlu diingat, tidak semua orang cocok menggunakan obat jerawat batu yang satu ini. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif ada baiknya menghindari pasta gigi. Atau bila ingin tetap mencobanya, silahkan konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit.

5. Gunakan aspirin

cara mengatasi jerawat batu secara alami

Asetilsalisilat atau aspirin biasanya sering digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, misalnya ketika demam dan flu. Aspirin termasuk obat anti-radang sehingga secara otomatis ia juga efektif untuk mengurangi radang akibat jerawat batu.

Cara mengatasi jerawat batu dengan aspirin:
  • Haluskan 1 aspirin kemudian campur dengan air hangat 3 sendok
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih. Lalu oleskan aspirin ke bagian yang bermasalah
  • Diamkan kurang lebih 30 menit supaya aspirin mengeras. Ketika mengeras inilah aspirin akan membuat jerawat batu menjadi kering yang selanjutnya kempes.

6. Masker mentimun

cara mengatasi jerawat batu secara alami

Mungkin kalian pernah melihat orang memakai irisan mentimun untuk mengatasi mata panda. Namun selain itu ternyata mentimun juga bisa mengempeskan jerawat batu yang bengkak. Sebab timun memiliki air yang bersifat sebagai pendingin kulit sekaligus agen anti-inflamasi.

Cara ampuh menghilangkan jerawat dengan timun:
  • Haluskan mentimun bersih berserta kulit dan bijinya
  • Campur halusan dengan perasan air lemon sampai merata
  • Gunakan masker tadi dengan cara mengoleskan ke wajah
  • Diamkan sampai mengering lalu bilas air bersih
  • Selain mengempeskan, masker timun juga berguna untuk mengurangi efek kemerahan di wajah akibat jerawat.

7. Minyak kastor dan minyak zaitun

cara mengatasi jerawat batu secara alami

Loh kok minyak? Bukannya jerawat batu disebabkan karena minyak berlebih? Yup, memang jerawat salah satunya disebabkan karena minyak. Tapi minyak satu ini tergolong spesial, sebab mereka mengandung antibakterial dan anti-inflamasi yang tentunya baik untuk merawat wajah. Kamu bisa membersihkan jerawat dengan menggunakan salah satu minyak ini.

Cara hilangkan jerawat dengan minyak kastor dan zaitun:
  • Siapkan minyak kastor atau zaitun secukupnya
  • Oleskan minyak tersebut ke area jerawat batu, tapi jangan terlalu keras
  • Biarkan sejenak kurang lebih 30 menit atau sampai kering
  • Kamu bisa menggunakan minyak ini sebelum tidur dan melihat jerawatmu hilang di pagi hari.

8. Tea tree oil

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Tea tree oil merupakan minyak pohon teh yang kandungannya bisa meredakan peradangan. Selain itu, minyak alami ini juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan efek antibakterial.

Dikarenakan mengandung benzoil peroxyde, penggunaan minyak ini harus diperhatikan. Jika kulitmu sensitif atau menderuta eksim sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

9. Gunakan Benzoil Peroksida dan Vitacid

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Cara lain yang tak kalah cepat menghilangkan jerawat batu yaitu dengan menggunakan Benzoil Peroksida. Biasanya bahan ini digunakan dalam pembuatan krim-krim jerawat. Ketika dioleskan, Benzoil Peroksida akan memberikan oksigen dalam pori-pori sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yang disebut Propionibacter Acnes.

Selain Benzoil Peroksida, kamu juga bisa mengobati jerawat batu dengan Vitacid. Kedua obat oles jerawat siap pakai ini bisa dibeli di apotik terdekat. Tetapi untuk menghindari efek samping sebaiknya konsultasikan dengan petugas apotik sebelum menggunakannya. Gunakan pula keduanya dengan kadar mulai yang paling rendah, misalnya Benzoil Peroksida 2,5 % dan Vitacid 0,025 %.

10. Rajinlah menguapi wajah

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Menguapi wajah sebenarnya telah ada sejak jaman Yunani dan Romawi kuno sebagai salah satu ritual kecantikan oleh para Ratu. Hingga sekarang uap masih diandalkan dalam perawatan kecantikan, contohnya di salon atau spa.
Ada banyak manfaat penguapan wajah. Beberapa diantara detoksifikasi racun kulit, membuka pori tersumbat, melancarkan sirkulasi darah sekitar wajah, dan tentunya bisa mengempeskan jerawat batu. Bagaimana, tertarik mencoba?
  • Rebus air bersih sampai mendidih secukupnya
  • Lalu tuang air tersebut kedalam mangkuk kaca
  • Diamkan sejenak agar tidak terlalu panas. Lalu tempatkan wajahmu diatas mangkuk tersebut
  • Sebaiknya berhati-hati dalam melakukan penguapan. Jangan sampai wajahmu justru terkena air panas.

11. Kaporit

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Ketika jerawat muncul di wajah, berendam di kolam renang bisa membantu menghalau pembengkakan yang terjadi. Kolam renang mengandung klorin dan kaporit yang bersifat mengeringkan kulit, sehingga secara otomatis dapat mengatasi jerawatmu.

Namun sebelum itu pastikan kolam renangnya bersih. Selain itu, jangan lupa gunakan pelembab sehabis berenang untuk cegah kulit terlalu kering. 

12. Jangan memencet jerawatmu!

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Inilah kebiasaan buruk orang Indonesia saat mereka memiliki jerawat. Yup, memencetnya sampai pecah. Meskipun tangan sangat “gatal” ingin menyentuh atau bahkan memencet jerawat karena risih, sebaiknya kendalikan dirimu dan jangan lakukan hal bodoh tersebut.

Memencet jerawat hanya akan menimbulkan masalah semakin panjang. Karena setelah jerawat batu pecah, maka munculah bekas jerawat yang lebih lama hilangnya. Selain itu, pecahnya jerawat batu juga akan menyebarkan bakteri ke pori lain yang tentunya akan menimbulkan jerawat baru lagi.

Nah, itulah beberapa cara praktis mengempeskan jerawat batu yang bisa kamu lakukan ketika masalah menjengkelkan ini muncul. Selalu ingat, merawat kulit janganlah hanya dilakukan ketika memiliki masalah saja. Melainkan merawat itu juga harus kamu lakukan rutin setiap hari. Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait