>

9 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami [Teruji]

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Tradisional – Apakah kamu tiba-tiba pernah mengalami rasa sakit pada bagian sendi, terutama pada bagian jempol yang disertai pula dengan pembengkakan? Jika pernah, mungkin kamu telah terserang penyakit asam urat atau sering disebut kirai/gout. 

Penyakit ini muncul disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat baik di dalam ataupun luar persendian. Asam urat hanyalah satu dari dua ratus jenis peradangan sendi yang sering menyerang manusia.

Biasanya rasa sakit akibat asam urat akan muncul selama tiga sampai sepuluh hari, dengan puncak rasa sakit mulai dari enam hingga dua puluh empat setelah asam urat mulai kambuh. Setelah tiga hingga sepuluh hari kemudian, rasa sakit akibat asam urat ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, bahkan terasa seperti biasa. 

Kendati terlihat sembuh, namun penyakit asam urat bisa kambuh kapan saja tanpa ada patokan pasti.

Penyebab Munculnya Asam Urat dalam Tubuh


cara mengobati asam urat secara alami
Gambar by jpnn.com

Penyebab asam urat sebenarnya adalah kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi. Asam urat termasuk limbah dari pemecahan purin yang ada di dalam sel tubuh. Asam ini dibuang oleh ginjal, namun apabila jumlahnya berlebihan akan megakibatkan pengkristalan pada bagian sendi. Penumpukan ini berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari.

Ada beberapa faktor seseorang terkena asam urat, antara lain:

- Kelebihan berat badan (obesitas)

- Umur dan jenis kelamin: biasanya menyerang para lansia dan berjenis kelamin pria.

- Seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Misalnya seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan masih banyak lagi.

- Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol

- Memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes

- Memiliki masalah pada bagian ginjal yang menganggu proses pembuangan asam urat dari dalam tubuh

- Berasal dari keluarga yang menderita penyakit asam urat.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Penanganan penyakit asam urat dapat dilakukan melalui dua sasaran utama , yaitu meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali.

Dalam meringankan gejala asam urat yang muncul, kamu bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada bagian sendi yang sakit. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Namun apabila tak kunjung berkurang rasa sakitnya, obat seperti colchicine atau corticosteroids terkadang juga diperlukan.

Sedangkan untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat kembali, kamu bisa memperbaiki pola hidup sehat seperti menurunkan berat badan, mengatasi stres, diet sehat, dan masih banyak lagi. Jangan lupa kombinasikan pula dengan konsumsi obat asam urat dari dokter agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Mengobati Asam Urat Tradisional dengan Bahan Alami

Mengobati asam urat tak hanya dapat dilakukan melalui pengobatan dokter saja, kamu pun bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi penyakit ini. Adapun cara mengatasi asam urat antara lain:

1. Konsumsi makanan bersifat basa

Dalam sebuah buku berjudul “Alkalinize or Die” Dr Theodore A mengatakan bahwa dengan kita rajin mengonsumsi makanan basa (buah, sayur, biji, dll) maka akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat.

Asam urat dalam tubuh pada dasarnya diproses melalui ginjal, nah makanan bersifat basa inilah yang membantu melarutkan asam urat tersebut kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine.

2. Konsumsi jus buah cerry

Buah cerry memiliki senyawa asam yang cukup pekat. Kandungan asam ini mampu mengimbangi kadar asam urat yang ada dalam darah dan urine. Selain itu buah cerry juga mengandung kalium dan nutrisi yang bisa membantu meringankan rasa sakit pada persendian.

Menurut data yang diterbitkan oleh Harvard University, cerry memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi tinggi. Kandungan antioksidan membantu mencegah radikal bebas berbahaya, sedangkan anti-inflamasi mencegah munculnya peradangan.

3. Konsumsi jus lemon

Berbicara mengenai buah masam, lemon juga termasuk salah satunya. Sifat masamnya yang tinggi inilah yang dapat kamu gunakan untuk mengobati asam urat tinggi. Mengingat, kandungan asam tersebut bisa membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

4. Perbanyak konsumsi vitamin C

Obat asam urat tradisional selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin C. Jenis vitamin ini cukup efektif untuk mengatasi peradangan sendi yang muncul tiba-tiba. Bahkan kandungan antioksidannya juga terbukti mampu meringankan nyeri dan mencegah efek buruk radikal bebas.

Sejauh ini sumber vitamin C paling tinggi dipegang oleh jambu. Oleh sebab itu, jangan lewatkan jus jambu secara rutin ketika pagi hari. Namun apabila tak ada, kamu masih bisa mengonsumsi buah jeruk dan buah kiwi, karena mereka dua juga memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah tingginya.

5. Konsumsi cuka madu

Mungkin masih terasa asing ketika kamu membaca ‘cuka madu’. Di Arab Saudi cuka madu disebut juga dengan propolis, biasanya obat asam urat ini banyak dijual oleh para pedagang obat herbal. Propolis merupakan kumpulan resin lebah yang bisa membantu memberikan sifat basa dalam tubuh, sehingga cukup efektif untuk menetralkan asam urat tinggi.

6. Perbanyak konsumsi air putih

Penyembuhan asam urat sebenarnya mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Air putih merupakan jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat dalam ginjal. 

Dengan konsumsi rutin, maka kadar asam urat dalam tubuh tak akan menjadi pekat, sehingga kemungkinan mengkristal pada bagian sendi sangatlah kecil.

7. Obat asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar

Tahukah kamu manfaat cengkeh dan ubi jalar? Ternyata, kedua bahan tradisional ini menjadi obat asam urat alami yang sudah digunakan oleh nenek moyang. Keduanya bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh.

Cara mengobati asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar:

- Pertama-tama siapkan bahannya dulu seperti 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar.

- Selanjutnya cuci bersih bahan-bahan yang sudah disiapkan. Kemudian rebus dengan 1000ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya.

- Saring air tersebut, kemudian konsumsi selagi masih hangat. Untuk ubi jalarnya, kamu bisa mengonsumsi langsung secara terpisah.

8. Mengobati asam urat dengan daun salam

Daun salam biasanya banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga ketika sedang memasak. Daun ini mampu memberikan aroma masakan yang khas dan lezat. Selain bermanfaat bagi masakan, ternyata kandungan kalium dalam daun salam terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Cara mengobati asam urat dengan daun salam:

- Siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun salam dan 2 gelas air.

- Setelah dibersihkan, rebus daun salam tadi dengan 2 gelas air.

- Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan 1 gelas air.

- Konsumsilah air rebusan daun salam tadi secara rutin maksimal 3 hari dua kali. Lakukan selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

9. Obat asam urat daun sosor bebek

Cara mengobati asam urat terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan daun sosor bebek, cengkeh, jahe, dan kawan-kawannya. Racikan herbal ini sudah terbukti secara turun temurun efektif dalam mengatasi asam urat. Bahkan apabila kamu konsumsi rutin, sangat efektif untuk menjaga daya tahan.

Cara menyembuhkan asam urat tradisional:

- Pertama-tama siapkan bahannya dulu seperti 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga, dengan 4 lembar dari daun sosor bebek, dan 1 jari dari kayu manis, dengan 5 gram dari biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml.

- Rebuslah bahan-bahan tadi dengan 600ml air hingga tersisa setengahnya. Bagi menjadi tiga atau per gelas 100ml, lalu konsumsi rutin sebanyak 3x sehari.

- Biasanya dalam waktu seminggu saja nyeri sendi akibat asam urat sudah sembuh.

Komplikasi Akibat Asam Urat

Asam urat lebih banyak menyerang kaum pria diusia senja. Penyakit ini jarang menyerang wanita lantaran mereka memiliki hormon estrogen yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya asam urat menyerang pria diusia 30 tahun, sedangkan wanita pada usia 60 tahunan.

Meskipun penyakit asam urat jarang menyebabkan komplikasi, tetapi hal tersebut patut diwaspadai. Adapun jenis komplikasi asam urat yang sering muncul antara lain seperti:

- Munculnya benjolan keras yang disebut tofi pada bagian sekitar peradangan. Benjolan ini dapat kamu rasakan di bawah kulit.

- Kerusakan persendian secara permanen, apalagi setelah benjolan tofi tadi dibiarkan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

- Munculnya batu ginjal yang disebabkan karena penumpukan asam urat dan kalsium dalam organ ginjal.

Note: Apabila setelah melakukan serangkaian pengobatan asam urat diatas belum sembuh juga, ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter terdekat. Sehingga akan mendapatkan penanganan terbaik kedepannya.

Itulah informasi singkat seputar cara mengobati asam urat secara alami yang bisa kamu coba. Jangan lupa, selalu terapkan pola hidup sehat agar asam urat tak kambuh kembali. Selamat mencoba!

PERHATIAN: penyakit asam urat muncul salah satunya disebabkan karena kolestrol tinggi, ada baiknya setelah mengobati dengan cara diatas kamu baca cara menurunkan kolesterol tinggi agar nanti tak mudah kambuh kembali.



Share: