>

5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dalam 30 Menit

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dalam 30 Menit – Apa yang kamu lakukan ketika mengetahui muka berminyak? Mengambil tisu kah, mengusapnya dengan tangan, atau malah pergi ke kamar mandi lalu menggunakan facial foam? itu semuanya salah.

Cara mengatasi muka berminyak
Kulit berminyak cenderung mengkilap


Memang cara tersebut bisa membantu mengurangi minyak di wajah, tetapi setelah 1 jam biasanya minyak akan kembali lagi. Sehingga bisa dibilang kurang efisien dan efektif. Malahan tisu dan facial foam yang tidak cocok akan mengakibatkan munculnya jerawat di wajah kamu.

Sebenarnya wajah berminyak itu tidak selamanya buruk. Dengan adanya minyak di wajah, maka kulit akan menjadi lebih lembab. Kondisi lembab inilah yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Dengan demikian, seseorang yang memiliki muka berminyak, mereka cenderung lebih awet muda.

Penyebab Muka Berminyak

Minyak muncul di wajah itu sangatlah wajah. Adanya minyak ini akan membantu mencegah kekeringan di kulit. Akan tetapi apabila berlebihan, minyak tersebut justru akan berpotensi menyebabkan masalah seperti jerawat, muka mengkilap, penyumbatan pori, komedo, dll. Berikut beberapa penyebab wajah berminyak:

- Kondisi hormon seseorang

Biasanya para wanita yang sedang menstruasi akan cenderung mengalami produksi minyak berlebih pada bagian wajah. Munculnya kondisi ini dapat disebabkan karena hormon dalam tubuh sedang tidak stabil. Selain pada wanita yang mengalami mens, kamu yang sedang masa puber juga akan mengalami hal yang sama.

- Stres

Stres mendorong hormon kartisol yang merupakan penunjang produksi minyak di wajah. Oleh karenanya, kebanyakan orang yang stres mereka lebih cenderung memiliki minyak berlebih pada wajahnya. Bahkan jika stres tersebut berlebihan, wajah kamu juga akan sangat mudah terserang jerawat


- Cuaca panas

Cuaca panas dapat mengakibatkan tubuh kita lebih mudah berkeringat. Sambil mengeluarkan keringat, sebenarnya dalam cuaca panas tubuh juga memproduksi banyak minyak pada kulit. Apabila keringat dan minyak tidak segera dibersihkan, maka akan menyebabkan muculnya bau badan.

- Kosmetika yang tidak cocok

Apakah kamu suka menggunakan pelembab wajah? Pelembab wajah sebenarnya hanya direkomendasikan kepada pemilik kulit kering, bukannya berminyak. Nah apabila kulitmu berminyak, cobalah untuk menghindari kosmetik dalam bentuk pelembab, cream, lotion, dll.

Beberapa penyebab diatas bisa kamu hindari sebisa mungkin supaya keluarnya minyak dapat diminimalisir. Langsung saja berikut beberapa cara mengatasi wajah berminyak secara alami hanya dalam 30 menit saja.

Cara Mengatasi Muka Berminyak Secara Alami Cepat 30 Menit


Cara mengatasi wajah berminyak secara alami
Atasi kulit berminyak dengan jeruk dan apel


1. Masker jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk buah yang memiliki rasa masam cukup tinggi. Rasa masamnya inilah yang bertindak untuk mengurangi minyak di wajah kamu. Selain itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dapat membuat kulitmu nampak lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Namun jangan kaget, biasanya penggunaan masker jeruk nipis akan menyebabkan rasa gatal dan bahkan perih. Apalagi jika wajah kamu berjerawat. Rasa gatal tersebut akan hilang sendirinya seiring dengan perawatan rutin.

Cara menghilangkan minyak di wajah dengan jeruk nipis:

- Siapkan buah jeruk nipis sebanyak 1 butir saja
- Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu peras dalam wadah
- Gunakan bantuan kapas untuk mengoleskan masker jeruk nipis tersebut
- Diamkan sekitar 30 menitan, kemudian bilas dengan air hangat

Tambahan: apabila tidak ada jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan lemon. Sebab khasiat kedua buah ini hampir sama.

2. Gunakan buah apel dan madu

Apel merupakan buah yang mengandung senyawa anti-lemak. Sifat anti-lemaknya inilah yang dapat membantu mengatasi wajah berminyak. Kamu bisa menggunakan apel jenis apapun, mulai dari apel lokal sampai dengan apel import.

Cara mengatasi muka berminyak dengan apel tidak akan menyebabkan rasa perih ataupun gatal. Oleh karenanya, cara ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak tahan dengan rasa gatal ketika menggunakan jeruk nipis.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan apel:

- Siapkan 1 buah apel segar dan 3 sendok makan madu
- Haluskan apel dengan blender (tanpa dikupas)
- Campur dengan madu sampai merata, lalu masukan kedalam kulkas
- Setelah dingin, oleskan masker apel secara merata keseluruh bagian wajah
- Agar bekerja maksimal beri pijatan lembut 5 menit dan diamkan 25 menit
- Apabila sudah, bilas dengan menggunakan air dingin.

3. Tomat

Manfaat tomat ada banyak sekali, mulai dari meningkatkan imun tubuh sampai dengan perawatan kecantikan. Salah satu manfaat untuk kecantikan adalah dapat membantu mengurangi minyak di wajah secara alami.

Cara mengatasi muka berminyak dengan tomat:

- Haluskan buah tomat segar, lalu campur dengan madu (bila ada)
- Aplikasikan masker tomat tersebut secara merata keseluruh bagian wajah
- Pijat lembut selama kurang lebih 15 menit, dan diamkan 15 menit
- Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih

4. Mentimun

Timun atau mentimun, merupakan buah yang mengandung banyak sekali air di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki sifat antibakterial, anti-inflamasi, dan kaya akan mineral alami yang baik untuk kesehatan kulit.

Perawatan dengan masker timun secara rutin sangat baik untuk mengatasi jerawat, mencegah peradangan, menghilangkan minyak di wajah, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan mentimun:

- Siapkan timun segar secukupnya saja
- Haluskan timun tersebut dengan menggunakan blender (tanpa dikupas)
- Setelah halus, diamkan sejenak dalam kulkas
- Selanjutnya oleskan masker timun secara merata keseluruh bagian wajah
- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Masker semangka

Semangkat mengandung kalium yang cukup tingg, menurut para ahli kandungan kalium tersebut bisa menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan bahkan serangan jantung.

Selain mengandung kalium, semangka dipercaya juga mengandung vitamin E dan C yang dapat membantu mengontrol minyak di wajah. Bahkan beberapa mineral alaminya juga cukup baik untuk mengecilkan pori wajah secara alami

Cara mengatasi wajah berminyak dengan semangka:

- Haluskan daging buah semangka segar (bisa ditumbuk atau diblender)
- Bila ada, tambahkan sedikit yoghurt tawar atau susu
- Setelah selesai mandi, aplikasikan masker semangka secara merata keseluruh bagian wajah
- Diamkan sekiranya 30 menit, apabila sudah terasa kaku bilas dengan air dingin sampai bersih. Selesai.

Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Baik dan Benar

Setelah minyak di wajah hilang, bukan berarti kamu membiarkannya begitu saja tanpa melakukan perawatan lagi. Sebab kondisi alamiah wajah mau tidak mau akan menyebabkan munculnya minyak kembali. Berikut beberapa tips merawat muka berminyak yang bisa kamu terapkan:

- Bersihkan wajah secara rutin minimal 2x sehari (bisa setiap kali mandi)
- Setelah selesai beraktivitas olahraga, usahakan membersihkan sisa keringat dan minyak
- Hindari menggunakan kosmetik berlebihan, termasuk cream pelembab
- Hindari makanan gorengan, mie instan, dan makanan berminyak lainnya
- Jangan membersihkan muka berminyak dengan tangan kotor, tisu, ataupun sabun muka yang tidak cocok dengan jenis kulit
- Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, dll.

Itulah beberapa cara mengatasi wajah berminyak secara alami dalam 30 menit. Semoga dengan adanya tips diatas, kamu bisa mendapatkan kecantikan kulit wajah secara maksimal. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin berbagi pengalaman, sampaikan melalui kolom komentar.

***
Bermanfaat? Bantu share ke teman lain yuk!


Share: