>

19 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat dengan Cepat


cara menambah berat badan dengan cepat

Cara Menambah Berat Badan – Urusan berat badan merupakan salah satu masalah yang kerap sekali dialami oleh banyak orang, entah itu kelebihan ataupun kekurangan berat badan. Yang jelas, kita harus menyesuaikan agar memperoleh berat yang ideal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan juga terlihat proporsional. Apalagi Anda seorang yang peduli dengan penampilan, tentu tubuh yang proporsional dengan berat idel menjadi sebuah impian.

Orang yang mengalami kekurangan berat badan sebetulnya tak ada bedanya dengan mereka yang kelebihan berat badan. Namun menurut penelitian, orang dewasa dengan berat badan kurang rata-rata lebih cepat meninggal dunia dibanding mereka yang memiliki berat badan ideal. Selain itu, banyak juga masalah kesehatan terkait dengan kekurangan berat badan seperti penyakit paru, gagal jantung, dan penyakit kardiovaskuler pun lebih mudah menyerang.

Bahaya Berbadan Kurus dari Segi Kesehatan


cara menambah berat badan cantikitu


1. Mudah patah tulang

Cadangan lemak tubuh merupakan bahan utama pembentukan hormon estrogen, hormon seks perempuan yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Semakin sedikit lemak tentu akan semakin sedikit pula hormon estrogennya sehingga membuat tulang lebih rapuh dan rentan terkena patah tulang.

2. Sulit mendapatkan kehamilan

Hormon estrogen tidak hanya berguna untuk tulang, tapi juga mendukung kesuburan seorang wanita. Jika jumlah estrogen terlalu sedikit dalam tubuh maka siklus menstruasi dan ovulasi dapat berkurang.

Selain itu, kekurangan lemak juga dapat mengganggu aliran hormon dari otak menuju kelanjar hipofisis. Yang artinya, sinyal dari kelenjar hipofisis untuk memberi tahu ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi) tidak akan terjadi.

Jadi, Anda akan berisiko mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur jika memiliki berat badan kurang dari normal. Siklus menstruasi yang tidak teratur inilah yang akan menyulitkan seorang wanita untuk mendapatkah kehamilan.

3. Mudah mengalami keguguran

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Inggris, wanita yang memiliki tubuh kurus atau mempunyai BMI (Body Mass Index) kurang dari 18,5 berisiko 75 % keguguran pada trimester pertama kehamilan. Belum diketahui apakah ini juga dialami oleh wanita yang mengalami kelebihan berat badan.

Dari 603 wanita yang mengalami keguguran di trimester pertama, setelah BMI-nya dinaikkan, 116 wanita diantaranya berhasil melewati trimester pertama tanpa keguguran. Menurut tim peneliti, untuk menghindari keguguran calon ibu bisa mengonsumsi vitamin di awal kehamilan, terutama yang mengandung folid acid dan zat besi.

4. Gangguan jantung

Penelitian di MayoClinic menujukan, bahwa wanita yang terlalu kurus akan 3x lipat lebih berisiko rentan terkena serangan jantung di usia 42 keatas. Lemak pada persendian yang terlalu sedikit dapat memicu arthritis atau radang sendi, yang merupakan salah satu pemicu penyumbatan pembuluh darah menuju ke jantung. Apabila kondisi ini sudah parah maka dapat memicu serangan jantung mendadak.

5. Sakit paru-paru

Penyakit paru-paru kronis seperti misalnya asma, sesak napas, bronkitis, dan pneumonia lebih banyak diderita oleh wanita dewasa yang memiliki berat badan dibawah rata-rata. Terlalu kurus menyebabkan tubuh kekurangan hormon adipokin, sejenis sel yang diproduksi di lemak yang berguna membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan virus ataupun bakteri merugikan.

6. Kualitas sperma buruk

Sedangkan untuk pria kurus, mereka akan sulit memiliki keturunan karena kualitas sperma buruk. Penelitian yang dilakukan oleh European Society of Human Reproduction and Embryology menemukan, bahwa 20 diantara 25 pria normal memiliki kualitas sperma yang jauh lebih tinggi dibandingkan pria obesitas dan pemilik tubuh kurus. Pria kurus akan susah mendapatkan keturunan karena terjadi ketidakseimbangan hormon yang memicu rendahnya kualitas sperma.

Cara Menggemukan Badan yang Sehat dengan Cepat Tanpa Obat

Nah, bagi Anda yang mengalami kekurangan berat badan, jangan mengira bisa makan apapun sepuasnya. Untuk meningkatkan berat badan yang sehat Anda perlu mengatur pola makan yang baik. Jika tidak demikian, salah-salah Anda justru akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang justru akan lebih memperburuk kondisi kesehatanmu. Berikut cara menaikkan berat badan sehat yang bisa dicoba.

1. Periksakan ke dokter

cara menambah berat badan dengan cepat

Cara terbaik meningkatkan berat badan yang sebenarnya ialah dengan mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda, sehingga nantinya tahu apa saja yang menyebabkan penurunan berat badan.

Jika memang berat badan Anda dibawah normal karena suatu penyakit, maka tindakan medis untuk menaikkan berat badan mungkin akan dilakukan. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab kekurangan berat badan antara lain:
  • Kelanjar tiroid yang terlalu aktif (Hipertiroidisme).
  • Penyakit Celiac yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap nutrisi tertentu dari makanan yang dikonsumsi.
  • Gangguan sistem pencernaan.
  • Gangguan makan seperti anoreksia.
  • Menderita gangguan psikologis seperti stres dan depresi.
Note: orang-orang seperti diatas membutuhkan pengobatan yang berasal dari dokter dan psikiater jika dibutuhkan.

2. Pilih makanan yang sehat dan kaya nutrisi

Banyak yang beranggapan cara gemuk itu mudah hanya dengan memperbanyak makanan berlemak dan makanan manis-manis. Padahal, gemuk secara sehat tidak seperti itu, melainkan dengan memilih makanan sehat bergizi seimbang.

Misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta mengonsumsi sumber makanan tinggi protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, kacang hijau, daging sapi, dan ayam tanpa kulit.

3. Makanlah lebih sering dari biasanya

Mereka yang memiliki berat badan kurang cenderung lebih cepat merasa kenyang dibandingkan dengan pemilik berat badan normal. Akibatnya, perut sering dalam keadaan kosong sehingga tubuh mengambil cadangan lemak untuk diubah menjadi energi. Ketika ingin menambah berat badan, tentu hal ini tidak kita inginkan bukan? Oleh sebab itu, usahakan Anda sering makan dari biasanya.

Alih-alih makan 3 kali sehari dalam porsi besar, ada baiknya ubah menjadi 5-6 kali dalam porsi kecil tapi sering. Jeda waktu yang Anda butuhkan untuk mengonsumsi makanan ialah 3-5 jam. Usahakan selalu makan ketika Anda membutuhkan, bukan ketika mengalami rasa lapar baru menyantap makanan. Dengan demikian, kebutuhan kalori dalam tubuh dapat bertambah setiap harinya.

4. Tambah asupan kalori tiap makanan

Menambah berat badan artinya juga menambah asupan kalori dalam setiap makanan yang kita konsumsi. Misalnya dengan menambahkan taburan keju ke setiap roti yang kita makan, atau menambah telur dadar pada sup ayam. Dengan menambah kalori pada setiap makanan, secara perlahan berat badan kita akan bertambah dengan sendirinya. 

Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori supaya tidak menyebabkan kelebihan gula darah (glukosa) atau lemak yang kurang sehat dalam tubuh.

5. Makan camilan saat kerja

Camilan memiliki peran cukup besar dalam meningkatkan berat badan. Apalagi untuk Anda yang sibuk dengan segudang pekerjaan kantor. Nah, cemilan ini bisa menjadi solusi penggemuk badan. Tetapi tetap ingat, selalu pilih camilan yang sehat seperti kurma, kacang kedelai, jagung rebus, avokad, dan salad sayur misalnya. 

Sebisa mungkin hindari camilan yang diolah dengan cara digoreng dalam rendaman minyak jika ingin menambah berat badan dengan sehat. Baca selengkapnya bahaya gorengan bagi kesehatan.

6. Kunyah makanan lebih lembut

Ketika makan apakah Anda sering menelannya langsung tanpa banyak mengunyahnya? Kehalusan makanan yang masuk mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh kita. Jika nutrisi dan kalori dapat terserap dengan maksimal, maka berat badan kita pun akan naik dengan sendirinya. Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya kunyah makananmu hingga benar-benar halus. Terutama untuk makanan-makanan yang keras dan sulit dicerna oleh usus kita.

7. Mengonsumsi jus dan smoothies

Smoothies merupakan minuman berbahan dasar buah dan kacang yang dicampur susu atau yogurt serta bahan-bahan lain yang disatukan lalu diblender lembut. Minuman seperti inilah yang tidak akan membuat Anda merasa cepat kenyang, tapi nutrisinya dapat terserap secara lebih cepat dan maksimal dibanding makanan padat. Oleh sebab itu, cobalah untuk lebih sering mengonsumsi jus dan smoothies tanpa tambahan pemanis. Karena selain sehat, minuman seperti ini juga dapat memberikan asupan nutrisi lengkap bagi tubuh kita.

8. Minum saat makan atau 30 menit setelah makan

Minum banyak sebelum makan dapat membuat tubuh cepat kenyang. Ini sangat cocok untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya, akan membuat tubuh kita menyerap lebih banyak kalori. Dengan demikian, minum ketika makan atau 30 setelahnya dapat membantu menambah berat badan secara signifikan.

Untuk jenis minumannya bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Bisa dengan minum segelas air putih, jus, ataupun minuman kesukaan lainnya. Namun selalu ingat, jangan banyak mengonsumsi minuman yang manis-manis. Karena bagaimana pun ia mengandung gula tinggi yang kurang baik bagi tubuh.

9. Minum susu setelah makan

Minum susu menjadi cara menambah berat badan yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya susu penambah berat badan yang beredar di pasaran. Nah, Anda bisa mencoba konsumsi susu penambah berat badan tersebut. Namun bila tidak ada, silahkan ganti dengan mengonsumsi olahannya seperti yogurt, keju, es krim, puding, dan sejenisnya.

10. Konsumsi madu penambah berat badan

Madu merupakan minuman berkhasiat yang mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya ia mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi harian kita. Mengonsumsi madu secara rutin bisa menjadi jalan bagi Anda yang ingin menambah berat badan secara sehat dengan cepat.

Selain mengandung nutrisi lengkap, madu penggemuk badan juga dapat meningkatkan penyerapan kalori dalam tubuh sehingga akan memaksimalkan peningkatan berat badanmu. Selengkapnya mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan berat badan bisa Anda baca disini.

11. Perbanyak konsumsi makanan berprotein

Daripada Anda mengonsumsi makanan berlemak yang kurang baik bagi kesehatan, lebih baik ganti dengan konsumsi makanan berprotein tinggi. Mengonsumsi makanan berprotein dapat membantu meningkatkan massa otot Anda apalagi ketika digabungkan dengan olahraga secara teratur.

Meningkatkan massa otot akan membantu menambah berat badan karena otot lebih padat dibandingkan dengan lemak. Hal ini akan membantu Anda dalam menambah berat badan tapi tetap terlihat ramping dan kencang. Sumber makanan berprotein antara lain telur, daging, produk susu, dan kacang.

12. Konsumsi makanan sehat sebelum tidur

cara menambah berat badan dengan cepat

Seperti yang dilansir dari WashingtonPost, Kelly Allison dari University of Pennsylvania School of Medicine’s Center for Weight and Eating Disorders mengungkapkan bahwa banyak penelitian yang makan di malam hari yang melibatkan hewan, pekerja shift, dan orang yang memiliki night eat syndrome. Penelitian-penelitian tersebut cenderung menunjukan kalau makan sebelum tidur dapat membuat kalori tersimpan dalam bentuk cadangan (lemak), dibandingkan dengan membakarnya menjadi energi, sehingga memicu kenaikan berat badan.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini program penggemukan badan sebaiknya seringlah makan sebelum tidur. Tidak perlu juga makan-makanan yang berat, tapi Anda bisa cukup dengan camilan seperti biskuit, snack, coklat, atau bahkan permen. Saat tidur aktivitas metabolisme cenderung lebih rendah, sehingga kalori yang masuk tidak akan diproses menjadi energi melainkan dalam bentuk lemak.

13. Hentikan kebiasaan begadang

Baik Anda ingin menambah berat badan ataupun menurunkan berat badan, begadang tidaklah dianjurkan, karena memang tidak baik untuk kesehatan. Begadang hanya akan membuat hormon dalam tubuh kita tidak stabil. Akibatnya, tentu tubuh akan lebih mudah terserang penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sering begadang bila tiada artinya.

14. Istirahat cukup lebih baik

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukan kalau kurang tidur dapat menyebabkan perubahan yang berarti dalam tubuh kita. Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah serius seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian di usia muda.

Menurut para ahli, kita disarankan untuk mencukupi waktu tidur setidaknya 7-8 jam dalam sehari. Sedangkan untuk remaja dan bayi bisa lebih panjang dari pada orang dewasa. Dengan mencukupi waktu tidur, maka dapat membantu menyeimbangkan hormon tubuh dalam metabolisme peningkatan berat badan.

15. Jangan lupakan sarapan

Bagi Anda yang ingin menambah berat badan maka hukumnya wajib untuk selalu sarapan di pagi hari. Sarapan sangat penting karena merupakan sumber energi pertama yang masuk dalam tubuh. Keadaan perut kosong akan membuat tubuh beralih mode proteksi dengan membakar lemak dalam tubuh. Dengan demikian, tidak sarapan hanya akan membuat tubuh Anda semakin kurus.

Menu sarapan bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Tetapi alangkah baiknya bila Anda mengonsumsi makanan yang lembut agar mudah dicerna. Sebab pagi hari merupakan waktu penyerapan nutrisi terbaik. Setelah sarapan Anda bisa minum susu agar proses peningkatan berat badan lebih cepat.

16. Kurang kopi

Apa saja manfaat kopi itu? Dalam buku “The Coffe Lover’s Diet”, karya Bob Arnot, penulis sekaligus konsultan kesehatan, menjelaskan bahwa bagaimana kopi dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan proses metabolisme kalori. Menurutnya, kopi dapat membakar 100 kalori lebih besar dibandingkan ketika kita tidak meminumnya. Selain itu, kopi juga dapat menekan nafsu makan kita.

Untuk Anda yang sedang ingin menaikkan berat badan tentu tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang kurangilah konsumsi kopi. Terutama ketika pagi hari setelah sarapan. Minum kopi hanya direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

17. Hentikan kebiasaan merokok

Satu lagi kebiasaan yang sebaiknya tidak Anda terapkan ketika ingin menggemukan badan, yaitu merokok. Dari segi kesehatan jelas merokok tidaklah baik. Apalagi saat ini, badan kesehatan dunia telah mengeluarkan bahaya merokok bagi kesehatan yang salah satunya dapat memicu kanker.

Memang akan sangat sulit bagi yang sudah kecanduan rokok untuk berhenti seketika. Akan tetapi bukan berarti Anda kemudian berhenti berusaha. Anda bisa mulai sedikit demi sedikit untuk meninggalkannya. Seperti beberapa trik berhenti merokok dengan cerdas yang sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu.

18. Kelola stresmu dengan baik

Salah satu penyebab bedan kurus ialah stres atau depresi berat. Tekanan pikiran yang berat sejatinya membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu, Anda yang sedang stres lebih cepat kurus dibandingkan dengan mereka yang hidup bahagia. Jika Anda mengalami stres alangkah baiknya atasi mulai saat ini juga.

Dengan pengelolaan stres yang baik tentu akan membuat hidup lebih bahagia dan peningkatan berat badan pun berjalan lancar. Bila perlu, temui psikiater untuk mendapatkan solusi terbaik atas masalah yang sedang Anda hadapi.

19. Lakukan olahraga secara rutin

cara menambah berat badan dengan cepat

Banyak yang mengira kalau olahraga hanya berguna untuk mengurangi berat badan saja. Padahal, olahraga merupakan salah satu pola hidup sehat yang juga bisa membantu menambah berat badan. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka nafsu makan Anda akan meningkat, sehingga tubuh akan memperoleh asupan kalori yang lebih besar setiap harinya. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih antara lain jogging santai, sepeda, push up, sit up, senam, dan sebagainya.

Jadi, itu tadi beberapa cara menambah berat badan yang sehat dan permanen. Setelah mengetahui langkah-langkah diatas, tentu berat badan ideal sekarang bukan hanya menjadi sebuah impian bukan? Oleh sebab itu, terapkan beberapa kiat diatas dengan penuh kesungguhan agar hasilnya maksimal.

Sekian postingan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share pengalamanmu menambah berat badan di kolom komentar ya. 

Artikel Terkait