>

9 Cara Mengobati Sakit Mata Merah Karena Iritasi dengan Cepat Secara Alami


Cara Mengobati Mata Merah – Cantik serta tampan bukan hanya soal mengenakan pakaian yang pas di badan atau kelihaian kita dalam memoles make up di muka saja. Ada hal lain yang harus dijaga demi penampilan yang sempurna. Salah satunya ialah kesegaran dan kesehatan mata kita. Bagaimana pun, orang lain pertama kali yang mereka lihat ialah mata, sehingga jika bagian ini bermasalah maka bisa dipastikan orang disekitarmu merasa kurang nyaman.

Mata menjadi salah satu indera yang paling sensitif dibandingkan dengan yang lainnya. Bola mata rentan sekali terkena yang namanya iritasi, alergi, dan bahkan infeksi akibat bakteri. Beberapa tanda mata terkena iritasi seperti mata merah, mata berair, dan bahkan mata mengeluarkan nanah. Apabila masalah seperti ini Anda biarkan begitu saja, maka akan meningkatkan risiko buta permanen. Nah untuk mengatasinya berikut beberapa cara mengobati mata merah secara alami. Baca sampai habis ya.

Cara Mengobati Mata Merah Karena Iritasi dengan Cepat Secara Alami

1. Kunyit


Tentu kita sudah akrab dengan rempah khas Indonesia satu ini. Yup, kunyit seringkali digunakan untuk memasak. Selain manfaatnya untuk masakan, rempah ini ternyata mangandung antibakterial yang dapat meredakan iritasi mata ringan. Misalnya ketika mata Anda kemasukan debu, hewan kecil, atau sejenisnya. Bagaimana cara menggunakannya? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan kunyit:
  • Sediakan kunyit seperlunya dan satu gelas air bersih
  • Kupas dan parut kunyit tadi. Selanjutnya ambil air perasannya
  • Campurkan air perasan kunyit dengan satu gelas air bersih
  • Gunakan kapas atau waslap dengan cara mencelupkan ke campuran tadi
  • Sekarang tempelkan ke bagian mata yang mengalami iritasi.

2. Mentimun



Terkadang mata merah dapat muncul disebabkan karena kita terlalu lama memandangi gadget atau komputer. Nah jika mata merah Anda disebabkan karena hal tersebut, mentimun bisa menjadi solusinya.

Mentimun dipercaya sebagai home remedy untuk mata lelah dan bahkan berkantung. Kandungan airnya yang tinggi dapat membantu mendinginkan mata sekaligus membuatnya semakin segar. Jadi, sekali pakai dua manfaat sekaligus.

Cara alami mengobati mata merah dengan timun:
  • Masukkan mentimun segar kedalam kulkas
  • Potong tipis dengan bentuk yang bulat
  • Kompres mata dengan irisan mentimun tadi hingga berubah menjadi hangat

3. Susu


Pernahkah Anda melakukan perawatan kulit dengan susu? Selain dapat membuat kulit lebih cerah, ternyata susu juga dapat membantu menyembuhkan mata merah, menghilangkan kantung mata, dan mencerahkan area mata.

Hal ini karena susu memiliki kandungan mineral seperti folat, moisturizer, kalium, vitamin, dan sejenisnya yang baik untuk kesehatan. Tapi ingat, sebaiknya gunakan susu murni tawar agar tidak menimbulkan efek samping.

Cara mengobati mata merah dengan susu:
  • Sediakan susu tawar dan kapas atau cotton balls seperlunya
  • Masukkan susu kedalam kulkas agar dingin selama 1-2 jam
  • Selanjutnya masukkan kapas kedalam susu yang sudah didinginkan tadi selama 10-15 menit supaya terserap
  • Sekarang tempelkan bola-bola kapas tadi ke mata lelahmu hingga kering. Bila perlu lakukan lagi hingga mata membaik.

4. Bawang putih



Bawang putih memiliki kandungan seperti qelenium, quercetin, dan vitamin C yang baik untuk menyembuhkan infeksi mata dan meredakan pembengkakan. Selain itu, kandungan lycopene dengan sifat antioksidannya cukup efektif untuk melindungi lensa mata dari bahaya radikal bebas yang merugikan.

Akan tetapi sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan bahan ini. Sebab jika bawang putih sampai terkena bola mata maka akan menimbulkan perih. Untuk mengobati mata merah kita hanya cukup menggunakan aromanya saja.

Cara mengobati sakit mata dengan bawang putih:
  • Iris bawang putih dengn bentuk yang tipis
  • Selanjutnya oleskan ke area sekitar kelopak mata dengan hati-hati
  • Aroma pedih dari bawang akan memicu keluarnya air mata. Nah air mata inilah yang mengandung senyawa antibakterial untuk atasi iritasi.

5. Daun sirih


Daun sirih sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai salah satu herbal tradisional. Jika sebelumnya kita telah membagikan obat asam urat daun sirih, kali ini Anda juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan sakit mata merah.

Dalam daun ini terkandung senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi efek peradangan di mata. Selain mengobati mata merah, ramuan daun sirih juga bisa meningkatkan ketajaman mata. Langsung saja simak berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan daun sirih:
  • Rebus daun sirih segar seperlunya dengan satu gelas air sampai mendidih
  • Tunggu rebusan menjadi setengahnya, lalu saring dan pisahkan dari daunnya
  • Gunakan ramuan tadi untuk membersihkan area mata. Atau, Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat tetes mata.

6. Kentang



Pernahkah Anda mendengar masker mata dari kentang? Masker ini biasaya digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Tetapi sebenarnya kita pun bisa mengobati mata merah dengan menggunakan ramuan ini. Kombinasikan kentang dengan susu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara mengobati mata iritasi dengan kentang:
  • Masukkan kentang yang sudah dikupas bersih kedalam kulkas
  • Parut kentang tersebut kemudian campurkan dengan susu. Buatlah adonan yang mirip dengan pasta
  • Selanjutnya masukan campuran tadi kedalam kain lembut
  • Berbaringlah dan gunakan kain tadi untuk mengompres area mata yang bermasalah.

7. Lidah buaya



Lidah buaya mungkin lebih dikenal sebagai salah satu bahan perawatan rambut alami. Tapi jangan salah, setelah diteliti ternyata lidah buaya mengandung senyawa antibakterial dan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan mata merah. Lidah buaya cukup efektif untuk meredakan mata merah karena iritasi ringan. Sedangkan jika sudah cukup parah sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Cara mengobati mata merah dengan lidah buaya:
  • Siapkan lidah buaya yang baru saja dipetik. Masukkan kedalam kulkas sebentar agar dingin
  • Belah menjadi dua bagian, selanjutnya gunakan tisu untuk mengoleskan gelnya ke area kelopak matamu
  • Anda juga bisa menempelkan potongan lidah buaya ke mata secara langsung untuk membuatnya menjadi segar kembali.

8. Kurangi lihat layar gadget yuk


Mata merah akan semakin parah ketika mendapatkan radiasi dari layar gadget, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini yang biasanya kebanyakan orang menatap gadgetnya lebih dari 12 jam. Oleh sebab itu, istirahatkan mata Anda sejenak dengan tidak melihat gadget atau komputer terlebih dahulu.

Sebagai gantinya, Anda bisa pergi ke luar untuk mencari pemandangan yang indah. Konon, pemandangan yang indah seperti pepohonan yang hijau akan membuat mata kita lebih segar. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

9. Periksakan diri ke dokter


Tidak bisa dipungkiri memang, meski obat mata merah alami diatas ampuh tapi tetap saja jika masalah Anda ini semakin parah harus segera dibawa ke dokter. Terutama apabila mata merah bertahan 3 hari serta menimbulkan munculnya air mata berlebihan, kotoran, dan penglihatan yang kabur. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan resep obat terbaik untuk Anda.

Bagaimana, gampang kan? Seperti itulah cara mengobati mata merah secara alami dengan cepat yang bisa kami sajikan. Apabila ada yang belum jelas silahkan sampaikan di kolom komentar. Selanjutnya kami akan membahas mengenai obat mata merah untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait