>

9 Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas Berlebihan Dalam Diri

cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Takut – Setiap orang tentu pernah mengalami ketakutan dalam suatu hal. Mulai dari ketakutan melihat setan hingga ketakutan yang disebabkan karena tidak berani bicara di depan umum.

Secara psikologis, sebenarnya ketakutan wajar terjadi pada kita, karena termasuk sifat alamiah. Dengan adanya rasa takut, seseorang akan lebih waspada terhadap suatu hal dibandingkan mereka yang tidak memiliki rasa takut sama sekali.

Namun adakalanya rasa takut yang ada dalam diri kita membuat gangguan dalam kehidupan. Misalnya menyebabkan stres, kerja tidak maksimal, kurang kreatif, sampai masalah kejiwaan. 

Menurut para ahli, rasa takut berkaitan erat dengan rasa cemas. Meski tidak selalu sama, terkadang dari rasa cemas menyebabkan kita menjadi takut. Begitupun sebaliknya, cemas bisa memicu munculnya rasa takut.

Bagaimana Rasa Takut Bisa Ada?

Rasa takut dapat terjadi melalui dua tahapan yaitu reaksi biokimia dan respon emosional. Jadi sederhananya seperti ini: ketika kita merasa takut akan suatu hal, apapun itu, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon stres edrenalin yang cukup banyak. Inilah yang disebut reaksi biokimia, yang selanjutnya menyebabkan reaksi fisik berupa tubuh berkeringan dan jantung bedebar-debar.

Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas Berlebihan dengan Cepat

1. Kenali apa yang menyebabkan rasa takutmu


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Banyak orang yang mengalami rasa takut tapi memilih menghindarinya daripada mengatasi. Memang menghindari akan membuatmu lebih tenang. Namun, apakah masalahmu akan segera terselesaikan? Jelas TIDAK.

Mengenali dulu apa penyebab rasa takut akan membuatmu bisa segera mengatasinya. Bukannya menghindari terus menerus. Coba bayangkan selama ini apa yang membuatmu merasa ketakutan dan cemas. Apakah karena mahluk halus, takut berbicara didepan umum, ataukah takut melakukan sesuatu.

2. Cari waktu untuk lebih menangkan diri


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan 

Berpikir jernih bisa kamu lakukan apabila diri sudah tenang. Menghadapi masalah pun harus dilakukan dengan kepala dingin. Jadi, ketika kamu merasa takut cobalah untuk menenangkan diri terlebih dulu.

Misalnya dengan melakukan meditasi, curhat ke temen, ataupun pergi traveling ke suatu tempat. Intinya buat dirimu senyaman dan setenang mungkin.

3. Bayangkan hal terburuk yang mungkin akan terjadi


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Tak ada salahnya ketika kamu menangkan diri sambil membayangkan hal terburuk apa yang terjadi akibat masalah tersebut. Misalnya saja ketika kamu takut berbicara didepan umum, maka hal terburuk ialah kamu tak bisa berkembang, kurang kreatif, dan selalu terpuruk.

Dengan membayangkan hal terburuk maka otak kita akan lebih siap dalam menghadapi masalah berdasarkan kenyataan yang ada. Bahkan kamu akan lebih kuat melawan masalah tersebut dibandingkan sebelumnya.

4. Ubah pikiran menjadi positif

cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Orang bilang kata adalah doa dan apa yang kita pikirkan maka itu yang akan terjadi. Sama-sama berkata dan sama-sama berpikir, mendingkan kita berkata dan berpikir yang positif-positif saja. Tak ada gunanya selalu berpikir negatif. Justru akan membuatmu semakin terpuruk dalam ketakutan.

Mulai sekarang cobalah untuk membayangkan hal yang baik-baik. Ambil hikmah disetiap kejadian yang kamu alami. Anggaplah semua ini sudah diatur oleh Tuhan. Kita sebagai manusia hanya bertugas untuk menjalani saja. Toh, semuanya nanti akan indah pada waktunya bukan?

5. Jangan berusaha menjadi sempurna


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Terkadang kita memikirkan kualitas orang lain sehingga membuat diri kita sendiri menjadi semakin minder. Seperti misalnya menganggap orang lain lebih berani, lebih percaya diri, lebih pandai, dan sebagainya. Pikiran semacam ini sebaiknya mulai sekarang buanglah jauh-jauh.

Sadarilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Disetiap kekuranganmu pasti memiliki sebuah kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Sehingga tidaklah baik apabila membandingkan kemampuan diri kamu dengan orang lain yang jelas-jelas tidaklah sama. Iya kan?

6. Bangun kepercayaan dalam diri


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Membangun rasa percaya diri tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses dan latihan lama agar rasa PeDe tersebut muncul dalam diri kita. Akan tetapi, ada beberapa trik yang bisa membuat kamu cepat percaya diri.

Antara lain seperti merubah penampilan lebih menarik, berlatih berbicara, bersosial dengan banyak orang, memantapkan hati, mendengarkan lagu kesukaan, dan masih banyak lagi. Selengkapnya di cara meningkatkan kepercayaan diri dengan cepat.

7. Minta bantuan orang lain

cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Kita (manusia) pada dasarnya diciptakan sebagai mahluk sosial yang mana saling membutuhkan bantuan satu sama lainnya. Hal ini berlaku dalam segala aspek, tidak hanya pekerjaan saja. Tetapi juga dalam menyelesaikan suatu masalah kita kadang tidak bisa sendiri.

Jika masalah yang membuatmu ketakutan amat berat, cobalah untuk meminta bantuan orang lain. Seperti misalnya pacar, teman, orang tua, atau bahkan ahli psikolog agar segera terselesaikan. Ingat, jangan memendam masalahmu sendiri. Karena justru akan semakin membuatmu ketakutan.

8. Hadapi rasa takutmu

cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Membiarkan rasa takut menguasai diri kamu justru akan membuat kamu semakin sulit untuk menghilangkan ketakutan tersebut. Sedikit demi sedikit cobalah untuk melawan rasa takutmu. 

Ajaklah teman atau orang yang paling kamu percaya untuk bersama-sama melawan rasa takut tersebut. Karena dengan support teman atau sahabat, kamu akan menjadi manusia yang lebih kuat. Jika hari ini tidak bisa, kamu bisa mulai menghadapi rasa takutmu besok.

9. Mendekatkan diri kepada Tuhan


cara mengatasi rasa takut dan cemas berlebihan

Mungkin ketakutanmu selama ini disebabkan karena kurang dekat dengan Sang Pencipta. Apapun agamamu pasti mengajarkan untuk selalu dekat dengan Tuhan. Dengan dekat kepada Tuhan, maka hidup kita akan menjadi lebih tenang dan tentram. Oleh sebab itu, mulai sekarang perbaiki ibadahmu.

Untuk kalian umat beragama Islam bisa dengan sholat lima waktu ditambah dengan menjalankan puasa senin-kamis dan sunnahnya. Sedangkan untuk kamu yang non-Islam bisa melaksanakan ibadah secara khusyuk menurut ajaran masing-masing.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa takut dan cemas yang berlebihan dalam diri. Ingat, sebesar apapun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, percayalah semua pasti ada solusinya. Semoga artikel diatas dapat memberikan pencerahan. Keep smile :)


Artikel Terkait