>

9 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Bahaya Gorengan – Rasanya yang gurih dengan harga relatif bersahabat, tentu membuat gorengan jadi salah satu camilan favorit untuk menemani hari-hari kita. Hampir semua orang menyukai gorengan, baik itu dari mereka kalangan bawah hingga atas. Terkadang rasa renyah dan gurihnya membuat kita lupa diri. Padahal, ada risiko kesehatan serius yang disebabkan karena makanan tersebut.

Semua makanan yang digoreng cenderung mengandung lemak, kalori, serta garam yang cukup tinggi. Karena proses penggorengan dapat menyebabkan rusaknya nutrisi dan meningkatkan jumlah kalori. Terlebih lagi, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah digunakan lebih dari satu kali. Berikut beberapa bahaya gorengan untuk kesehatan yang patut kamu waspadai.

Bahaya Makan Gorengan Terlalu Banyak untuk Kesehatan

1. Berisiko menyebabkan obesitas (kegemukan)

bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Dokter spesialis gizi dari klinik Eka Hospital BSD, Elia Indrianingsih mengungkapkan, sering makan gorengan bisa membuat tubuh kelebihan kalori. Kenapa bisa demikian?

Gorengan termasuk makanan yang diolah dengan minyak panas. Setidaknya ada 1 sendok makan minyak yang terserap dalam satu gorengan. Padahal satu sendok minyak tersebut setara dengan 100 kalori.

Bayangkan saja, sebelum tahu digoreng memiliki 75 kalori, tapi setelah digoreng pakai minyak akan menjadi memiliki 175 kalori. Ini baru satu tahu goreng yang kita konsumsi lho, bagaimana jika 4-5 buah?

2. Kanker usus besar

bahaya gorengan bagi kesehatan

Kanker usus besar dapat disebabkan salah satunya karena gorengan. Minyak yang ada pada gorengan mengakibatkan gumpalan-gumpalan sel yang tersebar tidak terkendali. Apalagi jika mengonsumsi gorengan dari pinggir jalan yang minyaknya jarang diganti, tentu akan lebih berisiko.

Hingga sekarang kanker masih menjadi penyakit paling mematikan yang banyak ditakui umat manusia. Karena hampir 70 % penderitanya tak tertolong. Nah, sebelum semuanya terlambat sebaiknya kamu batasi konsumsi gorengan sekarang juga.

3. Menyebabkan tukak lambung


bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Tukak lambung merupakan penyakit yang disebabkan karena ada luka di bagian dinding lambung sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Penyakit ini salah satunya disebabkan karena bakteri pylori. Tetapi, tukak lambung juga bisa disebabkan karena konsumsi gorengan.

Minyak dari gorengan menciptakan keasaman pada lambung sehingga memicu munculnya bisul. Dari bisul inilah yang nantinya akan pecah dan membentuk luka lambung. Jika sudah parah, tukak lambung bisa menyebabkan kebocoran.

4. Nyeri dada

bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Pernahkah kamu mengalami nyeri di bagian dada? Sensasi terbakar yang muncul ini disebabkan karena asam lambung bergerak ke kerongkongan (esofagus). Nyeri tersebut akan semakin terasa ketika berada diposisi terbaring atau membungkuk.

Salah satu cara mengatasinya ialah dengan mengurangi konsumsi gorengan. Kandungan minyak berlebihan dari makanan ini dapat meningkatkan asam lambung. Selain nyeri dada, kamu pun lebih berisiko terserang maagh.

5. Gangguan sistem pencernaan


bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Rasa kurang nyaman pada bagian perut yang kamu alami mungkin bisa jadi disebabkan karena makan gorengan terlalu banyak. Gorengan mempunyai lemak trans yang sulit dicerna oleh lambung dan usus. Butuh waktu lebih lama agar minyak dari gorengan tadi dapat tercerna sempurna.

Apabila kondisi seperti itu dibiarkan terus menerus, maka akan memicu masalah pencernaan lain yang lebih serius. Misalnya seperti diare, sembelit, atau bahkan infeksi saluran cerna. Solusinya yaitu dengan membatasi konsumsi gorengan dan mengunyahkan secara lebih halus sebelum menelan.

6. Penyakit jantung

bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leah Cahil, kepala bidang nutrisi di Harvard University, membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi gorengan 4-6 kali seminggu memiliki risiko hingga 39 % lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi gorengan 1x dalam seminggu.

Lemak trans yang ada pada gorengan akan berubah menjadi kolesterol dalam darah. Jika kolesterol tersebut menempel pada pembuluh, maka secara otomatis kinerja jantung akan lebih berat, sehingga memicu serangan jantung.

7. Diabetes melitus tipe 2


bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Rasanya yang gurih bukan berarti tidak menyebabkan diabetes. Justru kalori tinggi yang ada pada gorengan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Apalagi jika kamu jarang melakukan pembakaran kalori seperti berolahraga tentu akan sangat mengkhawatirkan.

Seseorang yang mengonsumsi gorengan selama 7 hari berturut-turut memiliki risiko diabetes melitus 50 % lebih besar dibandingkan mereka yang jarang makan gorengan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk membatasi konsumsi makanan ini.

8. Penyebab hipertensi (tekanan darah tinggi)


bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Dilansir dari detik.com, kasus hipertensi di kabupaten Bogor, Jawa Barat termasuk yang paling tinggi dibandingkan daerah lain. Kebiasaan masyarakat dalam melahap lontong dan gorengan sebagai salah satu menu sarapan disebut-sebut sebagai salah satu yang pemicu utamanya.

Kandungan lemak yang tinggi pada gorengan memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sedangkan pada hipertensi atau tekanan darah tinggi, asupan garam berlebih lebih memiliki pengaruh langsung terhadap peningkatan tekanan darah.

9. Meningkatkan risiko prostat pada pria

bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Pada pria, sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi gorengan dalam jangka waktu lama yakni lebih dari satu kali dalam seminggu, bisa berisiko meningkatkan kanker prostat. Selain itu, kandungan micin berlebihan yang ada pada gorengan juga menurunkan kesuburan seorang pria.

Cara Mengurangi Efek Bahaya Makan Gorengan


bahaya makan gorengan bagi kesehatan

Untuk mengurangi risiko buruk konsumsi gorengan, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan mengganti minyak trans atau minyak yang sudah mengalami hidrogenasi dengan minyak yang lebih menyehatkan. Misalnya seperti minyak zaitun, minyak kanola, biji bunga matahari, dan minyak wijen.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menyantap gorengan dari warung, sebaiknya serap minyaknya dulu dengan memakai tisu. Juga, jangan lupa untuk membatasi konsumsi gorengan maksimal seminggu 2x saja. Ingat, kesehatanmu jauh lebih berharga daripada sekedar kenikmatan gorengan!

Itulah ulasan mengenai bahaya gorengan bagi kesehatan yang bisa saya share. Apabila ada yang kurang jelas silahkan sampaikan di kolom komentar bawah.


Artikel Terkait