>

5 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Cepat Secara Alami

cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat

Cantikitu.com – Memiliki gigi nan putih bersih dan kinclong tentu jadi idaman semua orang. Apalagi kamu yang setiap harinya ngomong, seperti misalnya menjadi guru, mc, atau bahkan mahasiswa. Rasanya nggak banget bila gigi kuning. Karena pasti, hal ini dapat menurunkan kadar rasa percaya diri kita bukan?

Tenang, memutihkan gigi kuning tak sesulit yang kita bayangkan kok. Meski pun jaman sekarang sudah banyak alat canggih yang dapat membantu mengatasi gigi kuning, tapi tak ada salahnya untuk menggunakan cara alami dulu. Seperti apakah cara alami memutihkan gigi itu? yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

1. Bersiwak

cara memutihkan gigi secara alami dengan siwak
cara memutihkan gigi alami dengan siwak


Pernahkah kamu melihat orang yang menggosok gigi dengan batang kayu? Jika pernah itulah yang dinamakan bersiwak. Siwak berasal dari pohon arak, yaitu semacam semak belukar kecil yang banyak tumbuh di Timur Tengah dan Asia. Bahkan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya sering menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. 

Cara memutihkan gigi alami dengan bersiwak:
  • Sediakan siwak, bisa berasal dari batang pohon arak atau akarnya
  • Bersihkan kulit siwak tersebut, selanjutnya tumbuk halus
  • Celupkan ke air hangat supaya sedikit lebih lembut. Lalu gosokan perlahan ke gigi
  • Lakukan penggosokan gigi selama kurang lebih 3-4 menit kemudian akhiri dengan berkumur.

2. Kulit jeruk

cara cepat memutihkan gigi kuning secara alami
bahan alami pemutih gigi kuning

Jika di daerahmu sulit menemukan siwak, cobalah memutihkan gigi dengan kulit jeruk. Keduanya memiliki khasiat yang sama dalam menghilangkan plak gigi. Selain memutihkan, kulit jeruk ternyata juga dapat membantu menghilangkan karang gigi dengan cepat. Oleh sebab itu, langsung coba deh!

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk secara alami:
  • Siapkan sikat gigi dan kulit jeruk yang masih segar
  • Kerok bagian putih dari kulit jeruk tadi. Lalu letakan diatas sikat gigi
  • Gunakan untuk menggosok gigi seperti biasanya. Kamu pun juga bisa menambahkan pasta gigi agar lebih mujarab.

3. Baking soda


cara memutihkan gigi dengan baking soda
memutihkan gigi dengan baking soda

Baking soda sering sekali direkomendasikan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Dalam bahan ini terkandung bahan aktif yang bersifat keras sehingga bisa membantu mengangkat noda hitam membandel. Baking soda sangat cocok digunakan untuk gigi kuning yang sudah menahun atau disebabkan karena rokok.

Cara alami memutihkan gigi kuning dengan baking soda:
  • Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, membuatnya menjadi pasta baking soda kemudian digunakan untuk gosok gigi. Campurkan dua sendok teh bubuk baking soda dengan dua sendok teh air hangat. Gunakan untuk menggosok gigi seminggu maksimal 3x saja.
  • Cara yang kedua ialah menggunakan baking soda sebagai obat kumur. Nah, caranya campur tiga sampai empat sendok teh baking soda dengan segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur sebelum tidur secara rutin.

4. Arang kayu

cara alami memutihkan gigi dengan arang kayu
cara memutihkan gigi dengan arang

Arang kayu ternyata tidak hanya berguna untuk sate saja lho. Dunia kedokteran sering memakai arang untuk mengatasi orang yang keracunan. Sebab arang termasuk salah satu benda penyerap terbaik yang ada di bumi. Nah seperti halnya racun, noda pada gigimu pun juga bisa diserap. Sehingga gigi putih dan kinclong akan kamu dapatkan.

Cara memutihkan gigi dengan arang kayu:
  • Haluskan arang kayu yang bersih
  • Setelah menjadi bubuk campurkan bersama air hangat
  • Gunakan pasta arang tersebut sebagai pasta gigi
  • Sebaiknya jangan gunakan pasta arang terlalu sering. Penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan gigi linu dan berlubang.

5. Garam dan lemon

cara memutihkan gigi kuning secara alami
cara memutihkan gigi dengan garam dan lemon

Bahan alami pemutih gigi terakhir yang bisa kamu coba ialah lemon dan garam. Lemon mengandung vitamin C dan asam yang dapat melunakan plak gigi. Sedangkan garam mempunyai butiran halus yang dapat bertindak layaknya scrub pengangkat kotoran. Keduanya tentu menjadi kombinasi yang pas untuk memutihkan gigi secara alami.

Cara memutihkan gigi dengan garam dan lemon:
  • Campurkan garam bersama dengan perasan lemon
  • Gunakan campuran tadi untuk menggosok gigi
  • Lakukan sehabis bangun tidur dan akhiri dengan berkumur air hangat.


Itulah serangkaian cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat. Setelah mengetahui tips ini tentu kamu tak perlu lagi pergi ke dokter gigi hanya untuk mendapatkan gigi putih bersih bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait