>

12 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dengan Cepat

cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Cara Menghilangkan Karang Gigi – Menjaga kebersihan gigi merupakan kewajiban yang harus setiap orang jalani. Pasalnya, gigi memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penampilan kita. Seseorang yang mempunyai gigi putih pastinya memiliki senyum yang lebih indah menawan dibandingkan mereka yang memiliki gigi kuning dan berkarang.

Rongga mulut pada dasarnya merupakan sarang bakteri. Meskipun kamu telah menggosok gigi tapi masih tetap ada saja bakteri yang tersisa di mulut. Karang gigi dapat terbentuk karena adanya reaksi kimia antara protein, sisa makanan, dan bakteri yang ada di mulut kita. Hasil dari reaksi itu ialah plak berwarna kuning yang apabila dibiarkan akan berubah menjadi karang gigi.

Adanya karang gigi dapat menyebabkan beberapa komplikasi berbahaya. Mulai dari gusi bengkak, iritasi, hingga menjadi penyebab gigi berlubang. Nah untuk mengatasinya berikut ada beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan cepat secara alami yang bisa kamu coba terapkan di rumah.

Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Menggosok gigi dengan benar

cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Menyikat gigi secara teratur dan benar penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi jangka panjang. Kerusakan seperti gigi berlubang, plak gigi, sampai karang gigi pun bisa dicegah hanya dengan menyikat gigi secara rutin.

Dengan menyikat gigi, maka sisa makanan tidak akan berubah menjadi karang gigi. Agar dapat menghilangkan karang gigi secara menyeluruh, sikat gigi pun harus dilakukan dengan benar. Berikut caranya.

Cara menggosok gigi dengan benar:
  • Pegang sikat gigi membentuk sudut 45 derajat. Kemudian mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 20 detik untuk setiap bagiannya.
  • Sikat secara perlahan setiap bagian gigi. Terutama yang dipakai untuk mengunyah, gigi dekat pipi, dan lidah. Pastikan semua bagian gigi sudah disikat, sehingga plak dan sisa makanan hilang.
  • Sedangkan untuk membersihkan gigi bagian depan, posisikan sikat gigi secara vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi. Lalu sikat gigi secara melingkar di bagian tepi gusi selama kurang lebih 2-3 kali.

Note: sebaiknya gunakan pasta gigi yang banyak mengandung flouride untuk memudahkan dalam membersihkan karang gigi yang bandel.

2. Kulit jeruk

cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Tak cuman buahnya saja yang memiliki banyak manfaat. Ternyata sampai kulitnya pun tak kalah bermanfaat. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan dan pengusir nyamuk, kulit jeruk juga ampuh untuk memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi. Hal ini disebabkan karena kulit jeruk mengandung senyawa bernama limonene dan vitamin C yang berperan sebagai antibakterial.

Cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk:
  • Siapkan kulit jeruk yang masih segar
  • Usapkan bagian putih kulit jeruk tadi ke bagian gigimu
  • Untuk menjangkau bagian gigi terdalam, kamu bisa mengerok bagian putihnya kemudian memakai bersama dengan pasta gigi
  • Setelah menggunakannya tunggu selama 7 jam agar karang gigi rontok semua.

3. Gunakan benang gigi (dental floss)

cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Seringkali karang berada di bagian dekat dengan gusi, sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Solusinya kamu bisa menggunakan benang gigi. Walau tidak secara tuntas, tapi setidaknya bisa menghilangkan karang gigi di bagian terdalam. Disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan benang gigi. Usahakan jangan menggosok terlalu keras karena dapat merusak email gigimu.

4. Tomat dan strawberry


cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Kombinasi vitamin A dan C dari tomat sangat berguna sekali untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, termasuk salah satunya menghilangkan karang gigi. Sedangkan strawberry mengandung asam malat yang berguna untuk menghilangkan plak di permukaan gigi. Sehingga keduanya bisa menjadi kombinasi yang pas untuk membersihkan karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan tomat:
  • Haluskan tomat dan strawberry yang masih segar dengan mamakai blender
  • Gunakan haluskan kedua buah ini sebagai pasta gigi
  • Gosok gigimu dengan benar kemudian akhiri dengan berkumur air hangat
  • Lakukan gosok gigi secara rutin minimal 1x sehari untuk hasil terbaik
5. Apel, wortel, dan timun


cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Saat mengunyah makanan yang kriuk-kriuk, seperti apel, timun, seledri, dan wortel mereka bisa menjadi sikat gigi kecil yang membantu menggosok noda-noda membandel yang menempel di gigi kita, termasuk salah satunya plak penyebab karang gigi.

Selain itu, buah-buahan tersebut juga merangsang terbentuknya air liur yang dapat mengurangi kuman di mulut. Kamu bisa mengonsumsi buah tersebut secara rutin sehabis makan sarapan. Jangan lupa minum segelas air putih untuk melarutkan gula di area gigimu.

6. Siwak

cara menghilangkan karang gigi secara alami

Miswak atau siwak berasal dari ranting atau akar pohon arak (salvadora persica). Pohon ini banyak dijumpai di kawasan Timur Tengah, Asia, dan Afrika. Ranting ini apabila dikupas memiliki warna putih dan berserat. Akarnya berwarna coklat dan dalamnya putih. Sedangkan aromanya seperti seledri dengan rasa sedikit pedas.

Bagi orang Timur Tengah, bersiwak sudah dilakukan sejak dulu. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun menyunnahkan agar kita bersiwak untuk membersihkan gigi. Selain itu, dalam laporan U.S. National Library of Medicine tahun 2012, juga membuktikan bahwa siwak memang bermanfaat bagi gigi karena mengandung mineral seperti flouride, silika, sulfur, vitamin C, tannin, potasium, dan sodium.

Cara menghilangkan karang gigi dengan siwak:
  • Kuliti salah satu ujung kayu siwak dengan panjang sekitar 3 cm
  • Kunyahlah bagian yang sudah dikuliti (awalnya mungkin akan terasa cukup pedas, walau kurang nyaman tapi tidak berbahaya)
  • Jika sudah lunak dan berbentuk bulu-bulu sikat segera rendam air
  • Bersihkan gigi dengan menggunakan siwak yang sudah berbentuk bulu. Lakukan minimal seminggu 2x untuk hasil terbaik.

7. Biji wijen


cara menghilangkan karang gigi secara alami

Memakai biji wijen termasuk salah satu cara menghilangkan karang gigi tradisional yang dilakukan oleh orang jaman dulu. Dalam biji wijen terkandung minyak alami yang dapat membunuh bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab gigi berkarang.

Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu mengunyah bijinya. Pastikan untuk mengunyah biji wijen di bagian gigi yang berkarang. Kemudian ratakan dengan memakai sikat gigi. Terakhir berkumurlah dengan menggunakan air bersih. Sebaiknya hindari menelan biji wijen yang sudah dikunyah.

8. Baking soda


cara menghilangkan karang gigi secara alami

Biasanya ibu-ibu sering menggunakan bahan makanan yang dikenal dengan sodium bicarbonate ini sebagai pengembang kue. Namun dibalik itu, ternyata bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Hal ini disebabkan karena baking soda bersifat basa sehingga bisa membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut. Berikut cara menggunakannya.

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda:
  • Pertama buat pasta dengan mencampurkan antara 1 sdt baking soda, ½ sdt garam, dan air secukupnya
  • Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi seperti biasanya
  • Setelah sekiranya sudah selesai berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

9. Berhenti merokok sekarang juga!

cara menghilangkan karang gigi secara alami


Tidak hanya jantung dan paru-paru saja yang terkena dampak buruk dari rokok. Kesehatan mulutmu pun juga akan terkena efek negatif dari rokok tersebut. Menurut survey, merokok dapat menghambat aliran darah ke gusi, sehingga gigi akan mengalami kekurangan nutrisi dan bahkan bisa infeksi.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merokokmu. Memang sih ini akan sangat sulit sekali apalagi kamu yang sudah jadi pecandu. Nah agar lebih mudah silahkan baca kiat berhenti merokok dijamin sukses yang sudah kami share sebelumnya.

10. Gunakan cengkeh

cara menghilangkan karang gigi secara alami

Penelitian di India memaparkan bahwa cengkeh berkhasiat untuk mengobati sakit gigi berlubang sekaligus merontokkan karang gigi. Hal ini terjadi karena dalam rempah ini terkandung senyawa yang dapat menyerap plak di gigi. Selain itu, juga terdapat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan gusi.

Cara membersihkan karang gigi dengan cengkeh:
  • Haluskan cengkeh secukupnya terlebih dulu
  • Ambil 1 sendok teh bubuknya, lalu campurkan bersama perasan lemon
  • Gunakan ramuan yang sudah dibuat untuk menggosok gigi sebelum tidur.

11. Arang aktif

cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan arang aktif
Menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat, arang aktif sudah digunakan dalam banyak hal terutama untuk menyerap kotoran atau racun. Kandungan pori-pori pada arang aktif berguna untuk mengikat kotoran, termasuk salah satunya karang gigi.

Cara cepat menghilangkan karang gigi dengan arang:
  • Ambil sedikit arang aktif kemudian gunakan sebagai pasta gigi
  • Gosoklah gigimu seperti biasanya, tapi usahakan jangan terlalu lama
  • Lakukan penggosokan gigi selama 30 detik saja ke bagian yang berkarang
  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan arang aktif karena dapat merusak enamel sehingga menyebabkan gigi sensitif.
12. Makanan pedas

cara menghilangkan karang gigi secara alami

Kabar baik untuk kamu yang hobi makan pedas. Mengonsumsi makanan yang mengandung cabe dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Hal ini disebabkan karena makanan pedas mengandung seperti vitamin A, B6, C, dan asam folat yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan cepat secara alami. Alangkah baiknya apabila merawat gigi tidak hanya ketika ada masalah saja, tapi juga harus dilakukan secara rutin agar kesehatan gigi tetap selalu terjaga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait