>

9 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui


Manfaat Gula Aren – Di Indonesia hampir semua orang kenal dengan yang namanya gula aren. Yups, gula aren merupakan salah satu jenis gula yang terbuat dari bahan alami nira aren. Gula ini memiliki warna merah dengan tekstur lebih kasar dan tak berbentuk kristal seperti halnya gula pasir yang terbuat dari tebu. Oleh sebab itu, banyak yang menjulukinya dengan gula merah.

Gula Aren Berbeda dengan Gula Merah

Banyak yang menganggap kalau gula aren itu sama dengan gula merah (gula jawa), padahal sebetulnya berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada bahan baku pembuatan. Gula merah dibuat dari nira pohon kelapa. Sedangkan gula aren terbuat dari nira pohon aren. Dikarenakan bahan bakunya berbeda, tentu manfaat gula aren pun juga berbeda dengan gula jawa.

Gula aren sering dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Ada yang membuatnya menjadi minuman segar, makanan lezat, sampai dicampur dengan obat tradisional. Lalu, sebenarnya apa saja sih manfaat gula aren itu? Nah berikut ulasan lengkap mengenai khasiat gula aren tersebut bagi kesehatan.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

1. Sebagai penambah tenaga

manfaat gula aren untuk kesehatan

Jika kamu sering naik gunung, tentu sudah hafal dengan manfaat gula aren ini. Meskipun gula aren rendah kalori, tapi hebatnya ia dapat memberikan energi ekstra untuk tubuh kita disaat sedang lelah. Oleh karena itu, banyak pendaki yang mengonsumsi gula aren ketika naik gunung.

Selain menambah tenaga, konsumsi gula aren saat berolahraga juga dapat mencegah tenggorokan kering dan sariawan. Jadi, daripada makan permen berpengawet, lebih baik ganti dengan gula aren yang menyehatkan ini.

2. Mencegah anemia


manfaat gula aren untuk kesehatan

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan darah yang disebabkan karena tidak terpenuhinya zat besi. Ketika anemia tubuh akan terasa lelah, pusing, dan daya tahan tubuh kurang baik. Sehingga sangat mudah terserang penyakit.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengandalkan gula aren. Dalam gula ini terkandung zat besi tinggi yang cukup untuk menambah darah. Ketika kita terhindar dari anemia, tentu tubuh akan lebih sehat dan segar setiap harinya.

3. Memperlancar peredaran darah

manfaat gula aren untuk kesehatan

Tidak hanya menambah darah berkat kandungan zat besinya. Dengan konsumsi secara rutin, gula aren cukup berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat terjadi karena aren memiliki kandungan kalium yang dapat mengikat kolesterol penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Jika peredaran darah lancar, maka secara otomatis kinerja jantung menjadi ringan sehingga penyakit seperti stroke, jantung, dan hipertensi pun dapat dicegah.

4. Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

manfaat gula aren untuk kesehatan

Kolesterol dalam tubuh ada dua yaitu kolesterol baik dan jahat. Bila kolesterol jahat lebih banyak dibanding baik, maka akan memicu munculnya berbagai penyakit seperti asam urat, penyumbatan pembuluh darah, stroke, hingga serangan jantung mendadak.

Dalam gula aren terkandung niacin yang berguna untuk menjaga kolesterol tetap stabil. Dengan kata lain, kadar kolesterol tinggi akan kembali normal hanya dengan mengonsumsi atau memakan gula aren secara rutin. Terutama kamu yang sudah berusia 20 keatas, sebaiknya mulailah mempertimbangkan manfaat ini.

5. Bahan pemanis rendah kalori

manfaat gula aren untuk kesehatan

Menurut penelitian, gula aren memiliki angka Indeks Glikemik (IG) yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Data menyebutkan IG dari gula aren hanya 35, sedangkan gula pasir mencapai 56. Semakin tinggi angka Indeks Glikemik tentu akan semakin meningkatkan risiko terserang diabetes.

Oleh sebab itu, gula aren diklaim menjadi pemanis alami yang baik untuk penderita diabetes dengan konsumsi yang wajar. Selain itu, perhatikan pula makanan apa yang dikonsumsi bersama dengan gula ini. Karena Indeks Glikemik gula aren yang sebenarnya rendah justru akan menjadi tinggi bila dikonsumsi dengan makanan berkarbohidrat.  

6. Meningkatkan daya tahan tubuh (imun)

manfaat gula aren untuk kesehatan

Dalam gula aren terkandung antioksidan alami yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh terhadap penyakit. Daya tahan tubuhmu akan bertambah berkali lipat hanya dengan mengonsumsi gula aren secara rutin. Bila sistem kekebalan kuat, tentu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit seperti batuk, pilek, demam, dan pusing.

7. Sebagai campuran ramuan obat tradisional


manfaat gula aren untuk kesehatan

Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya akan rempah dan ramuan tradisional seperti jamu. Untuk menghasilkan jamu yang berkhasiat tinggi, biasanya digunakan campuran bahan lain yang salah satunya adalah gula aren.

Gula aren berguna untuk memaksimalkan manfaat dari jamu dan ramuan herbal yang hendak dikonsumsi. Jamu dan obat tradisional yang dicampur dengan gula aren biasanya bermanfaat untuk rematik, masuk angin, pegal-pegal, hingga maag.

8. Sebagai bahan dasar pembuatan makanan


manfaat gula aren untuk kesehatan

Gula aren sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai makanan khas tanah air. Gula yang memiliki rasa manis dan legit ini membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai penambah cita rasa. Beberapa contoh makanan yang memakai gula aren antara lain es dawet, es kelapa muda, gudeg, dsb.

9. Scrub pengangkat sel kulit mati dan komedo


manfaat gula aren untuk kesehatan

Bagi kamu yang bermasalah terhadap kecantikan, silahkan pakai gula aren sebagai scrub pengangkat sel kulit mati dan komedo. Gula aren memiliki butiran halus yang bisa mengangkat kotoran hingga ke bagian pori terdalam.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu tinggal menghaluskan gula ini kemudian campurkan bersama dengan air hangat sampai membentuk pasta. Nah gunakan scrub tersebut sebelum mandi dengan cara menggosokan ke kulit.

Itulah beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan yang bisa kami sajikan. Jika ada yang belum jelas dalam ulasan diatas langsung saja sampaikan di kolom komentar. 


Artikel Terkait