>

9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Manfaat Bawang Dayak – Kita tentu sudah familiar dengan yang namanya bawang. Tetapi, apakah kamu sudah pernah dengar bawang Dayak sebelumnya? Sesuai dengan namanya bawang ini berasal dari suku Dayak di Kalimantan. Tanaman bernama latin Eleutherine palmifolia ini memiliki sebutan lokal yang beragam seperti bawang Tiwai, bawang Sabrang, dan bawang Berlian.

Dibanding bawang biasa, bawang dayak memiliki senyawa yang begitu lengkap sehingga wajar saja manfaatnya banyak. Senyawa tersebut mencakup seperti flavonoid, glikosida, steroid, tanin, alkaloid, fenolik, serta saponin. Kandungan flavonoid dapat berguna sebagai antioksidan, anti-inflamasi, mengurangi penyakit kardiovaskuler, dan penangkal radikal bebas.

Dikarenakan khasiatnya yang cukup banyak, bawang dayak sering digunakan sebagai obat tradisional. Sejak dulu bawang ini sudah digunakan untuk mengobati penyakit seperti batuk, flu, peradangan, sakit tenggorokan, hingga kanker. Berikut ulasan mengenai manfaat bawang dayak berserta kandungan senyawanya.

manfaat bawang dayak untuk kesehatan dan pengobatan

Kandungan Senyawa Bawang Dayak

1. Polifenol

Polifenol merupakan senyawa kimia yang sering ditemukan dalam tumbuhan yang berkhasiat sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal dan menteralkan efek buruk radikal bebas. 

2. Alkaloid

Senyawa ini dikenal manfaatnya dalam dunia kesehatan sebagai zat yang digunakan untuk menahan rasa sakit dan juga peradangan.

3. Tanin

Dalam dunia kesehatan tanin memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai anti-diare dan penawar racun. Senyawa ini akan mendetok racun yang masuk dalam tubuh kita.

4. Triterpenoid

Triterpenoid memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pada menstruasi/haid, terkena patukan ular, alergi kulit, dan juga malaria.

5. Stroid

Pada dasarnya senyawa ini berguna untuk mengatasi masalah pada kejantanan pria. Namun selain itu, stroid juga sering dimanfaatkan sebagai suplemen pembentukan otot agar lebih berisi.

6. Glikosida

Biasanya glikosida sering diekstrak menjadi obat pencahar bagi yang memiliki masalah pada pencernaan seperti sembelit. Selain itu, senyawa ini juga bisa menjadi obat penyakit jantung.

7. Fenolik

Fenolik berguna untuk mencegah terjadinya penunaan dini, atau penuaan yang tidak pas pada waktunya. Serta, senyawa ini juga dapat mencegah pertumbuhan sel abnormal yang biasanya menyebabkan tumor dan kanker.

8. Flavonoid

Flavonoid memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain dapat melindungi sel dari kerusakan, sebagai obat anti-inflamasi, mencegah pengeroposan pada tulang, mencegah kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Mengobati amandel

Amandel atau tonsilitis pada umumnya disebabkan karena virus dan bakteri. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami pusing, demam, nyeri tenggorokan, sakit telinga, hingga batuk yang tak kunjung sembuh.

Jika dibiarkan, amandel akan semakin membesar sehingga menyebabkan penderita sulit menelan makanan. Nah untuk mengobatinya, kamu bisa mengonsumsi bawang dayak yang mengandung flavonoid ini.

2. Menyembuhkan sakit perut

Penyebab sakit perut cukup beragam. Ada yang disebabkan karena diare, salah makan, masuk angin, hingga tukak lambung. Terkadang meski sepele, sakit perut bisa menjadi salah satu pertanda adanya penyakit tertentu seperti batu ginjal.

Untuk menyembuhkan sakit perut seperti nyeri dan perih, kamu bisa mengonsumsi bawang dayak ini. Didalamnya terkandung alkaloid yang berguna untuk menahan rasa sakit yang disebabkan karena peradangan.

3. Mengobati flu dan batuk

Suku Dayak dari dulu hingga sekarang masih sering memanfaatkan bawang jenis ini sebagai sarana pengobatan. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan ialah flu dan batuk. Hal ini dapat terjadi karena dalam bawang dayak terkandung senyawa antibakterial yang bertugas melawan virus influenza penyebab pilek.

4. Mencegah dan mengobati hepatitis

Khasiat bawang dayak tidak main-main. Selain dapat mengatasi penyakit ringan, ternyata bawang ini juga ampuh untuk mencegah hepatitis, yaitu infeksi serius di hati yang disebabkan oleh virus. Bahkan para ahli menyarankan agar penderita penyakit kuning juga mengonsumsi bumbu dapur ini agar cepat sembuh.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah

Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada yang kuat serta ada pula yang lemah sehingga sangat mudah terserang penyakit. Nah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsi bawang dayak sangat disarankan. Kandungan vitamin C berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap virus.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor

Kanker dan tumor masih menjadi penyakit menakutkan bagi umat manusia. Karena hingga saat ini, peluang sembuh dari kedua penyakit tersebut sangatlah kecil. Kebanyakan penderitanya berujung pada kematian.

Sebelum semuanya terlambat, kita masih bisa menghambat atau bahkan mencegah pertumbuhan sel abnormal tersebut dengan konsumsi bawang dayak. Menurut penelitian, bawang ini memiliki senyawa naphtoquinones yang disebut-sebut sebagai satu diantara beberapa bahan alami pelawan kanker.

7. Membersihkan tubuh dari bakteri

Bawang dayak memiliki kandungan antibakterial tinggi yang tentunya efektif untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi bawang ini, maka kamu akan terbebas dari segala bakteri yang mengancam kesehatan. Baik itu bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit ataupun merusak imun tubuh.

8. Mencegah terjadinya suatu infeksi

Bawang dayak bisa menjadi antiseptik alami untuk membersihkan luka baru. Didalamnya terkandung beragam senyawa yang berkhasiat untuk membunuh bakteri dan virus penyebab peradangan pada luka baru. Akan tetapi, pastikan dulu kamu tidak menderita gangguan kulit lainnya ketika memakai bawang ini.

9. Mengobati asam urat

Asam urat biasanya banyak menyerang kaum lansia. Tapi meski demikian, tidak menutup kemungkinan anak muda pun juga bisa terkena dampaknya. Sebelum semuanya terlambat konsumsilah bawang dayak secara rutin untuk mencegah asam urat. Kadar purin dalam tubuh dapat dinetralkan ketika bertemu dengan tanin dan senyawa aktif lainnya dari bawang dayak.

Untuk mendapatkan semua manfaat bawang dayak diatas, kita bisa memasukan bahan alami ini kedalam setiap menu masakan. Atau, kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk jus segar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


baca juga: manfaat gula aren

Artikel Terkait