9 Makanan yang Membuat Kulit Lebih Cerah Berseri Sepanjang Hari


Cantikitu.com – Cewek mana sih yang tak kepengen memiliki kulit cerah berseri? Tak hanya cewek saja, cowok pun juga menginginkannya. Terkadang untuk mendapatkan kulit cerah tersebut berbagai macam cara mereka lakukan. Mulai dari suntik putih hingga operasi plastik yang pastinya berbahaya dalam jangka panjang.


Tahukah kamu, kalau menjaga kesehatan kulit juga bisa melalui makanan yang kita konsumsi lho. Apalagi untuk makanan segar seperti buah dan sayur yang notabenya mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan kulit. Berikut kami sudah rangkum makanan pencerah kulit alami yang bisa kamu konsumsi. 

 Makanan yang Membuat Kulit Lebih Cerah Berseri Sepanjang Hari


1. Buah berry
makanan pencerah kulit alami


Buah-buahan keluarga berry seperti strawberry, blueberry, dan rasberry mengandung antioksidan serta vitamin C tinggi yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan penuaan dini.

Asam malat yang ditemukan dalam strawberry merupakan agen pemutih alami. Efek yang dirasakan pada kulit ialah segar, kencang, dan awet muda. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung atau membuatnya jadi jus.

2. Jeruk

makanan pencerah kulit alami

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit. Nutrisi yang terkandung didalamnya dapat mencerahkan bekas luka, menghidrasi kulit, dan menjaga elastisitas kulit dari dalam.


Cobalah untuk mengonsumsi jeruk yang masih alami, bukannya kemasan yang sudah melalui beberapa proses sehingga kehilangan nutrisi aslinya. Selain jeruk buah, kamu juga bisa mengonsumsi jeruk nipis dan jeruk lemon dengan cara menyeduh kemudian meminumnya setiap pagi hari.

3. Apel
Makanan pencerah kulit alami

Apel terkenal akan kandungan antioksidannya yang dapat meminimalkan efek penunaan dini seperti keriput. Namun selain itu, apel ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membuat kulit kita lebih elastis.


Mengonsumsi apel secara rutin setiap hari akan menjaga kulit tetap bersih dan awet muda. Bahkan menurut penelitian, kandungan nutrisi dalam apel ini dapat menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas.

4.  Brokoli

Makanan pencerah kulit alami


Brokoli masuk kedalam jajaran sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi. dalam 100 gram brokoli terdapat 89,2 mg vitamin C. Sama halnya dengan makanan bervitamin C lainnya, brokoli dapat menjaga kulit dari pengaruh buruk radikal bebas yang berpotensi merusak DNA sel.

Bila ingin memasak sayuran ini, pastikan penambahan garam tidaklah terlalu banyak agar nutrisi yang terkandung tidak hilang.

5. Tomat

makanan pencerah kulit alami

Tomat yang biasanya kita temukan dalam lalapan, salad, dan sayuran ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam mencerahkan kulit alami. Selain itu, tomat juga mempunyai kandungan lycopene yang berguna sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dan melancarkan peredaran darah, sehingga kulitpun menjadi lebih cerah berseri.


Menurut para ahli, konsumsi tomat yang sudah dimasak secara rutin dapat memenuhi kebutuhan lycopene harian kita. Ingat, kandungan antioksidan dari buah ini baru aktif setelah tomat dimasak.

6. Buah pepaya

makanan pencerah kulit alami


Semua pasti sudah tau dengan buah sejuta umat ini. Pepaya memiliki senyawa pemutih kulit seperti papain dan alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat mencerahkan kulit dengan mengurangi pigmentasi, meningkatkan tekstur kulit, dan menjaga keseimbangan pH.

Selain itu, pepaya pun juga dapat mengangkat sekaligus membuang sel kulit mati bila kita gunakan langsung ke kulit. Sama halnya seperti buah lainnya, kamu bisa mengonsumsi pepaya secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Alpukat

makanan pencerah kulit alami


Alpukat bisa dikatakan merupakan buah yang kaya akan manfaat. Didalam satu buah alpukat terkandung sekitar 4,2 mg vitamin E dan 12 mg vitamin C. Itu berarti jika kamu mengonsumsi satu buah alpukat sudah mendapatkan dua vitamin yang dibutuhkan kulit sekaligus.  

Alpukat tidak hanya mengandung vitamin saja. Nutrisi lain dari buah ini ialah lemak alami yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Sehingga sangat pas untuk wilayah tropis yang biasanya kita mengalami kulit kering.

8. Buah kiwi

makanan pencerah kulit alami


Berbicara mengenai kelembaban kulit, buah satu ini bisa kamu andalkan. Kiwi memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat menjaga kelembaban kulit dari dalam.
Tetapi, usahakan mengonsumsi buah kiwi beserta kulitnya ya. 

Dalam kulit kiwi terkandung antioksidan 3x lipat lebih besar dibandingkan dengan isinya. Sehingga mengonsumsi beserta kulitnya berarti bisa menangkal radikal bebas tiga kali lipat lebih kuat.

9. Kuaci (biji bunga matahari)

makanan pencerah kulit alami


Biji bunga matahari atau yang sering kita konsumsi sebagai kuaci, banyak yang menganggap hanya sebatas makanan ringan saja. Namun jangan salah, kuaci nyatanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk meningkatkan kecerahan kulit.

Di dalam 30 gram biji bunga matahari terkandung sekitar 10,2 gram vitamin E. Sehingga mengonsumsi kuaci tak hanya menghilangkan kantuk saja, tapi juga bisa membuat kulit lebih halus dan cerah alami.

Demi kesehatan kulit jangka panjang sebaiknya kamu hindari suntik bahan kimia ataupun oplas untuk memutihkan kulit. Kamu bisa mencerahkan kulit dengan konsumsi beberapa makanan diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.