>

9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat Haid

Mengatasi Nyeri Haid - Jadi cewek itu memang nggak gampang! Setiap bulannya mereka harus menghadapi yang namanya menstruasi. Mens itu bukan hanya soal keluarnya darah kotor dari dalam organ intim saja, tapi juga soal bagaimana menahan rasa sakit yang kadang tak dimengerti para cowok. Baik itu nyeri, ngilu, kram, perih, dan sejenisnya tentu sudah akrab kami rasakan.

Tak jarang kalau sudah menyerah, obat peluruh rasa sakit sering jadi solusinya. Tau sendiri kan efek obat-obatan kimia bagi kesuburan itu bagaimana? Oleh sebab itu, sebelum kamu mengonsumsi obat pereda nyeri sebaiknya tangani dulu deh dengan beberapa gerakan yoga sederhana berikut. Dijamin sembuh kok.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid dengan Gerakan Yoga

1. Duduk bersila

cara menghilangkan nyeri haid dengan yoga

Berbicara mengenai yoga tentu kita akan berpikir tentang ketenangan pikiran dan jiwa dalam diri. Hal ini wajar saja karena memang gerakan-gerakan yoga itu difokuskan untuk menenangkan diri. Salah satunya adalah duduk bersila.

Caranya duduklah bersila kemudian letakan tanganmu pada masing-masing ujung dengkul. Pose sederhana seperti ini dipercaya dapat melancarkan pernafasan dan mereggangkan otot-otot yang kaku. Sehingga tubuhmu pun akan lebih rileks sekaligus nyeri berkurang.

2. Seated Forward Fold

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Ketika sedang haid kadang nyeri muncul di bagian perut bawah, kan? Nah untuk mengatasinya kamu bisa melakukan pose seated forward fold. Pose ini mirip sekali dengan pemanasan olahraga yang sering kamu lakukan ketika di sekolah.

Pertama duduklah dengan kedua tangan dan kakimu diluruskan ke depan. Tundukkan kepala sambil kedua tangan lurus dan berusaha menyentuh jari-jari kaki secara perlahan.

Note: sebaiknya jangan paksakan diri dulu bila kamu belum bisa melakukannya dengan sempurna.

3. Gerakan merengek (balasana)

cara mengatasi nyeri haid pms mens

Pose ini sering disebut dengan pose a la anak kecil. Meski sekarang kamu sudah besar, tak ada salahnya menerapkan pose ini. Karena faktanya, gerakan merengek mirip anak kecil ini ampuh meredakan nyeri haid lho.

Caranya posisikan tubuh sedang bersujud, lalu bentangkan tangan ke depan hingga menyentuh lantai. Pertahan posisi tangan tersebut sambil mengambil nafas pelan-pelan dengan hitungan sampai 10 kali. Percaya deh, rasa nyeri dan tak nyaman pada tubuhmu akibat mens akan segera sirna.

4. Pavanamuktasana

cara mengatasi nyeri haid mens pms

Sedangkan bagi kamu yang susah kentut, pencernaan kurang lancar, dan nyeri perut cobalah untuk melakukan gerakan yoga pavanamuktasana ini.

Baringkan tubuhmu, kemudian tekuk satu atau dua kaki dengan tangan menarik hingga menyentuh bagian dada. Gerakan ini dapat melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuat perutmu terasa lebih nyaman.

5. Locust Pose (tengkurap)

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Mungkin kamu juga sering tengkurap ketika nyeri sedang berada di puncaknya. Tapi tahukah, sebenarnya memang ada lho gerakan tengkurap yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Yup, namanya locust pose.

Posisikan tubuhmu tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kakimu bebarengan sambil menghela nafas. Untuk hasil terbaik lakukan gerakan ini hingga lima kali hela nafas panjang ya.

6. Cat Pose atau Marjaryasana

cara menghilangkan nyeri perut saat haid

Dari namanya saja tentu kita sudah tahu bagaimana pose ini nantinya. Sesuai dengan namanya, cat pose merupakan gerakan yoga yang mirip dengan kucing ketika merangkak. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Marjaryasana.

Pose ini dilakukan dengan membengkokan punggung ke atas dan ke bawah mirip seperti kucing. Jangka waktu untuk melakukannya adalah 5 menit atau 10 kali helaan nafas panjang. Selain mengatasi nyeri, pose ini juga bisa merileksasi otot punggung dan kaki sehingga akan membuat tubuhmu lebih nyaman.

7. Sikap lilin

cara menghilangkan nyeri ngilu haid

Jika kamu sering merasa nyeri ketika berbaring, mungkin kamu bisa membuat variasi lain dengan sikap lilin. Baringkan tubuhmu sambil mengangkat kaki ke atas lurus sejajar dengan tembok.

Jangan lupa angkat pinggulmu agar otot menjadi lebih rileks. Dengan sikap ini akan memperbaiki peredaran darah di tubuhmu sekaligus mengatasi sakit kepala, karena aliran darah menuju ke otak menjadi lebih lancar.

8. Gerakan jongkok

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Dalam yoga gerakan satu ini sering digunakan ketika pose duduk berlangsung. Meski agak sulit, tapi kamu bisa membiasakan diri dengan gerakan jongkok biasa dan dilanjutkan dengan memutar bagian tubuh atas secara perlahan.

Nah apabila sudah agak lentur, cobalah untuk meletakan dua tangan di belakang punggung seperti pada gambar. Tarik secara perlahan-lahan seperti ketika kamu ‘mulet’ agar lebih terasa manfaatnya.

Dengan memutar bagian tubuh atas ini, maka dadamu pun akan lebih lapang dan secara otomatis sistem pernapasan menjadi lancar. Gampang kan?

9. Pose setengah kayang

cara mengatasi nyeri haid secara alami

Yang terakhir adalah pose setengah kayang. Kesulitan yang biasanya dialami ketika menerapkan gerakan ini adalah keseimbangan tubuh dan beberapa juga yang bahkan mengalami kesakitan saat mendongakkan kepala.

Tapi semua itu tak apa asalkan kamu melakukannya dengan hati-hati. Caranya posisikan tubuhmu lurus dengan menekuk kedua kaki. Kemudian secara perlahan posisikan kepalamu mendongak dengan kedua tangan yang menyentuh tumit. Tahan selama 30-60 detik agar lebih terasa manfaatnya.

Jika dilakukan dengan baik dan rutin maka gerakan ini akan ampuh mengatasi nyeri haid karena berfokus pada otot yang biasanya kaku saat datang bulan.

PMS memang menjadi cobaan bagi cewek setiap bulannya. Namun dengan melakukan gerakan sederhana diatas, tentu tak ada lagi alasan untuk mengonsumsi obat-obatan bukan? Asal kamu lakukan secara perlahan, dijamin tubuhmu akan kembali nyaman untuk menjalani aktivitas. Semoga bermanfaat.


***

Artikel Terkait