>

6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Pisang – Satu buah dengan rasa lezat yang bisa kita nikmati dengan berbagai cara. Menyajikannya bersama roti gandum saat sarapan, membuatnya menjadi smoothie yang segar, dipadu-padankan dengan buah-buahan lain, atau langsung dimakan tanpa ada varian tambahan. Itulah buah pisang.

Tidak hanya lezat, pisang pun memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian, ketika kamu secara rutin mengonsumsi 3 buah pisang, itu sama saja memberi 1.500 mg potassium yang berguna untuk menambah tenaga tubuh, melancarkan peredaran darah, merawat kulit, dan mencerdaskan otak.

manfaat pisang untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai manfaat pisang, sebaiknya ketahui dulu apa saja kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah pisang berukuran sedang mengandung:
  • 110 kalori
  • 0.5 gram lemak
  • 27 gram karbohidrat
  • 14 gram gula
  • 3 gram serat
  • 1 gram protein nabati
  • 25% vitamin B6
  • 16% mangan
  • 14% vitamin C
  • 12% potassium
  • 12% fiber
  • 10% copper
  • 10% biotin
  • 8% magnesium

manfaat pisang untuk kesehatan

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Berikut sederet manfaat pisang bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan:

manfaat pisang untuk kesehatan

1. Meningkatkan energi tubuh

Saat merasa lelah dan tidak berenergi, kamu bisa mengonsumsi buah ini. Hanya dalam sekejap saja, tubuh kamu akan kembali bertenaga.

Buah pisang mengandung karbohidrat dalam bentuk gula yang dapat dicerna langsung oleh tubuh menjadi energi. Ini sangat baik untuk menggantikan energi setelah kamu berolahraga atau aktivitas fisik yang berat.

2. Kaya akan potassium (kalium)

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium, setidaknya mengandung 500 mg kalium per pisang.

Ada banyak sekali manfaat kalium untuk tubuh kita. Mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah serangan jantung, mengurangi kolesterol, cegah stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, menurut penelitian konsumsi kalium yang cukup juga dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal, asam urat, ADHD, sakit punggung, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat, yang kira-kira dapat mencukupi 10 % kebutuhan serat harian. Serat yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatasi sembelit, kembung, diare dan berbagai masalah pencernaan lain.

Serat buah pisang dapat pula membantu pemeliharaan dan pemulihan fungsi usus. Mengingat, kandungan serat tersebut bekerja dengan mengikat kotoran dan racun, kemudian membuangnya melalui sistem ekskresi kita.

4. Memperbaiki mood dan membuat hatimu bahagia

Pisang mengandung asam amino yang disebut dengan triptofan. Senyawa ini memfasilitasi dalam regulasi serotonin dalam tubuh, atau yang disebut juga dengan hormon bahagia.

Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu memperbaiki suasana hati kita, sekaligus menghilangkan depresi dan kecemasan. Jadi kalau kamu lagi galau, tak ada salahnya deh mengonsumsi buah satu ini. Hehe.

5. Baik untuk otak, kulit, dan tulang

Mangan termasuk nutrisi yang penting bagi fungsi sistem organ dalam tubuh. Seperti menjaga struktur tulang rangka tetap kuat, menjaga kesehatan kulit, fungsi otak, dan mengurangi efek radikal bebas.

Satu buah pisang mampu mencukupi 16 % kebutuhan mangan harian kita. Ditambah lagi, pisang mengandung vitamin C tinggi yang dapat memicu produksi kolagen, sehingga akan membuat kulit selalu awet muda.

6. Mengandung rendah kalori, jadi cocok untuk diet

Daripada kamu ngemil makanan yang enak tapi kurang sehat, lebih baik ganti dengan buah satu ini. Pisang termasuk buah rendah kalori, hanya 100-110 kalori per buah pisang berukuran sedang. Mengonsumsinya secara rutin tidak akan membuat timbanganmu semakin mengkhawatirkan.

Ditambah lagi, buah pisang memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi. Selain baik bagi pencernaan, serat juga berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, pisang cocok untuk mendukung program diet yang mungkin sedang kamu jalani.

Cara Mengonsumsi Pisang yang Sehat

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap, tapi kamu juga bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan camilan. Menurut para ahli, buah pisang bisa menjadi makanan camilan yang lebih sehat dibanding biskuit.

manfaat pisang untuk kesehatan

Akan tetapi ingatlah untuk hindari mengonsumsi pisang dengan cara digoreng, seperti misalnya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng bisa mengubah pisang menjadi makanan yang merugikan, karena justru memusnahkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak trans. 

Hal tersebut bisa meningkatkan risiko kamu terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit serangan jantung. Ingat-ingat ya!

Jadi bagaimana mengolah pisang agar kebaikan yang terkandung di dalamnya dapat bertahan? Nah beberapa tipsnya:
  • Dijadikan sebagai jus atau smoothie. Kamu bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan segar lain.
  • Campurkan irisan pisang dengan oatmeal. Supaya lebih bernutrisi lagi, kamu bisa juga menambahkan kacang almond atau buah-buahan lain.
  • Pisang yang telah dihaluskan juga bisa dicampur dengan adonan kue bolu. Selain dapat menambah cita rasa, kue bolu buatanmu juga akan lebih bernutrisi.
  • Mengoleskan selai kacang pada pisang juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Note: untuk mendapatkan sederet manfaat pisang di atas, jangan lupa imbangi pula dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi dengan cara yang bijak.

Itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas, atau ada pertanyaan langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.
Share: