>

6 Cara Melembutkan Rambut yang Benar Secara Alami

Cara Melembutkan Rambut–Memiliki rambut yang halus, lembut, berkilau, dan mudah ditata tentu menjadi idaman semua wanita. Dengan rambut yang lembut, siapa saja pasti akan merasa lebih percaya diri. Untuk mewujudkan impian itupun bahkan beberapa diantara kita rela mengeluarkan banyak biaya.

Sebelum kamu mencoba perawatan mahal, sebaiknya terapkan dulu cara menghaluskan rambut secara alami. Memang cara alami cenderung lebih lama dan ribet, tapi dengan ketelatenan dan konsisten menggunakan dijamin rambutmu akan lebih lembut dan sehat permanen nantinya.

cara menghaluskan rambut secara alami

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami yang Benar

1. Pilih sampo yang tepat

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Disarankan juga untuk memilih sampo berlabel “bebas sulfat” namun memiliki kandungan zat dimethicone’supaya rambut lebih berkilau dan mudah diatur.

Sulfat memang terbukti ampuh dalam mengangkat kotoran dan minyak berlebih di rambut, tapi zat tersebut juga dapat berpotensi merusak rambutmu. Selain itu jangan ragu untuk keramas tiap dua atau tiga hari sekali, karena jarang keramas justru akan membuat rambut kasar dan rusak.

2. Pakailah kondisioner secara rutin

Kondisioner sangat berguna sekali dalam melembutkan dan menutrisi rambutmu. Setelah selesai keramas, usapkan kondisioner merata keseluruh bagian rambut. Diamkan sebentar agar meresap sempurna ke setiap helainya.

Selain dapat menghaluskan rambut, kondisioner juga berguna untuk mencegah rambut bercabang, mencegah perubahan warna, dan bahkan mengatasi kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Note: karena masing-masing kondisioner itu berbeda manfaat jadi sesuaikan dengan jenis rambutmu ya.

3. Masker rambut

Yuk mulai sekarang gunakan masker rambut minimal seminggu sekali. Ahli tata rambut menyarankan agar kita menggunakan masker yang mengandung keratin, asam amino, dan asam lemak essensial supaya lebih lembut.

Atau kamu juga bisa membuat masker rambut alami sendiri dengan mencampurkan alpukat dan mayones. Masker ini sudah cukup terbukti dapat membantu melembutkan rambut yang kering dan kusam.

Cara membuat masker rambut dari alpukat dan mayones:
  • Haluskan daging buah alpukat kemudian campur dengan sedikit mayones
  • Oleskan masker alami ke rambut setelah kamu selesai keramas
  • Tutup rambut dengan handuk yang sudah dihangatkan selama 20 menit
  • Setelah itu dinginkan dan bilas rambut dengan air bersih.
  • Selain alpukat dan mayones, kamu juga bisa membuat masker rambut dari madu, lidah buaya, yoghurt, kuning telur, dan buah pisang.

4. Minyak nabati

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk membuat masker rambut, lebih baik gunakan minyak nabati saja. Seminggu sekali cobalah untuk mengoleskan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak almond.

Setelah minyak dioleskan jangan lupa untuk memijatnya supaya sampai ke akar rambut, kemudian diamkan selama semalaman. Lalu cuci rambut tanpa menggunakan sampo dan kondisioner di keesokan harinya.

5. Perhatikan makanan

Banyak makanan bergizi yang baik untuk rambut, misalnya seperti ikan salmon dan kacang-kacangan. Kedua makanan tersebut memiliki kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin D, biotin, dan zat besi agar rambut semakin berkilau dan sehat alami.

6. Hindari bahan kimia dan panas

Mulai sekarang kurangi penggunaan pewarna, pelurus atau pengeriting rambut, dan blow dry. Bahan kimia yang ada dalam pewarna rambut ataupun semprotan udara panas dari pengering dapat membuat rambut menjadi kasar, kering, dan rusak. Jangan lupa lindungi pula rambutmu dari sengatan sinar matahari dengan memakai hijab, topi, ataupun payung.

Bagaimana, gampang kan?

Itulah cara menghaluskan rambut secara alami yang wajib kamu coba sekarang juga. Selamat mencoba dan jangan lupa share hasilnya di kolom komentar ya.

***
Share: