>

11 Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan Secara Alami Ampuh

Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan – Apakah kamu mengalami radang tenggorokan? Faringitis atau sakit tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi bakteri dan virus seperti pada kasus pilek.

Secara alamiah, kekebalan tubuh terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk ketika kita dewasa, sehingga umumnya penyakit satu ini banyak menyerang pada anak-anak dan remaja.

Sakit tenggorokan sangat menganggu sekali, terutama ketika kita makan. Selain rasa sakit ketika menelan makanan, sakit tenggorokan biasanya juga disertai dengan gejala seperti:

Virus dan bakteri Penyebab Infeksi

Ada banyak sekali bakteri dan virus yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya seperti:
  • Parainfluenza virus, coronavirus, dan rhinovirus (penyebab-penyebab paling umum)
  • Virus influenza tipe A dan tipe B yang juga sering menyebabkan pilek/flu
  • Adenovirus yang sering pula menyebabkan radang mata
  • Virus herpes tipe 1 sebagai penyebab luka melepuh di sekitar bibir
  • Beberapa tipe bakteri streptokokal sebagai penyebab infeksi streptokokal
  • Virus Epstein Bar (EBV) sebagai penyebab demam kelenjar
  • Cacar air
  • Difteri: penyakit pernapasan parah.

Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan Secara Alami dengan Cepat
cara mengobati sakit radang tenggorokan secara alami
Sakit tenggorokan via pedulisehat.info

Sebetulnya sakit tenggorokan yang kamu alami akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari tanpa konsumsi obat.

Namun apabila gejala yang muncul sangat menganggu aktivitas, berikut ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa kamu coba.

1. Air garam

Jangan sepelekan, ternyata garam sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Bumbu dapur satu ini memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri ataupun virus penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, garam juga berfungsi melarutkan lendir yang biasanya terdapat di bagian tenggorokan. Kamu bisa mengobati sakit tenggorokan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan air garam untuk berkumur atau meminumnya.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam:
  • Sediakan air putih dengan suhu normal segelas saja
  • Kemudian larutkan 1-2 sendok garam kedalamnya
  • Gunakan garam untuk berkumur-kumur
  • Sedangkan bagi kamu yang disertai dahak, silahkan diminum.

2. Bawang putih

Masih seputar bumbu dapur, selanjutnya kamu bisa memakai bawang putih. Beberapa ahli mengungkapkan, bawang putih memiliki kandungan senyawa alicin yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bawang putih:
  • Kunyah satu butir bawang putih yang masih mentah sampai halus
  • Ambil air putih (suhu normal) dan gunakan untuk berkumur-kumur
  • Untuk menghilangkan rasa tak enak kamu minum madu.

3. Lemon dan madu

Dulu pernah saya bahas mengenai manfaat madu yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk salah satunya dapat mengatasi peradangan. Namun supaya hasilnya maksimal, sebaiknya campur dengan lemon. Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan lemon madu:
  • Peras satu buah lemon segar, lalu campur bersama madu dalam satu gelas (banyaknya madu bisa disesuaikan selera)
  • Langsung saja minum campuran yang telah dibuat tadi sampai habis.

4. Sup ayam

Bila ditanya soal obat radang tenggorokan mana yang paling enak, pasti kamu akan pilih sup ayam ini. Selain nikmat, ternyata sup ayam mengandung kuah hangat yang dapat mengurangi nyeri peradangan.

Namun bagi kamu pecinta pedas usahakan jangan memakai sambal terlalu banyak ya. Kenapa? Karena rasa pedas yang terlalu berlebihan akan membuat peradangan semakin parah, bahkan bisa menyebabkan luka di tenggorokan.

5. Wedang jahe

Jahe merupakan salah satu rempah tradisional yang dapat menimbulkan sensasi hangat di tubuh. Ia memiliki kandungan senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan tentunya mengatasi peradangan.

Caranya sangat mudah sekali, antara lain:
  • Siapkan rempah jahe segar seperlunya saja dan air panas satu gelas
  • Tumbuk rempah jahe tadi, kemudian seduh dengan air panas
  • Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan beberapa sendok madu alami
  • Minum wedang jahe tersebut sedikit demi sedikit dan rasakan sensasi hangatnya di tenggorokan.

6. Minyak kayu putih

Tahukah kamu dengan terapi steaming? Pengobatan satu ini cukup populer di Jepang dan sekitarnya.

Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi gejala peradangan, dan bahkan penghilang stres.

Nah, salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk pengobatan ini adalah minyak kayu putih.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan minyak kayu putih:
  • Siapkan satu baskom air panas yang masih menguap
  • Tetesi air panas tadi dengan minyak kayu putih
  • Hirup aroma hangat yang keluar dari baskom berisi air panas tadi
  • Agar uap hangat tak kemana-mana, tutup dengan handuk kering
  • Lakukan penghirupan uap panas berulang sampai peradangan membaik.

7. Buah pisang

Ketika radang tenggorokan menyerang pastinya untuk menelan makanan sangat sakit. Beberapa dokter menyarankan agar kamu mengonsumsi makanan lembut terlebih dulu. Salah satu makanan lembut kaya nutrisi yang direkomendasikan adalah buah pisang.

Selain memiliki tekstur lembut, buah pisang juga memiliki kandungan potasium tinggi yang sudah terbukti mampu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tak bosan mengonsumsinya, kamu bisa juga membuat jus buah pisang.

8. Perbanyak istirahat (tidur cukup, kurangi aktifitas fisik, hindari capek)

Pada dasarnya radang tenggorokan akan sembuh sendiri seiringan dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya kamu bisa memperbanyak istirahat.

Ingat, istirahat tidak hanya tidur saja. Kamu juga harus mengurangi aktivitas fisik seperti bekerja lembur dan olahraga agar tubuh tidak kecapekan. Karena jika tubuh kecapekan, sistem kekebalan akan kembali drop sehingga radang semakin parah.

9. Minum banyak air putih

Istirahat saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari.

Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan.

10. Berhenti merokok atau menghirup asap rokok

Sudah banyak kasus tumor tenggorokan yang diakibatkan oleh rokok. Dari tahun ke tahun angka penderita tumor tenggorokan ini meningkat tajam. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hampir 60 % penderita tumor tenggorokan berasal dari pecandu rokok.

Gejala awal tumor tenggorokan sendiri salah satunya adalah peradangan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat lebih baik cobalah untuk berhenti merokok mulai saat ini juga. Selain itu, hindarilah asap rokok karena sama bahayanya. Baca artikel cara berhenti merokok terbukti berhasil yang sudah saya bagikan.

11. Permen pelega radang tenggorokan atau es batu

Sekarang ini banyak sekali bermunculan permen yang dibuat khusus untuk melegakan tenggorokan. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam rasa permen sesuai dengan selera. Ada rasa stroberi, rasa jeruk, dan bahkan mint.

Isap permen pelega tenggorokan tersebut untuk mengatasi peradangan. Namun apabila tidak punya uang untuk membeli permen, kamu bisa mengisap es batu untuk mengurangi nyeri akibat efek peradangan.

Saat yang Tepat untuk Menemui Dokter
cara mengobati sakit radang tenggorokan secara alami
Sumber gambar twitter.com
Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya dalam 3-4 hari, tapi sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter apabila mengalami:
  • Sakit radang tenggorokan yang tidak membaik selama lebih dari 2 minggu
  • Sudah beberapa kali mengalami sakit tenggorokan yang tak bisa diobati dengan pereda nyeri
  • Sakit tenggorokan yang disertai dengan demam berhari-hari diatas suhu 38 C, dan tidak dapat diredakan dengan obat-obatan
  • Batuk yang mengeluarkan darah.
Usahakan selama melakukan pengobatan diatas kamu tidak banyak berteriak, mengonsumsi makanan berlemak, makanan manis, makanan berminyak (gorengan), dan obat kimia jenis apapun.

Bagaimana, mudah sekali bukan? itulah beberapa cara mengobati sakit radang tenggorokan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

Share: