>

22 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan – Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng kamu dengan minyak zaitun. Pasti kamu sering mendengarnya, iya kan? Selama ini minyak zaitun dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki banyak manfaat. Tak heran, harga minyak inipun jauh lebih mahal dari minyak goreng biasa.

Anggapan semacam itu memang benar sekali. Minyak zaitun mengandung beberapa senyawa alami yang cukup baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit tertentu.
Kadar lemak yang terdapat di 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu yang berjenis lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh yang justru menyehatkan untuk tubuh kita. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3, dan omega-6.

Khasiat Minyak Zaitun bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat minyak zaitun memang cukup besar, namun usahakan gunakan minyak ini secara bijak. Kamu harus tetap membatasi konsumsi minyak zaitun, sebab kadar kalori 100 gramnya adalah 885 kilokalori. Lalu, apa sajakah manfaat minyak zaitun itu?

1. Menurunkan kolesterol tinggi

Kegunaan minyak zaitun yang sering dikenal oleh masyarakat adalah mampu menurunkan kolesterol. Kemungkinan kadar kolesterol kamu akan turun jika mengonsumsi minyak zaitun, mengingat minyak ini mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), tapi tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh kamu.

Dulu saya sudah pernah membahas bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami, termasuk salah satunya dengan minyak ini. Anda bisa membaca kembali jika belum tau. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsilah dua sendok makan minyak zaitun setiap hari, agar lebih nikmat kamu juga bisa mencampur minyak zaitun dengan salad.

2. Mencegah resiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh kita. Ia berguna untuk memompa darah keseluruh tubuh. Kolesterol tinggi kadang mengakibatkan kerja jantung menjadi lebih berat, apalagi jika kolesterol jahat tersebut tertimbun di pembuluh darah.

Dengan konsumsi minyak zaitun minimal 4 sendok sehari dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Bahkan beberapa ahli mengungkapkan, minyak satu ini cukup bermanfaat untuk mencegah serangan jantung secara mendadak.

3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Apakah kamu menderita hipertensi? Kontrol tekanan darahmu dengan konsumsi minyak zaitun. Minyak satu ini memiliki kandungan potasium, serat, kalium, dan berbagai mineral alami yang dapat menurunkan darah tinggi.

Namun tidak semua jenis minyak zaitun berkhasiat untuk hipertensi. Menurut penelitian, hanya jenis extra virgin saja yang mampu mengatasi darah tinggi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sudah saya ulas sebelumnya.

4. Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang muncul disebabkan karena pertumbuhan sel secara abnormal. Hingga sekarang belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan kanker. Sebagai penderita, kita hanya bisa melakukan terapi untuk menghambat pertumbuhan kanker.

Sebelum kamu terserang kanker, cegah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan antioksidan tinggi dalam minyak ini konon dapat mencegah pengaruh buruk radikal bebas. Terutama untuk wanita, minyak zaitun berkhasiat mencegah kanker payu*dara.

5. Kontipasi

Kontipasi adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali, hampir mirip sembelit. Jika kamu mengalaminya, biasanya akan mengalami gejala-gejala tertentu. Misalnya seperti tinja menjadi keras dan padat dengan ukuran sangat besar atau justru kecil-kecil.

Mengonsumsi makanan berserat dari buah dan sayuran saja tidak cukup untuk melancarkan BAB. Solusinya, kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 30 ml sehari. Konsumsilah secara rutin sampai kamu bisa melakukan buang air besar minimal tiga hari sekali.

Minyak zaitun juga kerap sekali digunakan untuk membersihkan telinga dan mengatasi infeksi pada telinga. Namun kemungkinan, minyak ini tidak efektif untuk mengatasi kondisi tersebut.

Selain berbagai kondisi diatas tadi, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat minyak zaitun dalam menangani kondisi seperti:

- Diabetes
- Sakit kepala migrain
- Kanker ovarium
- Psoriasis
- Eksim
- Infeksi jamur
- Osteoarthritis
- Rheumatoid arthritis
- Bisul, kurap, dan sebagainya.

Catatan: perhatikan penggunaan minyak zaitun bagi kamu yang sedang hamil, menyusui, dan yang ingin menjalani operasi. Sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun bagi kamu yang berasal dari kalangan tersebut.

Manfaat Minyak Zaitun  Wajah dan Rambut

Tak hanya di bidang kesehatan saja, kegunaan minyak zaitun pun juga bisa kamu rasakan untuk merawat kecantikan, khususnya wajah dan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah yang bisa kamu dapatkan.

1. Merawat kulit

Kulit termasuk bagian terluar dari tubuh kita yang sering terkena pengaruh lingkungan. Misalnya seperti paparan sinar matahari, polusi, debu, kotoran, dan masih banyak lagi. Perlu perlindungan ekstra agar kulit tidak mengalami kerusakan.

Gunakan minyak zaitun secara merata keseluruh kulit kamu sebelum beraktivitas. Minyak ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit ketika terkena sinar matahari berlebih, mencegah kotoran, debu, dan polusi udara. Bahkan minyak zaitun dapat membantu mengatasi kerutan/keriput.

Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk:

- Menghilangkan jerawat dan komedo
- Masker alami untuk mengatasi wajah berminyak
- Menjaga kekencangan kulit
- Mencerahkan kulit wajah secara alami

Note: baca cara membuat masker wajah minyak zaitun untuk lebih jelasnya.

2. Merawat rambut secara alami

Melakukan perawatan rambut tidak selamanya harus pergi ke salon. Kamu bisa memakai campuran minyak zaitun dan madu untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa kamu peroleh.

Mengembangkan rambut secara alami

- Siapkan sebuah mangkuk, masukan dua butir telur, dan kocok dengan menggunakan sendok.
- Tambahkan minyak zaitun satu cangkir yang sudah dicampur madu. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata, lalu diamkan 2 menitan agar kalis.
- Selanjutnya balurkan mulai dari akar sampai ujung rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan keramas.

Memanjangkan rambut dengan cepat

- Tumbuk biji lemon dan lada, kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun.
- Basuhkan secara perlahan keseluruh kulit kepala. Diamkan kurang lebih 30-40 menit, lalu bias dengan keramas.


Mengatasi rambut rontok dan bercabang

- Masukan berbagai bahan alami seperti minyak zaitun, kelopak bunga mawar, ekstrak melati, dan madu ke dalam sebuah botol.
- Diamkan kurang lebih 24 agar semua bahan bisa tercampur rata.
- Selanjutnya basahi rambut dengan air hangat agar pori terbuka, setelah itu oleskan ramuan tadi keseluruh bagian kepala. Jangan lupa pijat sebentar agar meresap.
- Akhiri dengan membilas menggunakan air dingin atau keramas.

Selengkapnya baca: cara mengatasi rambut rontok dan bercabang

*manfaat selebihnya akan saya tambah lain waktu.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dikelompokkan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Jenis minyak zaitun terbaik saat ini adalah extra virgin. Jenis ini diekstrak secara langsung dari buah zaitun hanya dengan perasan. Dikatakan extra virgin, karena minyak ini diekstrak dari perasan pertama buah zaitun. Kadar keasaman extra virgin hanya 1 persen.

Kemudian ada jenis minyak zaitun virgin. Jenis ini juga didapat dari perasan pertama buah zaitun tapi dengan kadar keasaman 3 persen. Apabila extra virgin dan virgin dicampur, maka akan menghasilkan jenis lain yang diberi nama fino. Ada pula jenis minyak zaitun yang diperoleh dari kombinasi jenis virgin yang telah diolah dari extra virgin, inilah yang disebut dengan pure.

Jenis minyak zaitun terakhir adalah light. Jenis ini telah melalui proses saring sehingga mempengaruhi warna minyak zaitun itu sendiri.

Minyak zaitun (kecuali extra virgin) bisa kamu pakai untuk menumis atau memanggang. Namun, untuk mendapatkan khasiat lebih maksimal, lebih baik konsumsi langsung dengan cara mencipratkan pada sayuran selayaknya membuat salad.

Berapa Lama Minyak Zaitun Bisa Digunakan?

Ada produk minyak zaitun yang mampu bertahan hingga tiga bulan dari proses produksi. Akan tetapi ada juga yang dapat bertahan sampai dua tahun. Meski demikian, manfaatnya akan lebih baik apabila kamu konsumsi kurang dari satu tahun. Menurut penelitian, kadar antioksidan dalam minyak zaitun akan turun drastis setelah disimpan selama setahun, walaupun sebenarnya kamu sudah menyimpan dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun secara optimal, usahakan membeli minyak zaitun kualitas terbaik yang bisa habis selama setengah tahun. Simpan kemasan di tempat yang gelap, jauh dari cahaya, dan hindari hawa panas. Lebih baik simpan dalam sebuah botol kedap udara atau kaleng logam.

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan minyak zaitun ke dalam lemari pendingin. Namun minyak zaitun nanti akan berubah warna dan teksturnya. Tak perlu khawatir akan hal tersebut, karena perubahan itu tidak akan mempengaruhi kualitas dari minyak zaitun kamu. Kondisi ini bisa kembali seperti semula ketika kamu tempatkan minyak zaitun di suhu ruangan.

Bagaimana, apakah kamu ingin mencoba minyak zaitun? Kamu bisa membelinya di supermarket atau apotik terdekat. Pastikan produk yang kamu beli terdaftar di BPOM RI. Selanjutnya perhatikan tanggal produksi pada kemasan untuk mengetahui batas pemakaian minyak zaitun nantinya. Jika kamu ragu, silahkan konsultasi ke dokter.

Itulah berbagai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, wajah, dan rambut. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar di bawah, kita akan diskusikan bersama-sama. Semoga bermanfaat!


Share: