>

12 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Ampuh Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami – Rambut yang sehat akan terlihat berkilau karena lapisan kutikula rambut yang datar dapat memantulkan cahaya. Sebaliknya, ketika rusak, rambut akan terlihat kusam, terasa kering, dan bahkan bercabang. 

Lalu sebenarnya apa sih yang terjadi pada rambut rusak dan bagaimana cara mengatasi rambut bercabang itu?

Cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Pada dasarnya rambut kita terdiri dari tiga lapisan yang berbeda. Ada lapisan dalam atau medulla, lalu cortex atau lapisan yang mengelilingi medulla, dan lapisan paling luar yang keras atau kutikula, dimana ia bertugas melindungi lapisan dalam rambut.

Lapisan kutikula sangat penting untuk melindungi rambut pengaruh lingkungan seperti sinar matahari, zat klorin, panas, dan semua bahan berbahaya lainnya. Bagian kutikula ini sangat rentan sekali terkena kerusakan. Apabila kutikula rusak, maka bagian dalam rambut tak terlindungi lagi secara optimal.

Rambut patah dapat terjadi ketika ada salah satu titik di bagian rambut yang menebal atau melemah. Rambut patah ini bisa terjadi di bagian dekat kulit kepala, sehingga rambut akan sulit tumbuh menjadi panjang (botak). Selain itu, rambut juga bisa patah pada bagian ujungnya, inilah yang disebut rambut bercabang.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Mudah Secara Alami

Masalah rambut bercabang dapat menyerang siapa saja, terutama kamu para wanita yang jarang merawat rambut. Meski bukan masalah serius, adanya rambut bercabang membuat penampilan menjadi kurang menarik. Berikut ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang bisa Anda coba.

1. Memotong ujung rambut

Memotong bagian ujung rambut satu per satu mungkin terasa sangat melelahkan, khususnya bagi kamu yang memiliki rambut lebat. Namun mau bagaimana lagi, rambut bercabang jika tidak dipotong akan memanjang dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Potonglah bagian ujung rambut secara rutin tiap 6-8 minggu sekali. Agar pekerjaanmu lebih ringan, mintalah bantuan kepada teman atau orang lain.

2. Hindari bahan kimia

Penyebab rambut bercabang terbesar sebenarnya berasal dari paparan bahan kimia. Sebaiknya hindari shampo berbahan kimia petrolatum dan minyak mineral.
Bahan kimia dalam shampo tersebut dapat mencegah kelembaban pada bagian rambut. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami.

3. Hindari mengikat atau menyisir rambut terlalu sering

Menyisir rambut mungkin termasuk kegiatan sepele yang sering kita lakukan setiap harinya. Tapi tahukah sebenarnya menyisir rambut terlalu sering dapat mempercepat kerusakan rambut? Ini dapat terjadi karena adanya gesekan rambut secara berlebihan.

4. Hindari memanjangkan rambut berlebihan

Wanita tentu suka sekali memanjangkan rambut. Rambut yang panjang dapat 
membuat seorang wanita terlihat anggun. Akan tetapi masalahnya, rambut panjang yang tak terawat justru bisa mengakibatkan kerusakan rambut dan kulit kepala, bahkan dapat memicu rambut rontok.

5. Hindari menggunakan alat panas

Menata rambut agar sesuai dengan keinginan pastinya tidak akan terlepas dari penggunaan alat-alat seperti blow drying (alat pengering rambut), alat catok, dan alat pengeriting rambut. Sesekali menata rambut dengan menggunakan alat tersebut mungkin tidak masalah, tapi disarankan untuk tidak sering.

6. Gunakan serum atau spray pelindung panas

Sinar matahari dapat membuat rambut mudah rusak dan bercabang. Untuk melindunginya, kamu bisa memakai serum atau spray pelindung panas. Selain itu, gunakan juga spray pelindung panas ketika menggunakan alat-alat penata rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan mudah rusak meskipun terpapar panas.

7. Jangan sering melakukan bleaching

Teknik mewarnai rambut dengan bleaching, yaitu memutihkan rambut dahulu, kemudian diwarnai, dapat merusak kekuatan rambut. bleaching sebetulnya dapat megubah struktur rambut dan membuatnya sangat rentan sekali terkena kerusakan, karena membuat senyawa kimia masuk ke dalam kutikula dan menyikirkan pigmen alami rambut. Jika kamu melakukan blow drying pada rambut yang sudah bleaching, kamu benar-benar akan merusak rambut.

8. Gunakan pelembab rambut

Pelembab mencegah rambut mengering dan patah, ini sangat baik untuk mengatasi rambut bercabang. Gunakan pelembab secara rutin sebelum tidur, kemudian tutup kepala dengan handuk agar tidak mengotori bantal. Lakukan perawatan semacam ini minimal 1x dalam seminggu.

9. Gunakan konditioner

Memakai conditioner memang memiliki banyak manfaat, termasuk salah satunya adalah mampu mengatasi rambut bercabang. Gunakan conditioner secara rutin setelah selesai mandi keramas.

Selanjutnya keringkan rambut dengan memakai handuk secara lembut, atau bungkus saja rambut dengan handuk sampai kering. Usahakan jangan menggunakan alat pengering rambut atau lainnya agar kerusakannya tidak semakin parah.

10. Perhatikan kandungan alami pada produk perawatan rambut

Mulai sekarang ada baiknya perhatikan setiap kandungan atau komposisi produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Beberapa produk yang memiliki kandungan minyak kemiri, minyak zaitun, glisering, shea butter, atau sorbitol dipercaya dapat membantu mengatasi rambut bercabang.

11. Hindari panas dan pengaruh buruk lingkungan

Terik matahari, polusi udara, dan pengaruh lingkungan lainnya dapat memperparah kerusakan rambut, apalagi saat ini rambut kamu sudah bercabang. Oleh sebab itu, lindungi rambut dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut. Bila perlu pakailah topi atau payung ketika pergi keluar rumah siang hari.

12. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut

Sama halnya dengan tubuh, rambut pun juga memerlukan nutrisi agar bisa tetap sehat dan cantik. Konsumsilah bayam dan wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A, salmon untuk mendapatkan omega-3, kerang dan mete untuk mendapatkan zinc.

Selain itu, biji-bijian utuh, produk rendah lemak, dan sayuran dapat membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat. Kekurangan nutrisi semacam itu dapat mengakibatkan rambut menjadi terlihat kusam, lemas, dan bahkan rontok.


Terkadang, kerusakan rambut seperti kering dan bercabang dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tubuh, misalnya seperti hipertiroidisme ataupun gangguan makan seperti anorexia.

Apabila kamu sudah melakukan perawatan rambut dengan benar tapi masalah bercabang masih saja muncul, alangkah baiknya untuk melakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan secara medis.

Bagaimana, mudah sekali kan? Itulah beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang dapat kamu coba di rumah. Jika ada yang kurang jelas atau ingin berbagi tips seputar perawatan rambut, langsung saja sampaikan di kolom komentar.


Share: