>

14 Cara Mengatasi Flu atau Pilek Ampuh Secara Alami

Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami – Pilek merupakan sebuah peradangan yang terjadi di bagian lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga mengakibatkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Mereka yang terkena pilek akan mengalami gejala berupa nyeri tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat yang kemudian beringus, dan akhirnya mengalami batuk-batuk.

Flu atau pilek dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Biasanya penyakit ini menyerang saat cuaca tidak stabil, seperti sekarang ujan lalu besoknya panas. Apabila kondisi tubuh kurang fit, bisa jadi kamu akan terserang penyakit berjuluk influenza ini.

Penyebab Flu atau Pilek

Pilek disebabkan karena virus dari kelompok coronaviruses dan rhinoviruses. Kondisi semacam ini dapat menular melalui kontak langsung dan tidak langsung. Contoh kontak langsung adalah ketika seseorang tanpa sengaja menghirup butiran-butiran bersin yang dikeluarkan oleh penderita pilek di udara.

Sedangkan kontak secara tak langsung adalah ketika seseorang tidak sengaja memegang benda yang sudah terkontaminasi oleh virus flu. Kemudian ia menggunakan tangannya untuk makan atau memegang area sekitar hidung, tanpa mencucinya dulu. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga jarak aman ketika berdekatan dengan penderita.

Pilek biasanya berlangsung selama seminggu. Akan tetapi, pada balita bisa berlangsung selama sepuluh sampai dengan empat belas hari. Bahkan apabila pilek disertai dengan batuk, maka bisa berlangsung selama lebih dari tiga Minggu.

Pada dua hingga tiga hari pertama, biasanya gejala pilek terasa sangat berat. Gejala awal yang muncul biasanya nyeri bagian tenggorokan yang kemudian disusul dengan gejala lain seperti iritasi dan nyeri pada hidung, bersin-bersin, hidung beringus yang kemudian mengalami penyumbatan.

Ketika pilek pertama kali menyerang memang membuat badan terasa tidak enak. Selain itu, meski jarang terjadi, beberapa penderita flu/pilek akan mengalami gejala seperti nyeri otot, nyeri telinga, sakit kepala, mata berair, demam, dan bahkan kehilangan daya penciuman/rasa.

Cara Mengobati Flu atau Pilek Cepat Secara Alami 
Cara Mengatasi Flu atau Pilek Ampuh Secara Alami
Gambar via vemale.com
Pilek termasuk infeksi virus yang tergolong ringan. Ketika mengalami flu/pilek, usahakan kamu memperbanyak istirahat. Selain itu, cobalah konsumsi makanan yang kaya serat dan rendah lemak seperti buah dan sayur. Untuk menyembuhkan pilek ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Tubuh kita pada dasarnya sebagian besar terdiri dari cairan. Apabila cairan dalam tubuh tak tercukupi, maka akan sangat mudah sekali terkena sakit. Keluarnya cairan ingus dan keringat saat flu juga bisa memicu dehidrasi.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya, menurut para ahli konsumsi air putih terbaik sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Agar nggak bosan, kamu bisa membaginya dalam beberapa sesi.

2. Gunakan air hangat

Air hangat dapat merileksasi otot dan saraf dalam tubuh kita. Ketika kamu mengalami flu/pilek, konsumsilah air hangat sebanyak mungkin agar tubuh tidak terasa terlalu berat, apalagi ketika mengalami sakit kepala.

Agar hasilnya lebih maksimal, saya sarankan kamu juga menggunakan air hangat untuk mandi. Berendamlah di dalam air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menitan supaya otot-otot tubuh terasa rileks.

3. Hirup uap air panas

Menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih dan minyak menthol, akan sangat efektif untuk membantu meredakan hidung tersumbat akibat ingus. Cara satu ini sudah saya buktikan  sendiri keampuhannya, so jangan ragu lagi deh.

Cara mengobati pilek dengan uap air panas sangat mudah sekali kok. Kamu hanya perlu menuangkan air panas ke sebuah baskom, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan minyak menthol. Hirup uap air tersebut secara perlahan sampai terasa di hidung.

4. Berkumur dengan air garam

Pilek juga bisa menyebabkan masalah tenggorokan seperti nyeri, radang, dan bahkan gatal-gatal. Untuk itu, kamu perlu mengatasinya supaya agar terasa lebih enakan. Campurkan garam bersama dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur selama 5 menitan.

Agar hasilnya semakin maksimal, ada baiknya kamu juga menambah beberapa rempah pereda flu seperti jahe, kencur, kunyit, cuka apel, dan sebagainya.

5. Aroma menthol

Menthol akan membantu mengatasi hidung tersumbat dan merileksasi otot-otot dan saraf tegang pada tubuh kita. Oleskan minyak kayu putih atau balsem ke area leher, dada, punggung, dan sebagainya. Untuk balita, jangan oleskan ke bagian hidung karena akan sangat berbahaya.

Sedangkan untuk meredakan tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi permen menthol/mint. Sudah banyak sekali permen pereda radang tenggorokan yang dijual di pasaran. Kamu bisa membelinya dengan harga cukup terjangkau.

6. Istirahat total

Mengobati flu/pilek sebetulnya mudah saja, salah satunya kamu bisa istirahat total. Istirahat pada dasarnya membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh kita yang menurun saat terserang pilek. Sehingga melalui istirahat inilah sistem kekebalan tubuh akan naik dan flu pun bisa hilang.

Ketika tidur, usahakan posisi kepala jauh lebih tinggi dari pada tubuh. Gunakan bantal ganda, kemudian tidurlah dengan wajah menghadap ke langit-langit. Posisi tidur semacam ini dapat membantu meminimalisir produksi lendir dan mampu melancarkan sistem peradan darah.

Baca: cara mendapatkan tidur nyenyak sampai pagi

7. Bawang putih dan merah

Inilah obat pilek yang sangat saya rekomendasikan, khususnya kamu yang mengalami hidung tersumbat. Bawang dapat berfungsi layaknya katalis dalam mengeluarkan dan membersihkan cairan hidung.

Cara mengatasi flu/pilek dengan bawang:

- Siapkan bawang putih atau merah 1-2 saja.
- Belah menjadi dua bagian, kemudian dekatkan ke lubang hidung.
- Hirup aroma bawang tadi sampai terasa di hidung.
- Meski membuat air mata keluar, tetapi cobalah tahan ya.
- Lihat, sekarang hidung kamu lebih lega.

8. Cabai atau lada

Lada dan cabai memiliki senyawa capcaisin yang dapat membantu meningkatkan peredaran darah, melegakan hidung tersumbat, dan tentunya mengobati pilek. Semakin pedas makanan yang kamu konsumsi, maka akan semakin baik untuk menyembuhkan pilek.

Cara mengatasi flu dengan cabai dan lada:

- Buatlah sebuah sup sesuai selera masing-masing.
- Taburi dengan cabai dan lada sampai terasa cukup pedas.
- Konsumsilah selagi masih hangat sampai keluar banyak keringat.

9. Jogging

Percaya atau tidak, jogging sebetulnya cukup efektif untuk mengobati flu. Berlari secara tidak langsung dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga hidung tersumbatpun bisa teratasi. Saya sendiri sering melakukan jogging setiap pagi, bahkan saat badan tidak enak akibat flu sekalipun.

Usahakan melakukan jogging minimal 15 menit tanpa henti di pagi hari. Bila perlu, setelah jogging konsumsilah jus lemon yang kaya akan vitamin C agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat.

10. Konsumsi madu dan jahe

Semua tentu sudah tau keampuhan wedang jahe dalam menghangatkan tubuh kan? Ternyata selain menghangatkan, aroma khas dari jahe juga bisa membantu mengatasi flu/pilek secara alami.

Kamu bisa mengonsumsi wedang jahe setiap pagi hari. Jangan lupa tambahkan sedikit madu agar khasiatnya semakin tinggi. Madu mengandung beragam nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh kita.

*selebihnya akan saya tambah lain waktu

Temuilah dokter, apabila pilek yang kamu alami tidak bisa sembuh selama kurang lebih tiga Minggu. Selain itu, disarankan pula menemui dokter bila kamu mengalami pembengkakan pada bagian ketiak dan leher, kesulitan bernapas, dan merasakan sakit pada bagian dada.

Tips Mengatasi Flu/Pilek Pada Anak-Anak

Jagalah suhu kamar agar selalu nyaman untuk anak-anak. Kelembaban dan suhu hangat yang pas dapat membantu melegakan pilek pada anak. Jika anak mengalami hidung tersumbat, sebaiknya letakan bantal di bagian kaki agar lebih tinggi. Akan tetapi, cara ini jangan dilakukan untuk anak di bawah satu tahun. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan hidung tersumbat adalah dengan cara memandikan anak tersebut dengan air hangat.

Disarankan untuk menemui dokter apabila:

- Gejala pilek pada anak memasuki waktu lebih dari sepuluh hari dan disertai dengan batuk berhadak agak kental.
- Flu terjadi pada bayi berusia di bawah tiga bulan dengan gejala demam.
- Masih merasakan sakit pada bagian hidung. Meski, tips mengobati pilek diatas sudah dilakukan selama empat hari berturut-turut.
- Anak masih mengalami nyeri tenggorokan selama empat hari.
- Mengalami kesulitan napas, sakit kepala berlebih, dan bahkan sakit telinga.

Bagaimana, mudah bukan? seperti itulah cara mengatasi flu atai pilek secara alami yang bisa saya share kali ini. Agar hasilnya semakin maksimal, kamu juga harus menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit setiap harinya. Selamat mencoba!


Share: