>

9 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya



Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan – Semut, inilah serangga yang sangat mudah kita temui di berbagai tempat. Sekarang anggapan ‘ada gula, ada semut’ nampaknya sudah tak benar lagi, karena kini meskipun tak ada gula atau benda manis lainnya semut masih saja berdatangan. Iya kan?

Baru-baru ini banyak masyarakat yang membicarakan tentang semut Jepang. Ketika baru mendengarnya saya sangat terheran-heran bentuk semutnya seperti apa kok bisa dikatakan Jepang. Ternyata, bentuk semut satu ini berbeda dengan semut di rumah kita pada umumnya.

Ciri fisik semut Jepang tergolong sangat khas dari pada jenis semut lokal. Ia hampir mirip dengan kumbang tapi dalam versi yang kecil. Tubuh semut Jepang cenderung lebih keras, mengkilap, dan memiliki sayap. Meski punya sayap, namun organ tersebut tak bisa digunakan untuk terbang.

Apa Itu Semut Jepang?

Manfaat semut Jepang bagi Kesehatan

Semut Jepang merupakan spesies semut asli negri Sakura yang terdapat dalam lebih dari 150 spesies, bahkan ada pula media yang menyebutkan hingga 200 spesies. Di Jepang, semut jenis ini disebut dengan nama ‘Ari’. Berbeda dengan semut pada umumnya, semut jenis ini menurut penduduk Jepang termasuk hewan yang setia kepada kelompok.

Perbedaan semut Jepang dan semut biasa tak sampai disitu saja. Semut ini mampu bereproduksi dengan sangat cepat dibanding semut pada umumnya. Inilah alasan kenapa banyak pengusaha budidaya semut Jepang yang sukses. Menariknya lagi, semut Jepang bukan spesies canibal sehingga prosentase kehidupan mereka jauh lebih tinggi.

Seperti yang telah disebutkan diatas tadi, semut Jepang ada banyak sekali spesiesnya. Kadang ciri fisik spesies satu dengan lainnya sangatlah mirip, sehingga membuat masyarakat menjadi bingung ketika ingin membelinya. Spesies semut Jepang yang cukup populer diseluruh dunia antara lain Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Solenopsis japonica, Camponotus nipponicus, Polyergus samurai, dan masih banyak lagi.

Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat semut Jepang bagi kesehatan

Kegunaan semut Jepang sangat banyak sekali bagi kesehatan. Memang hingga saat ini belum ada studi penelitian pasti yang dapat membuktikan manfaat semut Jepang tersebut. Akan tetapi, sudah banyak masyarakat yang membuktikan khasiat semut Jepang yang sangat luar biasanya ini.

Hampir semua penyakit berbahaya dapat disembuhkan dengan konsumsi semut Jepang secara rutin. Apa saja manfaat semut Jepang itu?

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk melakukan metabolisme. Namun 
apabila kolesterol jahat lebih tinggi dari kolesterol baik, maka akan mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Misalnya seperti munculnya penyakit stroke, hipertensi, obesitas, dan lainnya.

Dulu pernah saya bahas cara menurunkan kolesterol tinggi dengan menjalani hidup sehat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi semut Jepang secara rutin sesuai dosis yang telah ditentukan. Kandungan senyawa aktif dalam semut Jepang mampu membakar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh.

2. Meringankan penyakit jantung

Penyakit jantung telah membunuh banyak sekali masyarakat dari berbagai belahan 
dunia. Tak tanggung-tanggung setiap menitnya banyak penderita yang kehilangan nyawa karena penyakit tersebut.

Bagi kamu yang sudah terlanjur menderita penyakit jantung, sebaiknya jalani pola hidup yang sehat seperti diet dan sebagainya. Agar hasilnya lebih maksimal, konsumsi juga semut Jepang rutin.

3. Mengatur tekanan darah

Apakah kamu penderita hipertensi? Atau justru hipotensi (tekanan darah rendah)? Konsumsilah semut Jepang secara rutin agar tekanan darah dapat teratur. Manfaat semut Jepang untuk sirkulasi darah sangat besar sekali.

Semut Jepang diperkaya dengan kandungan mineral essens yang cukup baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan hipertensi, dan bahkan mengusir plak di 
bagian pembuluh darah.

4. Mampu menambah vitalitas dan stamina

Bagi kamu yang memiliki porsi kerja berat setiap hari, semut Jepang bisa menjadi solusi untuk menambah stamina. Baik pria ataupun wanita, konsumsi semut Jepang rutin akan membantu meningkatkan vitalitas mereka.

5. Meringankan penyakit hati

Penyakit hati atau sering disebut dengan liver bisa diringankan dengan konsumsi semut Jepang. Kegunaan semut Jepang satu ini sudah dibuktikan oleh banyak penderita liver di seluruh dunia, termasuk salah satunya Indonesia. Meski tak mampu menyembuhkan total, tapi semut Jepang terbukti efektif untuk meminimalisir liver kambuh terlalu sering.

6. Mengobati asam urat

Beberapa minggu lalu saya sudah share cara menurunkan asam urat secara alami. Penyakit asam urat tak hanya menyerang golongan lansia saja, tapi orang dewasa dan bahkan anak-anak pun juga mudah terserang penyakit ini.

Tingginya kadar purin dalam tubuh menyebabkan munculnya komplikasi radang sendi pada penderita asam urat. Turunkan kadar asam urat tinggi tersebut dengan konsumsi semut Jepang secara rutin, dijamin hasilnya tak akan mengecewakan.

7. Mengatur kadar gula darah

Apabila kadar gula darah kamu naik, maka resiko diabetes melitus akan semakin tinggi. Penyakit gula dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Oleh sebab itu, atur gula darah kamu dengan konsumsi semut Jepang.

Manfaat semut Jepang untuk gula darah sangat besar. Tak hanya dapat menurunkan resiko diabetes saja, tapi dengan konsumsi rutin penderita diabetes pun tak akan mengalami komplikasi berbahaya.

8. Mengobati stroke

Stroke muncul akibat pecahnya pembuluh darah. Hipertensi menjadi salah satu pemicu tingginya penderita stroke di jaman modern kali ini. Dengan konsumsi semut Jepang rutin, penyakit stroke dapat dicegah dan diobati. Meski tak sembuh 100 %, tapi setidaknya mampu meringankan gejala yang muncul.

9. Mengobati dan mencegah kanker

Manfaat semut Jepang terakhir adalah mencegah dan mengobati kanker. Seperti kita ketahui bersama, kanker termasuk penyakit mematikan yang sudah merenggut banyak nyawa. Mencengangkan lagi, hingga saat ini belum ada obat pasti yang dapat menyembuhkan kanker.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang dengan Benar

Bagi kamu yang membeli semut Jepang dalam bentuk kapsul, berikut caranya:

- Mengobati stroke dan hipertensi
Konsumsilah kapsul sebanyak 3x dengan masing-masing per kapsul berisi 2-3 ekor semut Jepang.

- Mengobati diabetes dan kolesterol
Untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol konsumsilah dua kali sehari dengan masing-masing setiap kapsul berisi 2-3 ekor semut Jepang.

- Menambah stamina dan jaga kesehatan
Sedangkan untuk menambah stamina tubuh dan menjaga kesehatan cukup konsumsi dua kapsul sehari dengan isi setiap kapsul 1-2 semut Jepang.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengonsumsi semut Jepang yang bisa kamu coba agar tak merasa bosan atau jijik. Selain menggunakan cangkang kapsul, kamu bisa memasukan semut Jepang kedalam buah kemudian menelannya langsung. Sehingga rasa pahit dan jijik tak akan muncul.

Namun apabila tak memiliki buah, kamu bisa mengonsumsi semut Jepang dengan cara menyeduhnya. Masukan beberapa semut Jepang yang sudah kering kedalam gelas (bisa 2-3 ekor). Kemudian seduh air hangat dan konsumsi. Sayangnya kekurangan cara ini kamu akan merasa menelan semut dalam keadaan utuh.

Cara Budidaya Semut Jepang dengan Mudah

Cara Budidaya semut Jepang
Budidaya semut Jepang
Sebenarnya menemukan peternak semut Jepang di Indonesia sangatlah mudah, apalagi sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan semut tersebut sebagai produk obat herbalnya. Tapi bagi kamu yang ini budidaya semut Jepang sendiri di rumah, berikut caranya:

- Siapkan dulu bibit semut Jepang sebanyak 3 ekor, lebih banyak lebih baik karena semut ini akan berkembangbiak dengan cepat.
- Sediakan tempat khusus untuk ternak semut Jepang nantinya. Kamu bisa memilih baskom ataupun toples. Jangan lupa beri lubang agar pergantian udara dapat berjalan dengan baik.
- Selanjutnya siapkan ragi tape dan kapas, ini berguna sebagai tempat berkembangbiak semut Jepang nanti.
- Taburi kapas dengan ragi tape secara merata, kemudian masukan kedalam toples atau baskom tertutup yang telah kamu siapkan tadi.
- Sekarang masukan ketiga semut Jepang tadi kedalamnya. Lalu letakan wadah di tempat yang bersuhu 25-30 derajat celcius atau suhu ruangan biasanya.
- Tunggu hingga semut Jepang berkembangbiak dan menghasilkan banyak keturunan.

Harga semut Jepang di pasaran sendiri cukup bervariasi. Biasanya semut-semut tersebut dijual per ekor dengan harga berkisar antara Rp. 1-2 ribu per ekornya.

Bagaimana, tertarik mencoba semut Jepang? Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit seperti diatas langsung saja konsumsi semut Jepang secara rutin sesuai dosis yang telah ditentukan. Bila perlu, konsultasikan dulu kepada dokter mengenai dosis yang tepat, karena setiap orang dosisnya akan berbeda-beda.


Itulah informasi seputar manfaat semut Jepang bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga postingan kali ini menambah wawasan kamu, salam!

Share: