>

25 Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Mencegahnya Secara Alami


Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Mencegahnya Secara Alami – Bau kaki menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Bukan hanya kamu saja yang terserang bau kaki, saya pun juga pernah demikian. Meskipun bukan termasuk sebuah penyakit, tetapi bau kaki yang menyengat akan membuat banyak orang disekitar kita merasa terganggu.

Penyebab bau kaki sendiri cukup bervariasi. Menurut penelitian, bakteri yang bercampur dengan keringat akan mengakibatkan munculnya bau menyengat. Bau menyengat ini akan menjadi semakin busuk ketika kaki dalam keadaan lembab dan tertutup. Selain itu, bau kaki muncul juga dapat disebabkan karena kaki terkena kutu air.

Biasanya bau kaki banyak menyerang mereka yang sehari-hari mengenakan kaos kaki dan sepatu. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu selalu mencuci kaos kaki dan sepatu agar tak menimbulkan perkembangbiakan bakteri. Namun apabila sudah terlanjur, berikut ada beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Bau Kaki Menyengat Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami


1. Pakai antiperspirant pada telapak kaki

Tahukah kamu antiperspirant? Ini adalah jenis kosmetik yang berbentuk mirip dengan krim. Biasanya antiperspirant digunakan untuk membersihkan area wajah. Tetapi, khusus yang ini bisa kamu gunakan untuk mencegah perkembangbiakan bakteri pada pori kulit kaki.

Antiperspirant bekerja dengan cara mengecilkan pori-pori kulit. Dengan pori kecil ini, tentunya keringat akan diblok sehingga tak akan bercampur dengan bakteri. Antiperspirant sangat cocok bila digunakan oleh kamu yang sering mengenakan kaos kaki dan sepatu.

2. Rendam air dengan campuran baking soda

Setelah selesai mengenakan kaos kaki kan pastinya bau ya, nah kamu bisa memanfaatkan air baking soda untuk mengatasi bau tersebut. Merendam kaki dengan air baking soda bukan meminimalisir keluar keringat, melainkan membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan baking soda:

- Siapkan baking soda 1-4 sendok makan.
- Larutkan kedalam air sebanyak satu baskom.
- Gunakan untuk merendam kaki selama 15 menitan.
- Lihat sekarang bau kaki kamu sudah hilang.

3. Konsumsi suplemen zinc dan magnesium

Columbia University telah berhasil melakukan penelitian tentang penyebab bau pada tubuh. Menariknya, dari penelitian tersebut terdapat fakta yang mencengangkan bahwa defisiensi zinc dan magnesium dapat mengakibatkan munculnya bau diseluruh bagian tubuh.

Oleh sebab itu, apabila kamu sekarang menderita bau kaki sebaiknya penuhi asupan zinc dan magnesium. Ada banyak sekali makanan sumber kedua nutrisi tersebut. Untuk zinc kamu bisa mengonsumsi daging sapi, biji labu, yoghurt, dan salmon. Sedangkan magnesium antara lain beras merah, kacang hitam, dan kacang almond.

4. Gunakan kaos kaki berbahan dasar katun

Saya kira semua orang sudah tahu kenapa baju berbahan katun itu lebih mahal. Yup, katun merupakan jenis bahan yang mampu menyerap keringat secara optimal. Dengan adanya penyerapan keringat inilah bau kaki kamu bisa diatasi secara optimal.

5. Pakai sabun anti-jerawat dengan 10 benzoil peroksida

Dilansir dari vitaminprotein.org, sabun jerawat dengan 10 benzoil peroksida ternyata sangat efektif untuk menghilangkan bau kaki. Seperti kita ketahui bersama, bau kaki muncul disebabkan karena adanya bakteri, nah dengan sabun inilah bakteri-bakteri tersebut akan dibasmi.

Tak hanya menghilangkan bau kaki saja, tetapi sabun tersebut juga terbukti mampu menjaga kulit area kaki agar tidak menjadi lembab. Dengan kulit kaki yang selalu kering, tentu bau kaki yang kamu alami tak akan muncul lagi.

6. Gunakan obat kumur

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah dengan obat kumur. Ini biasanya banyak digunakan untuk menyegarkan mulut, tapi siapa sangka kandungan antibakterialnya dapat mengatasi bau kaki akibat bakteri.

Cara mengatasi bau kaki dengan obat kumur:

- Siapkan obat kumur secukupnya saja, kemudian campur dengan 1 baskom air hangat.
- Rendam kaki dengan menggunakan air tadi selama 15 menitan.
- Lakukan secara rutin setiap 1x sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Selipkan kertas pengering pada sepatu

Apakah sepatu kamu bau? Untuk mengatasinya kamu bisa menyelipkan kertas kering pada sepatu tersebut. Kertas pengering ini akan membantu menyerap keringat yang keluar dari kulit kaki. Dengan demikian, keadaan dalam sepatu tak lembab dan bakteri pun tidak bisa berkembangbiak.

8. Tepung maizena

Biasanya tepung maizena digunakan untuk membuat kue. Namun siapa sangka, kandungan senyawa dalam tepung ini cukup bermanfaat untuk menghilangkan bau kaki membandel.

Cara menghilangkan bau kaki dengan tepung maizena:

- Siapkan tepung maizena secukupnya.
- Pastikan kaki dalam keadaan benar-benar kering.
- Oleskan secara merata keseluruh bagian kaki, termasuk sela-sela jari.
- Diamkan sebentar selama 30 menit, lalu bilas air hangat.

9. Ganti sepatu dua kali sehari

Apabila kamu tak ingin menerapkan cara-cara yang ribet, sebaiknya gantilah sepatu minimal 2x sehari. Penggantian sepatu ini memiliki tujuan supaya keringat tertimbun dan menyebabkan munculnya bakteri busuk. Jangan lupa, cuci salah satu sepatu tadi ketika menggunakan lainnya.

10. Gunakan sabun antibakterial

Sesuai namanya, sabun antibakterial bermanfaat untuk membunuh bakteri. Adanya bakteri pada kaki ini menyebabkan bau menyengat, oleh sebab itu atasi dengan menggunakan sabun antibakterial.

Ada banyak sekali jenis sabun antibakterial yang beredar di pasaran. Terserah itu mau sabun antibakterial untuk tubuh ataupun muka, semuanya bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau kaki menyengat.

11. Rendam air dengan perasan jeruk/lemon

Jeruk nipis dan lemon, merupakan dua buah yang mengandung senyawa asam cukup tinggi. Kandungan zat inilah yang dapat membantu membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Bahkan dengan penggunaan rutin, kedua buah ini berkhasiat untuk mencegah kapalan, cantengan, dan jamur kuku kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan jeruk/lemon:

- Peras 1-2 buah jeruk nipis atau lemon.
- Campurkan dengan 1 gelas air hangat.
- Gunakan dengan cara mengoleskan keseluruh bagian kaki.
- Diamkan sebentar selama kurang lebih 30 menit.
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

12. Gunakan deodorant

Deodorant lebih akrab apabila kita gunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Sebenarnya dia juga memiliki senyawa antibakterial tinggi yang bermanfaat pula untuk mengatasi bau kaki. Akan tetapi, pastikan jangan menggunakan deodorant yang sudah terpakai untuk ketiak, karena bakterinya dapat berpindah ke bagian kaki.

Cara mengatasi bau kaki dengan deodorant:

- Pastikan kaki dalam keadaan kering dan bersih.
- Gunakan deodorant secara merata hingga ke bagian jari-jarinya.

13. Taburi dengan kopi hitam

Tahukah kamu manfaat dari kopi? Yup, kopi hitam mengandung senyawa yang dapat mencegah perkembangbiakan bakteri pada kulit. Bahkan dengan penggunaan rutin, kopi hitam bermanfaat untuk menjaga kulit tetap kering.

Cara menghilangkan bau kaki dengan kopi:

- Sediakan bubuk kopi hitam secukupnya saja.
- Ambil sepatu kamu yang sudah dicuci dan kering.
- Taburi dengan bubuk kopi hitam tadi.
- Jangan lupa olesi pula pada bagian kaki agar tak bau.

14. Rendaman air teh

Apabila di rumah tak ada kopi, kamu masih bisa menggunakan air seduhan teh. Air ini memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah perkembangan bakteri di bagian kaki. Selain itu, rendaman teh juga terbukti berkhasiat untuk meningkatkan kekencangan kulit area kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan rendaman air teh:

- Siapkan rendaman air teh secukupnya saja.
- Gunakan untuk mengoleskan secara merata keseluruh bagian kaki.
- Bila perlu, rendam selama kurang lebih 30 menitan.

15. Perhatikan kondisi kuku kamu

Kondisi kuku panjang bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki, terutama apabila kuku panjang diikuti dengan banyaknya kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, sebaiknya potong kuku secara rutin agar selalu dalam keadaan bersih. Selain itu pastikan pula bagian sela-sela antara kuku dan kulit tak ada kotoran yang menempel, karena ini bisa juga mengakibatkan bau kaki.

16. Gunakan kaos kaki dan sepatu yang selalu bersih

Kaos kaki dalam keadaan setengah basah entah karena hujan atau belum benar-benar kering, akan sangat berpotensi mengakibatkan bau kaki. Maka dari itu, agar tak muncul sebaiknya kamu selalu gunakan kaos kaki yang bersih dan kering. Bila perlu, cuci setiap seminggu sekali agar benar-benar terbebas dari masalah kelembaban dan bakteri.

*Selebihnya akan saya tambahkan lain waktu

Cara Mencegah Bau Kaki Muncul Kembali dengan Mudah

Bau kaki sebenarnya dapat kamu cegah dengan mudah melalui pola hidup sehat dan bersih. Berikut beberapa cara mencegah bau kaki yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

- Selalu rutin mencuci sepatu dan kaos kaki yang digunakan sehari-hari.
- Hindari mengenakan sepatu yang masih basah atau baru saja tersiram air hujan.
- Saat punya sepatu baru, sebaiknya kamu taburi dulu dengan bubuk kopi agar nantinya tak menimbulkan bau menyengat.
- Tempatkan sepatu di tempat-tempat yang kering dan terbebas dari udara lembab.
- Selalu bersihkan kaki ketika mandi, terutama pada bagian sela-sela jarinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau kaki dan mencegahnya secara alami. Agar mendapatkan hasil maksimal, saya sarankan kamu menerapkan tips-tips diatas secara rutin dan konsisten setiap harinya. Selamat mencoba dan jangan lupa bantu share ya bila bermanfaat!

Share: