>

14 Cara Memutihkan Gigi Kuning Cepat Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning Cepat Secara Alami – Apakah kamu memiliki gigi kuning? meskipun hanya sebatas warna, tapi gigi yang terlihat kuning dapat membuat rasa percaya diri menjadi turun, apalagi ketika kamu sedang bergaul dan berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu, segera putihkan gigi agar dapat kembali percaya diri lagi. 


Gigi putih saat ini menjadi idaman banyak orang, baik itu wanita ataupun pria saya yakin pasti mendambakannya. Dengan memiliki gigi putih bersih, maka senyum kita akan terlihat lebih cemerlang, sehingga percaya diri pun semakin meningkat. Namun sebelum saya membahas cara memutihkan gigi kuning secara alami, ada baiknya baca dulu penyebabnya berikut.

Penyebab Gigi Kuning

- Malas menggosok dan membersihkan gigi
- Menggosok gigi dengan cara yang tidak benar alias salah.
- Sering mengonsumsi minuman seperti kopi dan teh herbal yang memicu gigi kuning.
- Bagi kamu para perokok, nikotin juga bisa mengakibatkan gigi kuning.
- Penggunaan obat tetes mata secara berlebihan.
- Seringnya mengonsumsi minuman berenergi dan suplemen.
- Pemakaian obat pemutih gigi yang tak cocok, dsb.

Jika gigi menguning, kamu berarti sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti diatas. Oleh sebab itu, ketika sedang menerapkan cara alami memutihkan gigi kuning yang akan saya bagikan kali ini, usahakan meminimalisir kebiasaan buruk diatas sebisa mungkin.

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning Cepat Secara Alami

Banyak orang yang beranggapan menggosok gigi saja sudah cukup untuk merawat gigi dan mencegah gigi berlubang. Akan tetapi sebenarnya menggosok gigi saja tak cukup, kamu pun harus menggunakan beberapa bahan alami agar mendapatkan gigi putih bersih dan sehat.

1. Gunakan Siwak
Cara memutihkan gigi kuning dengan siwak
Miswak atau siwak, sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan pembersih gigi, gusi, dan mulut. Bahkan sejarah mencatat bahan alami ini sudah digunakan sejak jaman Mesir Kuno. Semua dahan dan akar pohon siwak sebenarnya dapat kamu gunakan, tapi pastikan dulu bahanya lembut dan bersih agar tak menimbulkan iritasi.

Cara memutihkan gigi kuning dengan siwak:

- Pertama siapkan siwak yang lembut, bisa dahan atau akarnya.
- Tumbuk siwak sampai halus, kemudian gosokan secara perlahan ke gigi.
- Lakukan penggosokan selama kurang lebih 10-15 detik.
- Berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

2. Pakai arang kayu

Aneh memang memutihkan gigi dengan menggunakan bahan yang jelas-jelas berwarna hitam. Meski demikian jangan sepelekan arang kayu, karena ia memiliki kandungan yang dapat menghilangkan warna kuning di gigi.

Namun usahakan menggunakan arang kayu 1-2 kali saja, mengingat sifatnya dapat mengikis email gigi, sehingga penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan rasa ngilu dan sakit gigi.

Cara alami memutihkan gigi dengan arang:

- Siapkan arang kayu secukupnya saja.
- Haluskan arang tersebut sampai menjadi bubuk.
- Gunakan untuk menggosok gigi perlahan.
- Berkumurlah dengan air hangat dan lihat hasilnya.

Note: ingat, meski mampu memutihkan gigi dengan cepat tapi usahakan jangan menggunakan secara berlebihan.

3. Kulit jeruk

Mulai sekarang jangan kamu buang kulit jeruk. Siapa yang menyangka, kulit jeruk memiliki khasiat yang besar untuk merawat gigi. Gunakan kulit jeruk yang masih segar untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan dengan penggunaan rutin, gusi kamu juga akan lebih sehat dan terbebas dari bakteri.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan kulit jeruk:

- Sediakan kulit jeruk yang masih segar secukupnya.
- Kerok pada bagian putihnya sampai habis.
- Letakan di sikat gigi, lalu gunakan untuk menggosok gigi sampai bersih.
- Berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Buah strawberry

Stroberi tak hanya enak dimakan, tapi ia juga cukup bermanfaat untuk memutihkan gigi. Selain strawberry pemutih gigi alami lainnya yang bisa kamu konsumsi diantaranya seperti apel, wortel, dan seledri.

Kamu tak perlu membuat ramuan khusus dari bahan-bahan tersebut. Cukup langsung mengonsumsinya secara rutin setiap hari sudah efektif. Agar hasilnya maksimal, kunyah-kunyah lama dan merata keseluruh bagian gigi.

5. Buat pasta gigi alami

Menggosok gigi dengan pasta gigi saja tak cukup. Kamu juga harus membuat pasta gigi alami untuk memutihkan gigi alami. Pasta ini terbuat dari daun salam dan kulit jeruk yang sudah dipercaya sejak jaman dahulu, jadi kamu tak perlu meragukan lagi khasiatnya.

Cara memutihkan gigi dengan pasta alami:

- Siapkan daun salam dan kulit jeruk secukupnya saja.
- Jemur kedua bahan tersebut sampai mengering.
- Tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air.
- Apabila sudah membentuk pasta, gunakan untuk menggosok gigi.
- Berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Lemon dan garam

Sama halnya dengan arang kayu, garam juga dapat mengikis lapisan gigi. Dengan demikian, menggunakan garam sangat efektif untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Namun ingat, usahakan jangan menggunakan secara berlebihan, karena dapat mengakibatkannya rusak.

Cara memutihkan gigi dengan lemon dan garam:

- Campurkan perasan lemon dan garam sampai membentuk adonan mirip pasta.
- Gunakan untuk menggosok gigi seperti biasanya.
- Berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Pakai baking soda

Baking soda mungkin lebih familiar sebagai salah satu bahan wajib ketika membuat roti dan kue. Siapa sangka, ternyata baking soda juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan noda di gigi. Sifat abrasifnya yang cukup tinggi dapat membantu mengangkat kotoran kecil yang menempel di gigi.

Cara alami memutihkan gigi dengan baking soda:

- Campur baking soda bersama dengan air hangat sampai membentuk pasta.
- Oleskan secara merata keseluruh bagian gigi, lalu diamkan 15 menit.
- Gosok gigi kamu dengan menggunakan pasta gigi seperti biasanya.

Note: menggunakan baking soda berlebihan akan beresiko memicu kerusakan gigi. Maka dari itu, usahakan berhenti ketika gigi sudah putih bersih.

8. Biji buah pinang

Ternyata manfaat buah pinang bagi kesehatan sangat lengkap, termasuk salah satunya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Biji buah pinang sangat berkhasiat untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Bahkan dengan pemakaian secara rutin biji buah pinang juga berkhasiat menguatkan gigi lho!

Cara memutihkan gigi dengan biji buah pinang:

- Pertama bakar biji buah pinang sampai hangus.
- Selanjutnya haluskan sampai lembut dan campur dengan air hangat.
- Gosokan ke bagian gigi dengan kain katun.
- Kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

9. Berhenti merokok sekarang juga

Perlu kamu ketahui sebenarnya rokok mengandung tar dan campuran tembakau yang dapat membuat gigi menguning. Jika kamu benar-benar ingin memutihkan gigi dengan cepat sebaiknya hentikan rokok sekarang juga. Selain dapat memutihkan gigi kuning, menghentikan rokok juga dapat membuat hidup kamu jauh lebih sehat.

10. Konsumsi produk susu

Tahukah kamu sebenarnya produk susu bermanfaat memutihkan gigi? Yup, produk susu seperti yoghurt, keju, ice cream, dan sebagainya mengandung kalsium tinggi yang baik untuk gigi. Tak hanya menjadi pemutih gigi saja, tapi sumber kalsium tersebut juga dapat membuat gigi lebih kuat.

11. Menyikat gigi secara rutin

Meski menyikat gigi saja tak cukup, tetapi usahakan kamu melakukannya secara rutin minimal 2-3 kali sehari. Sikat gigi terbaik memerlukan waktu sekitar 3 menitan. Selain itu, pastikan pula teknik menyikat gigi kamu benar, gunakan sikat gigi lembut agar tak merusak gusi, dan usahakan jangan terlalu keras.

*selebihnya akan saya tambah lain kesempatan

Bagaimana, mudah kan? Itulah beberapa cara memutihkan gigi kuning cepat secara alami. Meskipun hanya bahan sepele, tapi jangan kamu remehkan. Berdasarkan pengalaman sendiri, bahan-bahan tersebut emang cukup berkhasiat untuk memutihkan gigi kuning yang membandel. Maka dari itu, buktikan sendiri khasiatnya mulai sekarang juga!

***
Menarik dan bermanfaat? bantu share yuk!
Share: