>

15 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Permanen

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Permanen – Orang Indonesia kebanyakan memiliki rambut hitam akibat adanya pigmentasi secara alami. Hanya ada beberapa diantara mereka yang mempunyai rambut merah dan beruban. Biasanya uban muncul akibat faktor-faktor tertentu seperti stres, usia yang sudah tua, gejala suatu penyakit, hingga gizi buruk.


cara menghitamkan rambut secara alami
Rambut hitam terlihat lebih cantik

Terkadang rambut hitam dianggap sebagai salah satu simbol rambut yang subur dan ideal. Hal inilah yang mendorong banyak sekali masyarakat mencari cara menghitamkan rambut secara alami. Sebenarnya menghitamkan rambut sangatlah mudah sekali, bahkan kamu tak perlu keluar banyak modal untuk pergi ke salon. Namun sebelum membahas mengenai cara alami menghitamkan rambut, simak terlebih dahulu penyebab-penyebabnya berikut ini.

Penyebab Rambut Memerah dan Ubanan

- Faktor genetik: apabila kamu memiliki orang tua berambut merah, maka secara tidak langsung gen tersebut akan membuat rambut kamu memerah. Jadi, jangan heran apabila kamu memiliki rambut merah lain dengan orang.

- Sering terkena sinar matahari: terkena sinar UVA dan UVB juga dapat menyebabkan rambut menjadi memerah. Hal ini bisa terjadi karena pigmen rambut terurai oleh panasnya sinar matahari, terutama ketika siang tiba.

- Shampo yang tak cocok: beberapa shampo yang mengandung banyak bahan kimia seperti alkohol, mereka memiliki sifat panas dan dapat melarutkan pigmen warna hitam rambut.

- Penggunaan gel rambut: biasanya gel rambut banyak digunakan oleh para lelaki. Meskipun dapat mempermudah kita menata rambut, tetapi penggunaan gel yang tak cocok akan mengakibatkan rambut bermasalah.

- Rebonding: penggunaan hairdryer dan rebonding menurut saya sebenarnya sangat merusak rambut. karena proses tersebut akan membuat susunan pigmen dan sel alami rambut terganggu. Akhirnya, munculan berbagai masalah seperti rontok, rambut merah, mudah patah, uban, dan sebagainya. (baca: cara meluruskan rambut tanpa rebonding)

- Mengecat rambut: bagi kamu yang suka mengecat rambut, terutama cat berwarna non-hitam, harap selalu waspada dengan munculnya warna kurang menarik pada rambut.

Cara Alami Menghitamkan Rambut dengan Mudah dan Permanen

Banyak orang yang menganggap menghitamkan rambut secara alami itu tidak tahan lama, namun saya tidak setuju dengan anggapan semacam itu. Karena dengan penggunaan ramuan tradisional yang benar, dijamin rambut kamu akan hitam dalam waktu lama. Berikut beberapa bahan yang bisa kamu pakai:


cara membuat rambut hitam legam secara alami
Biji pepaya efektif menghitamkan rambut


1. Air teh basi

Mungkin bagi kita air teh yang sudah pasti tidak berguna, namun mulai sekarang saya sarankan kamu tidak membuang air teh tersebut. Dalam air teh basi sebenarnya terkandung senyawa zinc, vitamin, kalsium, dan beragam mineral lainnya yang sangat baik untuk menormalkan pigmentasi rambut.

Manfaat teh basi tidak hanya untuk menghitamkan rambut saja. Kandungan mineral essens yang ada di dalam air teh ini juga baik untuk mencegah munculnya uban rambut secara alami. Agar hasilnya maksimal, diamkanlah air teh basi selama semalam.

Menghitamkan rambut dengan air teh basi:

- Pertama buatlah secangkir teh tanpa gula, lalu diamkan selama semalam.
- Ketika pagi harinya, basuhkan teh basi tersebut keseluruh bagian rambut. Pijat-pijat sebentar selama 5 menitan agar meresap, lalu diamkan selama 25 menit.
- Terakhir bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih, atau kamu juga bisa keramas.

2. Buah alpukat

Manfaatbuah alpukat untuk rambut sangatlah besar sekali. Konon, buah alpukat banyak digunakan oleh para ratu kerajaan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut mereka. Setelah diteliti, kandungan nutrisi dalam alpukat memang cukup efektif untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, lembab, dan hitam secara alami.

Cara alami menghitamkan rambut dengan alpukat:

- Siapkan satu buah alpukat segar, kemudian kerok daging buahnya dengan menggunakan sendok atau alat pengerok lainnya.
- Selanjutnya campurkan halusan daging buah alpukat tadi dengan air perasan jeruk nipis/lemon. Aduk-aduk merata sampai membentuk krim/pasta.
- Bilas rambut dengan air dingin sampai bersih, kemudian oleskan halusan alpukat secara merata keseluruh bagian rambut.
- Tutup dengan menggunakan shower cup atau apabila tidak ada gunakan handuk basah selama 30 menit.
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai semua buah alpukat bersih dari rambut.

3. Biji pepaya hitam

Mungkin baru melihat biji pepaya saja kita sudah merasa jijik, apalagi jika biji tersebut digunakan ke area kulit kepala. Akan tetapi meski demikian, biji pepaya sangatlah efektif untuk obat penghitam rambut alami. Bahkan biji pepaya terbukti sangat baik untuk melembabkan rambut dan mencegah uban.

Cara menghitamkan rambut dengan biji buah pepaya:

- Pertama siapkan sebanyak 30 biji buah pepaya, kemudian sangrai tanpa menggunakan minyak sampai kering.
- Selanjutnya tumbuk biji-biji tadi sampai halus. Lalu campurkan bersama minyak kelapa sampai membentuk adonan mirip shampo.
- Oleskan halusan biji pepaya secara merata keseluruh bagian rambut. Pijat sebentar selama kurang lebih 5 – 10 menitan, lalu diamkan 30 menit agar meresap sempurna.
- Untuk membersihkannya, kamu bisa langsung keramas.

4. Kelapa hijau

Kelapa hijau mengandung air yang cukup segar di dalamnya. Biasanya air tersebut dimanfaatkan untuk membuat es yang sangat menyegarkan, apalagi jika kita konsumsi ketika cuaca sedang terik-teriknya. Namun selain segar, ternyata kelapa hijau juga sangat bermanfaat untuk rambut.

Cara menghitamkan rambut dengan kelapa hijau:

- Siapkan satu buah kelapa hijau yang masih tergolong cukup segar dan garam dapur secukupnya.
- Parut kelapa tanpa kulit dengan menggunakan alat, apabila tidak ada kamu bisa pergi ke pasar.
- Setelah itu campur halusan kelapa tadi dengan garam dapur sampai merata. Kemudian peras hingga menghasilkan sari kelapa (mirip santan).
- Oleskan air perasan tersebut keseluruh bagian rambut 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Untuk hasil maksimal, lakukanlah selama 7 hari berturut-turut.

5. Daun kembang sepatu

Daun kembang sepatu dikenal memiliki kandungan mineral alami yang cukup lengkap. Mulai dari zat besi, kalsium, kalium, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan mineral inilah yang bermanfaat untuk mengembalikan pigmen alami rambut kamu. Dengan penggunaan rutin, dijamin rambut kamu akan lebih sehat dan cantik sempurna.

Cara menghitamkan rambut dengan daun kembang sepatu:

- Pertama ambil sebanyak 15 lembar daun kembang sepatu segar.
- Cuci bersih daun kembang sepatu tadi sambil diremas-remas hingga mengeluarkan semacam gel.
- Sebelum menggunakan, bersihkan area rambut dengan cara keramas. Setelah itu, oleskan remasan daun tadi secara merata keseluruh bagian rambut.
- Diamkan selama 30 menitan, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih sempurna.

6. Kopi

Kopi merupakan sumber kafein cukup tinggi yang dapat memperpanjang usia seseorang. Biasanya orang-orang sangat suka merawat wajahnya secara rutin dengan masker kopi. Akan tetapi, ternyata kandungan kafein dan senyawa lain dalam kopi juga terbukti cukup mujarab untuk menghitamkan rambut alami.

Cara menghitamkan rambut dengan kopi alami:

- Seduhlah kopi seperti biasa, kemudian biarkan sampai dingin.
- Saring dan pisahkan air kopi dari ampasnya.
- Cuci rambut kamu dengan menggunakan air kopi tersebut sampai beberapa kali. Lalu bilas rambut memakai shampo seperti keramas biasanya.

7. Teh hitam

Teh ada banyak sekali jenisnya. Ada teh hijau, teh hitam, teh coklat, dan masih banyak lagi. Orang Eropa sudah banyak membuktikan manfaat besar dari teh hitam, termasuk salah satunya bermanfaat untuk membuat rambut hitam alami.  Selain itu, teh hitam juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok dan berketombe. 

Cara menghitamkan rambut alami dengan teh hitam:

- Seduh teh hitam dengan air panas tanpa tambahan gula.
- Biarkan seduhan teh tersebut sampai dingin, lalu tuang kedalam mangkuk.
- Bilaskan seduhan teh hitam tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepala.
- Diamkan selama 30 menitan, lalu bilas dengan menggunakan shampo dan kondisioner sampai bersih.

8. Kacang kenari hitam

Kacang kenari hitam mempunyai senyawa mineral, vitamin, dan kandungan lainnya yang cukup berkhasiat untuk menghitamkan rambut secara alami. Meskipun jarang diterapkan, tetapi banyak orang yang mengaku puas setelah menggunakan kacang kenari hitam ini. Berminat?

Cara menghitamkan rambut dengan kacang kenari hitam:

- Siapkan satu genggam kacang kenari hitam, lalu geprek secara kasar.
- Rebus kacang kenari hitam tadi dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Diamkan sampai dingin dulu.
- Saring air rebusan kacang kenari hitam, lalu bilaskan keseluruh bagian kulit kepala selama 30 menitan.
- Akhiri dengan membasuh rambut menggunakan shampo sampai bersih.

9. Cokelat

Cokelat cukup identik sebagai sebuah simbol cinta, terutama ketika hari Valentine tiba. Mengonsumsi coklat secara berlebihan memang tidak baik, karena dapat mengakibatkan obesitas. Namun kamu bisa menggunakan coklat untuk menghitamkan rambut secara alami dari luar.

Cara alami menghitamkan rambut dengan cokelat:

- Campurkan cokelat bubuk dengan air secukupnya hingga membentuk pasta.
- Oleskan secara merata keseluruh bagian rambut yang bersih, diamkan sambil ditutup dengan menggunakan handuk basah hangat.
- Jika sudah 20 menitan, bilas masker cokelat tadi dengan menggunakan air dingin hingga bersih sempurna. Agar lebih bersih, kamu bisa menggunakan shampo dan kondisioner.

Catatan: tambahkan juga campuran shampo kedalam pasta cokelat supaya hasilnya lebih maksimal. Terutama shampo yang khusus untuk menghitamkan rambut.

10. Rosemary

Daun rosemary telah terbukti cukup lama sebagai obat penghitam rambut alami. Daun jenis tanaman ini mengandung beragam nutrisi mulai dari mineral, vitamin, dan masih banyak lagi. Kandungan inilah yang terbukti sangat baik untuk memberikan warna hitam sempurna pada rambut secara alami.

Cara alami menghitamkan rambut dengan daun rosemary:

- Petik daun rosemary secukupnya saja, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air dingin.
- Remas-remas daun tersebut sampai hancur dan berbentuk kecil-kecil. lalu masukan kedalam cangkir hingga setengah bagiannya.
- Rebus dengan menggunakan air sebanyak 1 cangkir sampai mendidih. Diamkan air tersebut hingga dingin lalu saring.
- Bilaskan air rebusan daun rosemary keseluruh area kulit kepala sampai merata. Pijat selama 5 menit supaya peredaran darah lancar, lalu bilas dengan menggunakan shampo dan kondisioner.

11. Daun rambutan

Daun rambutan mengandung senyawa saponin, tanin, dan polifenol yang terbukti cukup efektif untuk meningkatkan produksi pigmen pada bagian rambut. Selain bermanfaat untuk memberi warna hitam rambut, kandungan mineral alaminya juga terbukti sangat baik untuk mencegah kerontokan rambut.

Cara menghitamkan rambut dengan daun rambutan:

- Petik daun rambutan yang masih segar secukupnya saja.
- Lumatkan daun tersebut dengan cara meremasnya sampai hancur.
- Tambahkan beberapa sendok air, lalu peras hingga mengeluarkan sarinya.
- Oleskan air perasan tersebut secara merata keseluruh bagian rambut.
- Setelah 30 menitan, bilas dengan menggunakan shampo dan kondisioner sampai bersih.

12. Lidah buaya (aloe vera)

Siapa yang tidak tahu dengan lidah buaya? Tanaman satu ini cukup bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut secara alami. Dalam lidah buaya terkandung berbagai macam mineral alami yang dapat membantu menghitamkan rambut, menebalkan rambut, mengkilaukan rambut, dan bahkan membuatnya subur secara almi.

Cara alami menghitamkan rambut dengan lidah buaya:

- Siapkan lidah buaya secukupnya, usahakan yang baru dipetik.
- Patahkan kemudian ambil gel yang ada di dalamnya. Oleskan gel tersebut secara merata keseluruh bagian kulit kepala.
- Diamkan selama 30 menitan, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

13. Minyak zaitun

Konon, minyak zaitun sering dipakai oleh Ratu Cleopatra, dia adalah ratu tercantik sejagad yang berasal dari Mesir. Akhirnya manfaat minyak zaitun terungkap oleh para ahli, termasuk salah satunya berkhasiat untuk menghitamkan rambut secara alami.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak zaitun:

- Terlebih dahulu siapkan minyak zaitun atau olive oil secukupnya. Kamu bisa membeli ke supermarket atau pasar apabila tidak ada.
- Pastikan rambut dalam keadaan bersih, kemudian oleskan minyak zaitun sambil dipijat secara merata.
- Tutup dengan handuk hangat selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih sempurna.

14. Buah mangga mentah

Ternyata selain nikmat dikonsumsi, buah mangga mentah sangat berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Namun supaya nanti hasilnya lebih maksimal, pastikan kamu juga menambahkan daun mangga yang masih segar.

Cara alami menghitamkan rambut dengan buah mangga:

- Siapkan buah mangga mentah dan daunnya sesuai kebutuhan.
- Haluskan kedua bahan tersebut dengan menumbuk atau menggunakan blender sampai halus sempurna.
- Tambahkan sedikit air sampai membentuk pasta, lalu oleskan langsung secara merata keseluruh bagian rambut.
- Tutup handuk hangat selama 30 menitan, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

15. Minyak kelapa dan lemon

Ini nih yang terakhir, yup kamu dapat menggunakan lemon dan minyak kelapa. Kedua bahan alami ini sudah terbukti sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut, termasuk untuk meningkatkan pigmentasi yang bisa menghitamkan rambut secara alami.

Cara menghitamkan rambut dengan lemon dan minyak kelapa:

- Campurkan kedua bahan alami tersebut dengan jumlah seimbang dan sesuai panjang rambut.
- Oleskan secara perlahan-lahan keseluruh bagian rambut, sambil mengoleskan beri pijatan lembut selama 5 menit supaya meresap.
- Selanjutnya bilas dengan air dingin sampai bersih sempurna. Selesai.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Cara menghitamkan rambut secara alami diatas akan lebih maksimal apabila kamu bisa menerapkan secara rutin dan konsisten. Saran saya, lakukan salah satu cara diatas minimal 3 hari sekali. Biasanya dalam jangka waktu 3-4 bulan rambut akan lebih hitam secara permanen. Semoga bermanfaat dan selamat membuktikan.

Bermanfaat? Bantu share yuk gaes!
Share: