>

9 Cara Alami Menebalkan Rambut Dengan Cepat

Cara Alami Menebalkan Rambut Dengan Cepat – Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang ideal, hitam, berkilau, dan tebal. Beberapa orang justru mengalami masalah kerontokan yang menyebabkan rambut tampak tipis. Kondisi rambut tipis tidak hanya menyerang kaum pria saja, tetapi juga banyak menyerang kaum wanita. Bagi pria mungkin rambut tipis bukan masalah yang besar, namun untuk wanita jelas akan membuat penampilan menjadi buruk.

Penyebab Kerontokan Rambut


penyebab rambut tipis dan rontok
Rambut rontok


Penyebab rambut rontok dan tipis sangatlah bervariasi. Penggunaan shampo yang kurang cocok menjadi penyebab terbesar rambut rontok. Selain itu kondisi hormonal yang tidak stabil juga mengakibatkan sirkulasi darah pada bagian akar rambut terganggu, sehingga membuatnya menjadi kurang kuat. Misalnya saat kamu sedang menstruasi (wanita), mimpi basah (pria), hamil, sakit, dan lain sebagainya.

Tak hanya sampai disitu saja, penyebab munculnya kebotakan rambut juga bisa dari keturunan atau genetik. Coba lihat apakah ayah atau ibu memiliki masalah rambut, jikalau benar maka kamu beresiko mengalami kondisi yang sama lebih besar 2x lipat. Faktor genetik ini tak bisa dihindari, namun kamu masih dapat melakukan langkah pencegahan sejak dini dengan konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan tentunya perawatan rutin.

Setelah kita sama-sama mengetahui penyebabnya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share beberapa cara alami menebalkan rambut. Mengapa kok cara alami sih? Ya, karena menurut saya bahan alami jauh lebih aman tanpa efek samping dari pada obat penumbuh rambut. Bahkan selain itu cara alami juga tergolong cukup mudah untuk kita terapkan sendiri di rumah. Langsung saja check it out beberapa cara menebalkan rambut secara alami berikut ini.

Cara Melebatkan Rambut Secara Alami Cepat Tanpa Obat


cara alami menebalkan rambut dengan cepat
Gunakan minyak zaitun agar rambut tebal


1. Gel lidah buaya

Ini nih bahan alami yang sangat saya rekomendasikan bagi kamu yang memiliki masalah-masalah seputar rambut. Baik itu kebotakan, ketombe, kutu, rontok, bercabang, kusam, kering, uban, dan lain sebagainya. 

Dalam gel lidah buaya mengandung mineral alami dan nutrisi yang cukup baik untuk merawat rambut sampai ke akarnya. Bahan tradisional satu ini sangat cocok diterapkan bagi pria ataupun wanita.

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya:

- Petik lidah buaya yang masih segar dan muda. Kemudian belah dan ambil gel yang ada di dalam lidah buaya tersebut.
- Sebelum menggunakan, pastikan rambut kamu bersih. Ini berguna agar kotoran tak menghambat penyerapan kandungan nutrisi lidah buaya.
- Setelah bersih, oleskan gel lidah buaya tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Agar meresap diamkan selama 30-60 menit.
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih, atau kamu juga bisa keramas lagi.

2. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan susunan sel. 

Selain baik bagi kesehatan, kandungan antioksidan ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan demikian, rambut kamu akan tumbuh tebal alami.

Cara mempertebal rambut dengan teh hijau: 

- Siapkan seduhan teh hijau secukupnya (jumlah bisa disesuaikan rambut kamu).
- Sebelum menggunakan, keramas terlebih dahulu agar rambut dalam keadaan bersih.
- Setelah itu bilas rambut dengan teh hijau secara merata, lalu pijat selama 5 menit dan diamkan setidaknya 30 menitan.
- Bersihkan teh hijau dengan cara membilasnya dengan air dingin, atau kamu juga bisa keramas agar lebih bersih.
Catatan: supaya hasilnya lebih maksimal, pastikan kamu juga mengonsumsi teh hijau secara rutin. Minimal usahakan 2 hari minum 1 gelas teh hijau.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai obat pencegah penyakit kardiovaskuler yang cukup efektif. Sebut saja seperti penyakit stroke, hipertensi, serangan jantung, dan lain sebagainya. Manfaat ini sudah dibuktikan melalui riset mendalam pada penduduk dataran Mediterania. 

Akan tetapi selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak zaitun juga mengandung mineral alami dan vitamin B kompleks yang cukup bermanfaat untuk merawat rambut. Mulai dari menghitamkan, menebalkan, sampai dengan membuatnya berkilau alami.

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun atau olive oil secukupnya. Kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.
- Setelah selesai mandi dan keramas, oleskan minyak zaitun secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Pijat sebentar selama 5 menit agar merata, kemudian diamkan selama 30 menitan.
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

Bila perlu, ketika mendiamkan tutup rambut dengan handuk hangat. Cara ini bertujuan agar minyak zaitun benar-benar terserap sampai ke bagian akar rambut.

4. Daun pandan

Mungkin terdengar cukup aneh apabila kita menggunakan daun pandan untuk perawatan rambut. Memang daun ini lebih terkenal untuk menambah aroma masakan, namun sebenarnya kandungan mineral alaminya sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut. Bahkan dengan penggunaan rutin, daun pandan efektif untuk menghilangkan ketombe.

Cara melebatkan rambut dengan daun pandan:

- Terlebih dulu siapkan daun pandan secukupnya. Usahakan yang masih muda agar hasilnya nanti lebih powerful.
- Rebus daun pandan tadi dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
- Setelah itu bilaskan merata keseluruh rambut. Agar meresap, diamkan selama kurang lebih 30 menitan.
- Bersihkan dengan menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

5. Daun bawang (seledri)

Biasanya seledri banyak dimanfaatkan untuk raburan bubur ayam, mie ayam, dan makanan berkuah lainnya. Ternyata selain rasanya yang cukup segar, daun bawang atau seledri sangat bermanfaat untuk menebalkan rambut alami. Namun agar hasilnya maksimal, tambahkan juga beberapa tetes minyak zaitun.

Cara menebalkan rambut dengan daun bawang:

- Ambil daun bawang secukupnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
- Tumbuk daun bawang (seledri) sampai mengeluarkan air berwarna hijau. Kemudian larutkan kedalam segelas air, saring sampai bersih.
- Oleskan secara merata air larutan seledri tadi keseluruh rambut. 
- Setelah 1 jam, bilas rambut dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Minyak kelapa

Siapa sangka, minyak kelapa sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk obat penumbuh rambut. Minyak ini mengandung beragam mineral alami, vitamin, dan nutrisi penting untuk rambut. Tak hanya mampu melebatkan rambut saja, tetapi juga dapat membuatnya nampak lebih kuat secara alami.

Cara alami menebalkan rambut dengan minyak kelapa:

- Siapkan minyak kelapa kurang lebih 100 ml, sesuaikan dengan rambut masing-masing.
- Sebelum menggunakan, bersihkan terlebih dahulu dengan keramas.
- Setelah itu oleskan minyak kelapa secara merata keseluruh bagian kulit kepala.
- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

7. Kemiri

Kemiri mungkin lebih dikenal sebagai rempah-rempah dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun setelah diteliti, ternyata kemiri mengandung minyak yang baik untuk rambut. Kandungan mineral alami pada minyak tersebut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dari akarnya.

Cara alami melebatkan rambut dengan kemiri:

- Pertama ambil kemiri di dapur secukupnya, bila tidak ada beli di pasar.
- Tumbuk kemiri tadi kemudian sangrai sampai keluar minyak.
- Gunakan minyak kemiri tersebut dengan cara mengoleskan secara merata keseluruh bagian rambut.
- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

8. Madu

Kamu tentu sudah mengenal banyak tentang manfaat madu kan? Cairan yang berasal dari lebah ini ternyata tak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, tetapi juga baik untuk meningkatkan kesuburan rambut alami. Meskipun efeknya tidak instan, tetapi hasilnya saya jamin tak akan mengecewakan.

Cara alami menebalkan rambut dengan madu:

- Siapkan madu alami secukupnya, pastikan tanpa perasa.
- Sebelum menggunakan keramas terlebih dahulu.
- Setelah itu oleskan madu alami secara merata keseluruh bagian rambut. Agar lebih gampang kamu dapat menggunakan bantuan kuas.
- Jika sudah didiamkan selama 1 jam, bilas madu tadi dengan air dingin sampai bersih.

9. Terapkan pola hidup yang sehat

Menjauhi kebiasaan buruk sangat disarankan selama kamu menerapkan beberapa cara alami menebalkan rambut diatas. Ini bertujuan agar kamu mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Adapun kebiasaan buruk yang dapat kamu hindari antara lain seperti merokok, konsumsi alkohol, pil KB berlebihan, begadang, stres, diet ketat, dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk mengganti kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat. Sudah ada banyak sekali gaya hidup sehat yang dikemukakan oleh para ahli seperti makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga, tidur cukup, refreshing agar tak stres, dan sebagainya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan kepada sobat cantik pada kesempatan kali ini. Kamu bisa lansgung mencoba salah satu cara alami menebalkan rambut diatas sekarang juga, bahkan sebelum masalah rambut botak dan tipis itu datang. Semoga bermanfaat...

Share: