>

5 Cara Melentikan Bulu Mata Ampuh 10 Menit Tanpa Maskara

Cara Melentikan Bulu Mata Secara Alami Ampuh Tanpa Maskara – Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki bulu mata lentik? Semua pasti menginginkannya. Dengan bulu mata yang lentik, seorang wanita dapat terlihat lebih menarik perhatian, khusunya menarik perhatian di mata para pria.

Cara melentikan bulu mata secara alami
Bulu mata lentik secara alami


Untuk melentikkan bulu mata, terkadang kita menggunakan alat bantu seperti maskara, bulu mata palsu, kosmetika, dan lain sebagainya. Memang cara melentikan bulu mata tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, namun hasilnya tidak akan bertahan lama.

Sebenarnya ada banyak sih cara melentikkan bulu mata selain menggunakan alat, termasuk salah satunya menggunakan bahan alami. Meskipun terbilang merepotkan dan hasilnya tidak instan, tetapi cara alami menurut saya jauh lebih aman karena tidak menyebabkan iritasi pada mata.


Penyebab Bulu Mata Kurang Indah (tipis, rontok, dsb)

Sebelum kita membahas mengenai cara melentikan bulu mata, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab bulu mata menjadi bermasalah. Sehingga akan membuat kita lebih mengerti dari mana masalah bulu mata sendiri.

- Faktor usia: uban, rambut rontok, dan bulu mata menjadi tipis merupakan hal yang wajar ketika kamu memasuki usia 30 tahun keatas. Kondisi ini disebabkan karena hormon penumbuh rambut mengalami penurunan kinerja dalam tubuh.

- Keturunan/genetik: seorang ayah atau ibu yang memiliki bulu mata lentik, maka 70 % lebih akan diturunkan kepada anaknya. Maka dari itu, lihat terlebih dahulu apakah orang tua kamu memiliki bulu mata lentik?

- Penggunaan kosmetik berlebihan: maskara, bulu mata palsu, kosmetika, dsb sebenarnya dapat membuat bulu mata mengalami kerontokan. Jika kamu masih menggunakan, mulai sekarang hentikan!

- Tanda penyakit tertentu: awas! Bulu mata rontok juga bisa menjadi pertanda sebuah penyakit berbahaya. Mulai dari tanda diabetes, kanker serviks, keputihan, dan masih banyak lagi.

- Kurangnya asupan gizi: vitamin E, protein, asam folat, dan asam amino merupakan nutrisi yang baik untuk rambut/bulu. Kekurangan nutrisi tersebut secara otomatis akan menyebabkan bulu mata menjadi rontok.

Cara Melentikkan Bulu Mata Permanen Secara Alami Tanpa Alat 

Dari pada kamu menggunakan maskara dan bulu mata palsu, lebih baik simak beberapa tips yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini. Meski tidak instan, tapi beberapa cara melentikan bulu secara alami ini dijamin tidak akan membuat kamu kecewa di masa depan.

Cara melentikan bulu mata alami
Telur udang bisa bantu melentikan bulu mata


1. Minyak zaitun

Menurut berita yang beredar di dunia maya, minyak zaitun konon katanya digunakan oleh Ratu Cleopatra (ratu Mesir) untuk perawatan kecantikannya. Setiap pagi ratu tercantik sejagad tersebut menggunakan minyak ini sebagai masker wajah alami.

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, ternyata minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup dikenal baik untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi kesehatan vitamin E dapat meningkatkan imun/kekebalan, sedangkan bagi kecantikan bisa membuat bulu mata lentik secara alami.

Cara melentikan bulu mata dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun atau olive oil murni, kamu bisa membelinya di swalayan
- Teteskan minyak zaitun di ujung jari, kemudian secara perlahan gunakan ratakan pada bagian bulu mata
- Agar tidak terkena ke bagian mata, kamu dapat memejamkan mata sejenak
- Tunggu hingga minyak zaitun mengering, kemudian basuh dengan air dingin

2. Minyak kastor

Di dataran Mediterania dan Timur Tengah, minyak kastor dan zaitun banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Terbukti menurut WHO, penderita kanker dan serangan jantung di kawasan tersebut sangatlah kecil.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak kastor juga baik untuk merawat bulu mata secara alami. Tapi jangan sampai kamu salah pilih, sebab minyak kastor memiliki warna dan tekstur yang hampir mirip dengan zaitun.

Cara melentikkan bulu mata dengan minyak kastor alami:

- Siapkan minyak kastor secukupnya saja
- Sebelum tidur, oleskan minyak tersebut secara merata pada bagian bulu mata
- Jangan dibilas! Diamkan sampai pagi hari dulu
- Setelah bangun di pagi hari, bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih

3. Madu

Madu dikenal sebagai cairan lebah yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari vitamin sampai dengan mineral alami. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, kandungan-kandungan tersebut juga bisa membantu melentikan bulu mata secara alami.

Cara melentikan bulu mata dengan madu alami:

- Pilihlah madu yang berkualitas, jangan gunakan madu abal-abal baik itu madu hutan ataupun ternak
- Tuang madu di sebuah wadah, kemudian oleskan secara perlahan pada bagian bulu mata.
- Diamkan sejenak sampai madu kering dan meresap, biasanya ini memerlukan waktu 30 menit
- Selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih

4. Susu murni

Susu dikenal sebagai minuman yang kaya akan kandungan nutrisi, hampir sama 
dengan madu. Biasanya susu digunakan untuk memutihkan kulit ketiak dan wajah, tetapi kali ini kita akan mencobanya untuk melentikan bulu mata.

Kenapa susu bisa membuat bulu mata lentik? Karena susu mengandung vitamin, protein, fosfor, kalsium, dan berbagai mineral alami yang dapat merangsang pertumbuhan rambut atau bulu.

Cara melentikkan bulu mata dengan susu secara alami:

- Ambil susu murni (tanpa pemanis tambahan) secukupnya
- Kocok susu tersebut sampai mengeluarkan buih
- Gunakan cairan susu tadi untuk mengoleskan pada bagian bulu mata (lebih baik lakukan setelah mandi)
- Apabila sudah kering, bilas dengan air dingin sampai bersih secara sempurna

5. Telur udang

Ketika saya kecil dulu, telur udang saya gunakan untuk memanjangkan rambut pada bagian dekat dengan telinga. Meskipun hanya iseng dan ingin coba-coba, ternyata rambut saya beneran bisa tumbuh dalam waktu yang cepat lho.

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, ternyata memang benar, telur udang mengandung protein yang cukup tinggi. Bahkan kandungan protein dalam telur udang bisa dibilang lebih tinggi dari pada protein dalam daging sapi.

Cara melentikan bulu mata dengan telur udang:

- Terlebih dahulu siapkan telur udang, saya lebih suka telur udang sungai (bukan ternak). Biasanya telur udang ini berwarna hijau
- Ambil telur udang tersebut, kemudian pecahkan di tangan dan oleskan secara merata ke bagian bulu mata kamu
- Meski bau amis cukup menyengat, tapi cobalah untuk mendiamkannya selama 30 menitan
- Apabila sudah terasa kaku dan kering, bilas dengan air dingin sampai bersih. Agar bau amis hilang, kamu bisa mandi lagi.

Mencegah Bulu Mata Lentik Kembali Menjadi Rontok

Beberapa tips berikut ini akan membantu kamu mencegah bulu mata lentik kembali ke bentuk semula, terutama mencegah kerontokan.

- Sering-seringlah menyisir bulu mata dengan sisir bulu mata khusus.

- Perbanyaklah konsumsi makanan biotin yang kaya vitamin E. Misalnya apel, jambu, pepaya, brokoli, bayam, dll.

- Biasakanlah mencuci riasan mata dengan menggunakan bantuan remover. Sebab memaksa dapat menyebabkan bulu mata rusak.

- Jangan terlalu sering mengucek mata saat terkena debu. Atasi dengan menggunakan tetes mata atau membasuh dengan air bersih saja.

Masing-masing cara melentikkan bulu mata secara alami diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walau tidak instan, tapi hasilnya saya jamin tidak akan mengecewakan.

Apalagi jika kamu bisa menggunakan telur udang secara rutin minimal 3 hari sekali, dijamin dalam 2-3 minggu bulu mata kamu akan semakin lentik.


***
Bermanfaat? Bantu share yuk! agar lebih bermanfaat bagi sesama

Baca juga: Cara membentuk alis mata bulan sabit
Share: