>

16 Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Mudah Secara Alami


Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Mudah Secara Alami – Bau badan merupakan aroma tidak sedap yang keluar dari lipatan ketiak kita. Menurut dunia medis, penyebab bau badan tersebut muncul karena adanya bakteri pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat.

Cara menghilangkan bau badan secara alami
Bau badan membuatmu kurang PD


Meski prosentasenya hanya 1 %, namun bakteri tersebut akan mampu memecah protein dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan bau kurang sedap.

Sebenarnya bau badan tidak termasuk kedalam masalah yang serius, akan tetapi jika dibiarkan bau kurang sedap tersebut dapat membuat rasa percaya diri kita turun, terutama ketika berkeringat. Terkadang, bau badan menyebabkan kita sering merasa stres.

Tetapi usahakan kamu jangan stres berlebihan, sebab menurut para ahli tekanan emosi dapat menyebabkan produksi keringat berlebih yang nantinya memunculkan banyak keringat dan bakteri di tubuh.

Tips Menghilangkan Bau Badan Permanen Dengan Mudah dan Cepat

Untuk mengatasi bau badan, sebenarnya cukup mudah sekali. Nah bagi kamu yang memiliki masalah tersebut, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau badan dengan cepat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cara alami menghilangkan bau badan dengan mudah
Pusat bau badan berasal dari ketiak


1. Mandi 2x sehari

Apakah kamu jarang mandi? Jika benar, maka bisa jadi itu merupakan penyebab bau badan. Pada dasarnya setiap hari tubuh kita mengeluarkan keringat melalui pori. Dari keringat inilah nanti akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang. Sehingga apabila tidak kamu bersihkan secara rutin, bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan munculnya bau badan.

Menurut para ahli kesehatan, mandi terbaik untuk menghilangkan bau badan dan bakteri di tubuh adalah 2x sehari. Lebih baik lagi, ketika mandi gunakan sabun yang diperkaya dengan kandungan antibakterial di dalamnya.

2. Gunakan deodorant atau antiperspirant

Deodorant dan antiperspirant sekarang ini tengah menjadi produk populer di kalangan masyarakat untuk mengatasi masalah keringat dan bau badan. Meskipun sekilas sama, tetapi sebenarnya fungsi dari kedua produk ini sangatlah berbeda sekali. Bahkan banyak juga konsumen yang belum tahu apakah sebenarnya produk ini berguna atau tidak untuk mereka.

Deodorant merupakan produk yang berguna untuk mencegah bau badan, tapi tidak mampu mengurangi keluarnya keringat. Sedangkan antiperspirant bisa kamu gunakan untuk mengurangi keringat. Antara kedua pilihan tersebut saya sarankan untuk memilih deodorant saja. Sebab biasanya antiperspirant terkadang membuat kulit mengalami iritasi, peradangan, dan biang keringat.

3. Hindari makanan-makanan penyebab bau badan

Supaya bau badan tidak menghantui kehidupan kamu sehari-hari, maka hindarilah makanan yang menjadi penyebab bau tersebut. Adapun makanan-makanan penyebab bau badan antara lain seperti:

- Daging merah

Daging merah termasuk makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna daging tersebut. Akibatnya, ada zat yang masih tersisa dalam usus berupa racun. Zat inilah yang menyebabkan keluarnya bau keringat kurang sedap.

- Rempah-rempah

Memang rempah sangat bermanfaat untuk bumbu masak, tetapi ada beberapa rempah yang dapat membuat bau badan menyengat. Adapun rempah-rempah tersebut antara lain seperti bawang merah, bawang putih, bumbu kari, dan terasi. Hindarilah rempah-rempah tersebut agar bau badan tetap terjaga.

- Alkohol dan kafein

Ngopi setiap pagi memang sudah menjadi kebiasaan orang saat di kantor. Namun kebanyakan dari mereka tidak sadar sebenarnya kebiasaan tersebut dapat menimbulkan bau badan.

Selain orang yang suka ngopi, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab bau badan. Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari bau badan, kurangi konsumsi kopi dan alkohol sebisa mungkin.

- Makanan cepat saji junkfood

Makanan-makanan instan pada dasarnya dibuat dengan berbagai macam senyawa. Kandungan-kandungan senyawa ini nantinya akan membusuk dalam tubuh dan bahkan sulit diurai. Sehingga menyebabkan bau keringat menjadi kurang sedap. Makanan-makanan tersebut seperti mie instan, sarden, dan masih banyak lagi.

- Tembakau

Apakah kamu suka merokok? Jangan heran apabila bau badan menyerang. Bau tersebut dapat muncul disebabkan karena senyawa kimia dari asap rokok memecah asam pada keringat. Akibatnya, keringat kamu akan lebih bau.

Meskipun kamu sudah berhenti merokok selama beberapa hari, tetapi bau badan tersebut akan tetap stay dan susah hilang sampai beberapa bulan kedepan.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Buah-buahan segar termasuk kedalam makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, buah akan membuat usus menjadi lebih sehat dan keringat pun tidak bau. Beberapa buah seperti apel, jeruk, pepaya, jambu biji, dan lainnya dipercaya dapat membantu menghilangkan bau keringat secara alami. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan segar setiap harinya.

5. Daun sirih

Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan daerah organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu.

Caranya:

- Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar
- Lalu tumbuk daun tersebut sampai halus dan oleskan keseluruh bagian tubuh
- Usahakan bagian ketiak kamu beri gosokan lembut selama 5 menit
- Diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat

Selain menggunakannya dari luar, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam tubuh. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin. Tidak hanya membantu mengatasi bau badan, tetapi air rebusan tersebut juga baik untuk mencegah bau ginjal.

6. Cuka putih

Lho bukannya cuka memiliki bau yang kurang sedap (kecut)? Memang benar cuka memiliki bau asam yang cukup menyengat. Akan tetapi sebenarnya kandungan asam pada cuka tersebut dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau keringat kamu.

Apabila kurang suka dengan metode ini, kamu dapat mencoba cara yang lain. Namun jika penasaran, berikut beberapa metode cuka putih yang dapat dilakukan.

Metode 1: teteskan cuka secukupnya di atas kapas. Lalu gunakan kapas tersebut untuk menggosok pada bagian ketiak secara merata.

Metode 2: teteskan langsung cuka tersebut pada bagian lipatan-lipatan tubuh yang dianggap bau. Mulai dari lipatan lutut, lipatan lengan (ketiak), dan lain sebagainya.

7. Daun kemangi

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini. Yup, kemangi sering digunakan sebagai lalapan ketika mengonsumsi pecel, lele bakar, ataupun makanan lainnya.

Aromanya yang khas dari daun kemangi sangatlah baik untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, kandungan mineral dan antibakterial pada daun kemangi juga dipercaya dapat membantu mengatasi bau badan.

Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mengonsumsi daun kemangi secara rutin. Apabila kurang suka, kamu dapat mengonsumsinya bersama dengan makanan lain seperti layaknya lalapan pada umumnya.

8. Mentimun

Ketimun, mentimun, atau timun merupakan sayuran yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Sayur satu ini identik dengan kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk merawat kecantikan, kandungan antibakterial pada timun juga bisa membantu menghilangkan bau badan kamu.

Caranya:

- Potong buah mentimun yang masih segar menjadi beberapa bagian
- Gosokan bagian-bagian tersebut secara lembut ke kulit ketiak sehabis mandi
- Selain mengosokan langsung, kamu juga bisa membuat campuran mentimun dengan madu atau bahan lainnya. Namun itu dikhususkan untuk memutihkan ketiak secara alami.

9. Daun beluntas

Sama seperti daun kemangi, beluntas juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan lalapan. Beluntas biasanya tumbuh liar di sekitar perkebunan. Kamu bisa memetik daun beluntas yang masih segar, kemudian menumbuk dan mengoleskan tumbukan tersebut secara merata keseluruh bagian tubuh. terutama pada bagian lipatan, seperti ketiak dan lutut.

10. Jeruk nipis atau lemon

Tidak bisa dipungkiri memang, jeruk nipis dan lemon memiliki manfaat sangat besar bagi kita. Selain dapat membantu menghilangkan panu secara alami, kedua bahan tersebut dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan.

Hal ini dapat terjadi mengingat lemon mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau keringat.

Caranya:

- Peras 2 buah jeruk nipis dan masukan kedalam sebuah wadah
- Campurkan perasan tersebut dengan kapur sirih hingga membentuk krim
- Setelah mandi, oleskan campuran tadi secara merata ke bagian ketiak
- Diamkan sekiranya 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih

11. Cengkeh

Berbicara mengenai kandungan antibakterial, cengkih juga termasuk kedalam bahan tradisional yang mengandung senyawa tersebut. Tidak hanya itu saja, cengkih juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang bertindak mencegah adanya peradangan.

Caranya:

- Rendam cengkih dengan menggunakan air hangat
- Kemudian, minum rendaman cengkih tersebut secara rutin 3x seminggu
- Selain itu, kamu juga bisa membasuh tubuh langsung dengan air rendaman tersebut agar hasilnya semakin maksimal.

12. Jahe

Jahe bagi orang Indonesia merupakan rempah yang kaya akan manfaat. Biasanya 
rempah satu ini dimanfaatkan untuk penghangat tubuh, tapi ternyata konsumsi wedang jahe secara rutin juga baik untuk menghilangkan bau badan.

Konsumsilah wedang jahe secara rutin 1x sehari setiap malam sebelum tidur. Apabila tidak ada wedang jahe, kamu bisa merebus jahe kemudian menambahkan sedikit gula agar lebih nikmat.

13. Kecombang

Cara alami menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan kecombrang. Bunga kecombang mengandung senyawa yang dapat membuat bau ketiak kamu harum. Caranya cukup oleskan kuncup tanaman satu ini secara merata pada bagian ketiak, lipatan pengan, leher (bila perlu), dan lutut.

14. Daun jambu biji

Inilah cara mengatasi bau badan yang sering saya lakukan. Ambilah daun jambu biji yang masih segar, kemudian tumbuk daun tersebut dengan menggunakan cobek atau bisa juga diblender sampai halus. Oleskan halusan tersebut secara merata pada bagian ketiak. Kandungan mineral dan antibakteri pada jambu biji akan membunuh kuman penyebab bau badan.

15. Ganti pakaian secara rutin

Selain mandi sebanyak 2x sehari, kamu juga harus selalu rutin mengganti pakaian. Sebab keringat yang menempel di pakaian akan menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Terlebih apabila kamu mengeluarkan banyak keringat sampai membuat baju basah.

16. Banyak olahraga

Olahraga memang menyebabkan banyak keringat yang keluar, akan tetapi keringat saat olahraga sebenarnya dapat membantu membuang kuman dan bakteri pada bagian pori. Lakukan olahraga jogging atau sepeda santai setiap pagi secara rutin. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit sehari selama 1 minggu saja bau badan kamu sudah berkurang.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan permanen dengan mudah secara alami yang dapat saya sampaikan. Selain bakteri, bulu ketiak juga bisa menyebabkan bau badan kamu. Oleh sebab itu, baca selengkapnya cara menghilangkan bulu ketiak yang telah saya sampaikan sebelumnya.





Share: