>

Cara Membuat Masker Pisang Untuk Perawatan Wajah



Cara Membuat Masker Pisang Untuk Perawatan Wajah – Pisang merupakan buah yang banyak terdapat di Indonesia. Hampir disetiap kebun pekarangan rumah kita pasti terdapat pohon pisang. Tak ayal penggemar buah pisang dari Indonesia pun sangat beragam.

Cara membuat masker wajah alami dari pisang
Kombinasikan buah pisang dengan madu untuk hasil maksimal 


Buah pisang memiliki manfaat yang sangat besar, kandungan potasium dan mineral kalsium dalam pisang dipercaya mampu menjaga sistem imun tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E ternyata juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit secara alami.

Lalu apa sajakah manfaat buah pisang untuk kecantikan? Berikut informasi selengkapnya mengenai khasiat buah pisang dan cara membuat masker buah pisang untuk merawat kecantikan kulit secara alami.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Ada banyak sekali manfaat buah pisang untuk kecantikan. Manfaat-manfaat tersebut muncul dari kandungan nutrisi dalam buah pisang. Adapun khasiat buah pisang untuk kecantikan diantaranya:

- Mampu mengatasi jerawat dan komedo di wajah
- Melembabkan kulit secara alami
- Mencegah serangan radikal bebas penyebab penuaan dini
- Menghilangkan flek hitam secara alami
- Merawat kulit wajah yang berminyak
- Mengatasi kulit wajah kering dan kusam.

Dan masih banyak lagi manfaat buah pisang yang akan kamu dapatkan. Nah 
setelah kita membahas mengenai manfaat pisang, saya akan sampaikan beberapa cara membuat masker pisang untuk perawatan kulit secara alami. Tidak perlu kamu ke salon, cukup gunakan beberapa masker ini saja kulit akan terlihat lebih cantik dan sehat alami.

Cara Mudah Membuat Masker Buah Pisang Untuk Perawatan Wajah

Memang khasiat buah pisang bagi kecantikan sangatlah besar, namun agar masker ini nantinya mampu merawat kulit kamu secara maksimal saya sarankan untuk menambah beberapa bahan alami lain.

1. Masker pisang dan madu

Madu mengandung senyawa yang bersifat lembab, nah sifatnya inilah yang bisa membuat kulit keringmu menjadi lebih lembab secara alami. Terlebih jika dikombinasikan dengan buah pisang, maka akan menjadi sebuah ramuan yang cukup mujarab. (Baca juga: Cara membuat masker madu alami)

Cara membuat masker pisang dan madu:

- Siapkan dulu 1 buah pisang (bisa jenis apa aja) dan 3 sendok makan madu.

- Campur kedua bahan alami tersebut sampai merata dan membentuk semacam pasta atau krim.

- Sebelum menggunakan, bersihkan wajah kamu dulu dengan menggunakan air hangat agar kotoran tidak menghambat penyerapan.

- Setelah bersih, mulailah mengoleskan masker pisang tersebut secara merata keseluruh bagian wajah.

- Agar bekerja dan meresap secara maksimal, diamkan masker tersebut selama kurang lebih 30 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Makser pisang, yoghurt, dan putih telur

Ingin kulit kamu lebih kencang dan terbebas dari jerawat? Jika iya, maka kamu wajib menggunakan masker yang satu ini. Yoghurt mengandung asam laktat yang dipercaya mampu mengencangkan kulit, sedangkan putih telur mengandung antibakterial dan protein yang bisa membuat kulit terbebas dari masalah jerawatan.

Cara membuat masker pisang, yoghurt, dan putih telur:

- Langkah pertama siapkan terlebih dahulu 1 buah pisang segar, 4 sendok makan yoghurt, dan 1 butir telur ambil putihnya saja.

- Campurkan semua bahan diatas sampai merata dan membentuk krim/pasta. Usahakan jangan terlalu encer, sebab nanti akan sulit dioleskan.

- Sebelum mengaplikasikan ke wajah, bersihkan dulu area wajah dengan sabun khusus muka agar kotoran di pori terlarut.

- Setelah memastikan bersih, oleskan masker wajah alami ini secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan lembut selama 5-10 menit agar masker meresap sempurna.

- Selanjutnya diamkan masker tersebut selama kurang lebih 30 menitan. Apabila sudah mengencang bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Masker pisang dan lemon

Manfaat buah pisang untuk kulit berminyak cukup besar. Buah ini mengandung senyawa potasium dan vitamin C yang dapat meringkas pori-pori di wajah, sehingga minyak berkurang. Kombinasikan dengan lemon segar supaya hasilnya semakin maksimal. (Baca juga: Cara membuat masker lemon)

Cara membuat masker pisang dan lemon:

- Pertama kalinya siapkan 1 buah pisang segar dan 1 buah lemon.

- Haluskan pisang tersebut dan campur dengan air perasan lemon sampai membentuk pasta/krim.

- Oleskan masker wajah alami satu ini ketika kamu selesai mandi. Sebab saar selesai mandi kulit dalam keadaan bersih dari kotoran.

- Setelah selesai mengoleskan, diamkan masker tersebut selama 30 menit. Agar hasilnya maksimal, beri pijatan lembut pada bagian hidung, daerah T, dan pipi yang merupakan sumber minyak.

- Apabila wajah sudah mengencang dan kaku, bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Masker pisang, air mawar, dan minyak zaitun

Jaman dahulu air mawar dan minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Menurut beberapa sumber minyak zaitun dulunya digunakan oleh ratu Mesir yang paling cantik setelah dia selesai mandi air mawar, ia adalah Ratu Cleopatra. Kombinasi antara pisang, air mawar, dan minyak zaitun akan membuat wajah kamu nampak lebih awet muda secara alami.

Cara membuat masker pisang, minyak zaitun, dan air mawar:

- Terlebih dahulu siapkan 1 buah pisang, 3 sendok makan minyak zaitun, dan 4 sendok makan air rendaman mawar.

- Selanjutnya campurkan semua bahan tersebut untuk membuat masker wajah alami. Pastikan adonan yang kamu bentuk pas dan tidak terlalu encer.

- Sebelum menggunakan, bersihkan dulu wajah kamu dengan sabun muka sesuai jenis kulit.

- Setelah bersih oleskan masker buah pisang tadi secara merata keseluruh bagian wajah. lalu diamkan 30 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Masker pisang, buah alpukat, dan tomat

Cara membuat masker wajah alami yang terakhir adalah dari campuran pisang, alpukat, dan tomat. Bahan-bahan ini cukup berkhasiat untuk membuat kulitmu nampak lebih sehat dan cerah secara alami. Sebab kandungan nutrisi dalam pisang, alpukat, dan tomat akan merangsang regerenasi sel-sel kulit baru secara optimal. (Baca: Cara membuat masker alpukat)

Cara mudah membuat masker pisang, alpukat, dan tomat:

- Siapkan dulu 1 buah pisang, 1 cangkir buah alpukat, dan 1 buah tomat.

- Haluskan semua bahan tadi kemudian campur menjadi satu sampai membentuk pasta atau krim.

- Oleskan masker alami yang kamu buat tadi setelah mandi keseluruh bagian wajah. Diamkan masker selama 1 jam agar meresap secara optimal.

- Setelah meresap dan tarasa kaku di wajah, bersihkan dengan menggunakan air hangat. keringkan dengan handuk halus, selesai.

Itulah beberapa cara membuat masker pisang yang dapat saya sampaikan. Kamu bisa menggunakan salah satu masker diatas yang menurutmu paling mudah. Cukup gunakan secara rutin 1x sehari saja dalam 1 bulan kamu sudah mendapatkan hasilnya.

Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba...!

Share: