>

Kanker Serviks: Penyebab, Ciri, dan Pencegahan Kanker Serviks



Penyebab, ciri, dan cara mencegah kanker serviks
Kanker serviks pembunuh wanita no. 1

Kanker Serviks: Penyebab, Ciri, dan Pencegahan Kanker Serviks – Kanker serviks atau sering disebut dengan kanker mulut rahim, merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita.

Penyakit kanker serviks menjadi sangat menakutkan karena setiap 1 jam, wanita di Indonesia meninggal karenanya. Bahkan WHO juga mengungkapkan bahwa setiap 2 menit wanita dari seluruh penjuru dunia meninggal karena penyakit tersebut.
`
Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi wanita, tepatnya pada bagian leher rahim atau bagian sempit menuju ke bagian organ rahim, bawah antara kemaluan dan rahim.

Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Munculnya penyakit kanker serviks dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Human Papiloma Virus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks yang paling utama. Virus tersebut tidak hanya menular melalui cairan saja, tetapi juga dapat menular hanya dengan bersentuhan tangan.

Pengguna WC umum jauh lebih beresiko terkena kanker serviks dari pada seorang yang tidak menggunakan. Hal tersebut terjadi karena biasanya HPV ditularkan melalui air seni yang dikeluarkan oleh penderita saat kencing di WC umum tersebut.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering menggunakan WC umum, alangkah lebih baiknya apabila selalu menjaga kebersihan. Sebab jika tidak virus HPV akan menyerang tubuh Anda.

Ada banyak sekali jenis virus HPV sekarang ini, akan tetapi diketahui yang menyebabkan kematian terbanyak bagi wanita adalah HPV tipe 16 dan 18. 

Penyebab kanker serviks lainnya adalah hubungan intim dibawah usia 16 tahun, menurut WHO hubungan tersebut akan mengakibatkan seseorang 2x lebih beresiko terkena kanker serviks dari pada orang yang tidak melalukan.

Masih ada banyak lagi penyebab kanker serviks yang patut Anda waspadai. Mulai dari penggunaan pil KB terlalu lama, terlalu sering melahirkan, konsumsi alkohol, merokok, dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Pada Wanita

Gejala kanker serviks sebenarnya sangatlah sulit sekali untuk diidentifikasi, kebanyakan penyakit satu ini bisa diketahui setelah memasuki stadium 3. Sehingga banyak wanita yang sudah terlanjur mengalami kanker serviks cukup parah.

Kanker serviks membutuhkan proses yang cukup panjang untuk tumbuh dan berkembang, setidaknya mulai dari 10-20 tahun kedepan. Hal inilah yang menyebabkan tanda kanker serviks sulit untuk diketahui.

Akan tetapi melalukan tes pap smear setidaknya 2 tahun sekali akan membantu Anda mengetahui sedikit demi sedikit gejala kanker serviks tersebut. Berikut ini ada beberapa ciri kanker serviks yang bisa Anda identifikasi sendiri.

-Saat melakukan hubungan intim sering terasa sakit, dan bahkan disertai dengan keluarnya darah dari dalam miss V.

-Mengalami keputihan abnormal yang disertai dengan keluarnya darah 

-Anda sering merasakan sakit pada daerah pinggul

-Sering mengalami rasa sakit ketika buang air kecil

-Pada saat menstruasi darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebihan

-Setelah mengalami stadium lanjut, wanita ciri kanker serviks yang muncul adalah bengkak pada paha, menurunnya nafsu makan, berat badan tidak stabil, dan bahkan sering merasa lelah berlebihan.

Cara Mencegah Kanker Serviks Pada Wanita Dengan Mudah


Cara mencegah penyakit kanker yang efektif
Pola hidup sehat dapat bantu cegah kanker serviks


Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, mungkin inilah kata yang tepat untuk pencegahan kanker serviks. Mencegah kanker serviks sebenarnya sangatlah mudah sekali, tetapi banyak wanita yang tidak tahu bagaimana cara mencegah penyakit kanker serviks tersebut.

Akibatnya, di Indonesia wanita yang menderita kanker serviks lebih banyak dari negara-negara tetangga. Berikut ini ada beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

1. Pemberian vaksin kanker serviks

Mencegah kanker serviks bisa Anda lakukan dengan menyuntikan vaksin. Vaksin diberikan hanya untuk pencegahan kanker serviks saja, bukannya pengobatan. Sehingga lakukan pemberian vaksin sebelum terserang penyakit tersebut.

Untuk mendapatkan vaksin anti-kanker serviks, Anda dapat datang langsung ke dokter kandungan. Biasanya vaksin akan diberikan mulai dari usia 11 sampai dengan 26 tahun, dan juga akan diberikan di bulan 0,1 dan 6 bulan pertama.

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita, pencegahan kanker serviks dengan pemberian vaksin ini juga akan sangat efektif sekali.

2. Deteksi dengan pap smear

Pap smear merupakan sebuah metode atau cara skrining yang digunakan untuk mengetahui gejala kanker serviks sejak dini. Metode satu ini sangat dianjurkan oleh banyak ahli. Sebab selain akurat, metode pap smear juga akan membantu Anda mencegah penyakit kanker serviks sejak awal perkembangannya.

Sangat disarankan bagi Anda yang sudah berusia 35 tahun, pengguna pil KB, beriwayat keluarga sebagai penderita untuk selalu rutin melakukan cek pap smear minimal 1 kali dalam setahun.

Agar hasil tes pencegahan kanker serviks satu ini berjalan dengan lancar, silahkan perhatikan beberapa tips berikut.

-Melakukan tes pap smear pada dua minggu setelah hari pertama haid

-Sebelum melakukan pemeriksaan jangan mengonsumsi obat dan menggunakan alat pencuci daerah kewanitaan.

-Penderita paska persalinan silahkan datang 6-8 minggu setelah melakukan pap smear.

-Selama 2x24 sebelum pemeriksaan dilarang untuk melakukan hubungan suami istri.

3. Hindari hubungan intim secara bebas

Bergonta-ganti pasangan sangatlah buruk bagi kesehatan organ kewanitaan Anda. Sebab melalui gonta-ganti pasangan inilah virus HPV dapat tertular ke dalam miss V Anda.

Lebih parahnya lagi, tidak hanya HPV tetapi HIV/AIDS pun juga bisa menyerang tubuh Anda. oleh sebab itu, mulai sekarang jangan bergonta-ganti pasangan apabila Anda ingin mencegah kanker serviks.

4. Hindari rokok

Pencegahan kanker serviks bisa Anda lakukan secara maksimal apabila menghindari rokok mulai dari sekarang juga. Sebenarnya sudah ada banyak sekali peringatan bagi wanita untuk dilarang merokok, namun nampaknya peringatan tersebut diabaikan begitu saja.

Menurut badan kesehatan internasional (WHO), merokok dapat meningkatkan Anda terserang kanker serviks sebesar 30 % dari pada masyarakat yang tidak merokok. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi rahim yang diakibatkan bahan kimia dari rokok tersebut.

5. Hindari stres berlebih

Dalam segala bidang, stres sangatlah buruk. Stres dapat memicu ketidakseimbangan hormon-hormon di dalam tubuh, dari kondisi seperti inilah tubuh akan mudah terserang penyakit kanker serviks.

Ada baiknya apabila Anda ingin mencegah kanker serviks, lebih baik menghindari stres mulai dari sekarang.


6. Lakukan diet seimbang

Cara mencegah kanker serviks selanjutnya adalah dengan melakukan diet seimbang. 7 dari 10 wanita melakukan diet yang salah, mereka lebih banyak melakkan olahraga (pembakaran kalori) dari pada konsumsi makanan-makanan sehat.

Akibatnya sistem kekebalan menurun dan tubuh sangatlah mudah terserang penyakit kanker serviks. Oleh sebab itu mulai sekarang lakukan diet sehat.


7. Hindari konsumsi bahan kimia

Pencegahan kanker serviks yang terakhir bisa Anda lakukan dengan menghindari makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia. Adanya bahan kimia akan menyebabkan infeksi pada bagian rahim.

Dari infeksi pada bagian rahim inilah, sel-sel kanker akan aktif dan tumbuh secara perlahan. Adapun bahan kimia yang harus Anda hindari antara lain konsumsi makanan penambah tinggi badan, penggemuk, pil KB, dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan informasi seputar kanker servik, baik dari ciri-ciri kanker serviks, penyebab kanker serviks, sampai dengan cara mencegah kanker serviks. Apabila ada yang belum jelas, silahkan sampaikan melalu kolom komentar yang tersedia dibawah.

Demikian sajian pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda.
Share: