>

Cara Membuat Masker Coklat Untuk Merawat Kulit Wajah

Manfaat coklat dan cara membuat masker coklat dengan mudah
Pilihlah coklat tawar atau dark chocolate

Cara Membuat Masker Coklat Untuk Merawat Kulit Wajah – Banyak sekali masyarakat yang menyukai coklat, terutama untuk anak-anak. Namun ada juga masyarakat yang tidak menyukai coklat karena dapat membuat berat badan naik.

Sebenarnya coklat tidak hanya bermanfaat untuk konsumsi sehari-hari saja, lebih dari itu manfaat coklat untuk kecantikan kulit cukup tinggi. Apa saja manfaat masker coklat untuk kulit itu?

Manfaat Masker Coklat Untuk Merawat Kulit Secara Alami

- Mencegah penuaan dini

Apakah kamu ingin memiliki kulit yang nampak lebih awet muda? Jika iya maka silahkan gunakan masker coklat secara rutin setiap harinya. Berbagai pakar dan ahli percaya coklat mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah radikal bebas penyebab munculnya penuaan.

Adapun jenis penuaan yang bisa kamu cegah dengan coklat adalah keriput, kerutan, garis-garis, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, kulit kamu akan nampak selalu awet muda meskipun usia yang sebenarnya sudah cukup tua.

- Sebagai detoksifikasi

Manfaat masker coklat untuk kulit selanjutnya adalah sebagai detoks. Racun pada kulit dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah, mulai dari kulit iritasi sampai dengan alergi.

Untuk mengatasinya kamu dapat mengombinasikan antara coklat dan kafein. Dipercaya kombinasi bahan tersebut akan mampu men-detoksifikasi racun yang ada dalam lapisan kulitmu.

- Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA/B

Flavonoid tinggi yang terdapat dalam coklat dipercaya sangatlah efektif untuk mencegah pancaran buruk sinar matahari (sinar ultraviolet). Tidak hanya itu saja, kandungan anti-inflamasi dalam coklat dipercaya juga mampu mengatasi adanya peradangan akibat sinar matahari berlebih.

- Menutrisi kulit dengan baik

Nutrisi berupa vitamin dan mineral sangatlah diperlukan kulit untuk melakukan regerenasi sel-sel yang baru. Masker coklat bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Sebab dalam coklat terkandung vitamin A, B1, C, D, dan E. Serta mengandung pula mineral alami seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya.

Nah setelah kita mengetahui secara mendalam mengenai manfaat masker coklat untuk kulit, selanjutnya saya akan sampaikan cara membuat masker coklat untuk merawat kulit secara alami. Untuk membuatnya sangat mudah sekali, berikut informasi selengkapnya.

Cara Mudah Membuat Masker Coklat Untuk Merawat Kulit Secara Alami


Cara membuat masker coklat untuk perawatan kulit wajah
Cara menggunakan masker coklat untuk wajah

Memang khasiat coklat untuk kecantikan kulit cukup besar, akan tetapi agar hasil perawatan semakin maksimal saya sarankan mengombinasi coklat dengan bahan-bahan alami lainnya.

Selain itu pastikan juga coklat yang kamu gunakan adalah coklat tawar yang mengandung 70 % kakao (lihat kemasan). Sebab jika kamu gunakan coklat yang sudah dicampur pemanis, maka kulit wajah akan mengalami iritasi dan bahkan menimbulkan jerawat.

1. Membuat masker coklat dan oatmeals

Oatmeals merupakan kombinasi bahan yang tepat untuk membuat masker coklat. Mengapa? Karena oatmeals bisa menjadi srcub yang baik untuk membantu proses pengelupasan sel-sel kulit di permukaan wajah.

Cara membuat masker coklat dan oatmeals:

- Terlebih dahulu siapkan coklat tawar (dark chocolate) secukupnya, dan 3 sendok oatmeals (bisa disesuaikan dengan kebutuhan).

- Campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu, agar terbentuk pasta silahkan kamu tambahkan sedikit air putih matang. Aduk-aduk agar kedua bahan tersebut dapat tercampur secara merata.

- Sebelum menggunakan masker tersebut, bersihkan dulu area wajah kamu dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar pori bersih dari kotoran dan dapat menerima nutrisi dari coklat.

- Selanjutnya mulailah mengoleskan masker alami wajah tersebut sedikit demi sedikit. Sambil mengoleskan beri pijatan lembut secara memutar (agar sel kulit mati terkelupas).

- Diamkan masker coklat tersebut sampai meresap secara maksimal kira-kira 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas menggunakan air dingin sampai bersih  total.

2. Membuat masker coklat dan strawberry

Cara membuat masker wajah alami selanjutnya adalah dengan coklat dan strawberry. Selain mampu memerahkan bibir secara alami, strawberry juga cukup efektif untuk merawat kulit kamu.

Kandungan nutrisi berupa antioksidan dalam buah merah ini mampu mencegah penuaan dini pada kulit wajah, terutama penuaan dini seperti kerutan dan keriput di area sekitar mata.

Cara membuat masker coklat dan stawberry:

- Langkah pertama siapkan coklat tawar secukupnya dan 1 buah stawberry yang masih segar.

- Haluskan buah stawberry tersebut dan campur dengan coklat. Pastikan campuran tersebut membentuk krim atau pasta. Sebab jika terlalu encer, nantinya masker sulit diaplikasikan.

- Setelah mandi, oleskan masker coklat tersebut secara merata keseluruh bagian kulit wajah. Hindari mengoleskan masker pada bagian mata dan bibir.

- Agar meresap secara sempurna, silahkan diamkan sampai terasa kaku kira-kira ya sekitar 1 jam. Kemudian ambil air dingin dan gunakan untuk membersihkan masker tersebut dari wajah.

3. Membuat masker coklat dan bubuk kopi

Sebelumnya saya sudah share cara membuat masker kopi dan manfaatnya. Kopi mengandung kafein yang cukup tinggi, sesuai yang saya singgung diatas kandungan tersebut sangatlah baik untuk detoksifikasi racun pada permukaan kulit. Sehingga kulit kamu akan lebih sehat dan cerah secara alami setelah menggunakan masker ini.

Cara mudah membuat masker coklat dan kopi:

- Siapkan terlebih dahulu 2 sendok makan bubuk kopi hitam dan coklat tawar secukupnya.

- Lumatkan coklat dan campur dengan bubuk kopi. Jika sulit menyatu silahkan tambahkan sedikit air sampai terbentuk sebuah pasta.

- Bersihkan wajah kamu dulu sebelum menggunakan, lalu oleskan secara perlahan-lahan masker coklat tersebut ke area wajah.

- Untuk hasil maksimal, silahkan sambil mengoleskan kamu beri pijatan lembut dengan gerakan memutar selama 15 menit.

- Terakhir, bilas masker tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Penggunaan air hangat bertujuan untuk melarutkan racun dari 
wajahmu.

4. Membuat masker coklat dan madu

mmmm.. coklat sama madu mungkin dikonsumsi enak sekali yak? Namun selain lezat dikonsumsi, campuran kedua bahan alami tersebut ternyata juga baik untuk merawat kulit secara alami. Dipercaya madu mampu mencerahkan kulit wajah dan mengatasi masalah jerawat.

Cara mudah membuat masker coklat dan madu alami:

- Pertama kalinya siapkan coklat dan madu tawar secukupnya.

- Campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk semacam pasta atau krim. Diamkan masker tersebut sebentar sekiranya 20 menit.

- Setelah itu oleskan masker tersebut ke area wajah yang sudah bersih dari kotoran dan sisa keringat. Sebab jika wajah dalam keadaan kotor, maka akan menyebabkan penyerapan nutrisi terhambat.

- Diamkan masker coklat ini sampai meresap sempurna kira-kira 30 menitan. Lalu akhiri dengan membilas menggunakan air bersih yang dingin.

Itulah sajian informasi mengenai cara membuat masker coklat untuk merawat kulit secara alami. Sambil menggunakan masker wajah alami diatas, silahkan potong buah mentimun dan letakan di bagian mata. Cara ini bertujuan agar mata terlihat lebih segar dan bening.

Selamat mencoba dan semoga berhasil... !



Share: