>

15 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan




Buah belimbing baik untuk kesehatan dan kecantikan



Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang banyak terdapat di kawasan daerah tropis, buah satu ini hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan rasanya yang menyegarkan, buah belimbing terkadang banyak dimanfaatkan untuk membuat sebuah olahan resep masakan.

Belimbing tidak hanya bermanfaat karena rasanya yang enak saja, tetapi lebih dari itu khasiat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah besar sekali.

Sudah banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan bahwa khasiat belimbing itu besar sekali. Salah satu penelitian terakhir mengenai manfaat buah belimbing tersebut dilakukan oleh para ahli dari Universitas Chicago Amerika Serikat.

Kandungan Buah Belimbing

Bisa dikatakan kandungan buah belimbing terbesar adalah vitamin C, kandungan vitamin tersebut hampir sama dengan kandungan pada vitamin C buah jeruk. Tak ayal manfaat buah belimbing hampir-hampir mirip dengan manfaat buah jeruk.

Adapun kandungan belimbing antara lain:

-Kalori: dalam satu porsi buah belimbing mampu menyediakan kalori sekitar 2 persen untuk kebutuhan kalori sekitar 2.000 per harinya. atau dengan kata lain sekitar 30 kalori untuk setiap 1 buah belimbing.

Karbohidrat: buah belimbing mengandung sekitar 9,5 gram senyawa karbohidrat per porsi, dan seratnya sekitar 2,5 gram. Dengan demikian, 1 buah belimbing akan memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari nilai harian serat yang kita butuhkan.

Protein dan lemak: bisa dikatakan kandungan lemak dan protein dalam belimbing besarnya sama. Protein dalam belimbing sekitar 1 gram dan juga lemak 1 gram. Kedua senyawa ini mampu memberikan asupan protein dan lemak sebesar 2 persen untuk setiap harinya. Tidak hanya itu, kandungan lemak pada belimbing juga tergolong lemak tak jenuh sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin dan mineral: dalam buah belimbing terkandung senyawa vitamin C sebesar 24 mg, kandungan vitamin tersebut mampu memberikan 40 persen kebutuhan vitamin C setiap harinya. selain itu kandungan vitamin A juga mampu memberikan kebutuhan 15 persen setiap harinya. Untuk mineralnya, belimbing memiliki kandungan mineral cukup lengkap, mulai dari zat besi sampai dengan kalsium.

Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan sebuah buah eksotis yang menyediakan kalori yang cukup rendah untuk tubuh kita, dengan demikian apabila Anda mengonsumsi buah satu ini jangan takut badan bertambah gemuk.

Khasiat buah belimbing bagi kesehatan
Jus belimbung minuman yang menyehatkan
Malahan dengan mengonsumsi belimbing secara rutin, berat badan Anda akan turu secara signifikan. Menurut para ahli buah belimbing sebanyak 100 gram menyediakan sekitar 31 kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis buah-buahan tropis lainnya.

1. Bermanfaat menjaga sistem pencernaan

Sistem pencernaan tubuh akan terjaga dengan baik apabila kita mendapatkan asupan serat yang cukup. Dalam kontek ini buah belimbing mengandung serat yang tinggi, Anda bisa mendapatkan asupan serat yang lebih baik ketika mengonsumsinya.

Kandungan serat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi kandungan serat tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan.

Adapun gangguan sistem pencernaan yang bisa diobati dengan belimbing antara lain seperti diare, sembelit, disentri, dan masih banyak lagi. oleh sebab itu bagi Anda yang ingin sistem pencernaan sehat dan lancar, konsumsilah buah belimbing secara rutin.

2. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh siapa saja, saya juga salah satunya. Sebab penyakit ini dapat membunuh penderitanya dengan sangat mudah hanya sekejap saja.

Mencegah kanker dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah buah belimbing secara rutin. karena buah belimbing mengandung vitamin C tinggi yang cukup baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Menurut para ahli, kandungan vitamin C pada belimbing mampu memenuhi sekitar 57 % kebutuhan tubuh setiap harinya. Bisa dikatakan besarnya vitamin C pada belimbing hampir sama dengan jeruk yang notabenya merupakan rajanya vitamin C.

3. Kaya akan kandungan antioksidan

Vitamin C memang merupakan salah satu antioksidan alami, akan tetapi buah belimbing sebenarnya juga menyimpan kandungan senyawa antioksidan lainnya, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat digadang-gadang merupakan kandungan antioksidan yang membuat khasiat buah belimbing sangat besar sekali bagi kesehatan.

Kandungan-kandungan antioksidan semacam ini tidak hanya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas saja, tetapi kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita terhadap serangan berbagai macam penyakit.


4. Mampu meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh

Manfaat buah belimbing selanjutnya berkaitan dengan kerja enzim. Buah belimbing mengandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Kandungan vitamin B komplek tersebut antara lain seperti folat, riboflavin, dan juga piridoksin (vitamin B-6).

Apabila dikonsumsi secara bersama-sama, kandungan vitamin B kompleks tersebut sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh, terutama enzim yang berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)

Hipertensi dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan sodium terlalu tinggi di dalam tubuh, akibatnya asupan kalium yang bermanfaat untuk sistem peredarah darah menjadi menurun.

Nah untuk meningkatkan jumlah kalium tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah belimbing. Sebab buah satu ini mengandung senyawa mineral kalium yang cukup tinggi.

Selain berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, kandungan mineral seperti zat besi dan magnesium pada belimbing dipercaya juga cukup efektif untuk mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Dapat mengatasi gangguan ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit organ ginjal yang cukup serius dan berbahaya. Sebab penyakit tersebut sampai sekarang belum ada penawarnya. Akan tetapi Anda dapat mencegah batu ginjal tersebut dengan mengatasi beberapa gangguan kecil organ ginjal yang muncul.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2003, buah belimbing mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. kandungan asam ini akan bekerja maksimal dengan kalium pada bagian organ ginjal.

Adapun manfaat belimbing bagi kesehatan ginjal antara lain seperti melarutkan kotoran pada ginjal, mencegah oksidasi negatif penyebab kerusakan ginjal, merawat nefron ginjal, dan masih banyak lagi.

7. Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat

Kolesterol pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2 yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sesuai dengan namanya, kolesterol jahat tidak baik bagi kesehatan tubuh, sedangkan kolesterol baik itu penting dan diperlukan oleh tubuh.

Buah belimbing mengandung pektin yang cukup tinggi, menurut para ilmuwan asal Hongkong, pektin tersebut mampu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh dan membuangnya melalui sekresi empedu.

Dengan demikian, khasiat buah belimbing bagi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangatlah baik sekali.

8. Mengatasi peradangan

Tubuh sangat rentan terkena peradangan, seperti peradangan aklibat asam urat, rematik, luka, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi peradangan-peradangan tersebut ada baiknya Anda mengonsumsi buah belimbing secara rutin.

Sebab, menurut para ahli buah belimbing mengandung senyawa anti-inflamasi yang cukup tinggi. Selain berkhasiat mengatasi peradangan, kandungan anti-inflamasi tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan tersebut.

9. Baik untuk kesehatan mata

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, buah belimbing mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sama seperti dengan wortel, kandungan vitamin A buah belimbing ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula.

Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan, dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin, maka penglihatan kita akan jauh lebih tajam dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

10. Meningkatkan vitalitas

Ini dia manfaat buah belimbing yang selalu dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri. Yup, dengan kandungan berbagai nutrisi penting, buah belimbing mampu meningkatkan vitalitas seseorang. Khasiat belimbing satu ini berlaku baik untuk wanita ataupun pria dewasa.

Tidak hanya berkhasiat meningkatkan vitalitas saja, tetapi kandungan nutrisi mineral alami seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya dipercaya juga bermanfaat untuk merawat organ reproduksi manusia.

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Cara membuat masker belimbing dengan mudah
Masker belimbing solusi kecantikan wajah 
Eeittss... jangan puas terlebih dahulu guys, sebab manfaat belimbing tidak hanya untuk kesehatan saja, namun buah satu ini ternyata juga bermanfaat untuk merawat kecantikan rambut dan kulit. berikut informasi selengkapnya.

11. Mampu menunda proses penuaan

Penuaan sangatlah buruk bagi kecantikan, baik kecantikan pada kulit ataupun pada bagian rambut. Penuaan pada bagian kulit dapat menyebabkan munculnya keriput, kerutan, kusam, dan garis-garis. Sedangkan untuk penuaan pada rambut biasanya menimbulkan rambut rontok, keluar uban, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan hair mask dari buah belimbing, semua masalah penuaan tersebut bisa ditunda dan bahkan dicegah kemunculannya. Sebab buah belimbing sendiri mengandung senyawa aantioksidan cukup tinggi, kadungan antioksidan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini tersebut.

12. Baik untuk melebatkan rambut secara alami

Bauh belimbing termasuk kedalam jenis buah yang mengandung vitamin B kompleks cukup besar. kandungan vitamin tersebut sangatlah bermanfaat untuk rambut, sebab mampu melebatkan rambut dengan cara menutrisi pada bagian kulit kepala.

Untuk mendapatkan khasiat buah belimbing satu ini, silahkan Anda gunakan buah belimbing sebagai masker rambut setelah mandi selama 30 menit secara rutin setiap harinya.

13. Mengurangi minyak

Minyak berlebih di area wajah dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan, mulai dari munculnya komedo sampai dengan jerawat. Untuk menurunkan kadar minyak tersebut, Anda dapat menggunakan masker belimbing secara rutin.

Dipercaya sifatnya yang asam sangatlah baik untuk mengurangi minyak di wajah. Sehingga selain minyak berkurang, wajah Anda nantinya juga akan terbebas dari jerawat dan komedo.

14. Mampu menghaluskan kulit

Kandungan asam oksalat pada buah belimbing cukup tinggi, kandungan asam oksalat ini dipercaya sebagian besar ahli mampu melarutkan sel-sel kulit mati yang menempel di bagian wajah.

Nah salah satu penyebab kulit kasar adalah adanya sel kulit mati yang menumpuk di bagian wajah. Untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut gunakan buah belimbing sebagai masker secara rutin setiap harinya. bukan hanya menghaluskan, tetapi juga berkhasiat mencerahkan kulit wajah Anda dengan kandungan vitamin C-nya.

15. Menghilangkan bekas luka

Manfaat belimbing bagi kecantikan terakhir adalah mampu menghilangkan bekas luka. Flek hitam bekas luka di wajah dapat disebabkan karena adanya sel-sel kulit mati yang tertimbun pada bagian tersebut.

Buah belimbing diperkaya dengan kandungan vitamin C cukup tinggi, dimana kandungan vitamin C inilah yang mampu mengoptimalkan regenerasi sel-sel kulit baru pada bagian bekas luka tersebut. Maka dari itu hilangkan bekas luka Anda dengan masker belimbing.

Itulah beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan. Agar semua khasiat belimbing diatas bisa Anda dapatkan secara optimal, silahkan konsumsi dan gunakan buah tersebut secara rutin setiap harinya.

Demikian sajian informasi yang dapat saya sajikan di kesempatan kali ini. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang telah tersedia.


Semoga bermanfaat bagi Anda !

Share: