>

14 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Cepat dan Mudah

Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat
Sakit kepala sangat menyiksa

14 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Cepat dan Mudah – Apakah pernah Anda mengalami sakit kepala pusing? Sakit kepala sebenarnya merupakan sebuah gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan.
Munculnya sakit kepala dapat disebabkan karena banyak sekali faktor, mulai dari telat makan sampai dengan kondisi stres berat.

Sakit kepala tergolong sebagai gangguan kesehatan yang tidak serius, namun akan menjadi lebih serius apabila tidak Anda atasi secepatnya.

Untuk menghilangkan sakit kepala sebenarnya sangatlah mudah, tetapi sekarang ini masih banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi aspirin untuk menghilangkan sakit kepala tersebut.

Padahal jika Anda lebih tahu, konsumsi aspirin dalam jumlah yang besar akan sangat buruk bagi kesehatan organ ginjal. Sebab kandungan kimia dalam obat sakit kepala tersebut mampu merusak bagian nefron ginjal.

Macam-Macam Sakit Kepala

Sebelum mengatasi sakit kepala tersebut, alangkah lebih baik apabila Anda mengetahui macam atau jenis sakit kepala tersebut.

Pada dasarnya sakit kepala dapat dibedakan mejadi beberapa macam, antara lain sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala bagian belakang, sakit kepala vertigo, dan masih banyak lagi.

Mengetahui jenis sakit kepala sangatlah penting bagi Anda yang ingin mengatasi sakit kepala dengan obat. Karena biasanya obat diformulasikan secara khusus hanya untuk menghilangkan sakit kepala jenis tertentu. Akan tetapi untuk cara mengatasi sakit kepala secara alami, Anda tidak perlu melakukan pengobatan sesuai jenis sakit kepala tersebut.

Nah bagi Anda yang saat ini sedang mengalami pusing-pusing akibat dari gangguan kesehatan tersebut, berikut saya sajikan beberapa cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat dan mudah yang bisa Anda praktekan secara langsung.

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat
Cara menghilangkan sakit kepala dengan mudah
Jenis-jenis sakit kepala

1. Gunakan es batu

Tahukah Anda bahwa sebenarnya es batu sangatlah mujarab untuk menghilangkan sakit kepala berat? Es batu memiliki sifat yang sangat dingin, kandungan sifat dinginnya inilah yang bisa mengatasi sakit kepala Anda dengan cepat.

Untuk menghilangkan sakit kepala dengan es batu sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengosok-gosokan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu pada bagian belakang kepala.

2. Konsumsi banyak air putih

Tubuh kita pada dasarnya lebih dari 70 % tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan setiap harinya sangatlah penting untuk tubuh, salah satunya mampu mengoptimalkan sistem metabolisme.

Seperti yang telah saya lansir dari sebuah penelitian di Universitas of Chicago Amerika Serikat, konsumsi air putih minimal 8-10 gelas akan membantu seseorang mencegah dehidrasi, yang mana dehidrasi inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya sakit kepala.

3. Konsumsi kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Ada banyak sekali manfaat kandungan kalium bagi kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan sistem peredaran darah.

Apabila peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka secara otomatis sakit kepalapun dapat teratasi dengan mudah. Oleh sebab itu, menghilangkan sakit kepala dengan kentang sangatlah baik.

Usahakan mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya, sebab kandungan kalium paling tinggi ini terdapat pada kulit. Selain itu hindari menggoreng, cukup dibakar atau direbus saja.

4. Konsumsi buah pisang

Buah pisang mengandung senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain.

Maka dari itu, jika Anda mengalami sakit kepala sebelah atasi dengan cara mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya.

5. Konsumsi makanan yang mengandung mint

Sakit kepala dapat muncul salah satunya disebabkan karena maag dan telat mengonsumsi makanan. Untuk mengobati sakit kepala akibat maag ini tergolong berbeda dari jenis sakit kepala lainnya. Karena jika mengonsumsi obat yang salah, maag Anda akan semakin parah.

Solusinya Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung sneyawa mint. Tanda bahwa makanan tersebut mengandung mint adalah berasa semriwing dan segar.

6. Konsumsi kopi

Haa kopi? Mungkin sebagian besar dari kita akan merasa aneh apabila harus menghilangkan sakit kepala dengan konsumsi kopi. Akan tetapi percaya tidak percaya, inilah cara mengobati sakit kepala yang cukup efektif.

Menurut para ahli, kopi mengandung senyawa kafein yang cukup tinggi. kandungan senyawa kafeinnya ini dipercaya mampu menenangkan sistem saraf yang menegang akibat dari sakit kepala tersebut.

Akan tetapi janganlah Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, sebab hal tersebut akan membuat Anda susah tidur atau mengalami insomnia. Saran saya cukup konsumsi maksimal 2 gelas sehari saja.

7. Gunakan biji wijen

Biji wijen sangatlah terkenal dengan kandungan vitamin E di dalamnya. kandungan vitamin E inilah yang mampu mengatasi sakit kepala migrain yang Anda derita.

Tidak hanya menghilangkan migrain saja, tetapi kandungan magnesium tinggi pada makanan tersebut juga baik untuk menghilangkan sakit kepala bagian belakang.

Selain mengonsumsi biji wijen, Anda juga bisa mendapatkan asupan magnesium dari bahan-bahan alami lain, seperti minyak zaitun, gandum, 
kentang manis, dan masih banyak lagi.

8. Konsumsi lebih banyak ikan

Ikan merupakan salah satu sumber lemak omega 3 yang cukup tinggi, ada banyak sekali manfaat kandungan lemak tersebut. Mulai dari meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kanker otak, sampai dengan menghilangkan sakit kepala akibat tegangnya saraf.

Sebenarnya hampir semua jenis ikan itu baik Anda konsumsi, tetapi saran saya konsumsi ikan salmon dan makarel saja. Sebab dari banyaknya jenis ikan, hanya salmon dan makarel-lah yang mengandung senyawa mineral alami omega 3 tinggi.

9. Atasi dengan semangka

Tahukah Anda manfaat sebenarnya dari semangka? Buah yang segar dan 
kaya akan air ini ternyata mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. Selain kalium bermanfaat untuk sistem peredaran darah, kandungan tersebut juga sangat efektif untuk mengobati sakit kepala.

Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan konsumsi semangka merah dan kuning. Namun lebih lebih perbanyak konsumsi pada pangkal daging buah semangka tersebut. Sebab pada bagian itulah yang mengandung kalium cukup tinggi.

10. Lakukan peregangan (streching)

Streching merupakan aktivitas peregangan yang sangat baik untuk menenangkan saraf dari penegangan yang terjadi. Sehingga peregangan ini bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala.

Ada banyak sekali latihan peregangan yang bisa Anda lakukan, namun saya sarankan Anda melakukan yoga saja. Sebab selain Anda bisa melakukan streching, dengan yoga Anda juga bisa mendapatkan olahraga yang ringan dalam pembakaran lemak tubuh.

11. Perbaiki waktu tidur Anda

Salah satu penyebab munculnya sakit kepala adalah kurang tidur. Kondisi kurang tidur dapat menyebabkan penegangan pada bagian otot dan sistem saraf. Dari sinilah sakit kepala bisa muncul. Maka dari itu hindari tidak tidur sampai larut malam.

Menurut sebuah studi penelitian di University of Chicago dari Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur sama sekali selama minimal 3 hari, mereka lebih beresiko terkena berbagai macam penyakit.

Terutama penyakit-penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah, sperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Ada baiknya Anda memperbaiki kualitas tidur setiap harinya. Pastikan setiap hari Anda minimal tidur selama kurang lebih 8 jam. Apabila tidak bisa, silahkan Anda luangkan waktu setiap 5 jam sekali untuk tidur 30 menit saja.

12. Berbaring dengan kaki diatas

Inilah cara menghilangkan sakit kepala yang sering saya lakukan. tanpa bantuan obat, tanpa bantuan bahan alami, dan tanpa bantuan orang lain. cukup dengan berbaring dan meletakan kaki diatas selama 1 jam, sakit kepala Anda akan hilang dengan sangat mudah.

Setelah saya cari-cari disana-sini, ternyata memang benar cara tersebut sangatlah mujarab untuk mengatasi sakit kepala. Sebab dengan meletakan kaki diatas kepala (saat berbaring), peredarah darah dari bawah akan menuju dan mengisi pada bagian otak.

Akibatnya darah akan menjadi lebih lancar dan sakit kepala dapat hilang dengan sangat mudah sekali.

13. Hidarilah stres dan depresi

Stres merupakan sebuah kondisi ketidaknyamanan seseorang yang disebabkan karena banyaknya tekanan masalah hidup. Mulai dari masalah percintaan sampai dengan masalah pekerjaan. Dari stres inilah Anda akan lebih beresiko terkena sakit kepala.

Oleh sebab itu, saya sangat menyarankan bagi Anda yang ingin terhindar dari sakit kepala, cobalah untuk tidak dalam kondisi stres.

Namun jika sudah terserang sakit kepala, silahkan Anda atasi stres tersebut dengan berwisata bersama keluarga, curhat masalah kepada teman, dan masih banyak lagi.

14. Jangan melihat cahaya terlalu terang

Cahaya terang sangatlah buruk bagi kondisi sakit kepala Anda, sebab cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan saraf semakin menegang dan kaku. Bahkan cahaya yang terlalu terang juga akan mengakibatkan gangguan penglihatan mata Anda.

Usahakan ketika Anda mengalami sakit kepala hindari cahaya-cahaya terang seperti cahaya sinar matahari, cahaya sepeda motor, mobil, senter, dan masih banyak lagi. Akan lebih baik apabila Anda selalu berada di tempat yang gelap.

15. Tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan

Aktivitas fisik memang cukup baik bagi kesehatan tubuh, namun apabila aktivitas fisik tersebut dilakukan secara berlebihan akan menjadi bumerang bagi tubuh kita.

Karena pada dasarnya tubuh membutuhkan istirahat sejenak dari aktivitas fisik tersebut, jadi jika dipaksa akan menyebabkan munculnya masalah, salah satunya adalah sakit kepala.

Maka dari itu, cara mengobati sakit kepala terakhir ini saya sarankan Anda membatasi aktivitas fisik berlebihan. terutama aktivitas yang memerlukan kinerja otot secara maksimal.

Itulah beberapa cara meghilangkan sakit kepala yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Agar Anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal, saya sarankan untuk melakukan serangkaian tips diatas secara rutin setiap harinya.

Selain melakukan tips-tips mengatasi sakit kepala diatas, saya juga menyarankan Anda selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat atau program diet sehat. Sebab tanpa adanya dukungan pola hidup sehat, semua tips diatas tidak akan berdampak apapun pada diri Anda.

Demikian sajian informasi yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda, salam.



Bantu share guys... !

Share: