>

13 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan
Buah pepaya segar


13 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Khasiat buah pepaya yang paling terkenal adalah mampu melancarkan BAB. Akan tetapi tahukah Anda manfaat pepaya lebih dari itu?

Seperti yang kita ketahui bersama, pepaya merupakan tanaman yang banyak tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Tumbuhan pepaya tergolong mudah dalam pemeliharaannya, sebab tidak memerlukan banyak air untuk bisa tumbuh besar.

Sebenarnya baik buah, daun, ataupun batang tumbuhan pepaya itu memiliki manfaat yang besar. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengajak Anda untuk memahami lebih dalam mengenai manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan.

Nutrisi dan Kandungan Buah Pepaya

Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (yang terdiri dari 5 gram serat dan 18 gram gula), dan 2 gram protein. Selain itu buah pepaya juga mengandung vitamin C cukup tinggi, kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin sebesar 22-24 % sehari dalam tubuh Anda.

Adapun kandungan nutrisi buah pepaya antara lain seperti:

- Vitamin A
- Vitamin B
- Vitamin C
- Vitamin E
- Vitamin K
- Asam folat
- Magnesium
- Tembaga
- Asam pantotenat
- Fiber.3
- Alfa
- Beta karoten
- Lutein
- Zeaxanthan
- Kalsium
- Kalium
- Lycopene (antioksidan yang sering dikaitkan dengan manfaat tomat)

Kandungan-kandungan senyawa tersebutlah yang menjadikan manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan sangat besar. apa sajakah khasiat buah pepaya itu? untuk mengetahuinya langsung saja simak sajian informasi berikut ini.


Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jus buah pepaya bagi kesehatan
Jus buah pepaya itu menyehatkan
Manfaat buah pepaya bagi kesehatan sering dikaitkan dengan peningkatan sistem imun dan sistem pencernaan tubuh. Bahkan buah pepaya satu ini sering disebut-sebut sebagai buah yang baik untuk mendukung program diet sehat setiap harinya.

1. Bertindak sebagai anti inflamasi

Nyeri akibat peradangan dapat muncul kapan saja. Terlebih jika Anda mengalami rematik, osteoporosis, edema, dan sejenisnya maka peradangan tersebut akan mundah sekali menyerang.

Untuk mengurangi peradangan tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara rutin. kandungan enzim yang ada dalam buah satu ini dipercaya mampu meredakan adanya peradangan tersebut, seperti peradangan yang menyebabkan nyeri dan bahkan linu.

2. Dapat menguatkan sistem imun

Sistem imun merupakan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara rutin.

Menurut pendapat para ahli, kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta karoten dalam buah satu ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. terutama meningkatkan sistem imun dari serangan penyakit pilek, demam, flu, batuk, dan sejenisnya.

3. Menyehatkan dan menguatkan tulang

Manfaat buah pepaya bagi tulang juga tidak bisa kita anggap sepele lho guys, sebab buah satu ini mengandung vitamin K yang cukup tinggi. kandungan vitamin K tersebut sering dikaitkan dengan khasiat buah pepaya terhadap kekuatan tulang dari berbagai benturan.

Selain kandungan vitamin K tersebut, khasiat buah pepaya bagi tulang juga dapat berasal dari kandungan kalsiumnya yang tinggi. kandungan kalsium dalam buah pepaya bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menjaganya agar tetap sehat secara alami.

4. Baik untuk penderita penyakit diabetes

Banyak sekali masyarakat yang berfikir rasa manis dari buah pepaya dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara maksimal, padahal justru sebaliknya. Meski buah pepaya manis, tetapi buah satu ini tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Malahan, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah. sehingga buah pepaya sangatlah baik apabila dikonsumsi penderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 sekalipun.

5. Mampu mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit serangan jantung. Munculnya serangan jantung sering dikaitkan dengan adanya kadar natrium tinggi di dalam tubuh kita.

Untuk menurunkan kadar natrium tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya yang mengandung kalium cukup tinggi. sebab kandungan kalium selain melawan natrium, kandungan tersebut juga baik untuk merawat kesehatan jantung Anda secara alami dari dalam.

6. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Inilah manfaat buah pepaya yang sebenarnya. Sudah ada banyak sekali penelitian yang mampu membuktikan besarnya khasiat buah pepaya bagi sistem pencernaan, baik itu penelitian terdahulu maupun penelitian baru-baru ini.

Dengan kandungan papain dan serat yang cukup tinggi, buah pepaya mampu melancarkan sistem pencernaan secara optimal. Kita bisa mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan dengan konsumsi buah pepaya, adapun gangguan sistem pencernaan tersebut antara lain seperti susah BAB (sembelit), diare, disentri, dan masih banyak lagi.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Dengan menghaluskan buah pepaya dan menggunakannya sebagai salep pada bagian luka, dipercaya luka baru tersebut akan cepat sembuhnya. Khususnya untuk buah pepaya yang masih muda.

Menurut para ahli herbalis, buah pepaya mengandung enzim proteolitik chymopapain dan papain yang dipercaya mampu bertindak sebagai antiseptik pada luka. Sifatnya antiseptik inilah yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Tidak hanya berkhasiat untuk penyembuhan luka luar saja, tetapi kandungan senyawa tersebut juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka baring atau ulkus dekubitus.

8. Pencegahan asma

Khasiat buah pepaya berikutnya adalah mampu mencegah penyakit asma. Munculnya asma dapat disebabkan karena adanya peradangan pada bagian saluran sistem pernapasan dalam tubuh kita.

Menurut para ahli, peradangan tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten cukup tinggi, buah pepaya inilah makanan yang mengandung beta karoten cukup tinggi.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin terhindar dari asma, maka saya sarankan untuk mengonsumsi pepaya secara rutin.

9. Mencegah degenerasi makula

eaxanthin antioksidan pada buah pepaya yang cukup tinggi, dipercaya mampu mencegah munculnya degenerasi makula pada bagian organ mata. 

Munculnya degenerasi ini sangatlah buruk bagi kesehatan mata Anda, sebab akan menyebabkan rabun, katarak, dan bahkan munculnya kebutaan secara permanen.

Akan tetapi dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin, degenerasi makula bisa dicegah secara optimal. bahkan kandungan vitamin A yang tinggi juga dipercaya mampu mempertajam penglihatan mata Anda.

10. Mampu membantu menurunkan berat badan

Penurunan berat badan sangatlah identik dengan yang namanya program diet, salah satu menu diuet sehat yang bisa Anda konsumsi adalah buah pepaya. Kandungan serat terlarut yang cukuo tinggi, membuat khasiat buah pepaya dalam menurunkan berat badan sangatlah besar sekali.

Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin, minimal 3 jus setiap harinya, maka berat badan Anda akan berkurang dengan mudah tanpa harus melakukan program diet yang berat.

Khasiat Buah Pepaya Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Khasiat pepaya bagi kecantikan kulit dan rambut
Masker buah pepaya untuk kecantikan kulit dan rambut

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khasiat buah pepaya bagi kecantikan kulit dan rambut juga sangatlah besar. apa sajakah itu?

11. Menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban

Buah pepaya mengandung senyawa papain dan serat cukup tinggi, kandungan nutrisi inilah yang sangat baik untuk melarutkan sel-sel kulit mati yang menempel pada bagian kulit wajah.

Dengan mengelupasnya sel-sel kulit mati tersebut, maka kulit Anda akan jauh lebih halus. Untuk mendapatkan manfaat buah pepaya satu ini, silahkan gunakan masker pepaya secara rutin setiap harinya.

Tidak hanya mampu melarutkan sel kulit mati dan menghaluskan saja, tetapi kandungan folat yang tinggi dipercaya juga berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit secara optimal.

12. Mencegah penuaan dini

Ingin terlihat nampak lebih muda? Jika hal tersebut benar demikian, maka silahkan gunakan masker buah pepaya secara rutin. Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, buah pepaya sangatlah berkhasiat untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Adapun tanda-tanda penuaan dini yang bisa dicegah antara lain adalah keriput, kerutan, garis-garis, dan bahkan kulit lentur.

13. Melebatkan rambut dan menjaganyanya tetap lembab

Manfaat buah pepaya bagi kecantikan yang terakhir adalah mampu melebatkan rambut dan menjaganya tetap lembab. Manfaat satu ini didukung dengan adanya berbagai kandungan nutrisi di dalam buah pepaya.

Adapun kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti protein, asam folat, mineral alami, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin rambutnya tetap sehat dan cantik, gunakan hair mask dari daging buah pepaya secara rutin sehabis keramas.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan semua manfaat dan khasiat buah pepaya diatas, silahkan konsumsi buah tersebut secara rutin setiap harinya.

Semoga dapat bermanfaat guys... !

Share: