>

13 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat buah duku bagi kesehatan dan kecantikan
Khasiat buah duku bagi kesehatan dan kecantikan

13 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Kenal dengan buah duku? Buah satu ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku 
pembuatan puding, selai, dan bahkan dikonsumsi langsung sebagai pencuci mulut atau desert.

Buah duku mula-mula berwarna hijau, namun lama kelamaan akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Perubahan warna menjadi kuning merupakan pertanda bahwa buah tersebut sudah matang dan siap disantap.

Buah duku yang sudah matang memiliki rasa cukup manis. Apabila Anda merasakan buah duku pahit, berarti Anda telah mengigit biji yang terdapat di dalamnya.

Manfaat buah duku tidak hanya sebagai konsumsi makanan manis saja, tetapi dengan berbagai macam kandungan di dalamnya, khasiat buah duku bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah besar sekali.

Nutrisi dan Kandungan Buah Duku

Buah duku merupakan tanaman yang dapat tumbuh lebat di daerah sering hujan. Terutama di daerah Asia Tenggara, buah duku banyak sekali tumbuh. Bahkan sekarang sudah ada banyak sekali pengembangbiakan buah duku di Indonesia dan negara-negara tetangga lainnya.

Berasal dari jenis buah Meliaceae, khasiat buah duku sangatlah besar bagi kesehatan dan kecantikan. Khasiat tersebut tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. dalam 100 gram buah duku terdapat kandungan nutrisi:

-Kalori sebesar 7 kkal
-Zat besi sebesar 0.9 mg
-Protein sebesar 1.0 gram
-Karbohidrat sebesar 13 gram
-Lemak sebesar 0,2 gram
-Mineral alami sekitar 0,7 gram dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang meskipun duku terasa cukup manis, tetapi kandungan gula kalori dalam buah satu ini cukup rendah dari pada apel dan jeruk. Buah duku juga mengandung vitamin C dan E yang bersifat sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan lanzonesnya dipercaya mampu merawat sistem pencernaan tubuh kita agar lebih sehat dan bekerja secara optimal.

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi tersebut, mampu menjadikan manfaat buah duku bagi kesehatan dan kecantikan semakin besar. apa sajakah khasiat buah duku itu? untuk mengetahuinya berikut kami informasikan dalam 13 manfaat buah duku bagi kesehatan dan kecantikan dibawah ini.

Khasiat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Khasiat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan
Kandungan nutrisi buah duku
1. Sumber antioksidan cukup tinggi

Seperti yang telah saya ungkapkan diatas tadi, buah duku mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah senyawa yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab munculnya kerusakan pada jaringan ataupun sel-sel kulit.

Dampak buruk radikal bebas sangatlah penting untuk diperhatikan, sebab radikal bebas bisa menjadi pemicu munculnya kanker dan penyakit berbahaya dalam tubuh Anda. Adapun radikal bebas yang dapat dicegah dengan antioksidan tersebut antara lain seperti radikal bebas sinar UV, polusi udara, gelombang, radiasi, dan masih banyak lagi.

2. Mampu menguatkan gigi

Manfaat buah duku bagi gigi cukup besar, dipercaya kandungan fosfor dalam buah duku akan mampu menguatkan gigi dan mencegah keropos ataupun gigi berlubang. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan konsumsi buah duku secara rutin, akan membuat pertumbuhan gigi baru lebih cepat.

Akan tetapi khasiat buah duku bagi gigi ini tidak akan bekerja secara maksimal, apabila tidak Anda dukung dengan perawatan gigi secara rutin. Terutama perawatan mengenai kebersihan gigi tersebut.

3. Mampu menjaga kesehatan gusi

Manfaat duku yang mengandung vitamin C tidak hanya bertindak sebagai antioksidan saja, tetapi lebih dari itu kandungan vitamin C juga baik untuk merawat kesehatan gusi dan mencegah munculnya sariawan.

Bisa dikatakan manfaat buah duku satu ini hampir mirip dengan manfaat buah jeruk nipis “si ratuvitamin C” yang telah saya bahas kemarin. Maka dari itu, jika Anda mengalami gusi bengkak ataupun sariawan, konsumsi saja buah duku secara rutin setiap harinya.

4. Mampu meningkatkan sistem imun

Sistem imun sangatlah penting dalam tubuh Anda, sebab tanpa adanya sistem imun tubuh Anda akan sangat mudah sekali terserang penyakit.  Sebab sistem imun sendiri merupakan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, banyak sekali ahli menyarankan agar kita selalu mencukupi kebutuhan asupan vitamin, khusunya vitamin C dan E. nah untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut ada baiknya Anda mengonsumsi buah duku secara rutin.

5. Baik untuk program diet sehat

Siapa sangka dibalik rasanya yang cukup manis, buah duku mengandung kalori cukup rendah dan protein lumayan tinggi. Sehingga manfaat buah duku bagi diat sangatlah besar.

Selain itu, para ahli juga menyimpulkan kandungan senyawa mineral pada buah duku akan mampu meningkatkan produksi carnitine. Senyawa carnitine inilah yang mampu mengarahkan lemak jahat kedalam sistem metabolisme pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

Dengan demikian, mengonsumsi buah duku secara rutin akan membuat berat badan Anda semakin turun, sebab carnitine mampu membakar lemak dalam tubuh secara optimal.


6. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah duku selanjutnya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Khasiat duku satu ini muncul disebabkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Bahkan para ahli mengungkapkan kandungan serat dalam buah duku hampir sama besarnya dengan kandungan serat pada buah pepaya.

Tidak hanya kandungan serat saja yang menjadikan manfaat buah duku bagi pencernaan itu besar, tetapi kandungan mineral alami dan zat besi dalam buah satu ini dipercaya juga mampu mencegah kanker bagian organ sistem pencernaan Anda.

7. Mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat

Khasiat buah duku terkait dengan kolesterol juga tidak boleh kita anggap sepele. Dengan kandungan kolesterol baik yang tinggi, mengonsumsi buah duku secara rutin akan sangat berkhasiat untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda secara maksimal.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah duku secara rutin. dipercaya kandungan kolesterol baik tersebut akan membantu Anda dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

8. Mampu mengusir serangga

Memang manfaat buah duku sangatlah besar, akan tetapi selain buahnya Anda juga bisa mendapatkan manfaat besar dari kulitnya. Dipercaya kulit buah duku mampu mengusir segala macam serangga dan nyamuk yang ada di sekitar kita.

Caranya pun cukup mudah sekali, Anda tinggal membakar kulit buah duku kering tersebut dan meletakan pada bagian yang banyak serangga. Baunya yang khas akan membuat serangga kabur.

9. Mampu menyembuhkan demam

Tidak cukup hanya daun dan buahnya, Anda masih bisa mendapatkan manfaat duku dari bijinya. Meskipun biji buah duku terasa cukup pahit, akan tetapi kandungan mineral yang ada di dalamnya disinyalir mampu mengobati demam panas pada anak.

Caranya ambil biji buah duku secukupnya, kemudianb tumbuh sampai benar-benar halus. lalu campurkan tumbukan biji tersebut dengan air dan konsumsi air hasil rendaman tersebut maksimal 1 kali sehari saja.

10. Mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat buah duku tidak hanya bagi kesehatan tubuh saja, akan tetapi buah satu ini juga berkhasiat untuk merawat kesehatan  dan kecantikan kulit Anda.

Khasiat buah duku satu ini muncul karena adanya dukungan vitamin E. menurut para ahli kesehatan, kandungan vitamin E tersebut mampu mencegah kerusakan kulit, mencegah penuaan dini, sampai menghaluskan kulit secara alami.

11. Mampu mengatasi masalah jerawat

Baik buah, biji, ataupun kulit duku menurut para ahli herbalis mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial. Senyawa inilah yang mampu mengatasi jerawat akibat dari kuman ataupun bakteri pada bagian pori-pori kulit.

Dengan menggunakan masker buah duku secara rutin, maka wajah Anda secara bertahap akan terbebas dari masalah jerawat.


12. Mampu menjaga kelembaban rambut secara alami

Kecantikan tidak hanya terpancar dari kulit, namun dari rambutpun kecantikan secara alami bisa muncul. Untuk merawat kecantikan rambut, Anda dapat menggunakan hair mask dari buah duku.

Dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi, buah duku berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit kepala, mencegah kerontokan, dan bahkan menutrisi kulit kepala dari dalam.

13. Merawat kesehatan dan kecantikan kuku

Khasiat buah duku bagi kecantikan terakhir terkait pada kuku. Beberapa wanita mengaku setelah mengoleskan air buah duku, kuku mereka nampak lebih jernih dan berkilau secara alami.

Nah bagi Anda yang ingin merawat kuku secara alami, silahkan gunakan buah duku sebagai bahan perawatan kuku tersebut. baik untuk kuku tangan ataupun kuku pada bagian kaki Anda.


Itulah manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sampaikan. Agar semua khasiat buah duku diatas bisa diperoleh secara maksimal, saya sarankan Anda mengonsumsi buah tersebut secara rutin minimal 5 butir sehari.

Apabila ada yang belum jelas silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah. Semoga dapat bermanfaat guys... !




Share: