>

13 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Khasiat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan
Buah delima merah segar



13 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Khasiat buah delima sebenarnya telah diketahui sejak jaman dahulu kala. Terbukti buah yang berasal dari Timur Tengah ini banyak dikonsumsi sejak nenek moyang.

Ditanam di tanah yang gembur dan tidak banyak air, buah delima dapat dibagi menjadi 3 jenis yang berbeda. Ketiga jenis tersebut antara lain delima merah, delima putih, dan delima hijau.

Meskipun banyak jenisnya, khasiat buah delima untuk masing-masing jenis itu sama. Manfaat delima mungkin dikenal sekarang ini untuk salad dan jus. Akan tetapi sebenarnya manfaat buah delima tidak hanya itu saja.

Sudah banyak sekali pakar kesehatan dan ilmuwan yang mampu membuktikan besarnya khasiat buah delima, terutama manfaat buah delima merah. apa sajakah manfaat buah delima itu? berikut informasi selengkapnya yang telah saya lansir dari berbagai sumber terpercaya.

Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh kita
Jus buah delima menyehatkan tubuh

1. Baik untuk perawatan kesehatan gigi

Gigi berlubang dan gusi berdarah dapat disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada bagian mulut. Bakteri-bakteri ini semakin lama akan semakin membuat kesehatan gigi dan mulut Anda kurang baik.

Buah delima merupakan buah yang mengandung senyawa bersifat antibakterial dan antiseptik, sifatnya inilah yang cukup bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi rusak.

2. Mampu menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah delima terkait dengan kesehatan jantung sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan 2005, dimana saat itu ada 45 orang penderita jantung koroner yang amat parah.

Akan tetapi setelah mereka mengonsumsi jus buah delima, sistem peredaran darah menuju ke jantung menjadi lebih lancar. Sehingga mereka memiliki jantung yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Para ahli juga menambahkan, konsumsi jus merah delima secara rutin 1 gelas setiap harinya, akan membantu Anda mencegah serangan jantung.

Baca juga: 14 Manfaat daun delima bagi pengobatan

3. Mencegah penyakit stroke

Khasiat buah delima selanjutnya adalah mampu mencegah stroke. Studi penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 telah membuktikan, bahwa konsumsi 50 ml jus delima secara rutin akan menghindari adanya penyempitan pembuluh arteri dan bahkan mencegah tersumbatnya arteri.

Dengan adanya manfaat delima seperti ini, maka resiko stroke yang akan Anda dapatkan jauh lebih rendah dari pada masyarakat umumnya. Oleh sebab itu, konsumsilah jus buah delima minimal 50 ml sehari secara rutin.

4. Mencegah kanker, terutama kanker prostat

Kanker merupakan penyakit mematikan yang sudah banyak membunuh umat manusia, bahkan kanker bisa dikatakan pembunuh nomor dua setelah serangan jantung.

Buah merah delima mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, kandungan senyawa antioksidan inilah yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan pertumbuhan sel-sel kanker.

Studi kecil yang dilakukan pada tahun 2006, membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi 227 ml jus delima secara rutin, mereka memiliki resiko kanker prostat yang lebih kecil 30 % dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi jus tersebut.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sama halnya dengan manfaat buah pepaya, khasiat delima bagi pencernaan juga cukup besar. meski kandungan seratnya tidak setinggi pepaya, tetapi buah satu ini tergolong buah yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

Mengonsumsi 1 buah merah delima akan sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare , sembelit (susah BAB), dan masih banyak lagi.

6. Mencegah dan Mengatasi anemia

Munculnya anemia ditandai dengan kepala pusing dan badan selalu terasa lemas, gejala anemia ini muncul disebabkan karena tubuh kita kekurangan sel-sel darah merah.

Untuk meningkatkan produksi sel darah merah tersebut, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Salah satunya adalah buah merah delima.

Zat besi tersebut akan menjadi bahan baku pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh Anda, tidak hanya mengatasi anemia tetapi kandungan zat besi 
tersebut juga bisa mencegah munculnya anemia.

7. Mencegah kerusakan pada bagian tulang

Osteoarthritis, osteoporosis, dan sejenisnya merupakan penyakit tulang yang sering diderita banyak diantara kita, terutama ketika memasuki usaia 40 tahun keatas.

Namun menurut ahli, dengan mengonsumsi buah delima secara rutin berbagai macam penyakit tulang dan persendian tersebut nantinya bisa dicegah secara maksimal.

Sebab dalam buah delima mengandung berbagai macam mineral yang baik untuk tulang. Kandungan mineral tersebut antara lain seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

8. Mampu meningkatkan sistem imun

Manfaat delima bagi kesehatan satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Sama halnya seperti manfaat jeruk yang kaya vitamin C, buah delima sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Kandungan vitamin C pada buah delima cukup tinggi, yang mana kandungan vitamin tersebut cukup baik untuk meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh), terutama kekebalan tubuh terhadap penyakit ringan seperti flu dan batuk.

Khasiat Buah Delima Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat buah delima bagi kecantikan
Masker delima untuk wajah cantik alami

Sesuai yang telah saya landir dari Stylecraze.com, manfaat buah delima tidak hanya bagi kesehatan saja, tetapi khasiat delima untuk kecantikan kulit dan rambut juga cukup besar.

9. Menjaga tetap awet muda

Ingin tampil awet muda? Setiap orang pasti mendambakan awet muda. Untuk mewujudkan impian tersebut, Anda dapat mengonsumsi jus buah delima secara rutin setiap harinya.

Dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, maka berbagai radikal bebas penyebab kulit menua akan ditangkal secara maksimal. terutama radikal bebas dalam bentuk sinar UV yang biasanya menyebabkan munculnya kerutan, keriput, dan garis-garis.


10. Baik untuk kulit apapun

Baik kulit berminyak ataupun kering, buah delima akan membantu menjaga kesehatan kulit tersebut. molekul-molekul kecil yang ada dalam buah delima akan mampu menjaga kelembaban kulit kering.

Sebaliknya, kandungan mineral alami dan vitamin akan membantu Anda mengurangi minyak pada bagian wajah. dimana minyak tersebut sering dikaitkan sebagai penyebab dari munculnya jerawat dan komedo membandel.

11. Menjaga kekencangan kulit

Khasiat buah delima satu ini hampir sama dengan buah jambu, diperkaya dengan kandungan kolagen, buah delima sangatlah bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat buah delima satu ini, Anda dapat menggunakan buah delima sebagai masker wajah ataupun dengan mengonsumsinya secara langsung setiap hari.

12. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Tidak bisa dipungkiri, buah merah delima mengandung berbagai macam mineral yang cukup baik untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. 

Dengan terkelupasnya sel kulit mati ini, maka wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

Selain membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, penggunaan masker delima secara rutin juga sangat baik untuk mempercepat proses regerenasi sel-sel kulit yang baru di bagian wajah. sehingga kecantikan alami akan semakin terpancar dari dalam diri Anda.

13. Menjaga kesehatan alami rambut

Manfaat buah delima yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan alami rambut. khasiat delim satu ini mungkin tidak banyak yang orang yang mengetahui, namun sekarang sudah banyak produsen produk herbal perawatan rambut yang menggunakan ekstrak buah tersebut.

Menurut para ahli dan pakar kesehatan, buah delima mengandung berbagai macam mineral alami (essens) dan protein yang cukup baik untuk merawat kesehatan alami rambut. Mulai dari menghitamkan rambut, mengkilapkan rambut, sampai menjaganya tetap lembab.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan. Agar semua khasiat buah delima diatas bisa Anda dapatkan, silahkan konsumsi buah tersebut secara rutin setiap harinya.

Semoga bermanfaat guys...!



Share: