>

11 Manfaat Buah Durian Sebagai “The King of Fruit”

Manfaat buah durian bagi kesehatan dan kecantikan
Buah durian kualitas terbaik dan segar



Manfaat Buah Durian Sebagai “The King of Fruit”Guys, pernahkan kalian menikmati buah durian? Buah satu ini memiliki rasa dan aroma yang cukup khas, namun terkadang aroma yang kurang enak akan membuat siapa saja enggan untuk mengonsumsinya.

Sebenarnya jika Anda tahu khasiat buah duria, pasti Anda akan langsung mengonsumsi makanan satu ini setiap harinya. tapi tunggu dulu, beberapa ahli menyarankan jangan terlalu banyak konsumsi durian sebab akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Buah durian mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan tubuh kita dalam melakukan metabolisme, kandungan nutrisi yang lengkap inilah sering membuat durian diposisikan sebagai “The King of Fruit” atau rajanya buah-buahan. Apa saja kandungan buah durian?

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Tidak banyaknya yang suka buah durian, terkadang membuat mereka tidak mengetahui manfaat buah durian dari segi kandungan nutrisinya. Padahal kandungan gizi dan nutrisi buah durian itu cukup besar, antara lain seperti:

- Karbohidrat
- Kalsium
- Protein
- Lemak tak jenuh (lemak baik)
- Vitamin B dan C
- Fosfor
- Kalium
- Thiamin
- Magnesium
- Polyfenol
- Omega 3 dan 6
- Antioksidan

Kandungan buah durian seperti diatas sangatlah diperlukan oleh tubuh kita ketika melakukan metabolisme, sebab tanpa adanya nutrisi seperti diatas tubuh kita mustahil bisa melakukan metabolisme.

Selain bermanfaat bagi metabolisme, kandungan-kandungan nutrisi diatas juga cukup bermaanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit. Apa saja manfaat buah durian sebagai “The King of Fruit” itu? berikut informasi selengkapnya mengenai hal tersebut.

Penelitian Terkait Khasiat Buah Durian

Manfaat-manfaat buah durian telah terbukti secara klinis melalui berbagai macam penelitian yang telah dilakukan. Diantaranya seperti:

1. Penelitian Ohio State University

Penelitian pertama ini membuktikan bahwa kandungan phyto nutrien pada buah durian cukup tinggi sekali. kandungan tersebut mampu mematikan sel kanker, mencegah diabetes, dan bahkan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Selain itu dalam penelitian tersebut para ahli juga mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C pada durian cukup tinggi, setidaknya sekitar 200 mg untuk setiap 100 gram sajian buah durian.

2. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo

Penelitian yang dilakukan kedua ini mampu membuktikan bahwa dalam buah durian terkandung zat phytosterol yang sangat mujarab untuk mematikan pertumbuhan sel-sel tumor di dalam tubuh kita. bahkan mereka juga menambahkan konsumsi 100 gram daging buah durian setiap hari akan membantu menekan resiko kanker sebesar 30 %.

3. Penelitian di Thailand tahun 2007

Dalam upaya pengembangan varietas unggulan buah durian di Thalind, para peneliti melakukan persilangan antara durian berbau menyengat dengan durian berbau kurang menyengat.

Dalam penelitian tersebut para ahli di Thailand berpendapat bahwa semakin baunya menyengat, maka durian tersebut semakin berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Durian Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat jus buah durian bagi kesehatan
Jus durian menyehatkan
1. Sumber energi yang cukup tinggi

Buah durian mengandung kalori yang agak sedikit besar, yakni sekitar 357 kalori per satu porsi durian. Kandungan kalori tersebut sangatlah baik untuk menambah energi harian kita.

Tidak perlu takut tubuh akan gemuk (obesitas) setelah mengonsumsi buah satu ini, sebab kandungan lemak pada durian sebenarnya cukup rendah, hanya 13 gram per porsi  atau sekitar 33 kalori saja.

Selain itu kandungan lemak tersebut juga termasuk lemak tak jenuh (lemak baik), sehingga sangatlah bermanfaat untuk melawan lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita secara maksimal.

2. Sumber karbohidrat yang tinggi

Khasiat buah durian selanjutnya adalah sumber karbohidrat yang cukup tinggi. kandungan karbohidrat pada buah durian sekitar 130 gram dalam satu cangkir sajian buah durian matang. Kandungan tersebut mencukupi kebutuhan energi sekitar setengah persen untuk setiap harinya.

Saat mengonsumsi satu cangkir durian, saya sarankan Anda membatasi konsumsi makanan berkarbo lainnya. sebab kandungan karbohidrat durian sendiri sudah cukup tinggi, apabila nanti Anda mengonsumsi makanan lain berkarbo lagi, maka akan menyebabkan bertambahnya berat badan.

Sebagai penyeimbang karbohidrat tersebut, silahkan Anda mengonsumsi banyak makanan-makanan berserat tinggi. seperti buah-buahan, sayur, ataupun kacang-kacangan.

3. Membangun sel-sel tubuh agar lebih baik lagi

Buah durian mengandung senyawa protein yang cukup tinggi, tepatnya satu porsi cangkir daging buah durian mampu menyajikan 3,6 gram protein setiap harinya. atau dengan kata lain kandungan tersebut mampu mencukupi kebutuhan protein sekitar 6,4 – 7,8 % setiap harinya.

Seperti kita ketahui bersama, protein sangatlah baik untuk mengoptimalkan regenerasi sel-sel baru di dalam tubuh (pembangun). Sehingga protein tersebut akan sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan diet ataupun pembentukan masa otot.

Akan tetapi jangan konsumsi durian terlalu banyak, sebab menurut salah satu studi yang diterbitkan Mei 2010 dari American Journal of Gastroenterology, kandungan protein pada durian dapat menyebabkan munculnya resiko terkena sindrom iritasi usus besar.

4. Meningkatkan imun (sistem kekebalan tubuh)

Sistem imun merupakan salah satunya pertahanan tubuh yang paling efektif dalam menangkis berbagai pengaruh buruk radikal bebas penyebab penyakit. Untuk meningkatkan imun, Anda dapat mengonsumsi buah durian.

Sebab dalam satu cangkir buah durian ini mengandung sekitar 80 % vitamin C, kandungan vitamin inilah yang mampu meningkatkan sistem imun dengan membentuk layaknya antioksidan.

Bahkan jika dikonsumsi secara teratur, kandungan vitamin C tersebut juga mampu mebentuk kolagen yang bermanfaat menjaga kekencangan kulit Anda.

5. Mampu mengatasi anemia

Inilah khasiat buah durian yang sebenarnya. buah satu ini mengandung mineral alami yang cukup lengkap, kandungan mineral tersebut tersedia mulai dari zat besi, tembaga, sampai dengan mangan.

Kandungan-kandungan mineral tersebut menurut para ahli sangatlah baik untuk pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh, sehingga cukup efektif untuk mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.

Namun menurut DR. OZ, mengonsumsi durian dalam jumlah yang besar juga sangatlah tidak baik bagi kesehatan. sebab kandungan mineral tersebut (khusunya zat besi) dalam jumlah besar akan menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sangat disarankan jika ingin mendapatkan manfaat buah durian tersebut, mengonsumsinya cukup satu cangkir sehari saja.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Natrium dalam tubuh yang cukup tinggi sangatlah tidak baik, karena kandungan tersebut dapat menyebabkan terganggunya detak jantung. Anda dapat menurunkan kadar natrium tersebut dengan konsumsi buah durian.

Dalam satu cangkir daging buah durian mampu menyediakan asupan kalium yang cukup tinggi, nah kandungan kalium inilah yang bermanfaat melawan natrium berlebihan. sehingga dengan mengonsumsi buah durian secara rutin, maka Anda akan terbebas dari penyakit jantung.

7. Mengatasi insomnia

Apakah Anda susah tidur setiap malam? Jika iya, berarti Anda mengalami insomnia. Atasi gangguan susah tidur dengan mengonsumsi buah durian. 

Dipercaya kandungan Triptopan tinggi pada buah durian tersebut sangatlah baik untuk memberikan Anda tidur yang nyenyak.
8. Mampu menjaga kesehatan saraf

Manfaat durian yang satu ini cukup mengejutkan sekali. Buah durian mengandung tiamin yang cukup tinggi, kandungan tersebut mampu menyediakan kebutuhan tiamin sebesar 30 % setiap harinya.

Dengan mengonsumsi daging buah durian secara teratur, maka kesehatan sistem saraf Anda akan semakin terjaga dengan baik. selain itu kandungan tiamin tersebut juga berkhasiat untuk mengoptimalkan penyerapan karbohidrat di dalam tubuh Anda.

9. Meningkatkan kecerdasan

Kecerdasan seseorang akan meningkat apabila mereka mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat. Ada banyak sekali makanan yang mengandung asam folat, antara lain seperti telur, kacang ijo, kacang kedelai, buah pepaya, dan buah durian ini.

Dalam satu porsi durian mampu menyajikan 20 % dari kebutuhan asam folat harian Anda. Tidak hanya mampu meningkatkan kecerdasan orang dewasa saja, tetapi kandungan tersebut juga baik untuk meningkatkan kecerdasan janin yang ada di dalam kandungan.

10. Mampu cegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel secara abnormal, sebenarnya manusia semuanya memiliki sel kanker tetapi hanya saja masa aktif sel tersebut masing-masing berbeda.
Untuk mencegahnya konsumsilah durian secara rutin, diperkaya dengan antioksidan buah satu ini mampu menangkal radikal bebas penyebab munculnya kerusakan sel yang berujung pada kanker mematikan.

11. Mampu membunuh kuman dan bakteri

Manfaat buah durian yang terakhir adalah mampu membunuh kuman dan bakteri. Ini terjadi karena buah durian mengandung senyawa yang bersifat antibakterial dan antiseptik.

Manfaat dari antibakterial itu sendiri adalah membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam perut dan usus, yang mana biasanya bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan.

Cara Konsumsi Durian yang Baik dan Sehat

Memang manfaat durian sangatlah besar sekali, tetapi jika Anda mengonsumsiu durian tidak sesuai dengan aturan, tubuh Anda malah terkena imbas efek samping. Seperti hipertensi, kegemukan, obesitas, dan masih banyak lagi.

Anjuran konsumsi durian: maksimal 100-200 gram setiap hari.

Itulah sajian informasi singkat seputar manfaat buah durian sebagai “The King of Fruit” yang sangat fenomenal. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan informasi bagi Anda.


Apabila ada yang kurang jelas, silahkan disampaikan melalui kolom kementar di bawah. Selamat mencoba guys... !

Share: