12 Obat Batuk Alami untuk Anak dan Dewasa Paling Ampuh

obat batuk alami untuk anak dan dewasa

Obat Batuk Alami – Selain flu, batuk juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja dengan mudah. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang, banyak sekali orang yang mengalami batuk. Apapun itu jenisnya, yang jelas batuk sangatlah mengganggu sehingga mau tidak mau membuat kita ingin segera cepat-cepat mengobatinya.


Sebetulnya batuk adalah respon alami dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing. Misal seperti virus, debu, lendir, dan masih banyak lagi. Hingga sekarang pun, belum ada obat batuk yang dapat menghentikan gejala tersebut. Yang harus kita lakukan ketika batuk ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa obat batuk alami yang mungkin saja bisa membantu.

Obat Batuk Tradisional untuk Anak-anak dan Dewasa yang Aman

Bahan alami dipilih karena selain aman, bahan ini juga sangat mudah sekali untuk kita buat sendiri di rumah. Oleh sebab itu, obat batuk herbal atau alami sangat cocok untuk segala usia, mulai anak-anak hingga dewasa.

1. Jeruk nipis

Berbicara mengenai pengobatan alami, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jeruk nipis. Buah pemilik nama latin Citrus aurantifolia ini telah banyak digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk salah satunya obat batuk tradisional. Ia memiliki kandungan minyak atsiri dan berbagai zat penting yang dapat melemaskan otot-otot saluran pernafasan.

Selain itu, jeruk nipis juga mampu mengatasi suara serak yang disebabkan karena batuk itu sendiri. Kombinasikan dengan kecap untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun apabila tidak suka, mencampurnya dengan madu juga bisa menjadi alternatif pilihan. Langsung saja simak cara membuatnya berikut ini.

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap:
  • Peras setengah jeruk nipis kemudian campurkan bersama dengan kecap sebanyak 2 sendok makan. 
  • Atau jika tidak suka bisa mengganti kecap dengan madu.
  • Tambahkan 100 ml air hangat. Selanjutnya minum selagi masih hangat 2-3 kali sehari. Biasanya dalam 2 hari saja batuk Anda sudah akan berkurang.

2. Rampah alami (jahe, kunyit, dan kunir)

obat batuk tradisional untuk anak dan dewasa

Rempah alami yang ada di dapur seperti jahe, kunyit, dan kunir berkhasiat untuk menghambat kontraksi saluran pernafasan. Jahe mengandung anthihistamin yang dapat membantu mengobati asma dan batuk kering. Sedangkan kunyit dan kunir memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Cara mengobati batuk dengan jahe alami:
  • Rebus beberapa potong jahe dengan menggunakan 300 ml air. Tunggu sampai mendidih dan menyisakan setengahnya.
  • Tambahkan garam seperlunya. Lalu minumlah selagi masih hangat secara rutin.

Cara mengobati batuk dengan kunyit alami:
  • Dilansir dari lifestyle.okezone, haluskan sepotong kunyit kecil kemudian campurkan kedalam segelas susu hangat.
  • Tambahkan satu sendok teh gula atau madu. Kemudian minumlah selagi masih hangat.
  • Note: Ingat, setelah minum ramuan ini sebaiknya Anda tidak minum air putih dulu. Agar kandungan senyawa dalam kunyit bekerja dalam mengobati batuk.

Cara mengobati batuk dengan kencur alami:
  • Perut kencur seperlunya bersama dengan jahe (opsional). Tambahkan sedikit garam agar meningkatkan khasiat senyawa dari kedua rempah tersebut.
  • Campurkan bahan yang sudah Anda persiapkan tadi kedalam satu gelas air hangat. Selanjutnya minumlah selagi masih hangat minimal 2x sehari.

3. Belimbing wuluh

Satu lagi obat batuk tradisional yang memiliki rasa asam seperti nipis. Yup, belimbing wuluh. Jangan salah, dibalik rasa masamnya ini ia mengandung senyawa seperti antibakterial, antioksidan, dan bahan aktif yang dapat menenangkan tenggorokan yang gatal akibat gejala batuk. Kombinasikan dengan madu atau kecap manis untuk memperoleh hasil terbaik.

Cara menyembuhkan batuk dengan belimbing wuluh:
  • Sediakan kecap manis, madu, dan belimbing wuluh segar seperlunya.
  • Gerus belimbing wuluh dengan menggunakan sendok sampai halus. Lalu masukan kedalam gelas yang sudah berisi kecap manis dan madu.
  • Minumlah sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok. Minum obat batuk alami ini 2x sehari.
  • Selengkapnya manfaat belimbing wuluh.

4. Asam jawa dan gula merah

Dilansir dari diethealthclub.com, kandungan utama dari asam jawa ialah acid. Yang mana menurut penelitian kandungan acid tersebut dapat membantu mengobati batuk, pilek, demam, dan kembung akibat masuk angin. Biasanya orang jaman dulu membuat obat batuk tradisional dari asam Jawa dengan mencampurkannya bersama dengan gula merah. Berikut caranya.

Cara menghilangkan batuk dengan asam jawa alami:
  • Sediakan sebanyak 10 gram daging asam jawa, gula merah seperlunya, dan air hangat satu gelas.
  • Seduh asam jawa dan gula merah tadi dengan menggunakan segelas air hangat. Jangan lupa aduk-aduk agar tercampur secara merata.
  • Minumlah obat batuk tradisional ini secara rutin minimal 1x sehari.

5.  Kulit jeruk mandarin

obat batuk tradisional untuk anak dan dewasa

Mulai sekarang ketika makan jeruk jangan buang kulitnya. Sebab ia mengandung anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kandungan minyak essensial d-limonene yang ada didalamnya sangat berkhasiat untuk menetralkan asam lambung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meredakan batuk kering. 

Selain itu menurut penelitian, konsumsi kulit jeruk pada penderita obesitas juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula berlebih ke angka normal.


Cara meredakan batuk dengan kulit jeruk alami:
  • Rebuslah 5 gram kulit jeruk mandarin yang sudah dikeringkan dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan segelas.
  • Tambahkan madu secukupnya agar rasanya tidak hambar. Setelah itu minumlah selagi masih hangat secara rutin minimal 2x sehari agar cepat sembuh.

6. Lada hitam dan madu alami

Lada hitam menurut situs be4tea dapat memperbaiki sirkulasi darah, berperan sebagai anti depresi, meningkatkan sistem pencernaan, dan mengurangi risiko kanker usus besar. Tak hanya itu, rasa pedas yang ditimbulkan setelah mengonsumsi lada hitam juga dapat membantu mengurangi dahak di tenggorokan sekaligus memberikan rasa lega di saluran pernafasan.

Cara mengobati batuk berdahak dengan lada hitam:
  • Haluskan beberapa butir lada hitam. Lalu letakkan pada sendok.
  • Tambahkan beberapa tetes madu hingga agak encer.
  • Minumlah sedikit demi sedikit agar tidak terlalu pedas.
  • Biasanya dalam  waktu 1-2 hari saja dahal di tenggorokan sudah banyak berkurang.

7. Larutan garam hangat

Dikutip dari NY Times, Minggu (11/03/2018), larutan garam dapur hangat bersifat menarik cairan, dengan demikian dapat membantu menarik cairan berlebihan yang ada di bagian tenggorokan. Tidak hanya mengeluarkan dahak saja, tapi garam juga dapat mengurangi radang tenggorokanakibat batuk.

Cara mengobati batuk berdahak dengan larutan garam:
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, dokter dari Mayo Clinic menyarankan agar satu sendok teh garam dilarutkan kedalam satu cangkir air hangat.
  • Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur sehari minimal 3x. Ingat, setelah berkumur sebaiknya buang airnya.
  • Selengkapnya: obat sakit gigi dari garam.

8. Daun kemangi
Biasanya daun kemangi sering kita gunakan sebagai lalapan ketika makan sate, ayam bakar, atau lele. Selain dapat membantu mengharumkan bau nafas, kandungan beta karoten tinggi dalam kemangi juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, tentunya batuk pilek yang Anda alami akan segera sembuh.

Cara menyembuhkan batuk dengan daun kemangi:
  • Siapkan sebanyak 2-3 gelas air putih dan 4 lembar daun kemangi.
  • Rebus semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi menjadi satu.
  • Minumlah rebusan daun kemangi ini selagi masih hangat agar segera sembuh.

9. Jus nanas

Sebuah penelitian membuktikan bahwa jus nanas dapat membantu menurunkan lendir atau dahak lima kali lipat lebih besar dibandingkan dengan obat batuk sirup apapun itu. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelamin, yaitu enzim yang dapat membantu melawan inflamasi dan membunuh bakteri di tenggorokan.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh De Pharma Chemica tahun 2010, ternyata campuran antara jus nanas dengan cabai, garam, dan madu berkhasiat mengurangi lendir yang ada di paru-paru. Cara membuatnya sangatlah mudah sekali, berikut langkah-langkahnya.
  • Haluskan buah nanas matang seperlunya dengan blender. Selanjutnya tambahkan garam, cabai, dan madu sesuai selera.
  • Minumlah obat batuk alami ini secara rutin sehari minimal 1x agar lekas sembuh.

10. Daun kayu putih

Berbicara mengenai obat batuk herbal, tanaman kayu putih biasanya diambil minyaknya kemudian digunakan untuk minyak telon yang sifatnya menghangatkan. Namun ternyata seperti yang dilansir dari situs vemale, daun kayu putih juga efektif untuk menyembuhkan batuk kering lho. Ini terjadi karena daun kayu putih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Cara mengobati batuk dengan daun kayu putih alami:
  • Sediakan 10 gram daun kayu putih yang masih segar/baru dipetik.
  • Rebus daun tadi dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa segelas.
  • Minumlah ramuan herbal ini selagi masih hangat secara rutin.

11. Daun sirih

obat batuk tradisional untuk anak dan dewasa

Daun sirih cocok untuk obat batuk pilek anak. Obat batuk ini sebenarnya sudah turun temurun sejak dulu. Namun karena tidak dilestarikan sehingga tidak banyak orang yang tau. Daun sirih mampu mengembalikan sistem kekebalan tubuh, mengurangi dahak, dan mencegah iritasi berlebihan. Ketika anak sedang sakit batuk pilek cobalah untuk menggunakan obat satu ini, dijamin sembuh.


Cara mengobati batuk anak dengan daun sirih:
  • Ada dua cara, yang pertama ialah dengan mengoleskan minyak kayu putih ke daun kemudian menempelkan ke dada si kecil.
  • Yang kedua ialah dengan merebus daun sirih kemudian mengonsumsi air rebusannya. Jangan lupa tambahkan madu agar si kecil menyukai rasanya.

12. Istirahat cukup

Sebenarnya batuk akan sembuh sendiri seiringan dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Istirahat bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh kita. Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak istirahat ketika Anda mengalami batuk pilek.

Usahakan dalam sehari Anda istirahat tidur tidak kurang dari 8 jam. Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi air putih agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga dengan baik. Idealnya kita disarankan oleh para ahli agar minum paling tidak 2 liter dalam 24 jam.

Pada dasarnya batuk akan sembuh dalam waktu 2-3 mingguan. Namun apabila lebih dari tiga minggu sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. 

Sekian postingan kali ini mengenai obat batuk alami untuk anak dan dewasa yang bisa kami sajikan. Jika ada yang masih kurang jelas langsung saja sampaikan di kolom komentar bawah. Jangan lupa share ya. 

Baca juga: beda batuk beda obatnya