8 Penyakit Berbahaya yang Wajib Kamu Waspadai Saat Berusia 20-30 Tahun

penyakit berbahaya

Penyakit Berbahaya – Bila mengingat setahun belakangan, negeri kita dikejutkan dengan meninggalnya seorang penyanyi muda berbakat, Mike Mohede. Bagaimana tidak? Saat menghembuskan nafas terakhirnya lalu pada 31 Juli 2016, usia Mike masih 33 tahun. Masih cukup muda sekali bukan?


Dari peristiwa tersebut kemudian banyak anak muda yang dapat mengambil pelajaran, bahwa penyakit tidak hanya sepenuhnya milik orang tua, karena yang masih muda saja bisa terkena serangan jantung. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk antisipasi sejak dini agar tidak terkena penyakit berbahaya.

Selain penyakit jantung, ada penyakit berbahaya lain yang mengintai orang-orang dengan rentan usia 20 sampai 30 tahunan dan juga wajib dikenali oleh kamu yang masih muda. Sebelum terucap kata terlambat, sebaiknya kenali beberapa penyakit berbahaya yang berisiko menyerang anak muda berikut ini.

Penyakit Berbahaya yang Wajib Diwaspadai Ketika Usia Muda

1. Penyakit jantung

penyakit berbahaya serangan jantung


Banyak yang beranggapan kalau serangan jantung hanya akan menyerang para orang tua saja. Padahal, anak muda pun bisa terkena penyakit berbahaya ini. Buktinya saja Alm Mike Mohede yang merupakan penyanyi jebolan Indonesia Idol dengan usia 33 tahun meninggal karena penyakit satu ini.

Penelitian sebenarnya sudah banyak mengungkapkan bahwa anak muda sekarang lebih berisiko terkena serangan jantung, terutama untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi dengan jenis kelamin laki-laki. Penyebabnya tak lain ialah pola hidup kurang sehat yang banyak anak muda saat ini jalani.

Belum lama ini, sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan jurnal Circulation, dilakukan dengan memeriksa 730 sampel mayat remaja dan yang masih berusia muda, para peneliti tadi menemukan bahwa adanya sumbatan di bagian arteri koroner dikarenakan kolesterol yang menumpuk. Hal ini menunjukan bahwa pencegahan penyakit jantung sebaiknya dilakukan sejak usia dini atau anak-anak.

2. Penyakit diabetes

penyakit berbahaya diabetes

Gaya hidup yang tidak sehat di era modern seperti sekarang memang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kronis satu ini. Diabetes merupakan penyakit yang mengakibatkan penderitanya tidak bisa memecah glukosa dalam darah. Tubuh membutuhkan suntikan insulin dan tes darah seumur hidup agar tidak mengalami komplikasi yang berbahaya.


Dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, jumlah dari penyakit berbahaya ini meningkat hingga 5 kali lipat. Dari 450 ribu orang yang didiagnosa menderita diabetes, ternyata sebagian besar berasal dari anak muda dengan rentan usia 20-30 tahunan. Tentunya angka ini termasuk kabar yang mengkhawatirkan bagi kamu anak muda.

3. Penyakit Chron

penyakit berbahaya chron

Apakah belakangan ini perutmu sering terasa sakit? Jika iya, coba konsultasikan ke dokter karena mungkin kamu menderita penyakit Chron. Pasien yang didiagnosa menderita Chron rata-rata berusia 15-30 tahunan.


Chron sendiri merupakan penyakit yang mengakibatkan gangguan inflamasi kronis yang cukup menyakitkan di bagian saluran pencernaan. Jenis penyakit radang usus ini memiliki gejala yang berbeda-beda. Mulai dari kembung, diare, maag, hingga nyeri usus.

4. Penyakit MS (Multiple Sclerosis)

penyakit berbahaya MS


Penyakit berbahaya ini lebih dikenal dengan sebutan MS. Multiple Sclerosis merupakan gangguan neurologis kronis yang menyerang sistem saraf pusat manusia. Penyakit ini seringsekali diderita oleh para pemuda seusia kita.

Gejala yang paling umum ialah mudah merasa lelah, merasakan kelemahan, mati rasa, dan penglihatan yang kabur. Jika kamu mengalaminya lebih baik periksakan diri ke dokter secepatnya agar tidak terlambat.

5. Penyakit Lupus

penyakit berbahaya lupus

Jika serangan jantung banyak menyerang laki-laki, lain halnya dengan penyakit lupus yang banyak menyerang remaja perempuan. Sudah hampir 5 juta orang (90%nya perempuan) yang tersebar diseluruh dunia terkena lupus. Maka dari itu, kamu para remaja perempuan sebaiknya waspada sejak dini.


Dari angka tersebut, salah satunya ada nama Selena Gomez yang sempat menjalani kemoterapi untuk mengobati penyakit ini ketika usianya menginjak 23 tahun. Gejala penyakit lupus sendiri cukup beragam. Mulai dari sensitif terhadap sinar matahari, nyeri sendi, hingga gagal ginjal.

6. Penyakit Psoriasis

penyakit berbahaya psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit berbahaya yang muncul dengan gejala kulit bersisik dan berwarna merah. Gejala ini muncul disebabkan karena ada percepatan proses pergantian kulit. Secara umum, psoriasis akan menyerang diusia remaja atau awal 30 tahunan. Tetapi, terkadang psoriasis juga bisa terjadi ketika kamu berusia 50 atau 60 tahunan.


Faktor keturunan sering dianggap sebagai penyebab penyakit berbahaya ini. Selain itu, ada pula faktor lain yang ditandai sebagai penyebab dari psoriasis. Diantaranya seperti cedera pada kulit, radang tenggorokan, efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, dan juga asap rokok. Hati-hati ya.

7. Penyakit Graves

penyakit berbahaya graves


Penyakit berbahaya selanjutnya ialah Graves. Penyakit ini menyerang bagian sistem kekebalan tubuh kita yang mengakibatkan kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang berlebihan.

Orang yang menderita penyakit Graves dan masih berusia muda, biasanya akan mengalami gejala seperti susah berkonsentrasi, insomnia (susah tidur), kelelahan, lemas otot, dan denyut jantung yang tidak beraturan.

8. Penyakit Asam Urat

penyakit berbahaya asam urat


Di negara Inggris, kasus penderita asam urat sudah meningkat dua kali lipat dalam satu dasawarsa terakhir. Dokter mengungkapkan bahwa sebagian besar penderita asam urat di usia muda disebabkan karena obesitas dan indikasi diabetes tipe 2.

Sebelumnya, mereka memang dianggap masih terlalu muda untuk menderita penyakit asam urat. Akan tetapi, semenjak tahun 2012, penderita penyakit berjuluk gout diusia 20-30 tahunan ini melonjak sebesar 30 persen. Meski banyak yang mengabaikan, tapi tak sedikit pula anak muda yang mencari obat asam urat.

Berusia muda, bukan berarti aman dari segala penyakit yang ada saat ini. Pola hidup yang kurang sehat merupakan alasan utama anak muda saat ini banyak yang terserang penyakit berbahaya seperti diatas. Jika tidak ingin memiliki nasib serupa dengan mereka, sebaiknya lakukan pencegahan sejak sedini mungkin.

Itulah sajian informasi mengenai penyakit berbahaya yang menyerang diusia 20-30 tahunan. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan bagi kamu, terutama dalam menjaga kesehatan. Salam.