>

23 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dengan Cepat Terbukti

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Munculnya bau mulut tentu tidak kita inginkan. Apalagi ketika kita sedang berbicara dengan orang lain. Siapa sih yang tahan berbicara dengan orang yang memiliki napas bau? Bau mulut ini pastinya menjadi masalah yang cukup serius, karena jika dibiarkan justru akan semakin parah dan membuat lawan bicara kita merasa kurang nyaman. Jika sudah tidak nyaman, maka rasa percaya diri pun dapat turun dan akhirnya merusak segalanya.

Untuk mengetahui apakah nafas Anda bau atau tidak bisa dilakukan dengan menjilat kulit tangan kemudian membiarkannya sampai kering. Ciumlah area yang Anda jilat tadi. Jika baunya kurang sedap maka ada masalah dari mulut Anda. Ada beberapa penyebab bau mulut yang umumnya dialami oleh banyak orang seperti jarang sikat gigi, makanan yang dikonsumsi, gigi berlubang, gusi bengkak, dan lainnya. Tenang, berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Cara Mengatasi Bau Mulut Busuk dengan Cepat Secara Alami

1. Air garam epsom

cara menghilangkan bau mulut secara alami 

Tahukah Anda dengan garam epsom? Garam ini berbeda dengan garam dapur yang biasa kita jumpai. Garam epsom merupakan garam yang mengandung magnesium dan sulfur yang bermanfaat bagi tubuh seperti kontrol otot, impuls listrik, dan detoksifikasi racun dalam tubuh.

Selain itu, garam epsom juga mengandung antibakterial yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut yang cukup membandel. Garam ini bisa kita dapatkan dengan mudah di apotik-apotik terdekat. Namun bila tidak ada, Anda pun bisa membelinya secara online melalui olshop.

Cara menghilangkan bau mulut dengan garam epsom:
  • Larutkan satu sendok teh garam epsom kedalam segelas air hangat.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur sehabis makan atau gosok gigi.
  • Lakukan perawatan seperti ini minimal sehari sekali.
Note: ingat, garam epsom tidak untuk dikonsumsi artinya bukan untuk dimakan. Karena garam ini berbeda dengan garam dapur pada umumnya.

2. Daun jambu biji

Masih belum banyak yang tahu kalau sebenarnya daun jambu biji memiliki manfaat luar biasa dalam urusan mulut dan gigi. Ia memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakterial yang berperan dalam mengatasi bau nafas, gusi bengkak, gigi berlubang, hingga yang paling parah radang tenggorokan.

Daun jambu biji tidak hanya berguna untuk menghilangkan bau mulut saja. Tetapi, daun ini bisa juga kita manfaatkan untuk mengatasi bau badan dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan mengandung antibakterial yang dapat membunuh biang keringat penyebab bau badan.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun jambu biji:
  • Ada dua cara menggunakan daun jambu biji. Pertama mengunyah daun jambu biji muda secara langsung setelah makan. Kemudian berkumur dengan air hangat.
  • Adapun yang kedua ialah dengan menggunakan rebusan daun jambu biji untuk berkumur-kumur sebelum tidur. Keduanya memiliki keampuhan yang sama.

3. Baking soda

Baking soda atau sodium bikarbonat dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau yang berada dalam mulut. Sifat alkali dari baking soda dapat menetralkan pH dalam mulut kita. Yang mana seperti kita ketahui, bakteri tidak bisa hidup di kondisi pH yang normal atau netral. Selain bisa menghilangkan bau mulut, baking soda juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi dengan cepat.

Cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda:
  • Campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air hangat.
  • Gunakan larutan baking soda yang telah Anda buat tadi untuk berkumur-kumur minimal sekali dalam sehari.
  • Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau mulut dengan mencampurkannya bersama pasta gigi. Kemudian gunakan untuk menggosok gigi seperti biasanya.

4. Lemon

Lemon dikenal sebagai jenis tanaman citrus yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin inilah yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi, seperti salah satunya mengobati sariawan.

Selain itu, lemon juga diperkaya dengan kandungan asam yang sangat tidak disukai oleh bakteri penyebab bau mulut. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan senyawa asam tersebut untuk membuat nafas segar.

Cara menghilangkan bau mulut dengan lemon:
  • Peras setengah buah lemon yang masih segar kemudian campurkan kedalam segelas air hangat.
  • Untuk hasil terbaik tambahkan juga garam secukupnya. Lalu gunakan larutan yang telah Anda buat tadi untuk berkumur-kumur setelah selesai makan atau sikat gigi.
  • Lakukan secara rutin minimal 1-2 kali dalam sehari.

5. Jahe

Jahe merupakan rempah asli Asia yang mengandung senyawa antibakterial seperti gingerol yang cukup ampuh dalam membunuh bakteri serta mikroba penyebab bau mulut busuk. Rempah ini bisa Anda jadikan salah satu obat penghilang bau mulut sekaligus penghangat tubuh ketika udara sedang dingin.

Cara menghilangkan bau mulut dengan jahe:
  • Parut beberapa rimpang jahe secukupnya hingga halus dan peras sarinya.
  • Campurkan perasan tersebut dengan air hangat kemudian gunakan sebagai obat kumur setiap harinya.
  • Cara lainnya, ialah dengan merebus jahe selama kurang lebih 15 menit lalu minum air hasil rebusan tersebut secara rutin.

6. Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma harum yang khas dan siapa sangka ternyata ia juga memiliki senyawa yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. Menurut penelitian, kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essens alami yang dapat membunuh bakteri di mulut sekaligus menyegarkan bau nafas yang kurang harum. Berikut tutorial selengkapnya.

Cara menghilangkan bau mulut dengan kayu manis:
  • Rebus 1 sendok makan bubuk kayu manis kedalam 500 ml air. Tapi jika tidak ada bubuk, rebus langsung kayu manis dalam bentuk batang dengan air secukupnya.
  • Setelah mendidih dan berubah warna menjadi coklat pekat, saring larutan kayu manis tersebut agar terpisah dari ampasnya.
  • Gunakanlah larutan kayu manis tersebut untuk berkumur-kumur setelah makan atau sehabis menggosok gigi. Lakukan satu hingga dua kali dalam sehari.

7. Cengkeh

Dalam jurnal penelitian tanaman obat Indonesia disebutkan bahwa cengkih atau cengkeh mengandung minyak atsiri (15-20 persen) dan eugenol (60). Minyak ini dikenal mampu memperbaiki lambung dan sistem pencernaan yang bermasalah.
Selain itu, cengkeh juga terkenal dengan kandungan anti-radang yang dapat mengurangi peradangan, khususnya yang terjadi pada selaput lendir dan tenggorokan sebagai salah satu penyebab timbulnya bau mulut kurang sedap.

Cara menghilangkan bau mulut dengan cengkeh:
  • Ambil 3-5 bunga cengkeh. Seduh dengan menggunakan air panas seperlunya kurang lebih selama 5 menit. Gunakan air hasil seduhan tersebut untuk berkumur.
  • Cara lainnya dengan menumbuk terlebih dulu  cengkeh secukupnya. Lalu menyeduhkan menggunakan air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur.

8. Seledri

Seledri cukup efektif untuk mengatasi bau mulut busuk karena ia memiliki kandungan serat makanan yang tinggi. makanan berserat seperti seledri, wortel, dan apel dapat meningkatkan produksi air liur, yang berguna untuk membersihkan mulut kita dan membuatnya tetap lembab.

Mengunyah seledri bisa membantu membersihkan lidah Anda yang merupakan sarang bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, makanan berserat juga dapat membantu membersihkan usus dari racun yang mungkin menjadi sumber bau busuk dari nafas Anda. Oleh sebab itu, jangan lewatkan sayuran satu ini ya.

9. Apel

Buah apel ternyata bisa menjadi pembersihkan alami mulut kita dari berbagai kotoran, bakteri, dan sisa makanan. Mungkin inilah alasan kenapa banyak yang mengonsumsi apel setelah selesai makan. Serat yang terkandung dalam apel dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang tertinggal serta membantu merangsang produksi air liur supaya mulut tetap lembab. Seperti kita ketahui bersama, mulut kering menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan apel:
  • Pilihlah apel yang masih dalam keadaan segar dan matang. Kemudian kunyah apel tersebut secara perlahan-lahan hingga masuk ke sela-sela gigi.
  • Anda bisa menggunakan apel untuk menghilangkan bau mulut sepuasnya. Bila perlu, makanlah apel secara rutin sehabis makan agar nafas Anda harum sepanjang hari nanti.

10. Cuka sari apel

Asam yang terkandung dalam cuka sari apel ternyata dapat membantu kelenjar saliva untuk memproduksi air liur yang dapat mengatasi mulut kering. Nah air liur inilah yang dapat membantu melembabkan mulut dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, cuka apel juga efektif untuk menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan melakukan pembentukan volatile sulfur compounds.

Cara menghilangkan bau mulut dengan cuka apel:
  • Larutkan satu sendok cuka apel ke dalam satu gelas air hangat.
  • Minumlah larutan tersebut sebelum makan untuk melancarkan pencernaan dan menghilangkan bau mulut.
  • Selain diminum langsung, Anda juga bisa menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur penghilang bau mulut setelah gosok gigi.

11. Daun sirih

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Daun sirih dijadikan sebagai bahan utama untuk menginang karena dianggap dapat menguatkan gigi, menyembuhkan luka di mulut, menghentikan pendarahan gusi, dan menghilangkan bau mulut. Tradisi nginang yang dilakukan masyarakat ini membuat banyak ilmuwan tertarik untuk meneliti manfaat daun sirih.

Dari penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor (IPB) terungkap, kandungan minyak asiri dalam daun sirih memiliki aktivitas antibakterial yang cukup besar sehingga dapat membantu membersihkan area gigi sekaligus mengharumkan bau mulut akibat bakteri.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih:
  • Cuci bersih beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan 1,5 liter air.
  • Apabila sudah dingin, gunakan air tersebut untuk berkumur setelah gosok gigi.

12. Kapulaga

Di kalangan penggemar herbal, kapulaha dikenal sebagai ekspektoran sekaligus antibakterial. Beberapa penelitian membuktikan khasiat kapulaga berasal dari kandungan minyak asiri sineol di dalamnya. Kandungan sineol ini hampir mirip yang terdapat pada kayu putih, tetapi lebih pedas. Namun apabila kita jadikan sebagai obat kumur, maka rasanya akan sejuk di mulut. Dengan demikian, kapulaga dapat kita gunakan untuk mengharumkan nafas yang kurang sedap.

Cara menghilangkan bau mulut dengan kapulaga:
  • Rebus biji kapulaga dengan menggunakan segelas air.
  • Setelah mendidih diamkan sejenak hingga dingin.
  • Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur setelah makan.

13. Tea tree oil

Tea tree oil atau lebih familiar dengan minyak pohon teh, ternyata merupakan minyak yang mengandung senyawa antibakterial seperti terpenoid yang dapat membunuh bakteri ataupun mikroba penyebab bau mulut. Penggunaan tea tree oil untuk menghilangkan bau mulut sudah terbukti aman menurut penelitian ilmiah. Oleh sebab itu, banyak dokter gigi yang menyarankan untuk memakai produk yang mengandung tea tree oil bagi kita yang memiliki masalah bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan tea tree oil:
  • Larutkan beberapa tetes minyak pohon teh kedalam segelas air.
  • Gunakan larutan tersebut untuk berkumur setiap sebelum tidur dan setelah bangun tidur di pagi hari.
  • Lakukanlah perawatan secara rutin hingga bau mulut berkurang.
  • Selain itu, Anda juga bisa meneteskan minyak ini ke pasta gigi kemudian menggunakannya untuk menggosok gigi secara rutin.

14. Teh hijau

Telah banyak penelitian yang mampu membuktikan khasiat teh hijau dalam mengatasi masalah gigi dan mulut. Sebuah penelitian yang dilakukan di Mesir menyebutkan, bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri yang lebih sedikit dibandingkan tidak mengonsumsinya.

Tidak hanya penelitian itu saja, penelitian lain juga dilakukan di Jepang oleh Kaneko dan kawan-kawan tahun 1993 yang menyebutkan bahwa senyawa polifenol khususnya catechin di dalamnya mampu mengurangi halitosis atau bau mulut apabila dikonsumsi selama kurun waktu empat minggu.

Cara menghilangkan bau mulut dengan teh hijau:
  • Seduh teh hijau dengan menggunakan air hangat seperti biasanya.
  • Konsumsilah teh hijau yang telah Anda buat tadi seperti mengonsumsi teh biasanya. Minumlah teh tersebut dua hingga tiga kali dalam sehari.
  • Selain diminum langsung, teh hijau juga efektif jika kita gunakan sebagai obat kumur setelah selesai menyantap suatu makanan.

15. Fenugreek

Anda mungkin belum terlalu familiar dengan tanaman satu ini. Umumnya, fenugreek merupakan herbal yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis gangguan sistem pencernaan seperti mengatasi nafsu makan, sakit perut, sembelit, dan bahkan peradangan perut.

Namun, fenugreek juga mengandung antibakterial yang cukup ampuh dalam menghilangkan bau mulut dan membuatnya segar kembali. Tanaman yang berasal dari Yunani ini dikenal di Indonesia dengan sebutan klabet.

Cara menghilangkan bau mulut dengan fenugreek:
  • Rebuslah beberapa butir fenugreek atau klabet dengan menggunakan segelas air kurang lebih selama 15 menitan.
  • Minumlah air rebusan tersebut ketika pagi hari atau gunakan sebagai obat kumur hingga bau mulut hilang dengan sendirinya.

16. Daun kemangi

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Kemangi seringkali digunakan dalam lalapan ketika kita mengonsumsi sate atau olahan daging lainnya. Salah satu kegunaan daun kemangi disana ialah untuk menetralkan bau kurang sedap setelah menyantap olahan daging. Daun kemangi mengandung antibakterial yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Bahkan selain bau mulut, kemangi juga ampuh menghilangkan bau badan.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun kemangi:
  • Sediakan daun kemangi yang masih muda dan segar secukupnya.
  • Kunyah secara langsung daun kemangi tersebut secara perlahan. Lakukan hingga daun kemangi menyentuh bagian mulut dan gigi terdalam.
  • Jika sekiranya sudah berkumurlah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

17. Minum susu

Setelah menyantap sarapan, apalagi yang mengandung bawang terkadang bau mulut masih tersimpan dalam mulut. Yang perlu Anda tahu, bau tersebut tidak mampu dibuang oleh usus melalui sistem pencernaan tetapi dilepaskan oleh tubuh melalui bau nafas dan keringat. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi segelas susu agar bau tersebut segera hilang.

Mengonsumsi susu sebelum makan dapat membantu menetralisir bau yang ditimbulkan oleh makanan yang kita konsumsi. Penelitian membuktikan kalau susu secara signifikan dapat mengurangi bau belerang. Hal tersebut juga akan berlaku untuk mengurangi bau makanan yang berada dalam usus kita.

18. Kurangi makanan berbau tajam

Sebenarnya hampir 50 % lebih bau mulut dan badan disebabkan karena makanan yang kita konsumsi. Karena pada dasarnya usus tidak mampu menyerap bau dari makanan sehingga memicu bau mulut dan keringat. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang kurangi mengonsumsi makanan dengan bau kurang sedap. Misalnya seperti bawang, durian, jengkol, pete, dan sejenisnya.

19. Perbanyak konsumsi buah berserat

Memperbanyak konsumsi buah segar bisa menjadi solusi untuk memiliki nafas segar sepanjang hari. Buah berserat dapat membersihkan area gigi dan usus dari bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, makanan berserat juga meningkatkan produksi air liur yang mana dapat membantu meminimalisir pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Beberapa buah berserat tinggi yang direkomendasikan seperti apel, jeruk, pepaya, jambu biji, pir, dan buah sejenis berry.

20. Perbanyak minum air putih

Kondisi mulut yang kering dapat memicu pertumbuhan bakteri lebih cepat. Karena ketika mulut kering tidak ada air liur yang dapat menetralkan pH sekaligus membunuh bakteri. Nah, untuk menjaga mulut tetap dalam keadaan lembab sebaiknya perbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Usahakan dalam sehari Anda mampu mengonsumsi 2.5-3 liter air putih. Anda bisa membaginya menjadi beberapa sesi agar tidak terasa mual.

21. Rutinlah menggosok gigi

Wajar jika nafas Anda bau sedangkan saat ini Anda masih jarang menggosok gigi. Hukumnya wajib bagi Anda yang ingin memiliki nafas harum untuk menyikat gigi secara rutin. Sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat membusuk yang kemudian berubah menjadi bau kurang sedap.

Apalagi ketika Anda memiliki gigi berlubang yang biasanya menjadi sarang bakteri, tentunya harus lebih rutin dalam menyikat gigi. Pastikan dalam sehari Anda menggosok gigi minimal 2x yaitu setelah makan dan sebelum tidur di malam hari.

22. Berhenti merokok

Bahaya merokok salah satunya ialah dapat menimbulkan bau nafas kurang sedap. Terutama Anda perokok berat pasti memiliki aroma nafas yang kurang enak. Ditambah lagi Anda jarang menggosok gigi, pastinya akan semakin buruk. Oleh sebab itu, sebisa mungkin mulai sekarang kurangi kebiasaan merokok. Memang saya akui itu akan sangat sulit bagi Anda yang sudah kecanduan. Namun tak perlu cemas, karena Anda bisa mencoba trik berhenti merokok yang sudah kami share.

23. Temui dan minta bantuan kepada dokter 

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda setelah menerapkan cara menghilangkan bau mulut secara alami diatas. Ada yang dalam 1-2 hari sudah hilang, serta ada yang membutuhkan waktu hingga mingguan. Akan tetapi, jika bau mulut tak kunjung hilang selama 3 minggu padahal sudah melakukan segala cara yang ada, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi bau mulut yang muncul merupakan tanda masalah sistem pencernaan serius.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat secara alami yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin berbagi pengalaman ketika menggunakan bahan diatas silahkan sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Artikel Terkait