>

12 Obat Jamur Kulit di Apotik Paling Ampuh yang Wajib Dibeli

Obat Jamur Kulit – Infeksi jamur kulit merupakan penyakit yang sangat sering kita jumpai, bahkan mungkin juga pernah kita alami. Infeksi jamur kulit ringan biasanya menimbulkan ruam pada kulit yang ditandai dengan kemerahan, tapi terkadang menyebabkan rasa gatal dan tentunya sangat mengganggu penampilan. Apabila dibiarkan maka infeksi akan bertambah semakin parah dan tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Jamur merupakan salah satu organisme primitif yang hidup di sekitar kita, seperti tanah, udara, dan bahkan air. Beberapa jenis jamur dapat hidup dalam tubuh hewan dan manusia. Sebagian besar jamur hidup sebagai spora yang dapat tersebar melalui udara. Inilah kenapa kebanyakan jamur menyerang bagian tubuh terluar dari kita seperti kulit dan kuku.

Orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat karena bergerak aktif biasanya akan lebih mudah terserang jamur kulit. Apalagi ketika ia tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik. Penderita diabetes juga merupakan kelompok yang mudah terserang jamur kulit. Selain itu, jamur kulit juga dapat ditemukan pada bayi yang mengenakan popok. Dengan demikian, secara umum jamur kulit dapat menyerang siapapun tanpa pandang usia.

Gejala dan Jenis Jamur Kulit yang Perlu Diketahui

obat jamur kulit
Gejala jamur kulit

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat jamur kulit, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apakah Anda memang benar-benar terkena infeksi jamur kulit. Oleh sebab itu, ketahuilah beberapa jenis dan gejala jamur kulit berikut ini.

1. Dermatofitosis (ringworm)

Penyakit jamur kulit ini ditandai dengan gejala ruam berbentuk lingkaran kemerahan dan terasa gatal. Warna merah di bagian tepi terlihat lebih jelas, terlihat seperti cincin, dan berbatas tegas. Infeksi jamur kulit satu ini dapat menular tapi tidak terlalu parah. Biasanya terdapat di bagian wajah, kulit kepala, leher, selangkangan, dan bagian lainnya.

2. Tinea Pedis (kurap kaki)

Gejalanya terlihat cukup jelas seperti kulit yang mengelupas dan pecah-pecah di bagian kaki, terdapat kulit melepuh, berwarna kemerahan, terasa gatal, dan bahkan beberapa terasa perih. Biasanya kurap kaki muncul pada Anda yang sering menggunakan kaos kaki yang mengakibatkan kelembaban. Mula-mula infeksi ini akan muncul di sela-sela jari kaki kemudian semakin lama menjadi mengelupas.

3. Tine Cruris (jock itch)

Tine Cruris muncul di bagian-bagian lipatan kulit yang lembab dan hangat. Misalnya seperti bagian bokong, alat kelamin, dan selangkangan. Bagian kulit yang terinfeksi akan mengalami kemerahan yang gatal atau perih. Biasanya jamur di selangkangan sering terjadi pada remaja dan dewasa, terutama Anda yang sering mengenakan celana ketat.

4. Kandidiasis Kulit

Infeksi jamur kulit yang disebabkan karena adanya jamur candida dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Tetapi jamur kulit ini akan lebih mudah berkembang di bagian tubuh yang lembab dan hangat, seperti ketiak dan selangkangan. Biasanya kulit yang sudah terinfeksi akan terlihat kemerahan dengan rasa gatal yang tak tertahankan.

Obat Anti Jamur di Apotik Paling Ampuh yang Wajib Anda Beli


Penanganan utama penyakit jamur kulit ialah dengan menggunakan obat antijamur, terutama antijamur topikal (oles) seperti krim dan salep. Obat antijamur bekerja dengan cara menghancurkan dinding sel dari jamur sehingga isi dari jamur tersebut keluar dan mati. Selain itu, salep antijamur juga bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur itu sendiri. Berikut obat yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur di kulit.

1. Fungiderm

Obat jamur kulit fungiderm
Obat jamur kulit fungiderm
Obat jamur kulit pertama yang juga mungkin sudah banyak yang tau yaitu fungiderm. Yup, Fungiderm merupakan salep penghilang penghilang jamur kulit yang secara efektif mampu mengatasi segala jenis infeksi jamur di kulit seperti panu, kadas, kurap, kutu air, dan berbagai masalah jamur lainnya. Obat anti jamur ini dapat Anda peroleh di apotik terdekat dengan kemasan 5 gram.

Harga Fungiderm: Rp. 15.000;- per tube

2. Mycospor

Obat jamur kulit mycospor
Obat jamur kulit mycospor
Salep kulit selanjutnya yang dapat membantu Anda dalam mengatasi jamur ialah Mycospor. Mungkin obat anti jamur satu ini cukup asing bagi sebagian dari kita. Tapi tenang, meskipun belum tenar obat ini tetap memiliki khasiat yang luar biasa. Ia memiliki kandungan antiparasit dan antijamur yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba di kulit kita, terutama di bagian yang lembab.

Harga Mycospor: Rp. 60.000;- per tube

3. Topisel

Obat jamur kulit topisel
Obat jamur kulit topisel
Topisel merupakan solusi bagi Anda yang ingin mengatasi gatal akibat jamur. Obat ini dalam bentuk lotion sehingga bisa Anda gunakan kapan pun tanpa perlu takut meninggalkan bekas. Anda bisa memperoleh Topisel di apotik dengan kemasan 30 ml. Untuk penggunaannya sangatlah mudah, tinggal mencelupkan kapas kemudian gunakan dengan cara mengoleskan ke bagian kulit yang bermasalah.

Harga Topisel: Rp. 35.000;-

4. Mycoral Cream

Obat jamur kulit  mycoral cream
Obat jamur kulit  mycoral cream

Mycoral merupakan obat antijamur sintetik dengan spektrum luas yang juga bisa kita gunakan sebagai obat topikal. Obat jamur Mycoral tersedia dalam dua varian yang berbeda yakni cream dan tablet. Cream cocok digunakan oleh Anda yang mungkin tidak ingin mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, atau untuk Anda yang saat ini mungkin juga sedang mengonsumsi obat lain.

Harga Mycoral Cream: Rp. 15.000;-

5. Mycoral Tablet

Obat jamur kulit  mycoral tablet
Obat jamur kulit mycoral tablet

Mycoral Tablet memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan varian cream. Untuk varian Mycoral Tablet tersedia dalam kemasan tablet 200 mg yang dapat Anda beli di apotek terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Mycoral Tablet termasuk obat oral yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menderita jamur kulit, terutama jika jamur tersebut mengakibatkan rasa gatal.

Harga Mycoral Tablet: Rp. 5.000;- per tablet

6. Miconazole

Obat jamur kulit  miconazole
Obat jamur kulit  miconazole

Miconazole merupakan obat jamur kulit yang juga sekaligus berguna untuk mengatasi jamur kuku. Obat ini tersedia dalam kemasan 10 gram dengan harga yang cukup terjangkau sekali. Sementara itu untuk khasiatnya sendiri, obat antijamur ini menurut kami sudah cukup untuk sekedar mengatasi jamur ringan.

Harga Miconazole: Rp. 5.000;-

7. Salep 88

Obat jamur kulit salep 88
Obat jamur kulit salep 88

Salep 88 merupakan obat topikal antijamur dan antibakteri yang diproduksi oleh PT Meccaya dan merupakan obat jamur kulit asli Indonesia. Fungsi utama dari obat ini ialah untuk mengatasi segala jenis infeksi baik yang disebabkan karena jamur ataupun bakteri. Selain itu, obat ini juga sudah terdaftar resmi di BPOM dengan no seri : DBL 811 440 023 0A1. Namun yang harus Anda ketahui, penggunaan salep kulit antijamur ini akan memberikan hasil yang berbeda-beda tergantung dari seberapa parah infeksi yang terjadi, genetik, dan pola hidup.

Harga Salep88: Rp. 15.000;-

8. Trosyd

Obat jamur kulit trosyd
Obat jamur kulit trosyd

Trosyd mengandung Tioconazole yang merupakan obat antijamur khususnya untuk mengatasi jamur kuku. Gejala jamur kuku ialah kuku berubah warna menjadi gelap, menebal, tekstur kuku hancur, dan terdapat titik-titik putih. Jika Anda mengalaminya maka obat jamur satu ini sangat direkomendasikan.

Namun sebaiknya hindari penggunaan Trosyd pada penderita diabetes, ibu hamil/menyusui, dan penderita jantung. Selain itu, jangan gunakan Trosyd pada kuku yang mengalami luka terbuka, karena hal tersebut akan menyebabkan luka justru menjadi semakin parah.

Harga Trosyd: Rp. 150.000;-

9. Mycorine

Obat jamur kulit mycorine
Obat jamur kulit mycorine

Mycorine Cream merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi jamur. Obat antijamur ini mengandung zat aktif berupa miconazole yang termasuk obat antijamur golongan imidazole. Obat ini bisa Anda peroleh di apotik terdekat tanpa harus memakai resep dokter.

Selain berguna mengobati jamur kulit, Mycorine varian lain juga bisa menjadi obat sariawan anak dan dewasa. Oleh sebab itu, obat ini cukup direkomendasikan untuk Anda beli ketika sedang mengalami masalah seputar jamur dan infeksi.

Harga Mycorine: Rp. 50.000;-

10. Nizoral

Obat jamur kulit nizoral
Obat jamur kulit nizoral

Nizoral merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur melalui membran sel jamur. Obat ini termasuk golongan obat keras sehingga penggunaannya harus melalui resep dokter terlebih dahulu. Dosis obat ini termasuk tinggi sehingga Anda harus memberi rentan beberapa jam untuk konsumsi obat berikutnya. Jika mengonsumsinya bisa rutin, separah apapun jamur kulit yang Anda derita akan sembuh dengan obat ini.

Harga Nizoral: Rp. 120.000;-

11. Rajol

Mungkin obat ini kurang familiar dibandingkan dengan obat jamur kulit lainnya. Namun kenapa masih direkomendasikan? Yup, karena Rajol memang salah satu obat antijamur dan antiparasit yang terbilang cukup ampuh. Obat ini tersedia dalam kemasan lotion 30 ml. Sangat cocok digunakan untuk mengatasi jamur kulit oleh Anda yang setiap harinya selalu bergerak aktif.

Harga Rajol: -

12. Nosib

obat jamur kulit nosib
Obat jamur kulit nosib

Nosib merupakan obat jamur kulit yang terbuat dari bahan aktif seperti asam salisilat, asam benzoat, dan sulfur yang terkenal mampu mengatasi berbagai penyakit kulit termasuk salah satunya karena infeksi jamur. Selain itu, kandungan menthol yang ada dalam salep kulit ini juga cukup ampuh dalam mengatasi rasa gatal yang disebabkan karena parasit jamur maupun bakteri merugikan bagi kulit.

Harga: Rp. 10.000;-

Itulah beberapa obat jamur kulit di apotik yang wajib Anda beli. Pilih salah satu kemudian gunakan sesuai dengan aturan yang telah diberikan secara konsisten. Biasanya jamur kulit akan sembuh dalam kurun waktu 2-3 mingguan. Tetapi jika melebihi waktu tersebut lebih baik segera konsultasikan ke dokter kulit terdekat. Semoga bermanfaat dan menjadi pencerahan bagi Anda. Salam.

Artikel Terkait