>

12 Obat Biduran di Apotik Paling Ampuh untuk Anak dan Dewasa

Obat Biduran di Apotik – Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit terhadap alergi yang ditandai dengan munculnya bilur berwarna merah ataupun putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh, tapi jika sudah parah bisa muncul di seluruh tubuh. Besarnya bilur yang muncul berbeda-beda, mulai dari sekecil jari hingga sebesar tangan. Penyebab biduran paling umum ialah karena adanya alergi kulit.

Munculnya ruam kemerahan tidak hanya menyebabkan gatal saja. Beberapa penderita juga akan mengalami rasa perih dan sensasi seperti terbakar. Ruam akibat biduran dapat muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, bibir, tenggorokan, bahkan hingga lidah. Namun tak perlu cemas, gejala biduran tersebut biasanya berlangsung dalam waktu 1-2 hari saja. Setelah itu biasanya biduran akan menghilang dengan sendirinya seiring membaiknya sistem imun.

obat biduran di apotik paling ampuh

Biduran merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang disegala usia. Akan tetapi, biduran lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada rentan usia 30-60 tahun. Selain itu, Anda yang memiliki alergi terhadap sesuatu juga lebih berisiko mengalaminya disuatu hari. Untuk mengatasi gejala yang muncul, berikut ini kami sudah rangkum beberapa obat biduran di apotik paling ampuh.


Obat Biduran yang Ada di Apotik Paling Ampuh dan Aman untuk Kulit

1. CTM tablet

obat biduran di apotik paling ampuh

CTM tablet sudah cukup terkenal sebagai obat gatal, termasuk salah satunya gatal yang disebabkan karena biduran. Kepanjangan CTM adalah chlorfeniramin maleat, merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, demam, dan flu biasa. 

Gejala yang dimaksud seperti ruam, mata berair, mata panda, batuk-pilek, bersin, dan masih banyak lagi. Kini CTM hadir dalam bentuk tablet yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotik terdekat.

Harga CTM obat: Rp. 2.000;- per strip.

2. CTM Sirup

obat biduran di apotik paling ampuh

Hampir sama dengan CTM tablet, obat biduran satu ini dalam bentuk sirupnya. CTM sirup cocok untuk obat biduran anak diatas usia 2 tahun yang biasanya lebih suka minum obat dalam bentuk sirup dibandingkan tablet. 

Untuk masalah khasiat obat ini sama saja dengan CTM tablet di atas. Selain dapat meredakan gejala alergi kulit, kandungan senyawa dalam obat ini juga dapat mengecilkan bengkak.

Harga CTM sirup: Rp. 5.000;- per botol.

3. Alermax
obat biduran apotik alermax

Alermax merupakan obat gatal yang sering direkomendasikan oleh ahli. Dengan kandungan cyproheptadine, ia dapat menjadi obat biduran akibat alergi suatu makanan atau benda lainnya. Selain itu, Alermax juga dapat membantu meredakan sekaligus mengatasi gejala biduran yang muncul. Misalnya seperti ruam, gatal, kemerahan, dan bahkan perih di kulit.

Harga Alermax: Rp. 8.000;- per tablet.

4. Claritin Loratadine

obat biduran apotik claritin loratadine

Claritin Loratadine juga menjadi obat biduran di apotik yang cukup ampuh. Obat ini dapat membantu mencegah sekaligus mengobati biduran pada orang dewasa serta anak-anak. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan mudah di apotik terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. 

Tetapi sebelum mengonsumsinya lebih baik konsultasikan dulu dosis yang tepat kepada ahlinya. Karena obat ini memiliki beberapa efek samping seperti mual, pusing, dan bahkan diare ringan.

Harga Claritin Loratadine: Rp. 9.000;- per tablet.

5. Loratadine

obat biduran apotik loratadine
Loratadine merupakan salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi biduran dan rinitis yang harus diberikan dosis tunggal kepada penderita. Loratadine dapat mempercepat proses penyembuhan apabila kita mengalami suatu alergi. Obat biduran ini bisa Anda peroleh di apotik dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, Anda pun bisa menebus obat ini tanpa harus menggunakan resep khusus dari dokter.

Harga Loratadine: Rp. 5.000;- per tablet.

6. Alloris

obat biduran apotik alloris

Alloris termasuk dalam obat antihistamin dan antialergi yang dapat membantu menghilangkan biduran dengan cepat. Apabila dikonsumsi secara rutin obat ini dapat membantu mengobati biduran hingga ke akarnya. Kekurangan obat ini ialah menimbulkan efek samping berupa lelah, kantuk, dan bahkan mual. Khususnya untuk Anda yang masih pertama kalinya mengonsumsi obat gatal ini.

Harga Alloris: Rp. 6.000;- per tablet.

7. Caladine Powder

obat biduran apotik caladine powder
Nama obat alergi satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Yup, Caladine Powder merupakan obat luar yang ampuh untuk mengatasi ruam dan gatal-gatal yang disebabkan karena alergi seperti biduran. Biasanya obat ini sering digunakan untuk mengatasi biang keringat pada si kecil. Tapi, Anda pun bisa menggunakannya untuk mengatasi segala jenis alergi kulit dengan cepat.

Harga Caladine Powder: Rp. 15.000;- per botol 100 gram.

8. Caladine Cream

obat biduran di apotik paling ampuh

Caladine varian krim cocok untuk Anda orang dewasa yang mengalami masalah biduran. Krim dari obat ini tidak menimbulkan bekas putih dan tidak lengket di kulit. Selain itu, kemasannya yang cukup kecil tentu membuat obat ini praktis dibawa kemana-mana. Tidak hanya mengobati biduran saja, Caladine cream juga cocok untuk mengatasi segala jenis iritasi kulit kita.

Harga Caladine Cream: Rp. 8.000;- per tube.

9. Caladine Lot

obat biduran apotik caladine lotion

Sedangkan untuk Anda yang lebih suka obat biduran dalam bentuk lotion, Caladine lot mungkin bisa menjadi solusinya. Caladine lotion sangat cocok untuk mengobati biang keringan, kulit gatal, biduran, dan alergi kulit lainnya. Penggunaannya cukup dengan mengoleskan sebelum tidur dan beraktivitas rutin. Untuk masalah khasiat, Caladine varian ini sama dengan jenis powder dan krim.

Harga Caladine Lot: Rp. 15.000;- per botol.

10. Cyroheptadine

obat biduran di apotik paling ampuh

Cyroheptadine adalah obat kelompok antihistamin sedatif yang digunakan untuk meredakan gejala alergi, mata hidung berair, bersin, dan gatal-gatal yang disebabkan karena perubahan musim. Obat ini cocok untuk Anda yang mengalami alergi dingin kemudian muncul biduran.

Selain itu, obat ini juga dapat dijadikan sebagai terapi pencegahan migrain. Cyroheptadine bekerja dengan cara menghambat produksi bahan kimia dalam tubuh seperti histamin dan serotonin yang sering menimbulkan gejala gatal iritasi.

Harga Cyroheptadine: Rp. 3.000;- per tablet.

11. Dexamethasone

obat biduran apotik dexamethasone

Dexamethasone adalah obat yang berguna untuk mengatasi kondisi seperti arthritis, gangguan darah, kekebalan tubuh, reaksi alergi, dan berbagai masalah kulit lainnya. Namun obat ini berbeda dengan obat biduran biasanya. 

Dexamethasone termasuk obat oral dengan cara disemprotkan ke bagian kulit yang bermasalah. Cara kerja obat ini adalah dengan mengurangi efek perih akibat peradangan biduran. Sebelum memakainya lebih baik konsultasikan ke dokter.

Harga Dexamethasone: Rp. 10.000;-.

12. Prednisone

obat biduran apotik prednisone

Prednisone termasuk dalam kelas obat yang diketahui sebagai carticosteroid. Obat ini bekerja dengan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh ke berbagai penyakit kulit seperti untuk mengurangi gejala pembengkakan, peradangan, dan gatal-gatal akibat biduran. Dibandingkan dengan obat biduran lain, Prednisone tergolong memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Tapi harga tersebut sebanding dengan khasiat yang akan kita dapatkan nantinya.

Harga Prednisone: Rp. 25.000;-.

Itulah beberapa obat biduran di apotik paling ampuh yang bisa Anda gunakan. Setiap obat akan memberikan efek yang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun secara umum biduran akan sembuh dalam waktu seminggu. Jika melebihi waktu tersebut ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share hasilnya ya.


Artikel Terkait