>

10 Obat Biduran Alami Paling Ampuh dan Aman untuk Kulit Sensitif

Obat Biduran Alami – Apa itu biduran? Urtikaria atau biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh saja, tapi beberapa kasus bisa muncul di seluruh tubuh. Adapun bentuknya mulai dari sebesar jari hingga sebesar tangan. Umumnya, penyebab biduran yang paling sering ialah karena alergi berlebihan.

Selain menimbulkan rasa gatal di kulit, ruam pada kasus biduran terkadang juga menyebabkan sensasi terbakar dan perih. Ruam yang muncul dapat berada di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, dan telinga. Gejala kemerahan pada biduran dapat berlangsung selama beberapa jam saja tapi jika sudah parah bisa sampai 2-3 hari baru sembuh dengan sendirinya.

obat biduran alami

Penyebab Biduran yang Sebenarnya

Sebelum membahas mengenai obat untuk biduran sebaiknya ketahui terlebih dulu apa penyebabnya. Setiap orang mengalami penyebab biduran yang berbeda-beda. Nah, dengan tahu penyebabnya tentu Anda bisa melakukan penanganan yang tepat ingin menggunakan obat biduran yang mana.

Dilansir dari alodokter.com, bahwa munculnya ruam kulit dipicu karena tingginya kadar histamin atau senyawa kimia lain yang dilepaskan oleh lapisan bawah kulit, sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan jaringan. Kelebihan cairan inilah yang dapat menyebabkan kulit bengkak dan terasa gatal seperti alergi. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan munculnya biduran:
  • Paparan udara panas ataupun dingin yang berlebihan
  • Terjadi kontak langsung dengan pemicu alergi kulit (misalnya gigitan serangga)
  • Pengaruh obat-obatan penyebab alergi
  • Adanya infeksi seperti influenza.
Penyebab biduran sebenarnya belum bisa dipastikan. Namun kendati demikian, beberapa faktor juga bisa memperburuk gejala yang muncul, di antaranya seperti konsumsi minuman beralkohol, berkafein, stres, dan suhu berlebihan. 

Obat Biduran dari Bahan-bahan Alami Paling Ampuh


Kasus biduran sebetulnya ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua hari. Namun bila biduran yang Anda derita sudah lebih dari itu, sebaiknya segera ambil langkah pengobatan. Sebelum mencoba obat biduran di apotik saya sarankan lebih baik memakai bahan alami dulu. Karena selain aman bagi kulit sensitif, bahan alami hasilnya juga tidak akan mengecewakan.

1. Air kelapa hijau

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk mengobati biduran ialah air kelapa. Menurut penelitian, air kelapa bisa menjadi detoks alami tubuh dalam mengeluarkan racun penyebab alergi kulit, termasuk salah satunya biduran. Oleh sebab itu, ketika Anda mengalami gejala biduran atau penyakit biduran langsung saja atasi dengan menggunakan air kelapa hijau ini sebagai pertolongan pertama.

Mengobati biduran dengan air kelapa cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi minuman segar ini selama 2-3 hari berturut-turut. Air kelapa akan mengikat racun dalam tubuh dan menetralkannya. Dengan demikian, biduran yang Anda derita akan sembuh secara alami. Selain sebagai obat biduran, air kelapa juga bermanfaat untuk obat sariawan dan radang tenggorokan lho.

2. Jahe, cuka, dan beras hitam

Jahe merupakan rempah asli Asia Tenggara yang mengandung banyak senyawa aktif. Kandungan senyawa-senyawa inilah yang dapat membantu mengatasi biduran, alergi, kulit gatal, dan masih banyak lagi. Kombinasikan dengan cuka beras hitam untuk mendapatkan obat biduran terbaik.

Cara mengobati biduran dengan jahe alami:
  • Haluskan jahe dengan memarutnya.
  • Campurkan dengan halusan beras hitam dan cuka hingga membentuk pasta.
  • Oleskan ramuan yang telah dibuat ke bagian biduran.

3. Kunyit

Masih seputar rempah dapur, Anda juga bisa menggunakan kunyit. Bahan alami satu ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam berbagai pengobatan. Kandungan curcumin dan vitamin E-nya yang tinggi dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami peradangan akibat biduran. Selain mengatasi biduran, kunyit pun juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka alami. Oleh sebab itu, langsung saja coba tutorialnya berikut ini.

Cara mengatasi biduran alami dengan kunyit:
  • Siapkan bahan-bahannya seperti 20 gram kunyit, daun sambiloto 10 gram, daun kelor 30 gram, 1 sendok makan adas, dan 3 butir bawang.
  • Tumbuk semua bahan yang telah disiapkan hingga benar-benar halus. Selanjutnya rebus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa 3 gelas saja.
  • Pisahkan antara ampas dan air rebusannya dengan menyaringnya. Kemudian minumlah ramuan yang telah Anda buat selagi masih hangat secara rutin.

4. Minyak zaitun dan kayu putih

Meredakan rasa perih akibat ruam biduran bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak kayu putih. Kandungan mint dalam minyak ini bersifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meringankan peradangan.

Sementara itu, untuk mengatasi kemerahan kulit akibat ruam lakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup dengan mengoleskan kedua minyak ini secara merata ke bagian kulit yang bermasalah. Lakukan sebelum tidur secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

5. Temulawak dan buah asem

Temulawak dan asem sudah sejak dulu digunakan sebagai obat gatal tradisional oleh nenek moyang kita, termasuk salah satunya mengobati biduran. Biasanya temulawak dan asem diramu bersama dengan gula aren yang konon dapat membantu meningkatkan kekebalan kulit terhadap alergi. Baca selengkapnya mengenai manfaat gula aren untuk kulit yang pernah kami share sebelumnya.

Cara menghilangkan biduran dengan temulawak dan asem:
  • Sediakan kurang lebih 15 gram temulawak, buah asem, dan gula aren seperlunya.
  • Rebus semua bahan yang telah disiapkan tadi dengan segelas.
  • Tunggu sampai mendidih dan menyisakan setengahnya. Saring untuk memisahkan air rebusan dan ampasnya.
  • Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat.

6. Daun binahong

Binahong dikenal sebagai herbal sejuta khasiat bagi kesehatan. Belakangan ini ia diteliti mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah radikal bebas penyebab kanker. Manfaat daun binahong yang luar biasa inipun kemudian membuat banyak masyarakat yang pensaran dan tertarik untuk menanamnya sendiri di rumah. Namun selain kanker, penyakit ringan seperti gatal akibat biduran pun bisa Anda atasi dengan menggunakan daun ini.

Cara mengobati biduran dengan daun binahong:
  • Siapkan daun binahong segar sebanyak 10-15 lembar dan 3 gelas air.
  • Cuci daun binahong dengan air bersih. Lalu remas-remas agar air daun tersebut keluar.
  • Rebuslah daun tersebut hingga tersisa airnya setengahnya.
  • Minumlah ramuan tersebut sehari minimal 1x.
  • Biasanya dalam waktu 2 hari sudah sembuh.

7. Daun kelor dan bawang merah

Kombinasi antara daun kelor dan bawang merah ternyata bisa menjadi obat biduran alami yang ampuh. Daun kelor mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan akibat dari biduran. Adapun bawang merah memiliki kandungan vitamin E yang dapat menenangkan kulit. Perpaduan dua bahan alami ini bisa menjadi obat penghilang biduran terbaik.

Cara menghilangkan biduran dengan daun kelor:
  • Ambil tiga lembar daun kelor dan satu siung bawang merah.
  • Rebus bahan yang sudah disiapkan dengan 3 gelas air. Diamkan sampai mendidih dan menyisakan 2 gelas saja.
  • Pisahkan air rebusan dengan cara menyaringnya. Lalu minumlah selagi masih hangat secara rutin minimal 1x sehari.

8. Daun jombang

Obat herbal biduran selanjutnya yang bisa dicoba ialah daun jombang. Biasanya tanaman ini dapat dengan mudah kita temukan di tepian jalan atau pinggir sungai. Ciri khas dari tanaman jombang memiliki bunga seperti bunga matahari namun ukurannya lebih kecil. Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis iritasi kulit. Baik itu karena alergi makanan, udara dingin, dll.

Cara mengatasi biduran dengan daun jombang:
  • Cuci bersih daun jombang seperlunya dengan menggunakan air mengalir.
  • Rebuslah dengan menggunakan 400 cc air hingga mendidih dan menyisakan setengahnya.
  • Konsumsilah air rebusan daun tersebut selagi masih hangat. Sebaiknya hindari meminum rebusan daun ini ketika dingin karena khasiatnya akan berkurang.

9. Daun sirih

Di dalam daun sirih mengandung banyak minyak atsiri seperti minyak terbang (betlephenol), pati, diatase, seskuiterpen, dan zat lain yang berguna untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Kandungan inilah yang membuat manfaat daun sirih sangatlah luar biasa bagi kesehatan. Termasuk salah satunya ia dapat membantu mengobati biduran akibat alergi bakteri atau kuman.

Cara mengobati biduran dengan daun sirih:
  • Siapkan daun sirih dan daun ketepeng sebanyak 20 lembar.
  • Cuci bersih daun yang sudah dipersiapkan dengan air mengalir.
  • Selanjutnya rebus dengan memakai 4 gelas air sampai menyisakan setengahnya.
  • Minumlah air rebusan daun sirih tersebut 2x sehari sampai sembuh.

10. Leunca

Satu lagi obat biduran alami yang ampuh yaitu leunca. Mungkin banyak diantara kalian yang masih asing dengan bahan alami satu ini, tetapi tidak untuk Anda orang Sunda, alias kawasan Jawa Barat. 

Biasanya orang Sunda menggunakan leunca untuk lalapan masakan seperti layaknya timun dan kemangi. Namun selain sebagai lalapan, ternyata leunca juga bermanfaat untuk mengatasi biduran. Bahkan bila digunakan dengan benar, leunca juga bisa mencegah kanker.

Cara menyembuhkan biduran dengan leunca:
  • Siapkan buah leunca seperlunya.
  • Setelah dicuci bersih, tumbuk leunca sampai halus.
  • Oleskan langsung ke bagian kulit yang bermasalah dan diamkan meresap.
  • Lakukan sebelum tidur dan setelah mandi untuk hasil terbaik.

Itulah beberapa obat biduran alami paling ampuh dan aman untuk kulit Anda yang sensitif. Bahan alami diatas cocok untuk mengobati biduran anak yang notabenya ia memiliki kulit super sensitif. Kalau dalam jangka waktu 5-6 hari belum sembuh juga, sebaiknya segera konsultasi ke dokter kulit terdekat. Semoga lekas sembuh dan jangan lupa share bila bermanfaat.

Artikel Terkait